Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

8 Cara Mengatasi Rambut Rontok, Ketahui Juga Penyebabnya!

rambut rontok farmaku

Ada banyak cara mengatasi rambut rontok yang bisa dilakukan di rumah dan mudah untuk dilakukan. Seperti yang diketahui, rambut rontok adalah salah satu masalah rambut yang paling umum. Kehilangan 50 hingga 100 helai rambut sehari adalah normal.

Beberapa kerontokan mungkin bersifat sementara dan mungkin akan merespons dengan baik perubahan pola makan, perawatan tertentu, atau perubahan gaya hidup. Penting mengetahui penyebab kerontokan yang Anda alami untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Penyebab Rambut Rontok 

Rambut rontok bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Ketika menginjak usia 40 tahun, sebagian besar pria akan mengalami kerontokan rambut karena kondisi keturunan seperti androgenic alopecia (pola kebotakan pria). Hal yang sama berlaku untuk wanita. lebih dari separuh wanita akan mengalami rambut yang rontok sebelum menginjak usia 70 tahun.

Beberapa faktor yang mungkin menyebabkan kerontokan rambut di antaranya:

  • Faktor genetik
  • Kelenjar tiroid yang kurang aktif
  • Stres
  • Ketidakseimbangan hormon
  • Kekurangan nutrisi
  • Penuaan
  • Infeksi kulit kepala
  • Penggunaan obat-obatan tertentu, atau suplemen, seperti yang digunakan untuk kanker, tekanan darah tinggi, depresi, atau artritis
  • Polusi udara
  • Sirkulasi darah yang tidak mencukupi
  • Kondisi medis, seperti alopecia areata, infeksi kulit kepala, atau trikotilomania
  • Perubahan hormonal pada kehamilan, persalinan, menopause, atau masalah tiroid

Baca juga: Penyebab Rambut Rontok pada Remaja dan Cara Mencegahnya

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Perawatan rambut rontok bukanlah hal yang mudah. Namun ternyata terdapat beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengontrol dan menghentikan kerontokan pada rambut. Bahkan beberapa diantaranya bisa menggunakan bahan-bahan yang tersedia di rumah lho!. Berikut adalah beberapa cara alami yang efektif untuk mengendalikan rambut yang rontok dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

1. Gunakan Sampo untuk Rambut Rontok

Salah satu hal yang penting untuk menjaga rambut yang sehat dan kuat adalah memahami jenis kulit kepala dan memilih sampo yang tepat. Juga, Anda perlu mencuci rambut tergantung pada kulit kepala Anda. Misalnya, jika Anda memiliki kulit kepala yang cenderung kering, usahakan untuk tidak terlalu banyak mencuci rambut.

Hal ini bisa memperparah rambut yang rontok. Jika kulit kepala Anda cenderung berminyak, mencuci rambut lebih sering akan baik untuk rambut Anda. Selain itu, penting juga untuk memastikan sampo yang digunakan tidak mengandung bahan kimia seperti sulfat, paraben, dan silikon yang dapat membuat rambut Anda rapuh dan rentan patah.

Menambahkan produk kondisioner juga dapat  membantu mengurangi kerontokan. Sebab kebanyakan kondisioner mengandung asam amino yang membantu memperbaiki rambut rusak, dan juga membantu menjaganya tetap halus.

2. Gunakan Lidah Buaya

Aloe Vera adalah obat rumahan yang sangat populer untuk merawat  rambut yang rontok dan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Lidah buaya  memainkan peran penting dalam menyeimbangkan tingkat pH rambut dan kulit kepala.

Cara menggunakannya lidah buaya untuk rambut rontok:

  • Ambil daging buah dari daun atau batang lidah buaya dan gosokkan ke rambut.
  • Pijat dengan gerakan memutar.
  • Pastikan rambut sudah dicuci sebelum Anda melakukan ini.
  • Biarkan selama kurang lebih 15 menit.
  • Bilas dengan air dingin.

Baca Juga : Mitos atau Fakta, Rambut Rontok Gejala Penuaan Dini?

3. Gunakan Masker Santan

Kandungan santan terdiri dari lemak esensial, protein, dan mineral seperti potasium yang sangat baik untuk pertumbuhan rambut dan juga mengontrol kerontokan rambut. Cara menggunakan masker santan untuk rambut:

  • Parut kelapa dan peras santannya.
  • Oleskan santan ke kulit kepala dengan sikat pewarna rambut.
  • Tutup kulit kepala dengan handuk dan biarkan selama 20 menit.
  • Lepaskan handuk dan cuci rambut dengan air dingin dan sampo.

4. Pijat Rambut dengan Minyak

Memijat rambut dengan menggunakan minyak dapat meningkatkan sirkulasi darah dan memelihara akar rambut. Cobalah untuk memijat rambut Anda seminggu sekali dengan minyak yang sesuai dengan kulit kepala Anda. misalnya dengan minyak zaitun atau minyak kelapa.

Minyak zaitun dapat digunakan untuk melembabkan rambut, melindunginya dari kekeringan dan kerusakan terkait. Minyak zaitun juga merupakan bahan utama dalam diet Mediterania yang dapat membantu memperlambat kerontokan rambut secara genetik.

Asam laurat yang ditemukan dalam minyak kelapa dapat membantu mengikat protein di rambut, melindunginya dari kerusakan pada akar dan helai rambut. Memijat minyak kelapa ke kulit kepala dapat meningkatkan aliran darah dan membantu pertumbuhan kembali. Pertimbangkan untuk mengoleskan beberapa sendok makan minyak  langsung ke rambut dan biarkan selama 30 menit sebelum dicuci.

5. Teh Hijau

Selain baik untuk kesehatan tubuh, teh hijau ternyata juga menyimpan manfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Teh hijau dikenal sebagai bahan yang sangat baik untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah rambut yang rontok.

Begini cara melakukan perawatan rambut menggunakan teh hijau:

  • Rendam dua kantong teh hijau di dalam air panas dan biarkan air hingga dingin.
  • Bilas rambut dengan larutan ini dan pijat kulit kepala Anda dengan lembut.
  • Gunakan larutan teh hijau sebagai kondisioner setelah kerama.
  • Ulangi tahap di ini sebanyak dua kali dalam seminggu.

6. Madu dan Greek Yogurt

Greek Yoghurt dikenal sebagai kondisioner alami untuk rambut. Mereka kaya akan kandungan protein dan Vitamin B5 yang sangat bermanfaat untuk rambut. Begitu juga dengan madu, mereka memiliki sifat antibakteri yang mencegah munculnya kerusakan pada rambut.

Cara melakukan perawatan menggunakan madu dan yoghurt:

  • Buat campuran 2 sendok makan yoghurt dengan 1 sendok makan lemon dan madu.
  • Oleskan campuran ini ke kulit kepala.
  • Biarkan selama sekitar setengah jam.
  • Bilas hingga bersih dengan air dingin.

7. Jeruk Lemon

Jus lemon segar atau minyak lemon diketahui dapat meningkatkan kualitas dan pertumbuhan rambut. Minyak lemon dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan mendorong pertumbuhan rambut.

Cara menggunakannya jeruk untuk mengatasi kerontokan rambut:

  • Oleskan jus lemon segar ke kulit kepala dan rambut 15 menit sebelum keramas.
  • Jika tidak ada lemon segar, bisa gunakan minyak esensial lemon yang diencerkan dalam minyak rambut.
  • Gunakan sebagai masker rambut.

Baca Juga: Manfaat Lemon untuk Kesehatan Rambut

8. Diet dan Olahraga

Meskipun melakukan perawatan dan menggunakan sampo hingga vitamin rambut memang berperan dalam menjaga kesehatan rambut. Namun , rahasia rambut tebal, berkilau, dan kuat adalah pola makan yang sehat.

Anda perlu memberi rambut Anda semua nutrisi yang tepat, terutama banyak protein dan zat besi. Namun, seiring dengan makan makanan seimbang pastikan Anda juga melakukan olahraga. Yoga dan beberapa teknik  meditasi yang lain juga efektif dalam mengurangi kerontokan pada rambut yang disebabkan oleh stres.

Cara Mencegah Rambut Rontok 

Jika rambut Anda mengalami kerontokan, cobalah untuk melakukan beberapa perawatan alami seperti diatas untuk membantu mengurangi rambut yang rontok. Namun, jika rambut Anda tidak rontok penting untuk menjaganya supaya tetap kuat dan sehat. Berikut beberapa cara untuk mencegah kerontokan pada rambut:

1. Cuci Rambut secara Teratur

Mencuci rambut dengan teratur dapat melindungi rambut yang rontok dengan menjaga kulit kepala tetap sehat dan bersih. Kuncinya adalah menggunakan sampo ringan, dan minim bahan kimia. Sebab formula yang lebih keras dapat mengeringkan rambut dan menyebabkannya mudah patah, serta menyebabkan rambut menjadi rontok.

2. Penataan Rambut yang Lembut

Usahakan untuk tidak mengepang atau menguncir rambut dengan ketat, sebab hal ini dapat menarik rambut ke akar dan berpotensi menyebabkan kerontokan berlebihan. Selain itu usahakan juga untuk tidak menguncir rambut dengan ketat saat sedang tidur.

Teknik penataan rambut seperti pengeritingan atau pewarna rambut, juga dapat merusak rambut dan kulit kepala. Cobalah untuk menggunakan alternatif lain, seperti pewarna rambut organik dan lainnya yang tidak mengandung amonia, peroksida, atau para-phenylenediamine.

3. Hindari Mandi Air Panas

Mandi ari panas memang bisa sangat menyenangkan ya farma friends. Namun, terlalu sering mandi air panas ternyata juga bisa membuat rambut menjadi kering. Hal ini juga bisa menghilangkan minyak alami dari kulit kepala, yang menyebabkan rambut kering dan rapuh yang lebih mudah patah.

4. Kurangi Menyisir Rambut Basah

Rambut bisa lebih rapuh dan rentan pecah saat mereka dalam kondisi basah. Oleh karena itu, penting untuk menggunakan sisir bergigi lebar atau membiarkannya mengering terlebih dahulu sebelum menyisir atau melakukan penataan lainnya.

5. Kurangi Stres

Stres bisa menjadi salah satu  penyebab banyak masalah pada kesehatan, termasuk kerontokan pada rambut.  Stres juga dapat mengganggu proses pertumbuhan rambut dan menyebabkan uban prematur. Oleh karenanya, melakukan pengelolaan stres seperti meditasi dan yoga secara teratur bisa menjadi penghilang stres yang baik.

Itu dia beberapa cara alami yang dapat membantu untuk mengatasi kerontokan pada rambut. Jika sudah mencoba beberapa cara diatas, penting juga untuk Anda melakukan pencegahan supaya kerontokan tidak datang lagi.

Causes and treatments for thinning hair. Diakses pada November 2020. https://www.medicalnewstoday.com/articles/how-to-stop-hair-loss#summary

Home Remedies To Stop Hair Fall. Diakses pada November 2020. https://www.femina.in/wellness/home-remedies/how-to-stop-hair-fall-and-tips-to-control-with-natural-home-remedies-60280.html

10 Best and Proven Home Remedies for Hair Fall. Diakses pada November 2020. https://parenting.firstcry.com/articles/contribution-10-simple-and-effective-home-remedies-to-control-hair-fall/

10 Tips to Naturally Regrow Your Hair. Diakses pada November 2020. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/regrow-hair-naturally#the-bottom-line

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan