Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

6 Penyebab Bau Mulut dan Cara Menghilangkannya

penyebab bau mulut

Bau mulut atau halitosis adalah aroma tidak sedap dari mulut yang biasanya menyebabkan seseorang tidak percaya diri. Umumnya bau mulut berasal dari mulut, gigi, atau bahkan masalah kesehatan patut diwaspadai.

Selain malas menyikan gigi, ada banyak faktor yang menyebabkan mulut Anda beroma tidak sedap. Yuk, kenali penyebab bau mulut dan dara menagatasinya dalam ulasan di bwah ini.   

Berbagai Penyebab Bau Mulut

Bau mulut biasanya disebabkan oleh bakteri pemicu aroma tidak sedap di mulut. Bakteri ini menumpuk pada sisa makanan di sela-sela gigi karena tidak menyikat gigi dan membersihkan gigi secara teratur. Selain itu ada faktor lain yang menyebabkan bau mulut.

Berikut ini beberapa penyebab mulut menjadi bau, di antaranya: 

1. Kebersihan Gigi dan mulut yang Buruk

Kurang menjaga kebersihan mulut paling sering menyebabkan mulut beraroma tidak sedap. Bakteri yang menumpuk mulut akan memecah partikel sisa makanan yang terperangkap di sela-sela gigi atau mulut. Kombinasi antara bakteri dan makanan yang membusuk di mulut akan menghasilkan bau yang tidak sedap. 

Dengan menyikat gigi dan flossing gigi menggunakan benang gigi (dental floss) secara teratur bisa membantu membersihkan sisa makanan yang terperangkap di sela gigi dan mulut. 

Menyikat gigi juga dapat mengangkat plak yang menumpuk di gigi dan ini juga menyebabkan bau mulut. Penumpukan plak juga menyebabkan gigi berlubang dan penyakit periodontal lainnya yang menimbulkan aroma tidak sedap.

Baca Juga: Rekomendasi Produk Penghilang Bau Mulut dan Penyegar Napas

2. Konsumsi Makanan dan Minuman dengan Aroma Kuat

Makanan dan minuman tertentu yang memiliki aroma kuat juga sering kali menyebabkan bau mulut.

Makanan beraroma kuat termasuk bawang merah, bawang putih, jengkol, pete, atau makanan lain dengan bau yang kuat. Ini karena perut akan menyerap minyak dari makanan selama proses pencernaan. Minyak ini masuk ke dalam aliran darah dan menuju paru-paru. 

Hal demikian dapat menyebabkan aroma makanan tersebut keluar melalui napas dan mulut. Aroma tidak sedap ini bahkan dapat bertahan hingga 72 jam setelah mengonsumsi makanan atau minuman tersebut. Jenis minuman yang memiliki aroma kuat dan berpotensi menyebabkan bau mulut adalah kopi dan minuman berkarbonasi.

3. Merokok

Merokok dapat menyebabkan mulut kering dan bau mulut tidak sedap. Kondisi keduanya dapat membuat bau napas semakin buruk. Perokok aktif juga lebih mungkin terkena penyakit gusi, yang merupakan sumber bau mulut lainnya. Jadi, berhenti merokok jika ingin terhindar dari bau mulut.

4. Mulut Kering

Mulut kering dapat disebabkan oleh mulut yang tidak cukup menghasilkan kelenjar air liur. Fungsi air liur dapat membantu menjaga mulut tetap bersih dan mengurangi bau. 

Selain masalah produksi air liur, kurang minum, tidur dengan mulut terbuka, atau mengonsumsi obat tertentu, juga menjadi penyebab mulut kering. 

Orang yang menjalani puasa selama bulan Ramadan juga kerap mengeluhkan bau mulut. Ini karena tidak makan dan minum selama lebih dari 12 jam memicu mulut menjadi kering. 

Selain itu, menggunakan obat untuk mengobati tekanan darah tinggi dan obat terkait dengan masalah saluran pencernaan dapat mengurangi produksi air liur.

5. Penyakit Periodontal

Penyakit periodontal disebabkan oleh penumpukan plak pada gigi. Seiring waktu, plak akan mengeras menjadi karang gigi penyebab bau mulut. 

Karang gigi tidak dibersihkan dapat mengiritasi gusi. Penyakit ini juga menyebabkan kantong atau lubang kecil yang terbentuk di area antara gigi dan gusi. Akibatnya makanan, bakteri, dan plak gigi terkumpul di dalam kantong tersebut dan menjadi penyebab bau mulut.

6. Kondisi, Mulut, atau Tenggorokan

Faktor lain yang menjadi penyebab bau mulut lainnya adalah penyakit yang dapat terjadi pada mulut, sinus, atau tenggorokan. Penyakit yang menyebabkan bau mulut antara lain infeksi sinus, drainase postnasal, bronkitis kronis, dan infeksi pada sistem pernapasan bagian atas atau bawah.

Batu amandel juga bisa menjadi sumber bau mulut karena bakteri cenderung menumpuk pada batu amandel.

Baca Juga: Rekomendasi Obat Kumur Terbaik Hilangkan Bau Mulut yang Tidak Sedap

Cara Menghilangkan Bau Mulut

Ada banyak cara cepat dan mudah untuk menghilangkan bau mulut Anda.Cara menghilangkan bau mulut ini berdasarkan penyebab yang mendasarinya. 

Berikut ini cara menghilangkan sekaligus mencegah bau mulut, antara lain:

1. Menyikat Gigi Dua Kali Setiap Hari

Kebersihan gigi yang buruk dapat menyebabkan penumpukan sisa makanan di sela-sela gigi dan gusi. Jika tidak dibersihkan, sisa makan menjadi sarang bakteri yang menghasilkan gas berbau.

Tidak hanya menghilangkan bau mulut, rajin menyikat gigi setelah makan dan sebelum tidur dengan teratur juga dapat mencegah berbagai masalah mulut dan gigi lainnya. 

Sebaiknya menyikat gigi minimal 2 kali sehari, yakni pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Gunakan pasta gigi dengan bahan berkualitas, agar kesehatan gigi tetap terjaga dengan baik. 

Baca Juga: Rekomendasi Sikat Gigi Terbaik, Nyaman dan Efektif!

2. Berhenti Merokok

Mengingat merokok merupakan salah satu penyebab bau mulut, sebaiknya berhenti merokok jika Anda perokok aktif. Kurangi kebiasaan ini secara bertahap hingga benar-benar terbebas dari rokok.

Apabila Anda kesulitan untuk menghentikan kebiasaan merokok, sebaiknya cari dukungan orang terdekat atau konsultasi ke dokter gigi tentang tips untuk menghentikan kebiasaan tersebut.

3. Gunakan Obat Kumur

Selain menggunakan pasta gigi, cobalah gunakan obat kumur untuk menyegarkan mulut dan menambah perlindungan ekstra dengan menghilangkan bakteri. Anda juga dapat berkumur hanya dengan air biasa setelah makan untuk membantu menyegarkan pernapasan.

Tis ini setidaknya  dapat membantu melonggarkan dan melepaskan sisa-sisa partikel makanan yang terjebak di sela-sela gigi.

Guna menyegarkan mulut Anda, berikut ini pilihan produk obat kumur yang dapat Anda gunakan.

Beli Betadine Mouthwash & Gargle 100 ml di Sini

Beli Listerine Original 250 ml di Sini

Beli Listerine Multi Protect Zero 250 ml di Sini

4. Cukup Minum Air

Seperti yang dijelaskan sebelumnya mulut kering sering kali menyebabkan bau mulut. Fungsi air liur sangat penting dalam menjaga kebersihan mulut. Tanpa air liur, kemungkinan besar terjadi perkembangan bakteri yang menyebabkan bau mulut. Oleh karena itu, hidrasi tubuh Anda dengan minum air yang cukup.

Selain kurang minum, mulut secara alami mengering saat tidur. Itulah sebabnya napas kerap menjadi lebih bau di pagi hari.

Sebaiknya minum air putih yang cukup sepanjang hari untuk membantu mendorong produksi air liur. Pastikan minum setidaknya delapan gelas air per hari.

5. Flossing Gigi

Selain menyikat gigi secara rutin, cobalah menggunakan dental floss (benang gigi) untuk membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi. Sisa makanan yang terjebak lama kelamaan akan menjadi sarang bakteri penyebab mulut berbau tidak sedap.

Gunakanlah benang gigi untuk menghilangkan sisa makanan dan plak di sela-sela gigi setidaknya sekali sehari. Berikut ini dental floss yang kami rekomendasikan untuk Anda.

Beli Charmi Dental Floss & Pick Kotak Art 189 Isi 50 Piece di Sini

Beli Oral B Essential Floss Mint Waxed 50 m di Sini

6. Periksa ke Dokter Gigi

Seiring melakukan perawatan mulut secara mandiri di rumah, disarankan untuk rajin memeriksakan kesehatan gigi dan mulut ke dokter gigi. 

Sebaiknya jadwalkan untuk melakukan pembersihan dan pemeriksaan gigi setiap enam bulan sekali. Rajin mengunjungi dokter gigi akan membantu mencegah masalah gigi dan mulut. Dengan begitu anda akan terhindar dari keluhan bau mulut.

Nah, itulah berbagai penyebab bau mulut yang perlu anda hindari dan cara mengatasinya yang bisa Anda praktikkan di rumah. Hal yang terpenting adalah disiplin dalam merawat dan menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda.

Chat dengan dokter rekanan Farmaku di sini untuk konsultasi seputar kesehatan gigi dan mulut, baik tips untuk mengatasi maupun mencegah bau mulut.

Cleveland Clinic. Diakses pada 8 Maret 2024. Bad Breath (Halitosis). https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/17771-bad-breath-halitosis#management-and-treatment

Healthline. Diakses pada 8 Maret 2024. Things You Can Try at Home to Eliminate Bad Breath. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-bad-breath#causes

WebMD. Diakses pada 8 Maret 2024. Dental Health and Bad Breath. https://www.webmd.com/oral-health/bad-breath

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan