Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

8 Obat Mata Bengkak yang Efektif Redakan Gejala

gambar obat mata bengkak

Obat untuk mata bengkak memiliki beragam jenis. Umumnya, obat ini dapat meredakan gejala serta mengatasi penyebab mata bengkak. Apa saja obat sakit mata bengkak di apotek yang bisa Anda gunakan? Simak pembahasannya di artikel ini!

Obat Mata Bengkak yang Ampuh Atasi Penyebabnya

Mata bengkak terjadi saat adanya penumpukan cairan di sekitar kelopak mata atau jaringan di sekitarnya. Ada berbagai penyebab dari mata bengkak, seperti kurang tidur, menangis, alergi, hingga infeksi. 

Obat yang diperlukan untuk mengatasi mata bengkak juga berbeda, tergantung pada keluhan yang dialami serta penyebabnya. 

Berikut ini beberapa obat untuk mata bengkak yang tersedia apotek:

1. Rohto Dry Fresh

Rohto Dry Fresh

Adanya infeksi mata dapat menyebabkan mata menjadi kering. Untuk meredakan gejala ini, Anda dapat menggunakan obat tetes mata dengan kandungan air mata buatan di dalamnya.

Rohto Dry Fresh merupakan obat tetes mata dengan kandungan hypromellose. Senyawa aktif hypromellose atau yang disebut juga sebagai air mata buatan mampu memberikan kelembapan pada mata. 

Beli Rohto Dry Fresh Eye Drop 7 ml di Sini

2. Insto Moist Eye

Insto Moist Eye

Obat tetes mata Insto Moist Eye dapat meredakan gejala mata kering yang timbul bersamaan dengan mata bengkak. Obat ini mengandung senyawa aktif hydroxypropyl methylcellulose.

Hydroxypropyl methylcellulose atau hypromellose merupakan air mata buatan yang bermanfaat untuk melumasi mata.Dengan demikian, rasa perih dan mengganjal pada mata dapat diredakan. 

Beli Insto Moist Eye Drop 7.5 ml di Sini

3. Cendo Cenfresh

Cendo Cenfresh

Cendo Cenfresh dapat menjadi diberikan pada mata bengkak dan merah yang disebabkan oleh infeksi virus, seperti konjungtivitis viral. Obat ini mengandung senyawa aktif carboxymethylcellulose sodium. 

Obat tetes mata Cendo Cenfresh bekerja dengan membentuk lapisan pelindung pada permukaan mata. Lapisan ini akan membuat membasahi mata agar tetap nyaman. Obat ini dapat diberikan untuk meredakan gejala gatal dan rasa terbakar pada mata. 

Cendo Cenfresh tersedia dalam dua varian kemasan, yaitu botol dan botol sekali pakai. Pada kemasan sekali pakai, obat ini tidak mengandung senyawa pengawet.

Beli Cendo Cenfresh Eye Drop 5 ml di Sini

Beli Cendo Cenfresh Strip 5 Minidose 0.6 ml di Sini

4. Cendo Fenicol

Cendo Fenicol

Mata bengkak dapat disebabkan oleh adanya infeksi bakteri pada mata, seperti konjungtivitis bakterial, keratitis, dan blefaritis. 

Kandungan chloramphenicol merupakan senyawa aktif yang termasuk dalam kelompok antibiotik. Senyawa aktif ini bekerja dengan cara menekan pertumbuhan bakteri, sehingga sistem imun tubuh bisa melawan bakteri infeksi dengan lebih mudah. 

Termasuk dalam golongan obat keras, penggunaan obat tetes mata ini harus sesuai dengan dosis dan aturan pakai yang sudah ditetapkan dokter.

Beli Cendo Fenicol 0.25% Eye Drop 5 ml di Sini

Beli Cendo Fenicol 0.5% Eye Drop 5 ml di Sini

5. Cendo Gentamicin

Cendo Gentamicin

Cendo gentamicin merupakan obat yang dapat mengatasi mata bengkak yang disebabkan oleh infeksi bakteri, seperti bintitan, konjungtivitis, keratitis. Dalam obat ini, terdapat kandungan antibiotik gentamicin sulfate. 

Gentamicin sulfate termasuk dalam golongan antibiotik aminoglikosida. Senyawa aktif ini bekerja dengan cara menekan pertumbuhan bakteri penyebab infeksi. 

Obat ini berbentuk salep steril yang dibuat khusus untuk mata. Cendo Gentamicin termasuk dalam golongan obat keras, sehingga penggunaan obat ini harus sesuai dengan resep dokter. Hindari menghentikan penggunaan obat tanpa persetujuan dokter, bahkan saat kondisi sudah membaik.

Beli Cendo Gentamicin Ointment 3.5 gr di Sini

6. Cendo Xitrol

Cendo Xitrol

Cendo Xitrol Eye Drop dapat membantu mengobati mata bengkak akibat radang atau infeksi pada mata. Obat tetes mata ini mengandung bahan neomycin sulfate, deksametazon, dan polymyxin B sulfate.

Neomycin sulfate termasuk dalam salah satu antibiotik golongan aminoglikosida. Senyawa aktif ini bekerja dengan menentukan pertumbuhan bakteri. Sementara itu, polymyxin B sulfate juga termasuk antibiotik yang dapat memperlambat atau menghentikan pertumbuhan bakteri. 

Di sisi lain, dexamethasone termasuk dalam obat kortikosteroid yang dapat membantu meredakan peradangan.

Tergolong obat keras, penggunaan obat ini perlu menggunakan resep dokter. Hindari menambahkan atau mengurangi dosis obat tanpa persetujuan dokter.

Beberapa efek samping yang mungkin terjadi dari obat ini yaitu gatal, kemerahan, nyeri, bengkak, dan terasa panas, atau hangat di mata.

Beli Cendo Xitrol Eye Drop 5 ml di Sini

Beli Cendo Xitrol Strip 5 Minidose 0.6 ml di Sini

7. Cendo Tobroson

Cendo Tobroson

Obat tetes mata ini mengandung bahan aktif tobramycin dan dexamethasone. Kandungan ini bekerja dengan cara membunuh bakteri yang dapat menyebabkan mata kemerahan, bengkak, dan gatal.

Cendo Tobroson termasuk golongan obat keras yang hanya bisa didapat dengan resep dokter. 

Selain itu, obat  ini juga memiliki efek samping yang mungkin terjadi seperti rasa perih atau rasa tidak nyaman pada mata.

Beli Cendo Tobroson Eye Drop 5 ml di Sini

8. Cendo Natacen

Cendo Natacen

Mata bengkak juga dapat disebabkan adanya inflamasi parah akibat adanya infeksi jamur, seperti endophthalmitis. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh Infeksi jamur Candida

Cendo Natacen dapat mengatasi infeksi jamur pada mata. Kandungan senyawa aktif natamycin dalam obat ini bekerja dengan cara menghentikan pertumbuhan jamur. Dengan demikian, sakit mata dapat disembuhkan. 

Obat ini termasuk dalam golongan obat keras. Penggunaan obat ini harus sesuai dengan dosis dan petunjuk pemakaian yang sudah ditetapkan dokter.    

Beli Cendo Natacen Strip 5 Minidose 0.6 ml di Sini

Nah, itulah pengobatan mata bengkak yang bisa dibeli di apotek. Beberapa obat termasuk dalam kategori obat keras, sehingga penggunaan obat ini harus sesuai resep dokter. 

Anda dapat melakukan konsultasi terkait masalah kesehatan mata dengan  dokter rekanan Farmaku di link ini: Chat Dokter, download aplikasi Farmaku sekarang!

Baca juga:

BetterHealth. Dry eye. https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/dry-eye. (Diakses pada 8 November 2023).
Booth, Stephanie. 2023. Swollen Eyelid. https://www.webmd.com/eye-health/eyelid-inflammation-blepharitis. (Diakses pada 8 November 2023).
Jewell, Tim. 2023. 8 Common Eye Infections and How to Treat Them. https://www.healthline.com/health/infected-eye. (Diakses pada 8 November 2023).

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan