Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Cara Menggunakan Accu-Chek: Alat Tes Gula Darah Praktis

Para diabetesi (penderita diabetes) perlu melakukan pengukuran gula darah secara rutin bahkan sampai beberapa kali sehari. Oleh sebab itu, memiliki alat yang ringan, mudah digunakan, serta memiliki akurasi tinggi merupakan hal yang penting. Alat tes gula darah dari Accu-Chek layak untuk Anda pertimbangkan.

Sekilas tentang Diabetes Mellitus

Diabetes mellitus atau sakit kencing manis adalah penyakit metabolik yang ditandai dengan jumlah kadar gula darah yang tinggi di dalam tubuh manusia dan berlangsung dalam waktu yang terbilang lama. 

Pada keadaan tubuh normal, asupan gula dan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh akan dipecah menjadi bentuk yang lebih sederhana atau disebut dengan glukosa. Gula sederhana ini kemudian akan dibawa ke seluruh sel dalam tubuh oleh hormon insulin.  

Nah, pada penderita diabetes, tubuh tidak dapat memproduksi insulin yang cukup atau kerja insulin tidak maksimal. Akibatnya, gula dalam darah tidak mampu didistribusikan ke seluruh sel tubuh dan akhirnya menumpuk di dalam pembuluh darah. 

Kadar gula tinggi yang berlangsung lama dapat menyebabkan kerusakan permanen pada banyak organ tubuh, seperti mata, saraf, ginjal, dan pembuluh darah. Oleh sebab itu, para penderita diabetes perlu melakukan kontrol gula darah secara rutin untuk menghindari risiko komplikasi. 

Jenis Pemeriksaan Gula Darah

Berikut adalah macam-macam alat pemeriksaan gula darah, antara lain:

1. Gula Darah Sewaktu

Pemeriksaan gula darah sewaktu dapat dilakukan kapan saja di sepanjang hari. Anda tidak perlu berpuasa sebelum melakukan pemeriksaan ini. Tes glukosa darah sewaktu dapat dilakukan untuk mengetahui kadar gula darah penderita diabetes atau saat seseorang mengalami penurunan kesadaran. 

Apabila hasil pemeriksan ini menunjukkan angka 200 mg/dL atau diatasnya maka orang tersebut dapat dikatakan mengalami hiperglikemia. 

2. Gula Darah Puasa 

Pada pemeriksaan ini Anda perlu berhenti makan dan minum semalaman atau 8 jam sebelum pemeriksaan. Hasil pemeriksaan yang menunjukkan angka 126 mg/dL atau di atasnya dapat menunjukkan Anda mengalami hiperglikemia. Hasil ini berarti tubuh mengalami resistensi terhadap insulin. 

3. Toleransi Glukosa Oral (TTGO)

Tes toleransi glukosa oral dapat mengukur respon tubuh terhadap gula. Pemeriksaan ini umumnya digunakan untuk mendukung diagnosis diabetes melitus tipe 2. 

4. Gula Darah Dua Jam Setelah Makan

Pemeriksaan ini umumnya dikenal juga dengan postprandial blood glucose test. Seperti namanya, Anda akan menjalani pemeriksaan gula darah pada 2 jam setelah makan. 

Melalui pemeriksaan ini, akan diketahui respon tubuh terhadap kehadiran gula dan pati setelah makan. 

Umumnya karbohidrat yang masuk akan dipecah menjadi glukosa sehingga kadar gula darah meningkat. Setelah itu, pankreas akan mendeteksi adanya glukosa dalam darah dan melepaskan insulin untuk membantu memindahkan glukosa ke sel tubuh. 

Apabila hasil pemeriksaan menunjukkan nilai gula darah yang tetap tinggi setelah 2 jam, maka kondisi ini dapat menjadi indikasi adanya masalah pada insulin. 

5. Hemoglobin A1c (HbA1c)

Pemeriksaan ini akan menunjukkan rata-rata kadar gula darah selama dua hingga tiga bulan ke belakang. Pada tes ini, dilakukan pengukuran persentase protein hemoglobin yang dilapisi gula. Semakin tinggi angka yang ditunjukkan , maka dapat dikatakan jumlah gula darah tinggi. Hasil ini bisa menjadi indikasi adanya masalah pada insulin. 

Dari jenis pemeriksaan gula darah ini, Anda dapat melakukan pengukuran gula darah sewaktu, 2 jam setelah makan, dan puasa secara mandiri di rumah. 

Saat ini memeriksa kadar gula darah dalam tubuh dapat lebih mudah dilakukan dengan menggunakan alat ukur gula darah yang disebut glucometer. Salah satu alat cek gula darah yang paling umum digunakan adalah Accu-Chek.

Apa itu Accu-Chek?

Accu-chek adalah alat tes gula darah atau glucometer yang dapat membantu Anda, khususnya penderita diabetes, untuk mengetahui kadar gula darah dalam tubuh dengan cara yang cepat dan akurat.

Alat cek gula darah Accu-chek dirancang sedemikian futuristik membuat pengecekan gula darah menjadi lebih menarik dilakukan. Konsep sederhana tampak dari ukuran bentuk yang kecil dan praktis sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana. Ukuran layar Accu-chek yang besar juga memudahkan diabetesi kelompok lansia lebih mudah dalam membaca tulisan yang tertera pada layar.

Mengusung konsep smart, alat pengukur gula darah Accu-chek dilengkapi fitur 500 memori dengan penanda pre-meal dan post meal sehingga pengecekan gula darah lebih teratur dilakukan. Selain itu ada pula memori pengingat tes glukosa setelah makan atau post prandial.

Dengan menggunakan alat ini pengambilan sampel darah juga terasa lebih mudah karena dapat dilakukan tetes ulang selama kurang dari 10 detik. Dilengkapi strip dengan bentuk ramping dan sederhana agar nyaman saat digunakan.

Alat Tes Gula Darah Accu-Chek

Beberapa produk alat tes gula darah Accu-Chek yang bisa Anda gunakan untuk mengukur kadar glukosa di dalam darah, di antaranya: 

1. Accu-Chek Instant Pack

Accu-Chek Instant Pack

Saat menggunakan Accu-Chek Instant, Anda tidak perlu menekan tombol pengaturan apapun sehingga cocok untuk pemula dan lanjut usia.

Pada alat ini juga sudah ada indikator yang menyatakan hasil pengukuran berada dalam batas normal, terlalu rendah, atau terlalu tinggi.

Anda juga tidak perlu membawa catatan ketika melakukan perjalanan di luar rumah karena hasil pengukuran bisa langsung tercatat pada aplikasi di gadget.

Kelebihan lain dari produk Accu-Chek Instant adalah bisa mengetahui rata-rata pengukuran gula darah sampai 90 hari ke belakang. Hasil pembacaan alat ini juga cepat, kurang dari 4 detik.

Beli Accu-Chek Instant Pack (Meter + Strip 25S + Pen + Lancet 10S) di Sini

2. Accu-Chek Guide Pack

Accu-Chek Guide Pack

Kelebihan dari alat tes gula darah model ini terletak pada lampu port yang dapat menyala ketika strip dimasukkan ke dalam alat.

Fitur ini membuat Anda bisa melakukan pengukuran gula darah di mana dan kapan saja, bahkan saat keadaan minim cahaya. Jika Anda suka bepergian, maka alat cek gula darah ini adalah pilihan yang tepat.

Selain itu, Anda juga tidak perlu memegang strip setelah mengukur gula darah, karena pada alat ini sudah tersedia tombol ejector untuk memudahkan mengeluarkan strip. Alat ini memiliki akurasi yang tinggi dan hasilnya bisa keluar dalam waktu 4 detik.

Accu-Chek Guide menggunakan bluetooth untuk terhubung ke aplikasi di ponsel, sehingga tidak perlu repot untuk mencatat hasil pengukuran. Anda juga tidak perlu bingung menghitung dosis insulin karena di dalam aplikasi sudah ada kalkulator yang dapat membantu.

Beli Accu-Chek Guide Pack (Meter + Strip 25S + Pen + Lancet 24S) di Sini

3. Accu-Chek Active Pack 

Accu-Chek Active Pack

Jika Anda lebih suka alat pengukur gula darah yang sederhana dan ringan, maka Accu-Chek Active bisa menjadi pilihan yang tepat. Meskipun memiliki ukuran yang kecil, tetapi alat ini memiliki banyak fitur di dalamnya.

Anda bisa melihat hasil pengukuran rata-rata dalam 7, 14, 30, dan 90 hari ke belakang. Selain itu, alat ini memiliki layar yang besar sehingga hasil pengukuran mudah untuk dibaca. Tidak perlu khawatir sampel darah kurang, karena alat ini memiliki alarm yang akan memberitahu Anda.

Hasil pengukuran dari Accu-Chek Active ini bisa dipindahkan melalui kabel USB sehingga tidak perlu lagi repot untuk mencatat hasilnya setiap kali melakukan pengukuran gula darah.

Beli Accu-Chek Active Pack (Meter + Strip 25S + Pen + Lancet 10S) di Sini

Lalu Bagaimana Cara Menggunakan Accu-Chek?

Cara pakai Accu-chek sangatlah mudah. Berikut adalah cara menggunakan Accu-chek yang baik untuk diikuti: 

  1. Mencuci bersih tangan terlebih dahulu  

Sebelum pengambilan sampel darah, Anda dianjurkan untuk mencuci kedua tangan terlebih dahulu. Bahkan jika Anda merasa tangan Anda tidak terlihat kotor sekalipun, Anda tetap harus mencuci kedua tangan dengan air hangat dan sabun agar bakteri atau virus tidak ikut masuk ke dalam darah dan menyebabkan komplikasi penyakit lainnya.

Selain bakteri dan virus, zat lain yang tidak terlihat secara kasat mata, seperti gula dari buah atau makanan manis yang baru saja Anda konsumsi, dapat berisiko mengacaukan hasil tes gula darah. Penggunaan air hangat juga mampu melancarkan aliran darah.

  1. Nyalakan glucometer, siapkan alcohol swap atau kapas beralkohol, jarum atau lancet, dan kertas strip

Beberapa jenis glucometer dapat secara otomatis menyala saat strip dimasukan. Pastikan terlebih dahulu bahwa strip yang akan Anda gunakan berada diluar tanggal kedaluwarsa. Strip yang kadaluarsa akan mengurangi keakuratan hasil tes darah.

  1. Tentukan jari mana yang Anda akan gunakan untuk mengambil sampel darah

Saat akan melakukan sampling darah, perlu untuk diperhatikan untuk tidak menggunakan jari yang sama secara terus menerus. Sebaiknya gunakanlah sisi ujung jari untuk mengurangi rasa sakit berlebih saat jarum lancet ditusukkan pada jari.

  1. Siapkan pen lancet atau perangkat penusuk sesuai dengan panduan penggunaan

Lakukan penusukkan pada area jari yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Darah yang terdapat pada ujung jari Anda biasanya terasa hangat dan bila Anda merasakan sebaliknya kemungkinan hal itu disebabkan oleh kurangnya aliran darah sehingga disarankan untuk memencet atau menekan jari jika hal itu terjadi.

  1. Sentuh dan tahan bukaan strip sampai tetes darah memenuhi standar pengujian  

Pastikan sampel darah yang menempel pada kertas strip berada pada jumlah yang tepat. Jumlah sampel darah yang terlalu sedikit dapat membuat glucometer error atau hasil tes darah menjadi tidak akurat. Jika ingin melakukan tes gula darah ulang, selalu gunakan strip yang baru, jangan menggunakan kertas strip yang telah terpakai.

  1. Lihat hasil tes darah yang sudah dilakukan

Lihatlah dengan seksama hasil gula darah Anda. Segera konsultasikan hasil ini dengan pakar kesehatan dan lakukan tindakan selanjutnya yang direkomendasikan. Jika Anda mengalami gula darah rendah atau hipoglikemia, ada baiknya jika Anda langsung mengantisipasi dengan mengkonsumsi air gula atau cairan lain yang mengandung pemanis alami.

  1. Buanglah lancet yang sudah digunakan  

Jangan menyimpan lancet yang lama dan gantilah dengan lancet yang baru setiap kali ingin melakukan pengetesan gula darah menggunakan Accu-chek.

  1. Terakhir, catatlah hasil tes gula darah Anda

Catatlah hasil tes gula darah yang baru saja di buku catatan, atau didalam memori glukometer yang telah disesuaikan dengan tanggal pengecekan sehingga memudahkan dalam analisis selanjutnya.

Bagaimana Cara Setting Accu-Chek?

Di dalam alat accu-chek, terdapat menu pengaturan yang memungkinkan Anda mengatur jam, tanggal, format waktu, reminder, dan alarm.

Accu-Chek Instant

  1. Tekan tombol panah ke atas dan tahan hingga layar menyala.
  2. Tekan dan tahan tombol panah ke bawah hingga bagian jam berkedip, untuk memulai set up alat.
  3. Tekan tombol panah ke atau maupun ke bawah untuk menyesuaikan jam.
  4. Setelah itu, tekan dan tahan tombol panah ke atas hingga bagian menit berkedip. Lakukan hal yang sama seperti langkah no.3. Ulangi langkah ini hingga bagian hari dan bulan selesai disesuaikan.
  5. Tekan dan tahan tombol panah ke bawah untuk menyelesaikan set up alat. 

Accu-Chek Guide

  1. Tekan tombol power untuk menyalakan alat.
  2. Tekan dan tahan tombol power hingga bagian jam berkedip untuk memulai set up alat.
  3. Tekan panah ke kanan atau ke kiri untuk menyesuaikan jam. Tekan tombol power untuk berpindah dan menyesuaikan bagian menit. 
  4. Ulangi tahapan pada no. 3 untuk mengatur tanggal dan bulan. 
  5. Selanjutnya, tekan dan tahan tombol power untuk menyelesaikan proses set up alat. 

Accu-Chek Pack

  1. Tekan tombol “S” untuk menyalakan produk. 
  2. Tekan tombol “M” untuk memilih tampilan waktu 12 jam atau 24 jam. 
  3. Tekan tombol “S” kembali untuk mulai menyesuaikan waktu dan tanggal. 
  4. Tekan “M” untuk mengubah jam. Untuk menyesuaikan menit, tekan tombol “S” dan kemudian tekan tombol “M” untuk mengubah bagian menit. 
  5. Ulangi langkah no.3 dan 4 untuk menyesuaikan tanggal, bulan, dan tahun.
  6. Tekan “S” hingga terdengar bunyi bip. Setelah itu tekan tombol “M” untuk menyesuaikan apakah alat ingin ada suara atau tidak. 
  7. Tekan tombol “S” untuk menyelesaikan proses set up alat. 

Seperti Apa Cara Kalibrasi Accu-Chek?

Ada beberapa cara kalibrasi Accu-chek yang dapat dilakukan. Kalibrasi adalah pemeriksaan alat elektronik untuk memastikan agar alat bekerja dengan baik.

Pertama, kalibrasi Accu-chek biasanya terjadi secara otomatis setiap kali alat tes gula darah dihidupkan. Jika terdapat kesalahan, maka secara otomatis akan muncul kode error di layar.

Kedua, kalibrasi Accu-chek dapat dilakukan dengan menggunakan larutan kontrol. Sebagai contoh: Dengan menggunakan larutan kontrol bernilai 100, maka alat seharusnya menampilkan nilai 100.

Ketiga, kalibrasi dengan dongle yang pada umumnya disertakan pada saat pembelian alat tes gula darah. Jika dongle dipasang pada pada sensor test darah, akan muncul “OK” atau “Err “.

  • “OK” berarti alat bekerja dengan normal.
  • “Err” berarti adanya kerusakan pada alat tes gula darah Anda.

Tips tambahan untuk menjaga keakuratan glucometer Accu-chek:

  • Jangan meletakkan atau menyimpan alat dekat dengan barang-barang yang memancarkan gelombang elektromagnetik.
  • Tabung penyimpanan strip jangan sampai dibiarkan terbuka.
  • Pastikan hanya mengeluarkan dan menggunakan satu kertas strip saat ingin melakukan tes gula darah.
  • Lakukan kalibrasi Accu-chek secara berkala.

Bagaimana Cara Reset Accu-Chek?

Berikut adalah 3 langkah mudah untuk me-reset glucometer Accu-chek. 

  • Lepas baterai yang terpasang pada sisi belakang alat
  • Tunggu 2 – menit
  • Masukan kembali baterai ke panel belakang dan lakukan pengaturan ulang

Nah, itu dia cara menggunakan Accu-Chek yang baik dan benar. Dengan alat ini, Anda dapat terus mengawasi kadar gula darah Anda kapanpun dan dimanapun.

Baca juga:

CDC. 2023. Diabetes Tests. https://www.cdc.gov/diabetes/basics/getting-tested.html. (Diakses pada 11 Oktober 2023).
NHS Inform. 2023. Hyperglycaemia (High Blood Sugar). https://www.nhsinform.scot/illnesses-and-conditions/blood-and-lymph/hyperglycaemia-high-blood-sugar. (Diakses pada 11 Oktober 2023).

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan