Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

5 Obat Mata Bengkak dan Cara Penggunaannya

gambar obat mata bengkak

Obat untuk mata bengkak memiliki beragam jenis, mulai dari obat salep hingga obat tetes. Meski umumnya kondisi ini akan sembuh dengan sendirinya, namun mata yang bengkak juga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Apa saja obat mata bengkak di apotek yang bisa Anda gunakan? Simak pembahasannya di artikel ini.

Obat untuk Mata Bengkak

Berikut ini beberapa produk obat tetes untuk mengatasi kondisi mata bengkak, yang tersedia di apotek, di antaranya:

1. Cendo Xitrol Eye Drop

gambar cendo xitrol eye drop

Obat tetes mata ini mengandung bahan Neomycin sulfate, Dexamethasone, dan Polymyxin B Sulfate. Cendo Xitrol Eye Drop dapat membantu mengobati mata bengkak akibat radang atau infeksi pada mata. 

Untuk dosisnya, obat ini dapat digunakan 1-2 tetes pada siang hari (1 jam sekali) dan malam hari (2 jam sekali).

Beberapa efek samping yang mungkin terjadi dari obat ini yaitu gatal, kemerahan, nyeri, bengkak, dan terasa panas, atau hangat di mata.

Tergolong obat keras, obat ini hanya bisa didapatkan dengan resep dokter.

Beli Obat Cendo Xitrol Eye Drop di Sini

2. Cendo Xitrol Eye Oint

gambar cendo xitrol oint

Cendo Xitrol Eye Oint, obat mata dalam bentuk salep. Berfungsi mengatasi mata bengkak, merah, dan dan iritasi pada kornea.

Komponen obat ini terdiri dari kombinasi antibiotik dan anti inflamasi sehingga cocok untuk mengobati infeksi bakteri di mata yang disertai dengan peradangan. Cara pakainya mudah, cukup oleskan obat 2 kali sehari pada mata yang sakit.  Pastikan tangan Anda bersih sebelum mengoleskan obat.

Tergolong obat keras, obat ini hanya bisa didapatkan dengan resep dokter.

Beli Obta Cendo Xitrol Eye Oint 3,5g di Sini

3. Cendo Tobroson

gambar cendo tobroson

Obat tetes mata ini mengandung bahan aktif tobramycin dan dexamethasone. Keduanya berguna untuk membantu mengobati mata kemerahan, bengkak, dan gatal. 

Cendo Tobroson bekerja dengan cara membunuh bakteri yang dapat menyebabkan infeksi. Obat ini juga memiliki efek samping yang mungkin terjadi seperti rasa perih atau rasa tidak nyaman pada mata.

Tergolong obat keras, obat ini hanya bisa didapatkan dengan resep dokter.

Beli Cendo Tobroson Eye Drop 5ml di Sini
Beli Cendo Troboson Eye Drop Minidose 0,6ml di Sini

4. Cendo Augentonic 

gambar cendo augentonis

Kondisi terhambatnya produksi air mata bisa membuat mata menjadi kering sehingga lebih rentan terkena iritasi yang sering disertai bengkak.

Obat tetes cendo augenthonic mengatasi sakit mata yang disebabkan mata letih akibat terlalu lama menonton tv, peradangan, atau iritasi non infeksi. 

Obat ini tergolong bebas yang dapat dibeli tanpa resep dokter karena relatif aman digunakan.

Beli Cendo Augenthonic Eye Drop 5ml di Sini
Beli Cendo Augenthonic Eye Drop 15ml di Sini

5. Cendo Cenfresh

gambar cendo cenfresh

Mata lelah akibat terlalu lama menatap layar komputer atau gadget umumnya akan terasa kering dan nampak bengkak. Salah satu obat yang bisa mengtasi kondisi tersebut yakni Cendo Cenfresh.

Obat tetes mata Cendo ini tersedia dalam kemasan botol dan strip yang terdiri botol-botol cairan dalam ukuran mini.

Manfaatnya tidak hanya melembapkan mata yang kering,produk ini juga bisa melindungi mata dari debu dan kotoran yang berpotensi menyebabkan iritasi lanjutan. 

Beli Cendo Cenfresh 5ml di Sini
Beli Cendo Cenfresh Minidose di Sini

Penanganan Mata Bengkak 

Penyebab mata bengkak dapat terjadi karena berbagai faktor di antaranya alergi, kurang tidur, hingga peradangan di kelopak mata. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mata bengkak ringan:

1. Kompres mata dengan air hangat

Mengompres mata dengan kain yang dimasukkan ke air hangat dapat membantu mengurangi infeksi pada bagian kelopak mata yang bengkak. Hal tersebut dikarenakan mengompres dapat membantu mengurangi penyumbatan di kelopak mata dan melancarkan aliran darah. 

2. Kompres kelopak mata dengan air dingin

Selain menggunakan air hangat, kompres mata juga bisa dilakukan menggunakan air dingin. Kompres air dingin dapat membantu meredakan pembengkakan kelopak mata akibat gigitan serangga, alergi, atau menangis.

Lakukan kompres dengan air dingin selama 10 menit dan dilakukan sebanyak dua kali sehari. Untuk melakukan cara ini, cukup letakan es batu pada kain lembut, lalu kompres kelopak mata yang bengkak. 

Nah, itulah beberapa obat mata bengkak beserta penanganan yang bisa Anda coba. Bila penggunaan obat di atas tidak membuat kondisi mata membaik, sebaiknya segera temui dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat. 

Akan tetapi, jika Anda membutuhkan obat di apotik dan ingin menebus resep obat dokter, Anda bisa melakukan pembelian di Farmaku.com dengan klik link ini!

Health Cleveland Clinic. Puffy Eyes: What Causes Them and What To Do About It. Diakses pada Mei 2022. https://health.clevelandclinic.org/puffy-eyes-what-causes-them-and-what-to-do-about-it/

Healthline. Swollen Eyelid: Causes, Treatment, and More. Diakses pada Mei 2022. https://www.healthline.com/health/swollen-eyelid-treatment#when-to-see-a-doctor


Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan