Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Kenali 10 Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Anda

Buah naga merupakan salah satu buah tropis yang menyegarkan sehingga sering dijadikan bahan untuk membuat minuman, seperti es campur. Tak disangka, di balik warna dan rasanya yang menhyegarkan, buah ini menyimpan berbagai manfaat yang baik bagi kesehatan. Apa saja manfaatnya? Yuk, cari tahu dalam ulasan di bawah ini.

Sejumlah Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan Tubuh

Buah naga tumbuh dari tanaman kaktus yang disebut sebagai Hylocereus. Buah naga umumnya memiliki kulit berwarna merah dengan sisik hijau yang menyerupai naga. Inilah alasan mengapa dinamakan buah naga. 

Buah naga memiliki  beberapa jenis, yakni buah naga putih, buah naga merah, buah naga ungu, buah naga kuning, dan buah naga hitam. Buah naga mengandung berbagai nutrisi yang membuatnya memiliki banyak manfaat kesehatan.

Berikut ini ragam manfaat buah naga merah bagi kesehatan, di antaranya:

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Buah naga mengandung vitamin C tingkat tinggi yang mampu membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu tubuh tetap sehat. 

Lebih banyak asupan vitamin C berarti tubuh akan mampu melawan infeksi mematikan yang mungkin rentan Anda alami. Untuk mendapatkan manfaat buah ini, Anda perlu mengonsumsi 1 cangkir (200 gram) buah naga setiap hari.

Baca juga: Manfaat Buah Pepaya bagi Kesehatan Tubuh

2. Menjaga Berat Badan

Buah naga bisa dijadikan camilan yang ideal karena kandungan kalori dan karbohidratnya yang rendah. Satu buah naga hanya mengandung 57-60 kalori dan 8 gram gula, jauh lebih sedikit dibandingkan buah lain seperti apel. Dengan begitu, buah ini dapat membantu Anda dalam menjaga berat badan yang sehat.

Mengonsumsi makanan rendah kalori telah terbukti menjadi cara untuk penurunan berat badan yang efektif karena membantu menciptakan defisit energi seiring berjalannya waktu.

3. Mencegah Depresi

Buah naga merupakan sumber magnesium yang sangat baik dan dapat memberikan nutrisi penting bagi tubuh. Buah naga merah, khususnya, mengandung magnesium dalam jumlah tinggi.

Kandungan magnesium sangat penting dalam mengontrol suasana hati dan biasanya dikaitkan dengan risiko terjadinya depresi apabila kekurangan nutrisi ini. Dengan begitu, mencukupi asupan magnesium dapat membantu mencegah depresi.

4. Mencegah Kanker

Buah naga mengandung sifat anti-kanker yang dapat mengurangi risiko kanker usus besar. Sumber vitamin C yang tinggi berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang dapat membantu mencegah tertular penyakit kronis seperti diabetes, Alzheimer, Parkinson, kanker, dan penyakit lainnya.

5. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Buah naga dengan daging buah berwarna merah mengandung betalain (yang menciptakan warna merah di dalam buah) yang menurunkan kolesterol jahat (kolesterol LDL). 

Semantara itu biji kecil berwarna hitam tua di dalam buah naga kaya akan asam lemak omega-3 dan omega-9 yang baik untuk jantung dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Baca juga: Penyakit Jantung Koroner: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

6. Mencegah Katarak

Tidak hanya wortel, buah naga juga mengandung beta-karoten (pigmen yang memberi warna pada buah) yang mencegah masalah mata seperti katarak dan degenerasi makula. 

Mengonsumsi satu cangkir atau setara 220 gram buah naga setiap hari akan bermanfaat bagi kesehatan mata Anda.

7. Menurunkan Kolesterol

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, buah naga merah mengandung betalain berfungsi menurunkan kolesterol jahat atau kolesterol LDL. 

Bahaya kolesterol jahat yang menumpuk dalam arteri dapat menyebabkan penyempitan arteri dan meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke.

8. Mengontrol Gula Darah

Buah naga mengandung serat dalam jumlah tinggi yang mampu menjaga kadar gula darah dan menghindari lonjakan pada penderita diabetes. 

Manfaat konsumsi buah naga secara rutin diketahui dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah dan mencegah konsekuensi medis lebih lanjut pada penderita diabetes.

9. Mencegah Sembelit

Buah naga kaya akan sumber oligosakarida (karbohidrat) yang dapat membantu pertumbuhan bakteri baik seperti flora, sehingga membantu melancarkan pencernaan. 

Buah ini  juga mengandung serat tinggi yang juga dapat membantu masalah pencernaan, seperti sembelit atau susah buang air besar.

Baca juga: Obat Sembelit untuk Mengatasi Susah Buang Air Besar

10 Mencegah Anemia

Buah naga mengandung zat besi yang bagus dalam mencegah kekurangan darah atau biasa disebut anemia. 

Selain zat besi, buah naga mengandung potasium dan magnesium yang lebih tinggi, menjadikannya camilan yang ideal dan bergizi untuk meningkatkan asupan zat besi.

Manfaat utama zat besi adalah untuk membantu proses pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah. Kendati demikian, penting untuk mendapatkan asupan zat besi yang cukup guna membantu mencegah dan mengatasi anemia defisiensi zat besi.

Nah, itulah ragam manfaat buah naga yang bisa Anda dapatkan untuk kesehatan. Meski begitu, konsumsi buah ini secukupnya dan jangan berlebihan, karena jika terlalu banyak malah tidak baik untuk kesehatan.

Dr. Axe Diakses pada 13 Mei 2024. Dragon Fruit Benefits, Including for Anti-Aging and Heart Health. https://draxe.com/nutrition/dragon-fruit-benefits/

Healthline. Diakses pada 13 Mei 2024. 7 Great Reasons to Add Dragon Fruit to Your Diet. https://www.healthline.com/nutrition/dragon-fruit-benefits#TOC_TITLE_HDR_2

Instacare. Diakses pada 13 Mei 2024. 12 Amazing Dragon Fruit Benefits. https://instacare.pk/blog/dragon-fruit-benefits

Pharmeasy. Diakses pada 13 Mei 2024. 10 Health Benefits And Recipes Of Dragon Fruit (Pitaya). https://pharmeasy.in/blog/10-health-benefits-and-recipes-of-dragon-fruit-pitaya/

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan