Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Hair Tonic: Manfaat, Cara Pakai, dan Cara Memilih

hair tonic farmaku

Hair tonic adalah salah satu produk perawatan rambut yang mengandung minyak, alkohol, dan etanol. Produk ini tersedia dalam bentuk cair, gel, atau semi padat dan beberapa produk juga mungkin bebas minyak. Produk perawatan yang satu ini juga biasanya memiliki aroma yang menyegarkan dan cukup kuat.

Fungsi hair tonic biasanya berbeda antara satu produk dengan produk yang lainya. Umumnya, semuanya memiliki satu tujuan yang sama yaitu untuk memperkuat struktur rambut secara mendalam, dan tidak hanya menguatkan dipermukaan saja. Efek sampingnya tidak bisa didapat dengan langsung melainkan dapat dilihat setelah digunakan secara teratur.

Manfaat Hair Tonic

Umumnya tonik untuk rambut dikenal karena manfaatnya untuk merangsang pertumbuhan, sehingga dapat menghindari rambut dari masalah seperti ketombe, seborrhoea, dan bahkan rambut rontok. Selain itu masih banyak manfaat lainnya. Berikut adalah beberapa manfaat yang mungkin Anda dapatkan dari menggunakan tonik rambut.

1. Memperkuat Akar Rambut

Fungsi utama tonik adalah menguatkan akar rambut agar tidak mudah rontok dan mudah patah. Biasanya, tonik rambut jenis ini mengandung ekstrak, ginseng, atau lidah buaya yang baik untuk kesehatan kulit kepala. Dengan pemakaian teratur, rambut rontok dijamin berkurang. Rambut juga menjadi lebih kuat dan tidak mudah patah saat dikepang atau di styling menggunakan pengeriting. Memijat tonik rambut ke kulit kepala secara teratur dapat membantu merangsang sirkulasi darah di folikel rambut untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Sehingga hair tonic untuk rambut rontok merupakan salah satu jenis tonik yang paling sering digunakan.

2. Menutrisi Kulit Kepala

Beberapa kandungan yang terdapat pada tonik untuk rambut dapat menyehatkan kulit kepala. Oleh karena itu, penggunaan tonik untuk rambut sangat disarankan bagi Anda yang memiliki masalah dengan kulit kepala. Seperti kulit kepala berminyak, rambut rontok, ketombe, hingga kebotakan dini.

Baca Juga: Manfaat Minyak Kemiri untuk Pertumbuhan Rambut

3. Membuat Rambut Berkilau

Beberapa produk tonik tertentu diformulasikan untuk membuat rambut lebih berkilau dan lembut. Jika Anda sering menata rambut dengan rambut dan pengering rambut, cobalah untuk memilih tonik rambut yang mengandung phytantriol dan panthenol.

4. Membantu Pertumbuhan Rambut

Cara mempercepat pertumbuhan rambut adalah dengan rajin menggunakan tonik pertumbuhan rambut setiap hari. Anda bisa memijat kulit kepala dengan tonik rambut yang mengandung ekstrak ginseng, lidah buaya, atau bahan alami lainnya yang berguna untuk merangsang pertumbuhan rambut. Nutrisi yang cukup dapat merangsang tumbuhnya rambut baru di kulit kepala. Sebaliknya, pilih tonik yang bisa menghambat produksi hormon dihydrotestosterone dan melancarkan aliran di kulit kepala.

5. Membuat Rambut Harum

Selain menyuburkan dan menutrisi kulit kepala, tonik rambut juga membuat rambut lebih harum. Dengan semakin banyaknya jenis tonik rambut, saat ini Anda bisa dengan mudah memilih produk dengan wangi yang sesuai dengan keinginan.

6. Mengurangi Ketombe

Karena sifatnya yang bisa menutrisi kulit kepala, beberapa produk dibuat untuk mengatasi masalah ketombe. Cobalah memilih produk dengan kandungan anti keraltic, asam amino, dan climbazole untuk melawan ketombe di kulit kepala. Dengan pemakaian teratur, kulit kepala Anda akan bebas dari masalah ketombe

7. Mencegah Rambut Bercabang

Jika akar rambut terawat dengan baik, Anda tidak perlu takut dihantui oleh ujung rambut bercabang. Supaya rambut semakin kuat dan sehat pilihlah produk dengan kandungan vitamin E.

Cara Memakai Hair Tonic

Tonik rambut merupakan produk yang cukup mudah untuk digunakan. Beberapa produk umumnya hampir sama.

  1. Mulailah dengan menuangkan produk  ke telapak tangan lalu sebarkan ke kedua tangan.
  2. Oleskan tonik mulai dari garis rambut, arahkan tangan Anda ke bagian belakang kepala. Kemudian kembali dan pijatkan tonik ke seluruh rambut. Jika jari-jari tangan terasa kering saat mencapai kulit kepala, lanjutkan dan ulangi langkah pertama sampai merata
  3. Luangkan satu atau dua menit untuk memijat kulit kepala untuk memastikan produk akan memberikan manfaat terbaik pada kulit kepala. Ditambah lagi, pijatan itu sendiri akan membantu menjaga kesehatan kulit kepala dengan memperlancar peredaran darah disana.
  4. Setelah memijat seluruh kepala lanjutkan dengan mengoleskannya lagi namun kali ini lakukan dari bagian belakang leher hingga ke garis rambut Anda. Ini untuk memastikan Anda tidak melewatkan sedikitpun bagian di kulit kepala.

Menggunakan tonik rambut secara merata hingga ke bagian belakang kepala sangat perlu diperhatikan. Sebab bagian belakang kepala adalah salah satu bagian yang paling sering terlewatkan. Hal ini juga berlaku untuk semua produk perawatan rambut. Pastikan semua produk yang Anda gunakan seperti sampo, kondisioner,hingga vitamin rambut hingga ke bagian belakang kepala.

Tonik rambut cenderung bekerja paling baik jika diaplikasikan pada rambut yang sedikit lembab. Jadi jika Anda bertanya kapan cara memakai tonik rambut yang tepat, menggunakanya setelah mandi merupakan saat yang sempurna.

Baca Juga: 7 Cara Merawat Rambut untuk Wanita Berhijab

Cara Memilih Hair Tonic yang Bagus

Memilih produk perawatan rambut memang susah-susah gampang, termasuk saat memilih produk tonik rambut. Terlebih saat ini sudah banyak sekali produk tonik rambut yang beredar dipasaran. Untuk memudahkan dalam memilih produk tonik yang sesuai, berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat membeli tonik penumbuh rambut.

1. Kenali Tipe Rambut

Ketahui jenis rambut Anda dan beli tonik pertumbuhan rambut yang sesuai. Sebab tonik rambut memiliki jenis yang berbeda sesuai dengan kebutuhan berbagai jenis rambut. Karena itu, pilih salah satu yang memenuhi kebutuhan. Misalnya jika masalah rambut Anda adalah rambut rontok, maka pilihlah tonik untuk rambut rontok.

Salah satu rekomendasi hair tonic untuk rambut yang bisa Anda coba adalah Yohmo Hair Tonic Dengan Formula alaminya mampu menjaga rambut tetap lembut berkilau dan tidak mudah rontok dan dapat membuat rambut tetap sehat.

Baca Juga: Penyebab Rambut Rontok pada Remaja dan Cara Mencegahnya

2. Efektivitas

Efektivitas produk pertumbuhan rambut, termasuk tonik akan sangat tergantung pada bahan-bahannya. Tonik pertumbuhan rambut harus mengandung bahan peningkat pertumbuhan rambut seperti vitamin, biotin, seng, zat besi, dan asam lemak omega. Coba untuk mencari bahan-bahan ini sebelum membeli suatu produk.

Anda bisa mencoba Makarizo Advisor Hair Repair Anti-Hair Fall Hair & Scalp Tonic merupakan produk kandungan yang cukup bagus. Tonik ini mengandung Octopirox untuk membersihkan kulit kepala dan mencegah ketombe, serta Akar Ginseng dan Ekstrak Daun Lidah Buaya untuk menguatkan akar rambut.

3. Detox

Carilah produk tonik yang membantu  mendetoksifikasi kulit kepala untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Tonik rambut herbal adalah cara yang bagus dan aman untuk mendetoksifikasi kulit kepala. Mereka melembutkan rambut dan memberantas produk dan kotoran yang menumpuk untuk mengaktifkan pertumbuhan rambut.

Selain itu, tonik ini tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat merusak rambut Anda dengan menyumbat folikel. Produk dengan bahan seperti saw palmetto dan ekor kuda dianggap paling baik untuk mendetoksifikasi dan memperkuat rambut.

4. Jenis Tonik Rambut

Sebagian besar produk tonik rambut bisa digunakan sebagai produk harian, tetapi cara menggunakannya berbeda-beda di setiap produk. Sehingga memperhatikan jenis produk dan juga kandungan yang ada didalamnya adalah hal yang sangat penting.

Pertama, perhatikan apakah tonik rambut mengandung minyak atau bebas minyak. Tonik yang bebas minyak sedikit lebih baik jika Anda berencana mengkombinasikannya dengan produk perawatan rambut lainnya. Sebab tonik jenis ini cenderung lebih ringan dan cenderung tidak mengganggu saat hendak mengaplikasikan produk lain. Tonik rambut yang mengandung minyak mungkin lebih baik sebagai produk yang berdiri sendiri.

 Merawat rambut supaya senantiasa sehat dan bebas dari masalah memang bukan hal yang mudah. Kuncinya adalah kenali jenis rambut dan masalah yang menyertainya. Hal ini untuk memudahkan dalam memilih produk yang sesuai. Coba untuk memasukan tonik rambut dalam perawatan rambut harian Anda mungkin bisa menjadi salah satu cara yang bagus untuk menjaga kesehatan rambut.

10 Benefits of Hair Tonic You Need to Know. https://hairstylesideashub.com/10-benefits-of-hair-tonic-you-need-to-know/. Diakses pada November 2020.

Why should you add a hair tonic ?. Diakses pada November 2020.  https://www.giftsandcare.com/blog/en/hair-tonic/

Hair Tonic: How to Use, Benefits & Side Effects. https://hairstylecamp.com/hair-tonic/. Diakses pada November 2020.

Hair Tonic: What It Is And How To Use It. Diakses pada November 2020. https://sharpologist.com/hair-tonic/#:~:text=%5BUpdated%20May%2C%202020%5D%20Hair,like%20mousse%20or%20hair%20spray. 10 Benefits of Hair Tonic You Need to Know. https://hairstylesideashub.com/10-benefits-of-hair-tonic-you-need-to-know/. Diakses pada November 2020.

Why should you add a hair tonic ?. https://www.giftsandcare.com/blog/en/hair-tonic/. Diakses pada November 2020.

Hair Tonic: How to Use, Benefits & Side Effects. https://hairstylecamp.com/hair-tonic/. Diakses pada November 2020.

Hair Tonic: What It Is And How To Use It. https://sharpologist.com/hair-tonic/#:~:text=%5BUpdated%20May%2C%202020%5D%20Hair,like%20mousse%20or%20hair%20spray. Diakses pada November 2020.

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan