Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

9 Obat Sakit Gigi Anak yang Aman dan Ampuh Atasi Nyeri

obat sakit gigi anak

Pada sebagian besar kasus, sakit gigi yang terjadi pada anak disebabkan oleh tumbuhnya gigi atau gigi berlubang. Kondisi ini bisa menimbulkan nyeri hingga demam. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa sakitnya, yaitu memberikan obat sakit gigi anak.

Berbagai Pilihan Obat Sakit Gigi untuk Anak 

Sakit gigi pada anak sebagian besar disebabkan oleh gigi berlubang atau tumbuh gigi. Gejalanya antara lain adalah ngiler, gigi terasa nyeri dan berdenyut, gusi di sekitar gigi bengkak, dan demam atau sakit kepala.

Untuk mengobati atau meredakan rasa nyeri, Anda bisa memberikan obat sakit gigi anak. Di artikel ini, Farmaku akan memberikan rekomendasi obat sakit gigi untuk anak yang bisa didapatkan di apotek. Untuk tahu info lengkapnya, yuk simak terus artikel ini!

1. Paracetamol Sirup

obat sakit gigi untuk anak

Obat paracetamol merupakan bahan aktif yang banyak digunakan untuk membantu menurunkan demam dan mengurangi rasa nyeri, termasuk nyeri pada gigi yang berlubang. Obat ini hadir dalam bentuk sirup sehingga mudah untuk diminum oleh anak-anak.

Termasuk obat bebas, paracetamol dapat diperoleh tanpa resep dokter. Meski begitu, Anda tetap perlu memberikan obat ini sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang sudah diatur dan tertera pada kemasan.

Beli Obat Paracetamol Sirup di Sini

2. Tempra Forte Orange Syrup 60 ml

Tempra Forte Orange Syrup 60 ml

Sama seperti Paracetamol Sirup, Tempra Forte Orange Syrup merupakan obat sirup yang mengandung bahan aktif paracetamol 250 mg. Obat ini dapat digunakan untuk meredakan demam dan mengurangi rasa nyeri pada gigi anak yang berlubang.

Tergolong obat bebas, Tempra Forte memiliki rasa jeruk yang akan lebih disukai anak-anak. Untuk dosis obat Tempra Forte, Anda bisa memberikan berdasarkan usia anak-anak sebagai berikut:

Untuk usia anak di atas 12 tahun berikan 2-2.5 sendok takar (10 ml – 12.5 ml). Sedangkan usia anak 6-12 tahun berikan 1-2 sendok takar (5 ml – 10 ml). Semua dosis tersebut diberikan 3-4 x sehari.

Beli Tempra Forte Orange Syrup 60 ml di Sini

3. Panadol Sirup Anak

Obat Panadol Syrup Anak 60 ml

Pilihan obat sakit gigi anak yang mengandung paracetamol adalah Panadol Sirup Anak. Obat ini dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit gigi pada anak, mulai dari usia 1-6 tahun. Panadol Sirup Anak bekerja dengan cara menghambat produksi zat yang memicu rasa nyeri pada tubuh.

Meski obat ini tergolong obat bebas dan bisa didapat tanpa resep dokter, penggunaan obat ini sebaiknya tetap mengikuti aturan pakai yang terdapat pada kemasan obat atau Anda bisa bertanya kepada apoteker Farmaku saat pembelian obat ini.

Beli Pandadol Sirup Anak di Sini

4. Bufect Syrup 60 ml

Obat Bufect Syrup 60 ml

Selain kandungan paracetamol, obat yang mengandung bahan aktif ibuprofen juga dapat digunakan untuk meredakan nyeri karena sakit gigi. Selain itu, obat ini juga dapat menurunkan demam pada anak.

Obat ini tergolong obat anti-nyeri atau NSAID (Obat Anti-inflamasi Nonsteroid) yang berguna untuk membantu mengurangi zat penyebab peradangan dan menghambat zat yang menyebabkan rasa nyeri.

Walau Bufect termasuk obat bebas terbatas, penggunaan obat ini tetap perlu mengikuti aturan pakai yang terdapat pada kemasan obat. Selain itu, Anda juga bisa kosultasikan pada apoteker Farmaku sebelum membeli obat ini untuk mendapatkan dosis yang sesuai.

Beli Bufect Syrup 60 ml di Sini

5. Proris Sirup

Obat Proris Syrup 60 ml

Obat selanjutnya yang mengandung bahan aktif ibuprofen adalah Proris Sirup. Obat ini juga termasuk ke dalam obat anti-nyeri atau NSAID yang bekerja dengan cara menghambat zat dalam tubuh yang dapat menyebabkan nyeri.

Tergolong obat bebas terbatas, obat ini dapat dibeli dan diminum tanpa perlu resep dokter. Namun, sebaiknya tetap mengikuti dosis dan aturan pakai yang tertera pada kemasan. Apabila si Kecil memiliki penyakit seperti ginjal, asma, dan pembekuan darah sebaiknya hindari penggunaan obat ini.

Beli Proris Sirup di Sini

6. Cataflam Drops

obat cataflam untuk sakit gigi anak

Obat ini digunakan untuk mengatasi atau meredakan nyeri ringan hingga sedang, di antaranya sakit gigi, asam urat, migrain, serta nyeri karena batu empedu dan batu ginjal. Cataflam Drops mengandung bahan aktif diclofenac resinate untuk meredakan nyeri termasuk nyeri karena sakit gigi pada anak.

Untuk mengobati sakit gigi pada anak, obat ini dapat digunakan mulai dari anak usia 6 tahun ke atas. Tergolong obat keras, penggunaan obat ini harus sesuai dengan petunjuk dokter.

Perlu diketahui, penggunaan obat ini mungkin memiliki efek samping yaitu mual, pusing, sakit kepala, diare, dan sakit perut.

Beli Cataflam Drops di Sini

7. Obat Sakit Gigi Cap Burung Kakak Tua

obat herbal untuk sakit gigi anak

Burung Kakak Tua merupakan obat sakit gigi yang mengandung minyak cengkeh dan diperkaya dengan minyak atsiri. Minyak satu ini telah teruji memiliki antijamur dan antibakteri.

Kandungan tersebut berguna untuk meredakan rasa sakit gigi akibat bakteri pada gusi atau gigi. Tidak hanya itu, minyak cengkeh juga dapat berperan dalam meredakan sinyal saraf yang dapat memicu rasa sakit pada gigi. 

Penggunaan obat ini cukup mudah. Cukup tuangkan minyak pada kapas secukupnya. Lalu tempelkan kapas pada bagian gusi atau gigi yang sakit. Meski efektif untuk meredakan rasa nyeri, obat ini juga memiliki efek samping seperti timbul rasa panas di mulut dan sariawan.

Beli Obat Sakit Gigi Cap Burung Kakak Tua di Sini

8. Dentasol

Dentasol Drop untuk sakit gigi

Obat ini dapat digunakan untuk meredakan sakit gigi, sariawan, peradangan gusi, gigi, dan mulut lainnya. Dentasol drop mengandung bahan-bahan, yaitu benzokain, cetylpyridinium chloride, campora, mentholatum, dan phenolum.

Dikemas dalam botol plastik isi 10 ml, penggunaan obat ini dapat dilakukan dengan cara mengoleskan obat dengan kapas pada bagian yang sakit dan diulangi setiap 3-4 jam. Obat ini memiliki efek samping yang mungkin terjadi seperti gangguan pernapasan, rasa menyengat/terbakar, dan sianosis.

9. Naproxen

Naprex untuk obat sakit gigi anak

Obat Naproxen Sirup mengandung bahan aktif paracetamol yang berguna untuk meredakan nyeri akibat sakit gigi atau demam pada anak-anak. Naproxen bekerja dengan cara menghambat pembentukan prostaglandin, yang merupakan zat pemicu nyeri dan demam di hipotalamus untuk meningkatkan pelepasan panas supaya suhu tubuh normal.

Jika anak Anda sedang mengonsumsi obat lain, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum memberikan obat Naproxen. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah adanya interaksi obat yang dapat menyebabkan obat tidak bekerja secara efektif atau mencegah risiko efek samping yang lebih serius.

Penting diketahui, apabila anak Anda mengalami tanda-tanda seperti gatal-gatal, pembengkakan pada wajah, lidah, bibir, dan sulit bernapas sebaiknya segera ke dokter.  

Nah, itulah beberapa jenis obat yang bisa Anda berikan pada si Kecil saat sakit gigi. Jika Anda ingin memesan obat sakit gigi anak, bisa kunjungi Apotek Farmaku terdekat atau pesan online di web Farmaku.com

Dentistry on Dusk. 9 Home Remedies for Toothaches in Children. Diakses pada Mei 2022. https://www.dentistryondusk.com/home-remedies-for-toothache-children/

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Lainnya