Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 18:00 info@farmaku.com 0812 1600 1600

5 Jenis Masker Cegah Penyebaran Virus Corona

 05 Feb 2020 Kesehatan | Masker



masker pencegah virus corona


Berita mengenai penyebaran virus corona hingga kini masih mengkhawatirkan. Sebab, hingga saat ini belum ditemukan vaksin yang tepat untuk mengatasinya.

 

Kesehatan Nasional China mencatat total korban meninggal dunia hingga kini bertambah menjadi 425 orang dengan total mencapai 3.235 kasus di seluruh China, dan 20.400 kasus wabah virus corona yang menyebar di 26 negara.

 

Baca juga: Sering Salah, Ketahui Cara Menggunakan Masker yang Benar

 

Oleh sebab itu kita perlu menjaga kebersihan dan kesehatan diri agar terhindar dari virus mematikan ini. Selain harus rajin mencuci tangan dan menjaga kebersihan, salah satunya proteksi diri menggunakan masker. Hingga saat ini masker menjadi alat yang tepat untuk mencegah penularan virus. Namun perlu Anda ketahui ada beberapa jenis masker yang dapat digunakan untuk mencegah penyebaran virus Corona.

 

1. Masker Bedah

masker bedah

 

Jenis masker pertama yang dapat mencegah virus Corona adalah masker bedah. Masker bedah ini adalah masker yang paling umum dan bisa dengan mudah ditemukan di apotek atau toko-toko perbelanjaan. Biasanya masker ini digunakan oleh para petugas medis di rumah sakit ketika menangani pasien.

 

Masker bedah memiliki tiga lapisan, yaitu bagian luar yang berwarna berfungsisebagai anti air, lapisan tengah sebagai filter, dan lapisan dalam berwarna putih untuk menyerap cairan yang keluar dari mulut ataupun hidung. Cara menggunakan masker bedah yang benar adalah dengan memposisikan bagian yang berwarna biru atau hijau diluar dan sisi putih di dalam.

 

Selain memiliki bentuk yang sederhana, dan harganya yang terjangkau, masker bedah juga dapat digunakan dimana saja baik sedang bepergian dengan menggunakan transportasi umum atau saat sedang berada di ruang kerja.

 

2. Masker motor

masker motor cegah corona

 

Jenis masker selanjutnya yang dapat melindungi dari virus Corona adalah masker motor. Seperti namanya, masker ini memang ditujukan untuk para pengendara motor. Masker motor ini mampu menyaring debu-debu dan polusi di jalan raya. Selain itu masker ini juga dapat mencegah pemakainya terkena virus berbahaya seperti virus Corona. Berbeda dengan masker bedah, masker motor memiliki semacam karet pengikat yang bisa disesuaikan sehingga bisa lebih rapat menutupi hidung dan mulut penggunanya.

 

3. Masker N95

masker n95 mencegah virus corona

 

Jenis masker yang satu ini cukup populer sebagai respirator dan diprediksi bisa mencegah virus Corona dengan lebih optimal. Masker N95 mampu menyaring hingga 95% partikel besar (> 0,3 mikron) ataupun kecil yang mengandung virus di udara. Mampu menyaring PM 2,5 dan PM 0,3 dan dilapisi lapisan karbon aktif.  Masker ini umumnya digunakan oleh yang bekerja atau meneliti di sekitar zat berbahaya atau terbiasa terpapar partikular yang terhasil dari kerja seperti mengasah, mengisar, menyapu, menggergaji, atau bidang kerja yang terkait bahan galian, arang batu, bijih besi, logam, kayu, dan bahan-bahan tertentu lainnya. 

 

Baca juga: Waspada Penyebaran Virus Corona, Inilah Masker yang Tepat untuk Mencegahnya!

 

Perlu diketahui masker N95 akan membuat Anda sedikit tidak nyaman saat menggunakannya karena terlalu ketat sehingga membuat pemakainya sulit bernafas dengan baik. Saat menggunakan masker N95, hidung dan mulut akan tertutup rapat untuk mencegah adanya celah udara yang mengandung virus masuk. 

 

Berbeda dari masker bedah, masker N95 dapat dipakai beberapa kali. Meski begitu masker ini tidak boleh digunakan lebih dari lima kali.  

 

4. Masker P95

jenis masker untuk virus corona

 

Berbeda dari masker-masker bertipe N, masker P95 ini memiliki keunggulan tersendiri. Selain dapat menyaring debu, virus, dan partikel berbahaya. Masker respirator dengan kode P ini juga mampu menyaring partikel mengandung minyak yang dilepaskan seperti bensin, solar, minyak tanah, cat, dan minyak goreng. 

 

Umumnya masker ini digunakan di wilayah berminyak seperti pompa bensin, kilang minyak, pabrik farmasi, dapur, dan pabrik-pabrik yang memproses minyak. Keunggulan lain masker p95 adalah dapat digunakan hingga 40 jam selama 30 hari.

 

5. Masker N99 atau N100

masker n99

 

Masker N99 atau N100 adalah masker yang cocok digunakan untuk Anda yang menginginkan jenis masker yang lebih kuat dibandingkan N95 untuk pencegahan virus corona. Kedua masker ini sama-sama memiliki tiga lapisan filter. Lapisan pertama berfungsi untuk menjebak partikel-partikel kasar seperti debu dan pasir. Lapisan kedua untuk menyaring partikel-partikel yang masuk, dan lapisan terdalam yang terbuat dari karbon aktif bisa memerangi pengotor gas seperti senyawa organik yang mudah menguap dan bau busuk.

 

Perbedaan dari kedua masker ini adalah kemampuan untuk menyaring udaranya. Masker N99 mampu menyaring udara hingga 99% (> 0,3 mikron) sedangkan masker N100 mampu menyaring udara hingga 100% (>0,3 mikron).  Kedua masker ini mampu menyaring PM 10, PM 2,5, dan PM 0,3. Serta sama-sama dilapisi lapisan karbon aktif. 

 

 





Bagikan artikel ini :




Kesehatan   Masker