Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

5 Obat Iritasi Kulit Selangkangan, Ampuh dan Aman Digunakan

obat iritasi kulit selangkangan farmaku

Iritasi kulit selangkangan sangat mengganggu dengan gejala gatal, ruam, atau bahkan lecek. Cek beberapa rekomendasi obat iritasi kulit selangkangan di apotek tanpa resep berikut ini!

Obat Iritasi Kulit Selangkangan Bentuk Salep

Iritasi pada selangkangan bisa terjadi karena berbagai penyebab mulai dari infeksi bakteri, infeksi virus, atau gejala awal infeksi menular seksual (IMS).

Namun, iritasi selangkangan paling umum terjadi akibat infeksi jamur (tinea cruris) yang menyebabkan gatal, ruam, kemerahan, tidak jarang ditemui membentuk lepuhan aktif di tepi.

Kondisi ini mungkin terjadi akibat gesekan, peningkatan kelembapan pada area lipatan kulit, kurangnya kebersihan pada pakaian dalam, dan penumpukan jamur akibat kondisi lainnya.

FarmaFriends, jangan dianggap sepele ya. Kondisi ini juga bisa menular pada orang lain melalui pakaian dan handuk yang digunakan bersamaan atau kontak fisik secara langsung.

Rekomendasi obat salep berikut ini bisa Anda andalkan untuk mengobati iritasi yang disertai ruam dan gatal pada kulit selangkangan, diantaranya:

1. Zoralin

obat iritasi kulit selangkangan

Obat salep pertama yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi rasa gatal akibat iritasi di selangkangan adalah Zoralin.

Zoralin mengandung zat aktif Ketoconazole 2% yang dapat mengobati infeksi yang disebabkan oleh jamur. Selain untuk mengobati rasa gatal pada kulit selangkangan, obat ini umumnya digunakan juga sebagai obat kurap, panu, kutu air, dan infeksi jamur lainnya.

Gunakan obat ini sesuai dosis yang dianjurkan, yaitu 1-2 kali sehari dioleskan pada bagian kulit yang mengalami gatal dan terinfeksi.

Beli Zoralin di Sini.

2. Miconazole Nitrate Krim

obat iritasi kulit selangkangan

Produk ini mampu mengobati infeksi jamur pada kulit termasuk infeksi pada kulit selangkangan. Obat ini bekerja dengan cara menghambat perkembangan jamur sehingga infeksi tidak berlanjut dan hilang.

Cara pakainya pun mudah, oleskan secara merata 2 kali sehari pada kulit yang terinfeksi. Gunakan selama 2-4 minggu.

Beli Miconazole Nitrate Krim di Sini.

3. Mycoral

mycoral obat gatal selangkangan

Obat iritasi kulit selangkangan selanjutnya adalah Mycoral yang mengandung ketoconazole 2% sebagai bahan aktif untuk mengatasi infeksi jamur pada area selangkangan dan area lipatan kulit yang rentan lembap lainnya.

Umumnya, obat ini juga digunakan untuk mengatasi infeksi jamur lainnya seperti dermatitis seboroik, infeksi dermatofit pada kulit dan kuku, serta infeksi jamur Candidiasis penyebab sariawan.

Cukup oleskan pada kulit yang terinfeksi 1-2 kali sehari. Hindari memakai obat ini secara berlebihan. Efek samping seperti rasa terbakar dan reaksi alergi mungkin saja terjadi.

Beli Mycoral di Sini.

4. Daktarin

obat iritasi kulit selangkangan

Daktarin merupakan krim antijamur dengan kandungan bahan aktif Miconazole Nitrate 2% yang ampuh untuk mengobati berbagai penyakit kulit, bercak putih, atau kemerahan pada kulit yang diakibatkan oleh infeksi jamur dan bakteri gram positif.

Selain bentuk krim, daktarin juga tersedia dalam bentuk powder. Obat ini bisa Anda gunakan pada bagian kulit yang terinfeksi sesuai aturan pakai yang tertera pada kemasan.

Beli Daktarin di Sini.

5. Ketoconazole Krim

obat iritasi selangkangan

Selain dapat mengatasi kutu, kurap, dan panu, bahan aktif ketoconazole dalam sediaan krim juga dapat mengatasi masalah kulit lainnya seperti kandidiasis (infeksi jamur) pada area vagina.

Ketoconazole bekerja dengan cara menghentikan dan mencegah pertumbuhan jamur pada bagian yang terinfeksi.

Baca juga: 7 Rekomendasi Obat Kurap Ampuh di Apotek

Obat ini bisa Anda beli di apotik tanpa memerlukan resep dokter. Tetapi, untuk pemakaiannya tetap harus menyesuaikan dosis dan aturan pakai yang tertera pada kemasan.

Jika Anda memiliki alergi terhadap ketoconazole, sebaiknya hindari atau konsultasikan pada dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan obat ini.

Beli Ketoconazole Krim di Sini.

6. Kalpanax Salep

kalpanax salep obat iritasi selangkangan

Kalpanax merupakan salah satu merek obat kulit yang ampuh dan mudah di temukan di pasaran. Salah satunya adalah Kalpanax Salep, obat untuk mengatasi gatal pada kulit selangkangan yang sering kali berujung pada iritasi.

Obat ini hadir dengan kemasan jar berbentuk salep. Perlu diingat, Kalpanax salep tidak diperuntukan untuk luka terbuka.

Hindari menggunakan obat ini secara berlebihan. Cukup oleskan 2 kali sehari pada area yang membutuhkan selama 2-6 minggu. Kemudian, setelah gejala hilang lanjutkan pengobatan selama 10 hari untuk mencegah rasa gatal kambuh lagi.

Beli Kalpanax Salep di Sini.

Itu dia FarmaFriends daftar obat iritasi kulit selangkangan yang ampuh dan tersedia di apotek. Selain melakukan pengobatan, Anda juga tetap perlu menjaga kebersihan ya. Pastikan juga pakaian yang Anda gunakan tidak terlalu ketat dan terbebas dari kuman, virus, dan bakteri.

Anda juga bisa dapatkan produk kesehatan seperti obat-obatan dan vitamin lainnya dengan mudah dan praktis hanya di Farmaku!

American Academy of Dermatology Association. 8 REASONS YOUR GROIN ITCHES AND HOW TO GET RELIEF. https://www.aad.org/public/everyday-care/itchy-skin/itch-relief/relieve-groin-itch. (Diakses 30 November 2021).
University of Michigan Health.Caregiving: Preventing Rashes in the Groin Area. (Diakses pada 30 November 2021)
Medicinet. Jock Itch. https://www.medicinenet.com/jock_itch/article.htm. (Diakses pada 30 November 2021).

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan