Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 18:00 info@farmaku.com 0812 1600 1600

Yuk Ketahui Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak

 08 Oct 2018 anak | kesehatan



vitamin penambah nafsu makan anak


Banyak orang tua yang merasa khawatir bahkan frustasi bila melihat anak mereka susah makan. Namun sebenarnya, anak susah makan merupakan salah satu kondisi yang penting dalam proses tumbuh kembang anak karena dapat menciptakan kemandirian pada anak dalam memilih sendiri makanan yang mereka ingin konsumsi.

 

Penyakit Anak Susah Makan

Penyebab anak susah makan banyak dipengaruhi oleh faktor psikologis. Meski begitu kondisi anak susah makan sering kali disebabkan karena faktor medis seperti infeksi dan gangguan pencernaan.

 

Baca juga:Bingung Mengatasi Anak Susah Makan? Begini Caranya 

 

Terkadang bukan infeksi atau gangguan pencernaannya yang menyebabkan kondisi anak menurun, melainkan sulitnya anak untuk mengkonsumsi makanan. Anak susah makan, menyebabkan kurangnya asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, sehingga menimbulkan berbagai masalah tubuh lainnya. Sebaiknya Anda mengatasi terlebih dahulu penyakit yang dialami oleh anak Anda agar kondisi susah makan pada anak dapat berangsur membaik.

 

Beberapa penyakit yang menyebabkan anak susah makan antara lain:

 

Penyakit Tuberkulosis

Penyakit tbc atau tuberkulosis pada anak umumnya ditularkan dari orang dewasa. Salah satu gejala dari penyakit ini adalah berkurangnya nafsu makan. Sehingga berat badan anak semakin menurun, meskipun sudah dibantu dengan makanan yang bergizi.

 

Influenza

Influenza yang umumnya ditandai dengan batuk, pilek, hidung tersumbat hingga radang tenggorokan bisa jadi penyebab anak susah makan. Mengapa? Karena lendir yang terdapat di saluran pernafasan dapat memaksanya bernafas lewat mulut. Apabila mulutnya penuh dengan makanan, hal tersebut tentu akan membuatnya kesulitan bernafas. Itulah mengapa saat flu anak menjadi malas untuk makan.

 

Sariawan

Sariawan adalah kondisi dimana terdapat luka atau cedera pada mulut. Biasanya terjadi karena tidak sengaja tergigit, kekurangan vitamin, atau terinfeksi virus. Kondisi ini dapat menimbulkan rasa perih pada mulut, terutama jika mulut mengunyah makanan,sehingga si kecil enggan untuk makan.

 

Alasan Anak Susah Makan

Umumnya anak susah untuk makan dimulai sejak usia 1 tahun. Pada masa ini, proses pertumbuhan anak melambat dari masa sebelumnya. Hal tersebut terkadang diikuti dengan penurunan selera makannya. Dalam masa ini kerap kali menimbulkan permasalahan yang muncul, berkaitan dengan perilaku anak susah makan yaitu:

 

  • Mengkonsumsi satu makanan saja
    Ketertarikan anak pada satu jenis makanan yang rasanya sudah ia kenali bisa menjadi penyebab anak susah makan. Kondisi susah makan pada anak juga sering dikaitkan dengan masalah neurologis, artinya anak yang susah makan memang disebabkan oleh otak mereka yang masih bertumbuh dan belum mengenal banyak hal.

 

  • Menolak makanan
    Bagi anak, makan adalah keterampilan yang baru dikuasai oleh dirinya. Memilih apa yang ingin ia masukan kedalam mulutnya adalah hal penting bagi anak. Oleh karena itu tidak heran jika pada hari pertama makanan yang diberikan oleh Anda, si kecil habiskan namun, di hari berikutnya menolak untuk memakannya. Ketika mood dan pikirannya berubah, maka berubah pula nafsu makannya.

 

  • Suasana makan yang kurang menyenangkan
    Makan merupakan masa eksplorasi bagi anak, untuk menambah nafsu makan, anak membutuhkan suasana yang menyenangkan sehingga anak dapat menganggap bahwa makan adalah pengalaman yang menyenangkan.

 
Vitamin Penambah Nafsu Makan

Beberapa vitamin atau obat tertentu dapat digunakan sebagai penambah nafsu makan anak. Jadi, pastikan bahwa vitamin yang Anda berikan kepada anak Anda mengandung beberapa zat yang telah terbukti efektif dapat menambah nafsu makan. Beberapa zat yang bermanfaat sebagai penambah nafsu makan anak adalah:

 

  1. Zinc, kekurangan zinc menyebabkan perubahan nafsu makan.
  2. Curcuma
  3. Tiamin
  4. Fish Oil atau minyak ikan

 

Penambah Nafsu Makan Anak yang Alami / Herbal

Beberapa bahan alami atau herbal dapat menjadi penambah nafsu makan anak, antara lain:

 

Kunyit

Ramuan kunyit dapat menjadi pilihan orang tua sebagai penambah nafsu makan anak. Tak hanya sebagai penambah nafsu makan anak, pemberian kunyit secara teratur dapat meningkatkan kadar enzim pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Ramuan kunyi juga dapat membantu meredakan demam, nyeri di perut, sebagai antiseptik untuk sariawan, dan antiradang.

 

Temulawak

Temulawak yang memiliki nama latin Curcuma Xanthorhiza Roxb adalah rempah dan tanaman obat dengan yang mengandung berbagai nutrisi baik untuk kesehatan tubuh. Temulawak sering digunakan sebagai penambah nafsu makan anak. Dibalik rasanya yang pahit pedas dan aromanya yang harum, terdapat segudang manfaat temulawak untuk kesehatan lainnya.

 

Madu


Siapa yang tidak kenal madu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa madu dapat digunakan untuk penambah nafsu makan anak. Selain itu, madu juga terbukti dapat mempercepat penyembuhan gejala demam dan pilek pada anak. Madu juga memiliki kandungan gizi yang lengkap.

 

Kandungan gizi utama madu adalah aneka senyawa karbohidrat seperti gula fruktosa (41,0%), glukosa (35%), sukrosa (1,9%), dan dekstrin (1,5%). Karbohidrat madu ikut menambah pasokan energi yang diperlukan anak.


Kadar protein dalam madu relatif kecil, sekitar 2,6%. Namun kandungan asam aminonya cukup beragam, baik asam amino esensial maupun non-esensial. Asam amino berperan dalam kebutuhan protein tubuh Anak.

 

Bumbu dan rempah-rempah lainnya

Beberapa jenis herba dan rempah-rempah lainnya juga telah terbukti efektif untuk meningkatkan nafsu makan. Adas, peppermint, lada hitam, ketumbar, mint, jahe, dan kayu manis adalah herba dan rempah-rempah yang berdasarkan hasil penelitian efektif sebagai penambah nafsu makan anak.

Bumbu dapur ini juga dapat membantu mengurangi kembung. Mereka juga dapat merangsang produksi cairan empedu untuk memfasilitasi pencernaan lemak.

 

Obat Suplemen / Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak

Selain herbal dan bahan alami, terdapat juga suplemen dan vitamin penambah nafsu makan di Farmaku.com. Produk multivitamin yang dapat menjadi pilihan Anda untuk meningkatkan nafsu makan anak antara lain:

 

Elkana Cl
Elkana CL Emulsi adalah multivitamin untuk anak, khususnya anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Manfaat vitamin Elkana CL Emulsi sirup adalah untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral sang buah hati.

Vitamin Elkana CL Emulsi sirup juga dilengkapi dengan komposisi cod liver oil dan AA-DHA yang dapat membantu untuk meningkatkan nafsu makan anak.

 

Apialys
Apialys masuk dalam golongan suplemen atau pelengkap nutrisi makanan untuk balita.
Fungsi dari apialys adalah untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral serta menambah nafsu makan balita selama masa pertumbuhan mereka. Apialys hadir dalam bentuk tetes dan sirup.

 

Likurmin Sirup
Likurmin adalah vitamin atau suplemen penambah nafsu makan pada anak.
Manfaat dari vitamin likurmin adalah untuk memperbaiki nafsu makan pada anak. Selain itu, likurmin juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin B kompleks dan asam amino untuk anak, sehingga kesehatan si buah hati tetap terjaga.

 

Kesimpulan:

Anak susah makan adalah kondisi yang wajar. Umumnya anak susah makan disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor psikologis, medis ( penyakit) dan neurologis. Penyakit seperti tbc, influenza, dan sariawan dapat mengakibatkan anak sulit makan.

 

Terlebih bagi anak, makan merupakan kegiatan eksplorasi, dimana otak mereka masih bertumbuh dan belum mengenal banyak hal sehingga tidak heran jika anak kadang susah makan. Agar nafsu makan anak bertambah, ada baiknya mengajak anak Anda untuk makan dalam suasana yang menyenangkan serta memberikan asupan vitamin penambah nafsu makan secara teratur.

 

Sumber: 

  1. https://www.alodokter.com/anak-anda-susah-makan-coba-trik-ini, Mar 2018 
  2. https://nakita.grid.id/read/026069/3-penyakit-yang-sebabkan-anak-sering-susah-makan , Sep 2017 
  3. https://hellosehat.com/parenting/nutrisi-anak/penyebab-anak-kurus , Jan 2019 




Bagikan artikel ini :




anak   kesehatan