Empty Cart

Total:
Rp. 0 

Cara Menggunakan Accu-Chek: Alat Tes Gula Darah Praktis

 25 Mar 2019



cara menggunakan accu-chek: alat tes gula darah praktis


Banyak orang yang tidak memperhatikan kesehatan dengan mengabaikan kadar gula darah dalam tubuh. Padahal kadar gula darah dalam tubuh sangat perlu untuk diperhatikan terlebih untuk penderita diabetes mellitus.

 

Diabetes mellitus atau sakit kencing manis adalah sebuah penyakit metabolik yang ditandai dengan jumlah kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh manusia dan berlangsung dalam waktu yang terbilang lama. Pada keadaan tubuh dengan gula darah normal, asupan gula dan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh akan dipecah menjadi bentuk yang lebih sederhana atau disebut dengan glukosa. Glukosa digunakan oleh sel-sel di dalam tubuh agar dapat hidup dan bekerja. Sel - sel di dalam tubuh inilah yang memerlukan insulin atau hormon tubuh yang berfungsi mengambil glukosa dan menjadikannya sebagai sumber energi.

 

Nah, pada penderita Diabetes mellitus baik tipe 2 atau tipe 1, tubuh tidak dapat memproduksi insulin yang cukup. Pada saat yang sama apabila jumlah kadar gula darah tinggi maka tubuh tidak bisa menggunakan insulin sebagai sumber energi.

 

Oleh karena itu, rajin mengontrol kadar gula darah dalam tubuh sangat penting dilakukan untuk penderita diabetes. Dengan kadar gula yang terkontrol baik diharapkan penderita Diabetes dapat menghindari risiko komplikasi lainnya seperti gagal ginjal, stroke, gangguan pada mata berupa katarak, dan serangan jantung. Namun, tidak hanya bagi penderita diabetes, semua orang dianjurkan mengontrol kadar gula darah secara teratur.

 

 

 

Jenis Pemeriksaan Gula Darah

Memeriksa kadar gula darah didalam tubuh dapat dilakukan dengan berbagai metode.

  • Cek gula darah berpuasa. Cek gula darah ini dilakukan dengan berpuasa selama kurang lebih 8 jam sebelumnya. Pada metode ini Anda tidak dibolehkan untuk mengkonsumsi makanan sebelumnya dan hanya diperbolehkan untuk mengkonsumsi air putih serta dilakukan pada pagi hari.
  • Cek gula darah 2 jam setelah makan. Dilakukan setelah Anda mengkonsumsi makanan dan 2 jam kemudian langsung dilanjutkan dengan memakai alat cek gula darah.

Mengecek kadar gula darah secara mandiri dan teratur dalam dunia medis dikenal dengan istilah Self Monitoring Blood Glucose, dimana Anda diajak untuk bisa melakukan pengukuran gula darah secara mandiri tanpa perlu pergi ke rumah sakit.

 

Saat ini memeriksa kadar gula darah dalam tubuh dapat lebih mudah dilakukan dengan menggunakan alat ukur gula darah yang disebut Glucometer. Salah satu alat cek gula darah yang paling umum digunakan adalah Accu-Chek.

 

 

 

Apa itu Accu-Chek?

Accu-chek adalah alat tes gula darah atau glucometer yang dapat membantu Anda, khususnya penderita Diabetes, untuk mengetahui kadar gula darah dalam tubuh dengan cara yang cepat dan akurat.

 

Alat cek gula darah Accu-chek menghadirkan konsep smart dan simple serta bentuk yang didesain sedemikian futuristik membuat pengecekan gula darah menjadi lebih menarik dilakukan. Konsep sederhana tampak dari ukuran bentuk yang kecil dan praktis sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana. Ukuran layar accu-chek yang besar juga memudahkan diabetesi kelompok lansia lebih mudah dalam membaca tulisan yang tertera pada layar.

 

Mengusung konsep smart, alat pengukur gula darah accu-chek dilengkapi fitur 500 memori dengan penanda pre-meal dan post meal sehingga pengecekan gula darah lebih teratur dilakukan. Selain itu ada pula memori pengingat tes glukosa setelah makan atau post pradial.

 

Dengan menggunakan alat ini pengambilan sampel darah juga terasa lebih mudah karena dapat dilakukan tetes ulang selama 10 detik. Dilengkapi strip dengan bentuk ramping dan sederhana agar nyaman saat digunakan.

 

 

 

Lalu Bagaimana Cara Menggunakan Accu-chek?

Cara pakai Accu-chek sangatlah mudah. Berikut adalah cara penggunaan accu-chek yang baik untuk diikuti: 

  1. Mencuci bersih tangan terlebih dahulu

    Sebelum pengambilan sampel darah, Anda dianjurkan untuk mencuci kedua tangan terlebih dahulu. Bahkan jika Anda merasa tangan Anda tidak terlihat kotor sekalipun, Anda tetap harus mencuci kedua tangan dengan air hangat dan sabun agar bakteri atau virus tidak ikut masuk ke dalam darah dan menyebabkan komplikasi penyakit lainnya.

    Selain bakteri dan virus, zat lain yang tidak terlihat secara kasatmata, seperti gula dari buah atau makanan manis yang baru saja Anda konsumsi, dapat berisiko mengacaukan hasil tes gula darah. Penggunaan air hangat juga mampu melancarkan aliran darah.



  2. Nyalakan glucometer, siapkan alcohol swap atau kapas beralkohol, jarum atau lancet, dan kertas strip

    Beberapa jenis glucometer dapat secara otomatis menyala saat strip dimasukan. Pastikan terlebih dahulu bahwa strip yang akan Anda gunakan berada diluar tanggal kedaluwarsa. Strip yang kedaluwarsa akan mengurangi keakuratan hasil tes darah.



  3. Tentukan jari mana yang Anda akan gunakan untuk mengambil sampel darah

    Saat akan melakukan sampling darah, perlu untuk diperhatikan untuk tidak menggunakan jari yang sama secara terus menerus. Sebaiknya gunakanlah sisi ujung jari untuk mengurangi rasa sakit berlebih saat jarum lancet ditusukkan pada jari.



  4. Siapkan pen lancet atau perangkat penusuk sesuai dengan panduan penggunaan

    Lakukan penusukkan pada area jari yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Darah yang terdapat pada ujung jari Anda biasanya terasa hangat dan bila Anda merasakan sebaliknya kemungkinan hal itu disebabkan oleh kurangnya aliran darah sehingga disarankan untuk memencet atau menekan jari jika hal itu terjadi.



  5. Sentuh dan tahan bukaan strip sampai tetes darah memenuhi standar pengujian

    Pastikan sampel darah yang menempel pada kertas strip berada pada jumlah yang tepat. Jumlah sampel darah yang terlalu sedikit dapat membuat glucometer error atau hasil tes darah menjadi tidak akurat. Jika ingin melakukan tes gula darah ulang, selalu gunakan strip yang baru, jangan menggunakan kertas strip yang telah terpakai.



  6. Lihat hasil tes darah yang sudah dilakukan

    Lihatlah dengan seksama hasil gula darah Anda. Segera konsultasikan hasil ini dengan pakar kesehatan dan lakukan tindakan selanjutnya yang direkomendasikan. Jika Anda mengalami gula darah rendah atau hipoglikemia, ada baiknya jika Anda langsung mengantisipasi dengan mengkonsumsi air gula atau cairan lain yang mengandung pemanis alami.

    ;

  7. Buanglah lancet yang sudah digunakan

    Jangan menyimpan lancet yang lama dan gantilah dengan lancet yang baru setiap kali ingin melakukan pengetesan gula darah menggunakan accu-chek.



  8. Terakhir, catatlah hasil tes gula darah Anda

    Catatlah hasil tes gula darah yang baru saja di buku catatan, atau didalam memori Glukometer yang telah disesuaikan dengan tanggal pengecekan sehingga memudahkan dalam analisis selanjutnya.



 

 

Bagaimana Cara Setting Accu-chek?

Di dalam alat accu-chek, terdapat menu pengaturan yang memungkinkan Anda mengatur jam, tanggal, format waktu, reminder, dan alarm.

Langkah 1 - Nyalakan glucometer

Pada accu-chek performa I, performa II, dan aviva tekan tombol power di kanan atas selama 3 - 5 detik untuk menghidupkan alat. Sedangkan untuk accu-chek active, tekan tombol “S” selama 3 - 5 detik untuk menghidupkan alat. Setelah alat menyala, Anda akan masuk ke dalam menu pengaturan.

 

Langkah 2 - Ubah Angka / Nilai Pengaturan

Pada accu-chek performa I, performa II, dan aviva, tekan tombol “<” atau “>” untuk mengubah angka atau nilai pengaturan. Sedangkan pada accu-chek active, tekan tombol “M” untuk mengubah angka atau nilai pengaturan.

 

Langkah 3 - Pindah ke Menu Selanjutnya

Setelah Anda sudah puas atau selesai mengubah angka pengaturan sebuah menu, Anda dapat pindah ke menu berikutnya. Pada accu-chek performa I, performa II, dan aviva, tekan tombol power untuk pindah menu. Sedangkan pada accu-chek active, tekan tombol “S” untuk pindah menu.

 

Langkah 4 - Matikan Alat

Setelah Anda selesai melakukan pengaturan, Anda dapat mematikan alat. Pada accu-chek performa I, performa II, dan aviva, tekan tombol power selama 3 - 5 detik untuk keluar dari menu pengaturan, lalu tekan tombol power sekali lagi untuk mematikan alat. Pada accu-chek active, tekan tombol “M” dan “S” secara bersamaan dalam waktu sangat singkat untuk mematikan alat (pastikan Anda sudah menekan “S” terlebih dahulu untuk mengkonfirmasi perubahan yang Anda lakukan).

 

 

 

Seperti Apa Cara Kalibrasi Accu-chek?

Ada beberapa cara kalibrasi accu-chek yang dapat dilakukan. Kalibrasi adalah pemeriksaan alat elektronik untuk memastikan agar alat bekerja dengan baik.

 

Pertama, kalibrasi accu-chek biasanya terjadi secara otomatis setiap kali alat tes gula darah dihidupkan. Jika terdapat kesalahan, maka secara otomatis akan muncul kode error di layar.

 

Kedua, kalibrasi accu-chek dapat dilakukan dengan menggunakan larutan kontrol. Sebagai contoh: Dengan menggunakan larutan kontrol bernilai 100, maka alat seharusnya menampilkan nilai 100.

 

Ketiga, kalibrasi dengan dongle yang pada umumnya disertakan pada saat pembelian alat tes gula darah. Jika dongle dipasang pada pada sensor test darah, akan muncul “OK” atau “err “.

  1. “OK” berarti alat bekerja dengan normal.
  2. “Err” berarti adanya kerusakan pada alat tes gula darah Anda.

 

Tips tambahan untuk menjaga keakuratan glucometer accu-chek:

  • Jangan meletakkan atau menyimpan alat dekat dengan barang-barang yang memancarkan gelombang elektromagnetik.
  • Tabung penyimpanan strip jangan sampai dibiarkan terbuka.
  • Pastikan hanya mengeluarkan dan menggunakan satu kertas strip saat ingin melakukan tes gula darah.
  • Lakukan kalibrasi accu-chek secara berkala.

 

 

 

Bagaimana Cara Reset Accu-chek?

Berikut adalah 3 langkah mudah untuk me-reset glucometer Accu-chek. 

  • Lepas baterai yang terpasang pada sisi belakang alat
  • Tunggu 2 – menit
  • Masukan kembali baterai ke panel belakang dan lakukan pengaturan ulang

 

 

 

 

Source

  1. Glooko.com.How do I change date and time on Accu-chek
  2. Accu-chek.com.How to test your blood sugar





Bagikan artikel ini :