Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

10 Obat Infeksi Saluran Kencing yang Tersedia di Apotek

Obat infeksi saluran kencing dapat membantu mengurangi rasa nyeri sekaligus mengatasi infeksinya. Infeksi saluran kencing umumnya disebabkan oleh bakteri. Oleh sebab itu, penggunaan obat tidak boleh sembarangan agar penyakit tidak muncul kembali. 

Obat Infeksi Saluran Kencing yang Ampuh 

Infeksi saluran kencing (ISK) adalah jenis infeksi yang menyerang sistem kemih, termasuk ginjal, uterter, kandung kemih, dan uretra. Namun, kebanyakan infeksi ini menyerang kandung kemih dan uretra. 

Gejala yang dialami saat seseorang terkena ISK adalah keinginan buang air kecil yang terjadi terus menerus, sakit saat buang air kecil, dan sakit pada punggung bagian bawah. 

Pada kasus yang parah, hingga disertai demam dan meriang, ISK perlu ditangani dengan bantuan obat. 

Berikut obat yang umum diresepkan dokter untuk mengobati ISK, antara lain:

1. Cefixime

Cefixime

Cefixime merupakan antibiotik yang umum diberikan oleh dokter untuk mengatasi infeksi saluran kencing. Umumnya obat ini diberikan untuk mengobati infeksi saluran kemih tanpa komplikasi. 

Obat ini termasuk dalam golongan antibiotik sefalosporin yang bekerja dengan cara menghentikan pembentukan dinding sel bakteri hingga bakteri tidak dapat bertahan hidup. Akibatnya, jumlah bakteri dalam tubuh berkurang dan sistem imun tubuh dapat melawan bakteri penyebab infeksi.

Cefixime termasuk dalam golongan obat keras, sehingga penggunaannya harus sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang sudah ditetapkan oleh dokter. 

Beli Cefixime 100 mg Capsule Hexp di Sini

Beli Cefixime 200 mg Capsule Novell di Sini

2. Cefspan

Cefspan

Cefspan merupakan obat yang dapat mengobati infeksi saluran kencing dan berbagai infeksi bakteri lain, seperti infeksi saluran pernapasan, telinga, dan tenggorokan.

Obat ini mengandung senyawa aktif cefixime. Senyawa aktif di dalamnya dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab infeksi sehingga sistem kekebalan tubuh bisa melawan bakteri tersebut. 

Obat ini hanya bisa didapatkan dengan resep dokter, karena tergolong dalam kategori obat keras. Hindari mengurangi dosis atau menghentikan konsumsi obat ini tanpa persetujuan dokter. 

Beli Cefspan 100 mg Capsule di Sini

3. Ciprofloxacin

Ciprofloxacin

Ciprofloxacin merupakan obat antibiotik yang dapat mengatasi berbagai infeksi bakteri, termasuk infeksi saluran kencing, pneumonia, dan infeksi prostat. 

Obat ini termasuk dalam antibiotik golongan quinolone yang bekerja dengan cara menghambat perbanyakan diri bakteri. Dengan demikian, pertumbuhan bakteri dapat dihambat dan sistem imun tubuh lebih mudah untuk mengatasinya. 

Cirpofloxacin termasuk dalam kategori obat keras, sehingga penggunaan obat ini harus sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang sudah diberikan dokter. 

Waspadai efek samping yang dapat timbul setelah konsumsi obat ini, yaitu sakit maag, mual, pusing, atau diare. 

Beli Ciprofloxacin 500 mg Tablet Hexp di Sini

4. Levofloxacin

Levofloxacin

Levofloxacin juga dapat mengatasi infeksi saluran kencing. Obat ini bekerja dengan cara menghambat enzim yang diperlukan oleh bakteri untuk bertambah banyak. Dengan demikian pertumbuhan bakteri dapat ditekan dan akhirnya bisa dilawan oleh sistem imun tubuh. 

Termasuk dalam golongan obat keras, penggunaan levofloxacin harus sesuai dengan resep dokter. 

Obat ini merupakan obat antibiotik, sehingga Anda disarankan untuk konsumsi dalam waktu yang sama setiap harinya agar 

Beli Levofloxacin 500 mg Tablet Novell di Sini

5. Amoxsan

Amoxsan

Amoxan adalah obat antibiotik dengan kandungan senyawa aktif amoxicillin. Kandungan tersebut efektif untuk menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab infeksi.  

Tidak hanya mampu mengobati infeksi saluran kencing, tetapi obat ini juga dapat digunakan untuk mengatasi penyakit lain yang disebabkan oleh infeksi bakteri, seperti infeksi paru-paru dan infeksi telinga. 

Amoxan termasuk dalam golongan obat keras, sehingga penggunaannya harus sesuai dengan resep dokter. 

Efek samping yang mungkin muncul akibat penggunaan obat ini, antara lain mual dan muntah, sakit perut, diare, dan pusing. 

Beli Amoxsan 500 mg Capsule di Sini

6. Amoxicillin

Amoxicillin

Amoxicillin juga menjadi salah satu obat antibiotik yang kerap diberikan dokter jika Anda menderita infeksi saluran kencing. Obat ini dapat menyebabkan dinding sel rusak sehingga bakteri tidak dapat bertahan hidup. 

Hindari menggunakan obat ini sembarangan tanpa resep dokter, karena termasuk dalam golongan obat keras. 

Beli Amoxicillin 500 mg Tablet Hexp di Sini

7. Doxycycline

Doxycycline

Doxycycline juga dapat mengobati infeksi saluran kencing. Obat ini merupakan antibiotik spektrum luas yang bekerja dengan cara menghentikan bakteri untuk memproduksi bakteri yang diperlukan untuk bertahan hidup.

Tergolong dalam obat keras, obat ini hanya bisa didapatkan dengan resep dokter. Hindari menghentikan konsumsi obat secara mendadak tanpa persetujuan dokter, karena dapat menyebabkan resistensi. 

Beli Doxycycline 100 mg Capsule KF di Sini

8. Cefat

Cefat

Cefat dapat digunakan untuk mengatasi penyakit akibat infeksi bakteri, termasuk infeksi saluran kencing. Kandungan cefadroxil dalam obat ini bekerja dengan cara membunuh atau mencegah pertumbuhan bakteri. 

Sebelum konsumsi obat, Anda perlu memberitahu dokter jika Anda pernah atau sedang menderita penyakit ginjal, diabetes, atau asma. 

Obat ini termasuk dalam golongan obat keras, sehingga hanya bisa diperoleh dengan resep dokter. Pastikan minum obat dengan teratur sesuai dosis dan aturan pakai yang sudah ditetapkan dokter. 

Beli Cefat 500 mg Capsule di Sini

9. Urogetix

Urogetix

Tidak hanya antibiotik, dokter umumnya juga memberikan obat pereda nyeri untuk meredakan gejala yang timbul saat menderita ISK. Salah satu obat yang dapat diberikan adalah Urogetix.

Obat ini mampu meredakan gejala yang disebabkan oleh infeksi saluran kencing, seperti rasa panas, nyeri saat buang air kecil, serta ingin buang air kecil yang sering dan tidak tertahankan. 

Kandungan phenazopyridine HCl dalam obat ini bekerja langsung pada lapisan saluran kemih yang sedang iritasi. Perlu diperhatikan bahwa obat ini hanya bisa meredakan gejalanya dan tidak bisa mengobati penyebab ISK. 

Urogetix termasuk dalam kategori obat keras, sehingga penggunaan obat ini harus di bawah pengawasan dokter. 

Beli Urogetix 100 mg Caplet di Sini

10. Urispas

Urispas

Urispas mampu meredakan gejala yang disebabkan oleh infeksi saluran kemih. Obat ini mengandung senyawa aktif flavoxate. Senyawa aktif tersebut dapat melemaskan otot-otot saluran kemih yang biasanya terlalu aktif saat ada peradangan. Dengan demikian, gejala yang terjadi bisa diredakan. 

Obat ini umumnya diberikan dokter bersama dengan antibiotik, sehingga penyebab ISK dapat ditangani sepenuhnya.

Tergolong obat keras, penggunaan obat ini harus sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang sudah diberikan oleh dokter. 

Beli Urispas 200 mg Tablet di Sini

Demikian obat infeksi saluran kemih yang umum diberikan oleh dokter. Jika Anda mengalami nyeri saat buang air kecil, anyang-anyangan, atau perut bagian bawah terasa panas, Anda disarankan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. 

Anda juga dapat konsultasi dengan dokter rekanan Farmaku di link ini: Chat Dokter, download aplikasi Farmaku sekarang!

Baca juga:

Cleveland Clinic. 2023. Urinary Tract Infections. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/9135-urinary-tract-infections. (Diakses pada 23 November 2023).
Mayo Clinic Staff. 2022. Urinary tract infection (UTI). https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/urinary-tract-infection/symptoms-causes/syc-20353447. (Diakses pada 23 November 2023).

Sumber

Artikel Lainnya