Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Cara Memakai Kondom yang Benar Agar Pasangan Tidak Hamil

Kondom adalah salah satu alat untuk mencegah kehamilanyang paling umum digunakan pria saat  berhubungan seksual. Penggunaan kondom juga dinilai sebagai cara yang efektif untuk menghindari penyakit menular seksual. Sayangnya, banyak yang salah menggunakan kondom. Penggunaan kondom yang benar masih sering terabaikan. 

Berdasarkan hasil analisis data atas 50 studi yang dilakukan di 14 negara, ada banyak kesalahan cara memakai kondom  yang sering terjadi sehingga menyebabkan  kehamilan yang tidak diinginkan dan berbagai penyakit menular seksual. Sudahkah Anda menggunakan kondom dengan benar? 

Cara Memakai Kondom yang Salah

cara memakai kondom pemula

Melansir artikel Brook UK, kebanyakan orang merasa tahu cara menggunakan kondom dengan benar. Tetapi diperkirakan bahwa tiga perempat diantaranya membuat kesalahan saat menggunakannya. Berikut diantaranya: 

1. Tidak memeriksa kondom dengan baik

Kondom adalah alat kontrasepsi yang dapat dengan mudah rusak, terutama jika kondom disimpan di dalam saku, kantong, atau di tas. Padahal jika kondom di simpan pada tempat yang minim ruang berpotensi mengalami kerusakan pada bentuknya sehingga berisiko mengurangi fungsi dari kondom itu sendiri. 

Stephanie Sanders dan rekan di The Kinsey Institute di Indiana University mempelajari data yang dikumpulkan selama 16 tahun atas beragam kesalahan cara pakai kondom yang paling umum di Amerika dan Inggris, ditemukan 75% pria dan 82% wanita tidak mengecek kondisi kondom sebelum digunakan.

2. Tidak memeriksa tanggal kedaluwarsa kondom

Seringkali sebagai orang awam kita lupa memeriksa tanggal kedaluwarsa dari kondom. Padahal kondom dengan masanya sudah dekat dengan tanggal kedaluwarsa tidak bisa melindungi Anda dari kehamilan yang tidak diinginkan. 

3. Baru pakai kondom ketika penetrasi

Beberapa orang, baru menyadari lupa memakai kondom dan baru menggunakannya ketika penetrasi telah terjadi. Penting untuk diperhatikan, pasalnya hal ini berbahaya karena pertukaran cairan pra ejakulasi bisa terjadi.

Baca Juga: Cegah Kehamilan di Masa Pandemi, Ini Tipsnya!

4. Memakai Kondom Terlalu Ketat

Sejumlah orang tidak memegang bagian ujung kondom ketika akan dipasang. Jangan pakai kondom terlalu ketat dan sisakan ruang pada bagian ujung kondom untuk menampung sperma.

5. Menggunakan Kondom Terbalik

Coba perhatikan cara memakai kondom yang Anda biasa lakukan. Tak jarang seseorang menggunakan kondom terbalik, lalu memasangnya kembali dengan benar, sehingga timbul risiko transmisi cairan tubuh.

6. Tidak Memegang Pangkal Kondom saat Menarik Penis

Hal ini sering dilupakan. Pastikan Anda selalu memegang pangkal kondom saat menarik penis agar kondom tidak lepas. Jika Anda lupa, maka risiko hamil atau mengalami Irritable Male Syndrome (IMS) semakin besar, akibat kondom yang kemungkinan terlepas. 

7. Menggunakan Pelumas Berbasis Minyak

Menggunakan pelumas adalah ide bagus, tetapi pastikan itu berbasis air seperti Durex Play. Bahan pelumas juga menjadi penting karena dapat memberikan kenyamanan saat bercinta.

Baca Juga: 3 Obat Kuat Paling Banyak Dicari, Apa Bedanya? 

promo kit kontrasepsi sensitif vivo farmaku

Cara Memakai Kondom yang Benar

cara memakai kondom

Sebelum hal buruk terjadi akibat pemakaian kondom yang salah, alangkah baiknya perlu memperhatikan cara memakai kondom yang benar. Bahkan jika pemakaian kondom tepat bisa membantu sesi bercinta semakin aman  dan nyaman bersama pasangan sekaligus mencegah kehamilan saat berhubungan intim.

Sebagian besar kemasan kondom pria sudah disertakan cara pemakaian serta petunjuk yang benar. Jadi sebaiknya gunakanlah dengan berhati – hati dan sesuai petunjuk, seperti dibawah ini:

  1. Pilih ukuran kondom yang tepat, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil.
  2. Cek kondisi dan kelayakan bungkus kondom, termasuk tanggal kedaluwarsa sebelum memakainya.
  3. Sebelum membuka kemasan, dorong kondom ke sisi berlawanan agar tidak robek.
  4. Buka pembungkus kondom mulai dari sisi paling pinggir kearah luar, jangan ke tengah.
  5. Sambil menahan bagian atas kondom di kepala penis dengan satu tangan, buka gulungan kondom dengan tangan yang lain. Gulirkan lembut ke arah pangkal penis sampai kondom menutupi keseluruhan batang penis.
  6. Jika pada tahap ini gulungan kondom tidak bisa diturunkan, berarti cara pakai Anda tidak tepat atau sisi kondom terbalik.
  7. Ambil kondom baru dan mulai lagi dari awal. Dikhawatirkan kondom yang gagal tadi sudah terkontaminasi oleh sperma.

Itulah beberapa cara memakai kondom yang benar dan tepat. Usahakan jangan asal pakai agar terhindar dari segala risiko buruk yang mungkin tidak diinginkan. (PK)

Kini sudah tahu ‘kan bagaimana cara memakai kondom? Langkah selanjutnya yang harus dilakukan yaitu memilih kondom dan alat kontrasepsi yang tepat. Coba gunakan kondom Vivo yang tersedia dengan berbagai varian yang mampu memberikan sensasi berbeda saat foreplay. Dapatkan juga promo diskon hingga 75%!

Brook. Diakses pada Juli 2020. 9 COMMON MISTAKES WHEN USING CONDOMS. https://www.brook.org.uk/your-life/condoms-9-common-mistakes/

health.howstuffworks. Diakses pada Juli 2020. 10 Completely Wrong Ways to Use Condom. https://health.howstuffworks.com/sexual-health/contraception/10-wrong-ways-to-use-condom3.htm

NHS.Diakses pada Juli 2020. How Do I Use Condom https://www.nhs.uk/conditions/contraception/how-do-i-use-condom/

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan