Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Penyebab dan 9 Cara Mengatasi Rambut Rontok Alami

rambut rontok farmaku

Rambut rontok adalah masalah kesehatan rambut yang dapat menurunkan rasa percaya diri. Kerontokan rambut rontok merupakan masalah rambut yang paling umum. Kehilangan 50 hingga 100 helai rambut dalam sehari adalah normal. Patut Anda waspadai jika rambut rontok lebih dari jumlah helai tersebut.

Dalam beberapa kasus, kerontokan rambut mungkin bersifat sementara dan akan merespons dengan baik terhadap perawatan rambut, perubahan pola makan, atau perubahan gaya hidup. Lebih lanjut ketahui penyebab kerontokan rambut dan cara mengatasinya dalam ulasan di bawah ini.

Penyebab Rambut Rontok

Rambut rontok dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Penyebabnya mulai dari  keturunan (genetik) hingga masalah kesehatan. Namun, umumnya rambut rontok terjadi pada pria saat menginjak usia 40 tahun, sedangkan untuk wanita sebelum menginjak usia 70 tahun.

Berikut ini berbagai faktor yang mungkin menyebabkan kerontokan rambut, di antaranya:

  • Riwayat keluarga (keturunan). Penyebab kerontokan rambut paling umum adalah keturunan atau genetik yang terjadi seiring bertambahnya usia. Kondisi ini disebut alopecia androgenik, yaitu kebotakan pola pria dan kebotakan pola wanita.
  • Perubahan hormonal dan kondisi medis. Ada berbagai kondisi yang menyebabkan kerontokan rambut permanen atau sementara, termasuk perubahan hormonal akibat kehamilan, persalinan, menopause, dan masalah tiroid. 
  • Kondisi medis. Masalah kesehatan yang menyebabkan kerontokan rambut adalah alopecia areata. Ini adalah masalah rambut yang terkait dengan sistem imun dan menyebabkan kerontokan rambut tidak merata, kurap, dan gangguan mencabut rambut yang disebut trikotilomania.
  • Obat-obatan dan suplemen. Rambut rontok dapat disebabkan oleh efek samping dari obat-obatan tertentu, seperti obat untuk kanker, radang sendi, depresi, gangguan jantung, asam urat, dan tekanan darah tinggi.
  • Terapi radiasi di kepala. Prosedur pengobatan ini menimbulkan efek samping rambut rontok. Rambut mungkin tidak tumbuh kembali seperti sebelumnya.
  • Peristiwa yang menyebabkan stres. Banyak orang mengalami penipisan rambut beberapa bulan setelah mengalami peristiwa yang mengguncang fisik atau emosional. Untungnya kerontokan rambut jenis ini bersifat sementara.
  • Gaya rambut dan perawatan. Penataan rambut yang berlebihan atau gaya rambut yang menariknya hingga kencang, dapat menyebabkan jenis rambut rontok yang disebut traksi alopecia. Perawatan rambut dengan minyak panas dan perawatan permanen juga menyebabkan rambut rontok.

Baca juga: Rekomendasi Hair Tonic Terbaik di Apotek

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu menghentikan kerontokan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Tips ini menggunakan bahan alami yang mudah didapatkan. Berikut ini berbagai cara mengatasi kerontokan rambut, di antaranya:

1. Lidah Buaya

Aloe vera adalah tanaman yang sangat populer digunakan untuk merawat rambut rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambut karena kandungan enzim di dalamnya. Lidah buaya juga dikenal dapat menyeimbangkan tingkat pH rambut dan kulit kepala.

Anda cukup mengoleskan dan memijatkan gel lidah buaya segar ke kulit kepala selama sekitar 30 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

2. Masker Santan

Selain minyak kelapa, masker santan juga dapat membantu mengatasi rambut rontok. Salah satu manfaat utama santan untuk rambut rontok adalah kemampuannya meningkatkan keseimbangan kelembapan dan minyak di kulit kepala secara keseluruhan. Ini mendorong pertumbuhan rambut yang sehat dengan meningkatkan produksi minyak alami dan mencegah penumpukan sebum berlebih.

Khasiat santan untuk rambut karen beberapa kandungan di dalamnya, seperti lemak esensial, protein, dan mineral seperti potasium yang sangat bagus untuk pertumbuhan rambut dan mengontrol kerontokan rambut. 

Cara menggunakan masker santan untuk rambut cukup mudah. Oleskan santan pada ke kulit kepala dengan menggunakan sikat yang digunakan untuk pewarna rambut. Tutuplah kulit kepala dengan handuk dan tunggu selama 20 menit. Setelah 20 menit, lepaskan handuk dan cuci rambut menggunakan air dingin dan sampo.

Baca Juga: Rekomendasi Sampo Pantene Terbaik untuk Jenis Rambut Anda

3. Pijat Rambut dengan Minyak

Memijat rambut menggunakan minyak bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah dan menguatkan akar rambut. Anda bisa memijat kulit kepala seminggu sekali menggunakan minyak yang sesuai dengan kulit kondisi kepala Anda. Misalnya menggunakan minyak zaitun atau minyak kelapa.

Manfaat minyak zaitun dapat melembabkan rambut, melindunginya dari kekeringan dan kerusakan terkait. Megonsumsinya juga dapat memperlambat kerontokan rambut secara genetik. Sedangkan manfaat minyak kelapa minyak kelapa dapat membantu mengikat protein di rambut, melindunginya dari kerusakan pada akar dan helai rambut. 

4. Teh Hijau

Senyawa EGCG yang terkandung di dalam teh hijau dapat membantu berbagai masalah kesehatan, termasuk rambut rontok. Senyawa ini dapat membantu pertumbuhan rambut. 

Teh hijau juga kaya akan kandungan antioksidan yang dapat membantu mengurangi kerontokan rambut. 

Cara menggunakannya dengan menyeduh teh hijau, biarkan dingin, lalu oleskan ke kulit kepala. Biarkan selama satu jam sebelum dibilas dengan air bersih.

5. Madu dan Greek Yogurt

Tidak hanya bisa dikonsumsi sebagai makanan, Greek Yoghurt juga dikenal sebagai kondisioner alami untuk rambut. Makanan ini kaya akan kandungan protein dan vitamin B5 yang sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut. Sedangkan madu memiliki sifat antibakteri yang dapat mencegah kerusakan pada rambut.

Untuk perawatan rambut rontok, cukup mencampurkan 2 sendok makan yoghurt dengan 1 sendok makan lemon dan 1 sendok makan madu. Oleskan campuran ini ke kulit kepala dan bilas dengan air dingin setelah dibiarkan selama sekitar 30 menit.

6. Jeruk Lemon

Sebuah penelitian di hewan tahun 2016 menemukan bahwa minyak lemon bisa membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan mendorong pertumbuhan rambut. 

Begitu pun dengan penelilian di tahun 2021 yang menunjukkan bahwa kandungan asam sinapic dalam lemon, dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Oleskanlah perasan air lemon segar ke kulit kepala dan rambut dan biarkan selama 15 menit sebelum membilasnya. Anda juga bisa menggunakan minyak esensial lemon yang diencerkan dengan minyak pembawa sebagai bagian dari masker rambut.

7. Terapkan Pola Hidup Sehat

Meskipun melakukan perawatan dari luar dengan mengoleskan dan memijat bahan alami pada kulit kepala memang dapat membantu menjaga kesehatan rambut. Namun, seiring dengan perawatan tersebut sebaiknya juga menerapkan pola makan yang sehat.

Sebaiknya konsumsi makanan tertentu untuk  memberi rambut Anda semua nutrisi yang tepat, terutama memperbanyak protein dan zat besi. Seiring dengan pola makan seimbang, pastikan melakukan olahraga, seperti yoga dan meditasi yang efektif dalam mengurangi kerontokan pada rambut akibat stres.

8. Jangan Terlalu Sering Keramas

Sering melakukan keramas dianggap dapat menyebabkan kerontokan rambut. Oleh sebab itu, jangan melakukannya terlalu sering, untuk rambut normal sebaiknya keramas 203 hari sekali.

Selain itu, pilih sampo yang tepat karena sampo berbahan kimia bisa membuat rambut kering dan rapuh, hingga akhirnya menyebabkan rambut rontok.

Baca Juga: Rekomendasi Shampo untuk Rambut Rontok dan Ketombe

9. Konsultasi dengan Dokter Ahli

Jika sudah mencoba berbagai tips untuk mengatasi kerontokan rambut tetapi tidak membuahkan hasil, sebaiknya kunjungi dokter, terutama jika Anda mengonsumsi suplemen atau telah melakukan perubahan pola makan dan mengalami kerontokan rambut.

Mengalami rambut rontok dapat mengganggu penampilan Anda dan ini bahkan dapat mengganggu kesehatan mental Anda.

Dokter mungkin merujuk Anda untuk menemui dokter kulit, yang dapat melakukan tes tambahan jika diperlukan untuk menentukan penyebab dan pengobatan yang tepat.

Demikian ulasan mengenai penyebab dan cara alami mengatasi rambut rontok yang dapat Anda praktikkan di rumah. Lakukanlah secara disiplin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Chat dengan dokter rekanan Farmaku di sini untuk konsultasi seputar kesehatan rambut, kulit kepala, dan cara mengatasi masalah rambut.

Healthline. Diakses pada 19 Maret 2024. 10 Tips to Naturally Regrow Your Hair. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/regrow-hair-naturally#the-bottom-line

Medical News Today. Diakses pada 19 Maret 2024. Causes and treatments for thinning hair. https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-to-stop-hair-loss#summary

WebMD. Diakses pada 19 Maret 2024. Natural Treatments for Hair Loss. https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/hair-loss/ss/slideshow-alternative-treatments-for-hair-loss

Parenting Firstcry. Diakses pada 19 Maret 2024. 10 Best and Proven Home Remedies for Hair Fall. https://parenting.firstcry.com/articles/contribution-10-simple-and-effective-home-remedies-to-control-hair-fall/

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kulit & Kecantikan