Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 18:00 info@farmaku.com 0812 1600 1600

Mengatasi Jerawat Meradang

 12 Sep 2019 jerawat | kesehatan



gambar jerawat meradang


Jerawat  adalah salah satu masalah kulit yang paling umum dialami oleh semua orang, terutama pada remaja dan orang dewasa. Kemunculan jerawat di kulit tidak hanya mengganggu, tetapi juga mengurangi rasa kepercayaan diri. Terlebih jika jerawat sudah semakin parah dan meradang.

 

Jerawat meradang dapat mengganggu penampilan dan menyakitkan. Jerawat meradang biasanya terjadi pada area dibawah sumbatan komedo.

 

 

Penyebab Jerawat Meradang

Meski penyebab jerawat meradang belum diketahui secara pasti, namun beberapa faktor diduga menjadi penyebab jerawat meradang, antara lain :

 

Genetik

Menurut dr. Liji Thomas MD,  sebagian besar remaja yang memiliki kulit berjerawat, disebabkan oleh hormon yang diturunkan oleh orang tua mereka. Semakin besar risiko mengalami jerawat meradang, jika orang tua mereka pernah mengalami kondisi tersebut.

 

Penggunaan Kosmetik Yang Tidak Benar

Terdapat beberapa kandungan kosmetik yang justru dapat menutup pori-pori kulit dan menghalangi keluarnya minyak alami yang diproduksi oleh kulit serta kulit mati yang dibawanya. Penumpukan kulit inilah yang membuat jerawat pada kulit semakin meradang.

 

Baca juga: Jerawat

 

Penggunaan make up dengan cara yang kasar juga dapat mengakibatkan luka. Ketika kulit terluka, maka bakteri dengan mudah masuk ke dalam kulit. Keberadaan bakteri pada kulit inilah yang menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif sehingga jerawat rentan meradang.

 

Terlebih jika tubuh sedang mengalami perubahan hormon seperti saat menstruasi, hamil, atau sedang menggunakan pil KB. Umumnya ketika tubuh mengalami perubahan hormon, produksi minyak menjadi meningkat dan mengerasnya sel kulit, yang memicu kulit berjerawat semakin meradang.

 

Beberapa faktor dibawah ini juga dapat menyebabkan jerawat meradang, seperti :

 

  • Tidak menjaga kebersihan rambut
  • Menggunakan cara yang salah saat mencuci wajah
  • Menggunakan produk scrubing saat wajah sedang berjerawat aktif
  • Sering memakai hair spray
  • Sering mengorek atau memencet jerawat
  • Stres
  • Mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat memicu perkembangan jerawat ( susu, makanan manis, gorengan)
  • Bakteri Propionibacterium acnes (P. acnes) yang semakin berkembang biak.

 

 

Ciri - Ciri Jerawat Meradang

Jerawat yang meradang umumnya ditandai dengan :

  1. Jerawat yang bengkak
  2. Kemerahan
  3. Nyeri dan sakit saat disentuh
  4. Pori-pori tersumbat

 

Umumnya jerawat meradang terjadi pada wajah, namun sering juga terjadi pada beberapa bagian tubuh lainnya seperti:

 

  • dada
  • leher
  • bahu
  • lengan bagian atas

 


Apakah Jerawat Meradang Bisa Sembuh?

Mengatasi permasalahan jerawat memang tidak mudah, menyita waktu dan menguji kesabaran. Pada sebagian orang, jerawat yang timbul dapat sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari. Jerawat meradang termasuk jenis jerawat yang dapat disembuhkan. Namun, memerlukan waktu yang cukup lama, terlebih jika peradangan terbilang parah. Jerawat meradang dapat diatasi dengan menggunakan bahan-bahan alami dan pengobatan medis. 

 


Pengobatan Jerawat Meradang

Jerawat meradang sebenarnya dapat dihindari dengan menjaga kebersihan, tidak sembarangan menyentuh jerawat, dan mengurangi konsumsi makanan yang dapat memperburuk kondisi jerawat.

 

Baca juga:Pengobatan Jerawat pada Ibu Hamil

 

Namun jika jerawat sudah terlanjur meradang, pengobatan jerawat meradang dapat dilakukan dengan pemberian obat retinoid dan obat antibiotik.

 

Obat Retinoid

Obat Retinoid adalah obat yang digunakan untuk mengurangi peradangan pada kulit. Umumnya obat ini digunakan untuk mengatasi masalah jerawat yang sudah terlanjur meradang. Bekerja dengan membuang sel-sel kulit mati dan menggantinya dengan sel kulit baru. Obat retinoid tersedia dalam bentuk topikal (krim, gel, atau salep) yang dapat disesuaikan dengan resep dokter.

 

Obat Antibiotik

Obat antibiotik berperan dalam membunuh bakteri di dalam tubuh. Karena sebagian besar jerawat disebabkan oleh infeksi bakteri, maka obat antibiotik dianggap ampuh untuk mengatasi masalah jerawat di kulit terutama yang sudah terlanjur meradang. Obat antibiotik yang digunakan untuk mengatasi jerawat biasanya dalam bentuk tablet atau oles, disesuaikan dengan resep dan anjuran dokter.

 

 

Pengobatan Alternatif Jerawat Meradang

Selain menggunakan obat -obatan, jerawat meradang dapat diatasi dengan menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung beberapa bahan alami seperti:

 

  • Asam salisilat (Salycid Acid)
  • Teatree oil
  • Sulfur
  • Zinc (suplemen)
  • Vitamin A

 

Kesimpulan
Jerawat adalah masalah kulit yang dapat sembuh dengan sendirinya, namun tergantung dengan tingkat keparahannya. Selain mengganggu timbulnya jerawat juga mengurangi rasa percaya diri penderitanya terlebih jika jerawat sudah terlanjur meradang.

 

Jerawat meradang ditandai dengan bentuk jerawat yang bengkak, kemerahan, dan nyeri saat disentuh. Kondisi ini disebabkan oleh banyak hal seperti genetik atau kebersihan yang kurang dijaga. Pengobatan dengan pemberian obat retinoid dan antibiotik dapat dilakukan untuk mengurangi gejala jerawat meradang.

 

Sumber

  1. news-medical.net. Genetic Of Acne. November 2018 
  2. ncbi.nlm.nih.go. The Role of Inflammation in the Pathology of Acne. September 2016 




Bagikan artikel ini :




jerawat   kesehatan