Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

10 Obat Sakit Gigi Anak yang Aman dan Ampuh Atasi Nyeri

gambar obat sakit gigi anak

Pada sebagian besar kasus, sakit gigi yang terjadi pada anak disebabkan oleh tumbuhnya gigi atau gigi berlubang. Kondisi ini bisa menimbulkan nyeri hingga demam. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah memberikan obat sakit gigi anak. Di artikel ini Farmaku merangkum berbagai obat tersebut.

Pilihan Obat Sakit Gigi untuk Anak 

Sakit gigi pada anak sebagian besar disebabkan oleh gigi berlubang atau tumbuh gigi. Beberapa gejalanya, yaitu ngiler, gigi terasa nyeri dan berdenyut, gusi bengkak, demam, hingga sakit kepala.

Di artikel ini, Farmaku telah merangkum obat sakit gigi untuk anak yang bisa didapatkan di apotek, di antaranya:

1. Sanmol Sirup

Gambar Sanmol Syrup 60 ml

Sanmol Sirup adalah obat yang mengandung paracetamol. Obat ini dapat digunakan untuk membantu menurunkan demam dan mengurangi rasa nyeri ringan hingga sedang, seperti sakit gigi dan sakit kepala.

Obat  ini bekerja dengan cara menghambat pembentukan prostaglandin, senyawa pemicu nyeri yang berada di bagian otak hipotalamus.

Termasuk obat bebas, sanmol sirup dapat diperoleh tanpa resep dokter. Meski begitu, berikan obat ini sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang tertera pada kemasan.

Beli Sanmol Syrup 60 ml di Sini

Beli Sanmol Forte Syrup 60 ml di Sini

2. Tempra Forte Sirup

Tempra Forte Orange Syrup 60 ml

Tempra Forte Orange Syrup merupakan obat sirup yang mengandung bahan aktif paracetamol 250 mg. Obat ini dapat digunakan untuk meredakan demam dan mengurangi rasa nyeri pada gigi anak yang berlubang.

Tempra Forte memiliki rasa jeruk yang akan lebih disukai anak-anak. Meski tergolong obat bebas, perhatikan aturan penggunaan pada kemasan.

Beli Tempra Forte Orange Syrup 60 ml di Sini

3. Panadol Sirup Anak

Obat Panadol Syrup Anak 60 ml

Pilihan obat sakit gigi anak yang mengandung paracetamol lainnya adalah Panadol Sirup Anak. Obat ini dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit gigi pada anak, mulai dari usia 1-6 tahun. 

Panadol Sirup Anak bekerja dengan cara menghambat produksi zat yang memicu rasa nyeri pada tubuh.

Meski obat ini tergolong obat bebas dan bisa didapat tanpa resep dokter, penggunaan obat ini sebaiknya tetap mengikuti aturan pakai yang terdapat pada kemasan.

Beli Panadol Syrup Anak 60 ml di Sini

4. Bufect Sirup

Obat Bufect Syrup 60 ml

Bufect Sirup adalah obat sakit gigi anak yang mengandung bahan aktif ibuprofen. Selain itu, obat ini juga dapat menurunkan demam pada anak.

Bufect Sirup tergolong golongan obat antinyeri atau NSAID (Obat Anti-inflamasi Nonsteroid) yang berguna untuk membantu mengurangi zat penyebab peradangan dan menghambat zat penyebab rasa nyeri.

Obat ini termasuk golongan obat bebas terbatas. Artinya, meskipun dapat dibeli dan digunakan tanpa resep dokter, cermati dosis dan aturan penggunaannya.

Beli Bufect Syrup 60 ml di Sini

5. Proris Sirup

Obat Proris Syrup 60 ml

Obat selanjutnya yang mengandung bahan aktif ibuprofen adalah Proris Sirup. Obat ini juga termasuk ke dalam obat antinyeri atau NSAID yang bekerja dengan cara menghambat zat dalam tubuh pemicu nyeri.

Tergolong obat bebas terbatas, obat ini dapat dibeli dan diminum tanpa perlu resep dokter. Namun, sebaiknya tetap mengikuti dosis dan aturan pakai yang tertera pada kemasan.

Apabila si Kecil memiliki penyakit seperti ginjal, asma, dan pembekuan darah, sebaiknya hindari penggunaan obat ini.

Beli Proris Syrup 60 ml di Sini

6. Cataflam Drops

obat cataflam untuk sakit gigi anak

Obat ini digunakan untuk mengatasi atau meredakan nyeri ringan hingga sedang, di antaranya sakit gigi, asam urat, migrain, serta nyeri karena batu empedu dan batu ginjal.

Cataflam Drops mengandung bahan aktif diclofenac resinate yang bermanfaat untuk meredakan nyeri, termasuk nyeri karena sakit gigi pada anak.

Obat ini dapat digunakan mulai dari anak usia 6 tahun ke atas. Namun, karena termasuk golongan obat keras, penggunaannya harus sesuai dengan petunjuk dokter.

Perlu diketahui, penggunaan obat ini mungkin memiliki efek samping yaitu mual, pusing, sakit kepala, diare, dan sakit perut.

Beli Cataflam Drop 15 ml di Sini

7. Obat Sakit Gigi Cap Burung Kakak Tua

obat herbal untuk sakit gigi anak

Burung Kakak Tua merupakan obat sakit gigi yang mengandung minyak cengkeh dan diperkaya dengan minyak atsiri. Kandungan ini telah teruji memiliki antijamur dan antibakteri.

Minyak atsiri berguna untuk meredakan rasa sakit gigi akibat bakteri pada gusi atau gigi. Tidak hanya itu, minyak cengkeh juga dapat berperan dalam meredakan sinyal saraf yang dapat memicu rasa sakit pada gigi. 

Penggunaan obat ini cukup mudah. Cukup tuangkan minyak pada kapas secukupnya, lalu tempelkan kapas pada bagian gusi atau gigi yang sakit.

Beli Obat Gigi Kaka Tua 2 ml di Sini

8. Claneksi Sirup

Gambar Claneksi Dry Sirup 60 ml

Claneksi Sirup adalah obat antibiotik yang mengandung amoxicillin dan asam klavulanat. Keduanya dapat melawan sejumlah infeksi, seperti pada kulit, tulang, dan sendi.

Obat ini termasuk salah satu pilihan antibiotik untuk sakit gigi yang membutuhkan resep dokter. Hindari penggunaan obat jika anak diketahui alergi terhadap penisilin.

Beli Claneksi Forte Dry Syrup 60 ml di Sini

Beli Claneksi Dry Sirup 60 ml di Sini

9. Amoxsan Sirup

Gambar Amoxsan Drop 27 ml

Amoxsan adalah antibiotik untuk mengobati beberapa infeksi, misalnya pada kulit, hidung, dan tenggorokan. Obat ini dapat diresepkan dokter pada kasus sakit gigi anak.

Kandungan bahan aktif amoxicillin di dalamnya mampu bekerja efektif untuk mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi.

Penggunaan obat harus sesuai anjuran dan resep dokter untuk mengurangi risiko efek samping yang dapat terjadi.

Beli Amoxsan Dry Syrup 60 ml di Sini

Beli Amoxsan Drop 27 ml di Sini

10. Clabat

Gambar Clabat Dry Syrup 60 ml

Clabat Sirup merupakan salah satu antibiotik yang dapat diresepkan dokter untuk mengatasi sakit gigi anak. Obat ini mengandung amoxicillin yang mampu mengatasi pertumbuhan bakteri pemicu infeksi.

Clabat termasuk ke dalam golongan obat keras sehingga penggunaannya harus sesuai dengan petunjuk dan resep dokter.

Selain itu, waspadai kemungkinan efek samping yang dapat terjadi setelah menggunakan obat ini. Pada beberapa anak, Clabat bisa menyebabkan diare, mual, muntah, ruam, sakit kepala, rasa tidak enak pada perut.

Beli Clabat Forte Dry Sirup 60 ml di Sini

Beli Clabat Dry Syrup 60 ml di Sini

Nah, itulah beberapa jenis obat yang bisa Anda berikan pada si Kecil saat sakit gigi. Jika rasa nyeri tidak kunjung membaik atau semakin parah, sebaiknya segera menemui dokter atau konsultasi dengan dokter rekanan Farmaku di link ini: Chat Dokter, download aplikasi Farmaku sekarang!

Baca juga:

Cleveland Clinic. 2023. Toothache. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/10957-toothache. (Diakses pada 14 November 2023).

Sumber

apt. Firlicia Ayuning S.FarmDitinjau secara medis olehapt. Firlicia Ayuning S.Farm • 


Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan