Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Jangan Khawatir, Inilah 10 Obat Batuk Yang Aman untuk Ibu Hamil

Batuk pada ibu hamil dapat membuat rasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun, tentu Anda tidak dapat minum obat sembarangan. Pasalnya, apapun yang dikonsumsi akan berdampak pada perkembangan janin di dalam kandungan. 

Pilihan Obat batuk yang Aman untuk Ibu Hamil

Menurut American Pregnancy Association, sistem kekebalan tubuh ibu hamil kemungkinan besar akan mengalami perubahan. Akibatnya, Anda mungkin akan lebih mudah terserang batuk dan flu. Bahkan, sakit yang dialami mungkin lebih lama sembuh. 

Berikut adalah beberapa obat batuk untuk ibu hamil, antara lain:

1. Silex Sirup

Silex Sirup

Silex sirup termasuk ke dalam obat herbal yang dapat membantu mengatasi batuk berdahak, melegakan tenggorokan, dan meredakan pilek. Dalam obat ini terkandung guaifenesin dan ekstrak bahan-bahan alami yang dapat mengencerkan dahak. 

Tergolong obat bebas, Anda bisa mendapatkan obat ini tanpa resep dokter. Namun, sebaiknya tetap mengikuti dosis dan aturan pakai yang tertera di kemasan.

Beli Silex Syrup 100 ml di Sini

2. Obat Batuk Ibu & Anak Pei Pa Koa

Obat Batuk Ibu & Anak Pei Pa Koa

Obat batuk lain yang aman dikonsumsi ibu hamil adalah Obat Batuk Ibu & Anak Pei Pa Koa. Kandungan bahan-bahan alami dalam obat ini mampu melegakan tenggorokan, batuk kering, batuk berdahak, dan suara serak. 

Salah satu bahan yang terdapat dalam obat ini adalah Folium eriobotryae. Tanaman Folium eriobotryae bermanfaat untuk meredakan batuk, mengurangi lendir pada saluran nafas, serta mengatasi peradangan. 

Obat herbal ini jarang menyebabkan efek samping bila digunakan sesuai dengan dosis yang disarankan. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya tetap mengikuti dosis dan aturan pakai yang sudah tertera pada kemasan.

Beli Obat Batuk Ibu & Anak Pei Pa Koa Syrup 75 ml di Sini

Beli Obat Batuk Ibu & Anak Pei Pa Koa Syrup 150 ml di Sini

Beli Obat Batuk Ibu & Anak Pei Pa Koa Syrup 300 ml di Sini

3. Laserin

Laserin

Laserin termasuk dalam obat batuk herbal yang tidak hanya bermanfaat untuk meredakan batuk, tetapi juga dapat membantu mengatasi sakit perut, masuk angin, muntah, serta melegakan tenggorokan. 

Obat batuk Laserin mengandung berbagai macam tanaman, beberapa diantaranya adalah jahe merah, cengkeh, daun sirih, dan kayu manis. Semua kandungan herbal ini dapat memberikan rasa hangat pada perut dan tenggorokan. 

Meskipun termasuk dalam obat herbal dan berasal dari bahan alami, Anda disarankan untuk tetap mengikuti aturan pakai yang tertera pada kemasan atau sesuai petunjuk dokter.

Beli Laserin Syrup 30 ml di Sini

Beli Laserin Syrup 60 ml di Sini

Beli Laserin Syrup 110 ml di Sini

4. Vicks Formula Jahe Madu Syrup

Vicks Formula Jahe Madu Syrup

Vicks Formula Jahe Madu Syrup bisa menjadi pilihan obat batuk yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil. Obat ini termasuk dalam obat herbal yang mengandung jahe, madu, licorice, dan mint. 

Semua kandungan dalam obat batuk ini dapat membantu melegakan tenggorokan, meredakan batuk, serta menghangatkan tenggorokan. Oleh sebab itu, frekuensi batuk Anda bisa berkurang setelah konsumsi obat ini. 

Beli Vicks Formula Jahe Madu Syrup 28 ml di Sini

Beli Vicks Formula Jahe Madu Syrup 56 ml di Sini

5. Woods Sirup Antitussive 

Woods Sirup Antitussive 

Apabila Anda mengalami batuk kering atau tidak berdahak saat hamil, maka Anda bisa mencoba Woods Sirup Antitussive. Kandungan dextromethorphan HBr dalam obat ini dapat membantu mengurangi frekuensi batuk. Selain itu, obat ini juga mengandung diphenhydramine HCl yang dapat mengurangi reaksi alergi.

Woods Sirup Antitussive termasuk dalam kategori obat bebas terbatas, sehingga dapat diperoleh tanpa resep dokter. Namun, dalam konsumsi obat ini, Ibu hamil sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Beli Woods Antitussive Syrup 60 ml di Sini

Beli Woods Antitussive Syrup 100 ml di Sini

6. Vicks Formula 44 Dewasa Syrup

Vicks Formula 44 Dewasa Syrup

Saat Anda lelah dengan batuk yang tidak kunjung berhenti dan bahkan bisa mengganggu tidur, maka Vicks Formula 44 menjadi obat yang patut Anda coba.

Obat ini mengandung dextromethorphan HBr dan dan doxylamine sebagai senyawa aktifnya. Senyawa aktif dextromethorphan HBr termasuk dalam obat golongan antitusif yang dapat mengurangi sinyal batuk di otak. Dengan demikian, refleks ingin batuk akan berkurang.

Sementara itu, kandungan doxylamine dapat menghalangi kerja histamin sehingga gejala alergi, seperti batuk dapat diredakan.

Perlu diperhatian, Anda tetap disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter sebelum konsumsi obat ini. 

Beli Vicks Formula 44 Dewasa Syrup 27 ml di Sini

Beli Vicks Formula 44 Dewasa Syrup 100 ml di Sini

7. Siladex Antitussive Syrup

Siladex Antitussive Syrup

Siladex Antitussive Syrup juga dapat membantu meredakan batuk kering pada ibu hamil. Obat batuk ini mengandung dextromethorphan HBr dan chlorpheniramine maleate.

Kandungan dextromethorphan HBr bekerja dengan mengurangi sinyal batuk dari otak. Dengan demikian, keinginan atau respon batuk dapat berkurang. Sementara itu, chlorpheniramine maleate bekerja dengan menghambat kerja histamin, sehingga respon batuk akibat alergi dapat berkurang. 

Beli Siladex Antitussive Syrup 30 ml di Sini

Beli Siladex Antitussive Syrup 60 ml di Sini

Beli Siladex Antitussive Syrup 100 ml di Sini

8. Bisolvon Extra Syrup

Bisolvon Extra Syrup

Bagi Anda yang menderita batuk berdahak, maka dapat mencoba Bisolvon Extra syrup. Bahan aktif guaifenesin dan Bromhexine HCl dalam obat ini dapat membantu mengencerkan dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan dari saluran pernapasan. 

Meskipun tergolong obat bebas terbatas, tetapi bagi ibu hamil harus sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter sebelum memutuskan konsumsi obat ini.  

Beli Bisolvon Extra Syrup 60 ml di Sini

Beli Bisolvon Extra Syrup 125 ml di Sini

9. OBH Combi Batuk Berdahak Jahe Syrup

OBH Combi Batuk Berdahak Jahe Syrup

Obat ini bisa menjadi pilihan untuk meredakan batuk berdahak pada ibu hamil. Kandungan Succus liquiritiae dalam obat ini dapat membantu meredakan batuk. Selain itu, obat ini juga mengandung ammonium chloride yang dapat membantu membuat dahak lebih encer dan mudah dikeluarkan.

Apabila Anda sedang menggunakan obat-obatan lain, maka Anda disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter sebelum konsumsi obat ini. Tujuannya adalah mengurangi risiko adanya efek interaksi obat. 

Beli OBH Combi Batuk Berdahak Jahe Syrup 100 ml di Sini

10. Ikadryl Sirup

Ikadryl Sirup

Batuk pada ibu hamil dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti infeksi virus atau bakteri, serta alergi. 

Ikadryl Sirup dapat digunakan untuk mengatasi batuk yang disebabkan oleh alergi. Obat ini mengandung diphenhydramine, amonium klorida, dan natrium sitrat. Kombinasi ini dapat membantu meredakan batuk serta membuat dahak menjadi lebih encer sehingga lebih mudah dikeluarkan. 

Obat ini termasuk dapat kategori obat bebas terbatas. Namun, ibu hamil tetap disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter sebelum konsumsi obat ini. 

Beli Ikadryl Sirup 60 ml di Sini

Beli Ikadryl Sirup 100 ml di Sini

Nah, itulah beberapa rekomendasi obat batuk yang aman untuk ibu hamil. Selain konsumsi obat, Anda perlu minum banyak cairan, konsumsi makanan yang bergizi, serta banyak istirahat. Penting untuk tetap rileks yang berpikir positif agar tidak mempengaruhi kesehatan janin Anda. 

Apabila batuk yang dialami tidak kunjung membaik atau semakin parah, sebaiknya segera menemui dokter. Anda juga dapat melakukan konsultasi dengan dokter rekanan Farmaku di link ini: Chat Dokter, download aplikasi Farmaku sekarang!

Baca juga:

American Pregnancy Association. Cough and Cold During Pregnancy. https://americanpregnancy.org/healthy-pregnancy/pregnancy-complications/cough-cold-during-pregnancy/. (Diakses pada 30 Oktober 2023).

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan