Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

5 Shampo Anti Jamur untuk Cegah Ketombe dan Kulit Kepala Gatal

shampo anti jamur di apotik

Ketombe adalah kondisi yang bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satu kondisi yang bisa menyebabkannya adalah jamur (malassezia). Untuk mengatasi jamur penyebab ketombe, Anda bisa menggunakan shampo anti jamur. Yuk, simak artikel ini untuk tahu apa saja shampo anti jamur di apotik yang bisa digunakan. 

Rekomendasi Shampo Anti Jamur di Apotek

Berikut ini beberapa produk shampo yang dapat mengatasi kulit kepala gatal akibat jamur dan ketombe.

1. Ketomed Scalp Solution 60 ml

Ketomed Scalp Solution

Shampo ini mengandung bahan aktif ketoconazole yang berguna untuk mengatasi jamur pada kulit kepala. Ketomed Scalp Solution dapat digunakan untuk mengatasi ketombe dan dermatitis seboroik ringan. Obat ini bekerja dengan cara mencegah dan menghentikan pertumbuhan jamur. 

Untuk penggunaan shampo ini, cukup oleskan pada rambut yang basah, lalu diamkan selama 3-5 menit. Kemudian bilas hingga bersih. Apabila Anda ingin mengatasi jamur pada rambut ketombe, Anda bisa gunakan 2 kali seminggu selama 2-4 minggu.

Sedangkan untuk mengobati dermatitis seboroik, Anda dapat menggunakan 1-2 kali sehari selama 2-4 minggu. Penggunaan produk ini memiliki efek samping di antaranya gatal, iritasi, reaksi alergi, dan rasa terbakar.

Beli Ketomed Scalp Solution 60 ml di Sini

2. Sebamed Anti Dandruff Shampoo

Sebamed Anti Dandruff Shampoo

Shampo ini mengandung bahan aktif piroctone olamine yang dapat membantu menghambat pertumbuhan jamur di kulit kepala. Selain itu, Sebamed Anti Dandruff Shampoo juga dilengkapi dengan kandungan moisturizer dan conditioner alami yang dapat memberikan volume dan kemilau pada rambut. 

Kemudian, shampo ini juga bebas dari kandungan silikon, alkohol, mineral oil, dan bahan pewarna sehingga aman untuk rambut. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Jerman, penggunaan shampo ini dapat menunjukkan ketombe akan hilang hanya dalam waktu 2 minggu pemakaian. 

Beli Sebamed Anti Dandruff Shampoo di Sini

3. Foltene Shampoo Anti Dandruff Dry And Oily

Foltene Shampoo Anti Dandruff

Shampo ini diformulasikan dengan kandungan asam salisilat. Shampo ini dapat membantu mengurangi pembentukan ketombe, meredakan iritasi dan mengurangi pengelupasan kulit kepala.

Tidak hanya itu, kandungan piroctone olamine dapat menghilangkan mikroorganisme yang dapat menimbulkan ketombe. Bebas dari bahan minyak mineral dan parafin, Foltene Shampoo Anti Dandruff dapat menjadikan rambut sehat dan bebas gatal.

Beli Foltene Shampoo Anti Dandruff Dry And Oily di Sini

4. Clear Shampoo Ice Cool Menthol

Clear Shampoo Ice Cool Menthol

Shampo yang diperkaya dengan kandungan zinc ini dapat membantu mengatasi bakteri penyebab jamur. Selain itu, Clear Shampoo Ice Cool Menthol dilengkapi dengan kandungan komponen protein dan vitamin B3, yang dapat membantu menghilangkan ketombe.

Shampo ini juga mengandung mentol dingin dan citrus yang dapat memberikan kesegaran dan sensasi dingin di kulit kepala, sehingga mengurangi rasa gatal.

Beli Clear Shampoo Ice Cool Menthol di Sini

5. Dove Dandruff Care Shampoo

Dove Dandruff Care Shampoo

Shampo ini mengandung bahan aktif zinc pyrithione yang terbukti dapat menghilangkan masalah ketombe dan rasa gatal di kulit kepala. Selain itu, shampo ini juga dapat digunakan untuk mengatasi kulit kepala yang gatal akibat bakteri dan jamur penyebab ketombe. 

Beli Dove Dandruff Care Shampoo di Sini

Nah, itulah shampo anti jamur dan ketombe yang bisa digunakan untuk mengurangi dan mencegah ketombe akibat jamur dan bakteri di kulit kepala. Jika kondisi kulit kepala Anda tidak kunjung membaik setelah pemakaian, sebaiknya segera temui dokter untuk mendapatkan penangan yang tepat.

Mayo Clinic. Dandruff. Diakses pada April 2022. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dandruff/symptoms-causes/syc-20353850

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan