Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

5 Vitamin Penambah Nafsu Makan untuk Dewasa di Apotek

Vitamin penambah nafsu makan

Berat badan atau selera makan Anda semakin menurun? Tertarik mencoba asupan vitamin penambah nafsu makan? Simak pembahasan lengkap mengenai obat dan vitamin penambah nafsu makan untuk dewasa di apotik berikut ini.

Vitamin Penambah Nafsu Makan untuk Dewasa di Apotek

Kehilangan nafsu makan ini dapat dialami oleh siapa saja, termasuk pada orang dewasa. Untuk merangsang nafsu makan selain mengubah gaya hidup yang lebih sehat, terkadang diperlukan vitamin atau obat tertentu sehingga nafsu makan muncul lagi. Selain efektif dalam mengatasi masalah kekurangan vitamin dan mineral, suplemen makanan juga dapat merangsang nafsu makan seseorang. Berikut ini daftar vitamin penambah nafsu makan dewasa meliputi:

1. Supelemen Mengandung Zinc

Zinc adalah nutrisi penting karena kandungan ini diperlukan dalam berbagai proses yang terjadi dalam tubuh, meliputi fungsi kekebalan, sintesis protein, penyembuhan luka, hingga tumbuh kembang. Selain itu, kekurangan zinc juga dapat menyebakan penurunan nafsu makan dan mengurangi fungsi kekebalan tubuh. 

Tubuh tidak dapat memproduksi dan menyimpan zinc sendiri, sehingga dibutuhkan asupan tambahan berupa vitamin atau multivitamin yang mengandung zinc untuk memperoleh nutrisi ini. 

Menurut Mayo Clinic, jumlah zinc harian yang direkomendasikan, yaitu 11 mg untuk pria dewasa dan 8 miligram (mg) untuk wanita. Salah satu suplemen yang mengandung zinc di dalamnya adalah Redoxon. 

Redoxon Eff Zinc Blackcurrant 10S adalah salah satu rekomendasi suplemen yang mengandung zinc 10 mg dan vitamin C 1000 mg. Selain menambah nafsu makan, suplemen ini juga dapat berguna dalam mencegah kekurangan vitamin C dan zinc sekaligus memelihara daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit.

2. Tiamin (Vitamin B1)

Kekurangan tiamin atau yang dikenal dengan sebutan vitamin B1 juga dapat menyebabkan seseorang mengalami penurunan nafsu makan dan berat badan. Untuk itu, menambah asupan vitamin B1 dapat dilakukan untuk meningkatkan nafsu makan dan menambah berat badan. Tiamin cukup aman untuk kebanyakan orang dewasa.

Berikut ini daftar suplemen yang mengandung vitamin B1 sebagai vitamin penambah nafsu makan dewasa di apotik: 

  • Vitamin B Complex IPI Tab adalah vitamin yang mengandung vitamin B seperti vitamin B1 2 mg, Vitamin B2 2 mg, vitamin B6 2 mg, Nicotinamide 20 mg, dan Calcium Pantothenate 10 mg. Selain membantu meningkatkan nafsu makan, kandungan pada vitamin ini juga dapat membantu mengobati defisiensi (kekurangan) vitamin B dan memelihara kesehatan tubuh secara menyeluruh.  
  • Neurosanbe Film Coated Tablet adalah suplemen makanan yang mengandung vitamin B1 100 mg, vitamin B12 200 mcg, dan vitamin B6 200 mg yang dapat memelihara kesehatan saraf dan mengatasi kekurangan vitamin B.
  • Vitabiotics Zedcal Forte 30S adalah multivitamin dengan kandungan zinc 4 mg, kalsium 400 mg, vitamin D3 400 IU, dan magnesium 150 mg yang dapat meningkatkan produksi energi pada tubuh serta menjaga kesehatan tulang dan gigi.

3. Fish oil (Minyak ikan)

Minyak ikan dapat membantu merangsang nafsu makan dan mengurangi perasaan kenyang atau kembung yang bisa membuat seseorang tidak makan. Berdasarkan beberapa penelitian, asam lemak omega-3 berasal dari laut dapat meningkatkan keinginan seseorang untuk makan. 

Minyak ikan yang kaya akan sumber asam lemak, misalnya salmon. Konsumsi minyak ikan dianggap aman bagi orang dewasa yang tidak punya alergi makan ikan. Selain minyak ikan berbasis laut, seseorang yang menjalani gaya hidup vegan atau vegetarian juga dapat mencoba asupan vitamin omega-3 yang bersumber dari alga. 

Jika FarmaFriends tertarik mencoba vitamin minyak ikan, mungkin Anda dapat mencoba Blackmores Odourless Fish Oil suplemen yang mengandung minyak ikan 1000 mg, Asam Eicosapentanoat, dan Asam Docosahexanoat (DHA) 120 m. Selain dapat meningkatkan nafsu makan, minyak ini juga baik untuk menurunkan kadar lemak jahat di darah dan menjaga kesehatan jantung.

4. Curvit CL Emulsion 175 Ml

Curvit CL Emulsion adalah suplemen penambah nafsu makan yang mengandung beberapa vitamin yang baik bagi kesehatan. Selain digunakan sebagai peningkat nafsu makan, vitamin ini juga dapat mencegah tubuh kekurangan kalsium dan stamina. Curvit hadir dalam kemasan tablet yang terbuat dari bahan herbal ekstrak Curcuma xanthorrhiza Rhizome.

Beli Curvit CL Emulsion di Sini.

5. Curcuma FCT 12 Tab

Curcuma tablet adalah obat herbal yang mengandung ekstrak curcuma xanthorrhiza rhizome yang dapat membantu memelihara kesehatan dan membantu memperbaiki selera makan pada orang dewasa. Obat ini tergolong jamu sehingga dapat dibeli secara bebas. Namun, penggunaanya harus sesuai petunjuk atau 1-2 tablet dalam tiga kali sehari.

Beli Curcuma FCT 12 Tab di Sini.

Mencoba perangsang nafsu makan dapat menjadi cara yang efektif dalam meningkatkan nafsu makan seseorang. Apabila masalah ini dibiarkan, maka dapat meningkatkan risiko penyakit atau komplikasi serius lainya.

Itulah beberapa daftar merk vitamin penambah nafsu makan untuk dewasa di apotik tanpa resep dokter. Yuk, pesan dan tebus obat Anda di farmaku.com. Nikmati juga promo gratis ongkir untuk ke seluruh Indonesia.

Carter, Alan, Pharm.D. 2019. How to stimulate appetite. https://www.medicalnewstoday.com/articles/326142. (Diakses pada 17 September 2021).
Falck, Suzanne, M.D., FACP. 2018. Supplements, Medications, and Lifestyle Changes to Help Stimulate Appetite. https://www.healthline.com/health/appetite-stimulant#causes. (Diakses pada 17 September 2021).
Mayo Clinic. 2020. Zinc. https://www.mayoclinic.org/drugs-supplements-zinc/art-20366112. (Diakses pada 17 September 2021).

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan