Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

5 Cara Mencegah dan Menghilangkan Plak Gigi Secara Efektif

Memiliki gigi putih, bersih, dan sehat tentu menjadi dambaan setiap orang, karena gigi yang putih dan bersih bisa membuat senyum menjadi terlihat lebih indah. Dari situlah, kepercayaan diri seseorang dapat meningkat.

Namun, kebiasan-kebiasaan buruk yang sering dilakukan seperti jarang atau malas menggosok gigi dapat menjadi pemicu timbulnya masalah pada gigi. Salah satunya adalah menimbulkan plak gigi.

Jika plak gigi dibiarkan menumpuk terlalu banyak, hal ini tentu akan menimbulkan masalah pada gigi dan mulut Anda. Plak gigi bisa berubah menjadi zat keras berwarna kuning-coklat yang disebut karang gigi. Pada artikel ini akan dibahas cara mencegah pembentukan plak, cara menghilangkan plak gigi dan karang gigi, hingga penumpukan karang gigi yang bisa Anda lakukan di rumah.

Apa itu plak gigi?

plak gigi

Plak gigi adalah zat lengket yang melekat pada gigi akibat menempelnya berbagai bakteri di gigi karena benda asing yang tertinggal. Saat orang makan, bakteri di mulut memecah karbohidrat dari makanan menjadi asam, yang bercampur dengan sisa partikel makanan dan air liur untuk membuat plak. Plak gigi ini akan semakin terlihat jelas ketika seseorang tidak membersihkan atau menggosok giginya.

Seiring berjalannya waktu, penumpukan plak gigi dapat terjadi jika terus dibiarkan keberadaannya. Kemudian plak gigi itu dapat berkembang menjadi karang gigi. Karang gigi inilah yang akhirnya menyebabkan gigi menjadi berwarna cokelat atau kuning. Plak gigi biasanya dapat ditemukan pada permukaan gigi dan batas gusi pada gigi.

Menyikat dan membersihkan gigi dengan benang sering kali dapat mencegah pembentukan plak dan karang gigi. Namun, karang gigi bisa lebih sulit dihilangkan dan terkadang memerlukan bantuan dokter gigi.

Penyebab plak gigi

Penyebab plak gigi berasal dari benda asing yang menempel atau tertinggal di permukaan gigi seperti sisa makanan. Sisa makanan itulah yang kemudian mendorong berkembangnya bakteri di gigi, sehingga membentuk komunitas mikroba. Komunitas mikroba secara biologi adalah bakteri yang berstruktur dan stabil.

Setelah pembentukan plak gigi oleh bakteri selesai, bakteri ini kemudian memproduksi sejumlah asam tertentu. Asam-asam tersebut memiliki sifat abrasif, yang secara perlahan dapat meluruhkan enamel gigi (lapisan luar gigi). Lebih parah lagi, plak gigi juga dapat menyebabkan terjadinya pembusukan tulang di bawah gigi.


Cara membersihkan plak gigi dan mencegah pembentukan plak gigi

Pembentukan plak gigi umumnya dapat dicegah dengan melakukan perawatan dan menjaga kebersihan gigi. Berikut ini lima cara yang dapat dilakukan untuk mencegah pembentukan plak gigi dan membersihkan plak gigi secara efektif.

1. Memperhatikan kebersihan mulut yang baik

pembersih plak gigi

Mempraktikkan kebersihan mulut yang baik adalah cara terbaik untuk menghilangkan plak dan karang gigi. American Dental Association (ADA) merekomendasikan menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi berfluoride Selain itu, mereka juga merekomendasikan flossing sekali sehari.

Flossing terlebih dahulu akan membantu menghilangkan potongan makanan dan plak dari sela-sela gigi dan area yang sulit dijangkau. Setelah flossing, sikat gigi akan menghilangkan plak di permukaan gigi.

Untuk menyikat gigi secara efektif, seseorang dapat melakukan cara berikut:

  • Mulailah di bagian belakang mulut dengan geraham atas.
  • Gunakan sapuan kuas melingkar yang pendek.
  • Sikat permukaan depan dan belakang di semua gigi atas.
  • Ulangi langkah 1–3 pada gigi bagian bawah.
  • Orang dapat mencapai hasil yang luar biasa dengan menggunakan sikat gigi manual. Namun, tinjauan sistematis tahun 2014 menemukan bahwa sikat gigi elektrik, terutama yang memiliki kepala berosilasi, lebih efektif dengan cara menghilangkan plak pada gigi dan mengurangi radang gusi.

2. Menyikat dengan soda kue

tips menghilangkan plak gigi

Menyikat dengan soda kue (baking soda) adalah cara yang aman dan efektif untuk menghilangkan plak karena merupakan pembersih alami dan abrasif, yang artinya bagus untuk menggosok. Soda kue juga dapat menghilangkan plak tanpa merusak enamel. Studi menunjukkan bahwa pasta gigi yang mengandung soda kue mungkin lebih efektif dalam mengurangi jumlah plak di mulut daripada pasta gigi tradisional.

Selain itu, sebuah penelitian lain juga menemukan bahwa orang yang menyikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung soda kue dapat menghilangkan lebih banyak plak dan memiliki lebih sedikit plak yang tumbuh kembali selama 24 jam dibandingkan orang yang menyikat gigi dengan pasta gigi yang tidak mengandung soda kue.

Soda kue mampu melindungi dari demineralisasi, yaitu proses kimiawi yang menghilangkan kalsium dari email gigi. Karbohidrat dari makanan secara drastis dapat menurunkan tingkat pH di mulut, menciptakan lingkungan asam yang menyebabkan demineralisasi.

Ilmuwan mengukur keasaman suatu zat menggunakan skala pH. Semakin rendah pH, ??semakin asam zatnya. Batas bawah pH email berkisar antara 5,1 dan 5,5. Ketika pH turun di bawah kisaran ini, demineralisasi mulai terjadi.

Soda kue mengurangi demineralisasi karena memiliki pH tinggi, yang dapat membantu menyeimbangkan tingkat pH di dalam mulut dan mencegah hilangnya enamel.

Mulut adalah rumah bagi beragam ekosistem bakteri, beberapa di antaranya bermanfaat sementara yang lain bisa berbahaya. Streptococcus mutans misalnya, adalah bakteri yang paling bertanggung jawab atas kerusakan gigi. Soda kue juga memiliki sifat antimikroba yang dapat mencegah kerusakan gigi. Penelitian menunjukkan bahwa soda kue dapat secara signifikan mengurangi jumlah S. mutans.

Dengan kemajuan zaman , akan lebih baik untuk menggantikan baking soda konvensional dengan pasta gigi yang memiliki bahan aktif baking soda karena dapat membantu mencegah kerusakan gigi dan salah satu cata cara menghilangkan plak gigi yang keras. Saat ini, Darlie telah menghadirkan pasta gigi yang mengandung baking soda, yaitu Darlie All Shiny White Foamy Baking Soda. Pasta gigi ini dapat memutihkan gigi secara menyeluruh. Selain itu, partikel baking soda yang lembut pada pasta gigi ini juga dapat membuat gigi lebih putih bersinar.

pasta gigi untuk hilangkan plak gigi

3. Gunakan obat kumur

obat kumur untuk hilangkan plak gigi

Setelah membersihkan gigi dengan benang dan menyikat gigi, bilas mulut dengan obat kumur. Obat kumur adalah cairan antiseptik yang biasa digunakan untuk membersihkan sela-sela gigi, mulut bagian belakang atau kerongkongan, hingga permukaan lidah dan gusi. Perlu dipahami, meski obat kumur dapat membantu membersihkan sela-sela gigi atau mengurangi plak gigi. Bukan berarti obat kumur bisa menggantikan kebiasaan menyikat gigi.

Banyak obat kumur yang dijual bebas mengandung fluorida untuk perlindungan ekstra terhadap plak. Namun, orang yang menderita radang gusi mungkin memerlukan jenis obat kumur yang lebih kuat. Untuk itu, Anda bisa konsultasi dengan dokter gigi atau penyedia layanan kesehatan lain untuk mendapatkan resep obat kumur antiseptik yang lebih manjur daripada yang tersedia di toko.

4. Gunakan oil pulling

minyak kelapa untuk hilangkan plak gigi

Oil pulling adalah cara mudah untuk menghilangkan bakteri dari mulut dan meningkatkan kesehatan mulut. Minyak kelapa sangat ideal untuk menarik minyak karena sifat anti-inflamasi dan antioksidannya. Minyak kelapa juga mengandung asam laurat, asam lemak dengan sifat antimikroba.

Sebuah studi tahun 2015 yang melibatkan 60 remaja penderita gingivitis menemukan bahwa oil pulling dengan minyak kelapa mengakibatkan penurunan plak gigi sebesar 50 persen.

Para peserta penelitian juga mengalami penurunan gejala radang gusi yang signifikan. Para peneliti yakin hal ini disebabkan berkurangnya plak gigi.

Untuk oil pull, seseorang harus:

  • Tempatkan 1 sendok makan minyak kelapa hangat di mulut.
  • Kumur-kumur minyak kelapa di sekitar mulut selama 5–10 menit.
  • Buang minyak kelapa ke tempat sampah atau tisu dapur.
  • Seseorang harus menghindari meludahkan minyak kelapa ke wastafel, karena dapat menyumbat pipa.

Selain menggunakan oil pulling, Anda bisa menggosok gigi dengan pasta gigi yang mengandung minyak kelapa seperti Darlie All Shiny White Foamy Baking Soda. Selain mengandung baking soda, pasta gigi ini juga mengandung bahan natural cold-pressed coconut oil yang bagus untuk menghilangkan bakteri di mulut penyebab timbulnya plak gigi.


5. Atur pola makan

penyebab plak gigi dan karang gigi

Secara sederhana, bakteri lebih tertarik pada makanan yang bersifat manis dan mengandung tepung, misalnya keripik, roti, permen, dan minuman ringan. Perubahan pola makan juga dapat membantu mencegah penumpukan plak dan karang gigi. Mengurangi gula, pati, dan makanan asam dapat mengurangi risiko kerusakan gigi.

Dengan mengatur pola makan dan mengurangi makan-makanan yang mengandung gula serta tepung, itu artinya Anda membantu mengurangi pembentukan plak gigi dan membuat kesehatan gigi menjadi lebih baik.

Selain melakukan cara-cara di atas untuk mencegah pembentukan plak gig, Anda juga perlu memeriksakan gigi secara rutin ke dokter gigi setidaknya sebulan sekali. Hal tersebut dilakukan agar kesehatan gigi tetap terjaga. (SR)

Promo Darlie

Medical News Today. Diakses pada Agustus 2020. Removing plaque and tartar from teeth. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324341#good-oral-hygiene
Healthline. Diakses pada Agustus 2020. How to Remove Plaque. https://www.healthline.com/health/how-to-remove-plaque#bottom-line

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan