Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

10 Obat Sariawan Paling Ampuh di Apotek

gambar obat sariawan

Obat sariawan umumnya dapat membantu mengurangi rasa nyeri serta membuat proses penyembuhannya menjadi lebih cepat. Dengan demikian, Anda bisa kembali makan dan minum tanpa gangguan rasa sakit. Farmaku sudah merangkum beragam obat untuk sariawan.

Pilihan Obat Sariawan Ampuh di Apotik

Stomatitis Aftosa atau sariawan merupakan luka di area mulut, bibir, atau lidah yang ditandai dengan adanya bercak putih kekuningan. Sariawan memberikan rasa perih, sehingga dapat mengganggu saat makan, minum atau berbicara.

Kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Meski sariawan bukan penyakit berbahaya, namun tetap perlu diobati karena bisa mengganggu kenyamanan.

Berikut ini daftar obat sariawan ampuh yang dapat mengobati dan mencegah sariawan dengan aman:

1. Aloclair Plus Mouthwash

Aloclair Plus Mouthwash

Aloclair merupakan obat kumur yang dapat mengobati luka atau peradangan aftosa yang terjadi pada rongga mulut. Obat ini umumnya digunakan untuk mengobati luka yang disebabkan karena pemasangan kawat gigi atau behel. 

Obat Aloclair Plus Mouthwash mengandung asam hialuronat dan aloe vera. Asam hialuronat memiliki peran aktif dapat proses pembentukan jaringan baru pada luka. Sementara itu, aloe vera juga dapat mempercepat penyembuhan luka dengan cara meningkatkan ikatan kolagen pada kulit. 

Obat ini bekerja dengan cara membentuk selaput pelindung pada luka dan memberikan efek pereda nyeri, meredakan bengkak, dan antiseptik.

Beli Aloclair Plus Mouthwash 60 ml di Sini

2. Aloclair Plus Gel

Aloclair Plus Gel

Selain hadir dalam bentuk obat kumur, Aloclair Plus juga tersedia dalam bentuk gel yang praktis dan mudah dibawa-bawa. Sama seperti obat kumur, Aloclair Plus gel juga berguna untuk mengobati sariawan, luka di bagian dalam mulut, dan efek penggunaan kawat gigi.

Kandungan senyawa aktif polyvinylpyrrolidone dalam obat ini berguna untuk membentuk lapisan yang dapat melindungi luka sariawan dari tekanan dan gesekan. Di sisi lain, kandungan aloe vera dalam obat ini dapat membantu mengurangi rasa nyeri dan membuat penyembuhan luka lebih cepat. 

Obat ini dapat digunakan mulai dari bayi hingga orang dewasa. Keunggulan dari produk ini adalah aman jika tertelan serta memiliki rasa manis, Dengan demikian, obat ini lebih nyaman untuk digunakan. 

Beli Aloclair Plus Gel 8 gr di Sini

3. Betadine Gargle

Betadine Gargle

Betadine Gargle merupakan obat kumur antiseptik yang berguna untuk menjaga kesehatan mulut dari bakteri. Kandungan povidone-iodine dalam obat kumur merupakan antiseptik yang dapat membunuh bakteri, virus, serta jamur. Dengan demikian, kandungan ini dapat mencegah infeksi pada sariawan. 

Selain itu, obat kumur Betadine Gargle juga bisa membantu mencegah munculnya masalah pada gigi dan mulut, seperti sariawan, bau mulut, gusi bengkak, serta napas tidak segar. 

Beli Obat Kumur Betadine Gargle di Sini

4. Betadine Sore Throat

Betadine Sore Throat

Tidak hanya obat kumur, Betadine juga menghadirkan antiseptik dalam bentuk semprot. Produk ini mengandung senyawa aktif povidone-iodine yang efektif untuk membunuh bakteri, jamur, dan virus penyebab masalah pada mulut.

Betadine Sore Throat efektif untuk mengatasi sariawan, gusi bengkak, serta bau mulut. Namun, perlu diingat bahwa kandungan povidone-iodine dalam produk ini tidak cocok digunakan bagia Anda yang memiliki gangguan tiroid. 

Beli Betadine Sore Throat Spray 50 ml di Sini

5. Enkasari Herbal

Enkasari Herbal

Enkasari Herbal merupakan obat kumur yang bermanfaat untuk mengatasi sariawan, mengurangi bau mulut, serta membuat napas lebih segar. Obat kumur ini mengandung berbagai bahan alami yang bagus untuk kesehatan rongga mulut.

Beberapa bahan alami yang terdapat dalam obat kumur ini, antara lain sari daun saga, sari daun sirih, sari akar kayu manis, dan mentholum. Sari daun saga dapat membantu mengatasi sariawan dan sari daun sirih berperan sebagai antiseptik yang membunuh bakteri. 

Sementara itu sari akar kayu manis dapat membantu mengurangi bay murmur dan mentholum dapat memberikan efek menyegarkan pada mulut. 

Beli Enkasari 120 ml di Sini

6. Minosep 0.2%

Minosep 0.2%

Minosep merupakan obat kumur yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah pada mulut, termasuk sariwan, bau mulut, gingivitis, serta mencegah pembentukan plak gigi. 

Obat kumur ini mengandung senyawa aktif chlorhexidine gluconate. Senyawa aktif ini bekerja dengan mengurangi jumlah bakteri pada mulut serta meredakan pembengkakan dan kemerahan pada gusi. 

Beli Minosep 0.2% Gargle 60 ml Merah di Sini

Beli Minosep 0.2% Gargle 150 ml Merah di Sini

7. Gentian Violet

Gentian Violet

Ada beberapa jenis sariawan, salah satunya adalah thrush. Kondisi ini disebabkan oleh pertumbuhan jamur Candida dalam rongga mulut. Untuk mengatasi kondisi ini, Anda dapat mencoba Gentian Violet. 

Gentian Violet merupakan obat kumur dengan kandungan kristal violet. Selain obat kumur, obat ini juga dapat digunakan sebagai obat yang dioleskan. 

Obat ini termasuk dalam kelompok obat antijamur dan digunakan untuk mengobati infeksi jamur pada bagian mulut dan kulit. Perlu diingat bahwa Anda tidak boleh menelan larutan Gentian Violet. 

Beli Gentian Violet 1% 10 ml di Sini

8. Cooling 5 Plus Rasa Orange

Cooling 5 Plus Rasa Orange

Obat semprot dari Cooling 5 Plus ini diperkaya dengan kandungan phenol dan benzocaine. Kandungan tersebut dapat membantu mengobati sariawan, radang gusi, dan meredakan sakit gigi. 

Tidak hanya itu, Cooling 5 Plus juga efektif sebagai antiseptik yang bisa membantu membasmi kuman yang dapat menyebabkan bau mulut. Dikemas dalam botol spray, obat ini sangat mudah digunakan dan praktis dibawa ke mana-mana. 

Beli Cooling 5 Orange Mouth Spray 15 ml Sini

9. Degirol Lozenges

Degirol Lozenges

Degirol merupakan obat dalam bentuk tablet hisap untuk mengatasi sariawan dan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau jamur. Obat ini mengandung senyawa aktif dequalinium chloride.

Obat ini termasuk dalam antiseptik yang dapat menghilangkan virus dan bakteri penyebab infeksi. Selain itu Degirol juga dapat melumasi sariawan serta meredakan peradangan. Dengan demikian nyeri dapat berkurang serta proses penyembuhannya lebih cepat.

Beli Degirol Lozenges Strip 10 Tablet di Sini

10. Kenalog In Orabase

Kenalog In Orabase

Kenalog merupakan obat yang dapat mengobati sariawan akibat makanan atau luka dalam mulut. Obat ini dapat digunakan bagi Anda yang mengalami luka dalam mulut akibat kawat gigi, gigi palsu, atau tergigit. 

Kandungan triamcinolone dalam obat ini termasuk dalam kelompok obat kortikosteroid. Obat ini bekerja dengan cara meredakan peradangan serta respon imun yang berlebihan. Dengan demikian, gejala peradangan pada sariawan dapat dikurangi. 

Kenalog termasuk dalam golongan obat keras, sehingga dosis dan aturan pakai obat ini harus sesuai dengan petunjuk dokter. 

Beli Kenalog In Orabase Ointment 5 gr di Sini

Nah itulah beberapa obat sariawan paling ampuh dan aman untuk obati sariawan. Selain mengobati sariawan dengan obat kumur, Anda juga dapat melakukan alternatif lain seperti perbanyak konsumsi buah dan sayuran, terutama yang mengandung vitamin C, zat besi, zinc, dan vitamin B.

Apabila kondisi sariawan tidak kunjung membaik atau bertambah parah, Anda disarankan untuk melakukan konsultasi ke dokter. Anda juga dapat melakukan konsultasi dengan dokter rekanan Farmaku di link ini: Chat Dokter, download aplikasi Farmaku sekarang!

Baca juga:

Cleveland Clinic. 2023. Mouth Ulcer. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/21766-mouth-ulcer. (Diakses pada 9 November 2023).
Johnson, Shannon dan Ashley Williams. 2022. What Causes Mouth Ulcers and How to Treat Them. https://www.healthline.com/health/mouth-ulcers. (Diakses pada 9 November 2023).

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan