Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

15 Obat Iritasi Kulit Selangkangan, Ampuh dan Aman Digunakan

gambar obat iritasi kulit selangkangan

Gatal, ruam, lecet pada area selangkangan merupakan tanda-tanda dari adanya iritasi. Kondisi ini dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, infeksi virus, atau bisa menjadi gejala awal dari infeksi menular seksual (IMS). Untuk mengatasinya, penggunaan obat iritasi kulit selangkangan perlu dilakukan.

Obat Iritasi Kulit Selangkangan Bentuk Salep

Iritasi pada kulit selangkangan sering kali mengganggu. Jika tidak segera diatasi, kondisi ini bahkan bisa menular pada orang lain melalui pakaian atau kontak fisik secara langsung.

Berikut ini bisa Anda andalkan untuk mengobati iritasi yang disertai ruam dan gatal pada kulit selangkangan, di antaranya:

1. Zoralin

Zoralin Krim

Zoralin adalah obat untuk mengatasi iritasi di selangkangan yang disebabkan oleh infeksi jamur. Kandungan ketoconazole 2% di dalamnya mendatangkan khasiat ini.

Selain menangani masalah gatal pada kulit selangkangan, obat ini umumnya digunakan pada sejumlah keluhan akibat infeksi jamur, seperti kurap, panu, dan kutu air.

Gunakan obat ini sesuai dosis yang dianjurkan, yaitu 1-2 kali sehari. Oleskan krim pada bagian kulit yang mengalami gatal atau terinfeksi.

Perhatikan dengan baik aturan penggunaan obat yang tertera pada kemasan atau patuhi rekomendasi dokter atau apoteker. Jika mengalami reaksi ketidakcocokan obat, seperti gatal, iritasi, atau rasa terbakar di kulit, segera periksakan ke dokter.

Beli Zoralin Cream 10 gr di Sini

2. Miconazole Nitrate Krim

Miconazole Nitrate Krim

Obat lain untuk mengatasi iritasi dan gatal pada selangkangan adalah Miconazole Cream 2%. Obat ini bekerja dengan cara menghambat perkembangan jamur sehingga infeksi tidak berlanjut.

Cara penggunaan Miconazole cukup mudah, Anda tinggal mengoleskan obat secara merata sebanyak 2 kali sehari pada kulit yang terinfeksi. Gunakan selama 2-4 minggu.

Selain masalah iritasi di selangkangan, miconazole nitrate juga dapat digunakan untuk mengobati infeksi kulit lainnya, seperti kadas, kurap, panu, dan kutu air.

Meskipun dapat digunakan tanpa resep dari dokter, selalu perhatikan aturan pemakaian krim dengan baik untuk mencegah efek samping yang dapat terjadi.

Beli Miconazole 2% Cream 10 gr di Sini

3. Mycoral

Mycoral

Obat iritasi kulit selangkangan selanjutnya yakni Mycoral. Obat berbentuk salep ini mengandung Ketoconazole yang berfungsi sebagai obat antijamur pada infeksi tertentu.

Mycoral juga dapat digunakan untuk mengatasi dermatitis seboroik, infeksi dermatofit pada kulit dan kuku, dan infeksi jamur Candidiasis penyebab sariawan.

Sama dengan obat oles lainnya, penggunaan Mycoral dilakukan dengan cara mengoleskan krim ke bagian kulit yang teriritasi secara merata. Jika mengalami efek samping tertentu, segera hentikan penggunaan dan temui dokter.

Beli Mycoral Cream 5 gr di Sini

4. Daktarin

Daktarin

Daktarin merupakan krim antijamur dengan kandungan bahan aktif miconazole nitrate. Obat ini digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit kulit, bercak putih, atau kemerahan pada kulit yang diakibatkan oleh infeksi jamur dan bakteri gram positif.

Obat ini bisa Anda oleskan langsung bagian kulit yang terinfeksi, termasuk di daerah selangkangan. Setelah itu, biarkan hingga obat meresap.

Gunakan Daktarin sesuai aturan pakai yang tertera pada kemasan atau rekomendasi dari dokter. Biasanya obat dioleskan sebanyak dua kali sehari pada bagian kulit yang terinfeksi.

Beli Daktarin Cream 5 gr di Sini
Beli Daktarin Cream 10 gr di Sini

5. Ketoconazole Krim

Ketoconazole krim

Selain dapat mengatasi kutu, kurap, dan panu, Ketoconazole dapat mengatasi masalah kulit lainnya, seperti kandidiasis (infeksi jamur) pada area vagina.

Anda juga dapat menggunakan Ketoconazole Cream ini pada bagian selangkangan yang terinfeksi jamur.

Obat ini bekerja dengan cara menghambat dan mencegah jamur untuk tumbuh. Dengan begitu, keluhan pada kulit yang terinfeksi berangsur-angsur akan membaik.

Ketoconazole Cream bisa Anda beli di apotek tanpa memerlukan resep dokter. Meski begitu, penggunaannya harus menyesuaikan dosis dan aturan pakai yang tertera pada kemasan.

Beli Ketoconazole 2% Cream 10 gr di Sini

6. Kalpanax Salep

Kalpanax Salep

Kalpanax merupakan salah satu merek obat kulit yang ampuh dan mudah di temukan di pasaran. Obat ini hadir dengan kemasan jar berbentuk salep. 

Kalpanax digunakan untuk mengatasi sejumlah masalah kulit, seperti panu, kadas, kurap, dan kutu air. Anda juga bisa menggunakan salep ini untuk mengobati kulit selangkangan yang iritasi akibat infeksi.

Oleskan sebanyak dua kali sehari, selama 2-6 minggu pada kulit yang ingin diobati. Hindari menggunakan obat secara berlebihan.

Perlu diingat, Kalpanax Salep tidak boleh digunakan pada luka terbuka. Jadi, jika bagian kulit selangkangan yang terinfeksi memiliki luka terbuka, Anda sebaiknya menghindari penggunaan salep ini.

Beli Kalpanax Salep 6 gr di Sini

7. Caladine Lotion

Caladine Lotion

Caladine Lotion adalah losion yang memiliki kandungan calamine, zinc oxide, dan diphenhydramine. Kandungan ini berkhasiat untuk mengobati gatal-gatal pada kulit yang disebabkan oleh sejumlah kondisi, seperti biang keringat, gigitan serangga, udara panas, hingga alergi.

Jadi, jika Anda mengalami masalah gatal-gatal di bagian selangkangan akibat kondisi-kondisi di atas, Caladine Lotion dapat menjadi salah satu solusi yang cocok.

Produk ini akan bertindak sebagai antialergi, antiseptik, dan penyejuk kulit. Untuk mendapatkan manfaat ini, cukup oleskan losion pada bagian kulit yang gatal sebanyak 2-4 kali dalam sehari setelah mandi pagi atau mandi sore.

Beli Caladine Lotion 60 ml di Sini

Beli Caladine Lotion 95 ml di Sini

8. Noroid Soothing Lotion

Noroid Derma Rash Soothing Lotion

Saat kulit bagian selangkangan mengalami kekeringan, lebih sensitif, atau bahkan muncul ruam (dermatitis atopik), Noroid Soothing Cream dapat menjadi ‘obat’ yang layak dipertimbangkan.

Cream ini bertindak sebagai obat topikal yang akan memberikan kelembapan pada kulit wajah dan tubuh. Losion juga bisa digunakan untuk menangani masalah kulit bagian selangkangan iritasi.

Oleskan Noroid pada bagian kulit yang ingin diobati selama beberapa kali dalam sehari. Anda juga bisa mengikuti instruksi dokter dalam penggunaannya.

Saat mengoleskan obat, jangan sampai terkena mata, telinga, hidung atau mulut. Hentikan penggunaan jika mengalami reaksi alergi atau iritasi pada kulit semakin memburuk.

Beli Noroid Soothing Lotion 60 ml di Sini

Beli Noroid Soothing Lotion 80 ml di Sini

Beli Noroid Soothing Lotion 200 ml di Sini

9. Canesten

Canesten Cream

Kulit bagian selangkangan yang gatal dapat disebabkan oleh infeksi jamur. Salah satu obat yang dapat digunakan untuk mengatasi kondisi ini adalah Canesten Cream.

Clotrimazole sebesar 1% yang terkandung di dalamnya bermanfaat untuk mengatasi infeksi jamur pada kulit, seperti kutu air, kadas, kurap hingga ruam popok.

Obat ini bekerja dengan cara menurunkan biosintesis ergosterol sehingga mengakibatkan penghambatan fungsi sel membran. Hal ini dapat menghentikan pertumbuhan jamur di kulit.

Gunakan Canesten minimal dua minggu, sekalipun Anda sudah mengalami perbaikan kondisi sebelum jangka waktu ini. Durasi waktu pengobatan ini penting untuk memastikan bahwa masalah infeksi jamur sudah tuntas.

Beli Canensten Cream 5 gr di Sini

Beli Canensten Cream 10 gr di Sini

10. Ketomed

Ketomed Gel 15 gram

Ketomed Gel merupakan salah satu pilihan untuk mengobati masalah selangkangan yang terinfeksi akibat infeksi jamur.

Kandungan ketoconazole di dalamnya berkhasiat untuk menghentikan tumbuh kembang jamur pada selangkangan. Dengan begitu, keluhan yang ditimbulkan karenanya dapat mereda.

Meskipun Anda dapat menggunakan gel ini tanpa resep dari dokter, selalu perhatikan dosis dan aturan pemakaian produk dengan baik.

Waspadai juga beberapa efek samping yang dapat terjadi dari penggunaan produk, seperti gatal-gatal, rasa terbakar, dan kulit kering.

Beli Ketomed Gel 15 gr di Sini

11. Salep 88

Salep 88

Pilihan obat iritasi pada kulit selangkangan lainnya yang bisa digunakan adalah Salep 88. Salep ini dapat membantu menyembuhkan penyakit kulit akibat infeksi bakteri dan jamur.

Kandungan acidum benzoicum dan acidum salicylicum (asam salisilat) di dalamnya bekerja dengan cara meningkatkan kelembapan kulit dan mempermudah proses pengelupasan kulit.

Selain itu, sulfur praecipitatum yang ada di dalam produk dapat menghilangkan sisik-sisik kulit yang kasar. Sementara itu, champora, salah satu tanaman herbal yang ada di dalam salep bekerja dengan merawat kulit yang sakit.

Walaupun penggunaan jarang menimbulkan efek samping, tetap waspadai risiko iritasi kulit yang dapat terjadi. Segera periksakan ke dokter jika mengalami reaksi ketidakcocokan terhadap salep.

Beli Salep 88 6 gr di Sini

12. Delapan Delapan Cream

Delapan Delapan Cream 5 gram

Krim yang mengandung miconazole nitrat ini dapat digunakan untuk mengobati iritasi kulit pada bagian selangkangan akibat infeksi jamur.

Selain itu, Delapan Delapan Cream dapat membantu menangani sejumlah masalah di kulit yang disebabkan infeksi jamur, seperti kutu air, kurap, dan panu.

Krim ini bekerja dengan cara menghancurkan membran sel jamur sehingga pertumbuhannya dapat dihentikan.

Beli Delapan Delapan Cream 5 gr di Sini

13. Hydrocortison

Hydrocortisone Cream

Hydrocortison adalah salah satu obat untuk menangani sejumlah masalah pada kulit, seperti gatal-gatal, kemerahan, inflamasi, dan eksim.

Obat topikal berbentuk krim ini juga dapat direkomendasikan oleh dokter atau apoteker untuk mengobati iritasi pada kulit bagian selangkangan.

Cara menggunakan Hydrocortison adalah dengan mengoleskan tipis-tipis pada bagian kulit yang ingin diobati. Biasanya obat dioleskan sebanyak 2-3 kali dalam sehari.

Obat ini hanya dapat digunakan atas rekomendasi dokter atau apoteker. Jika mengalami efek samping penggunaan obat, segera periksakan kondisi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Beli Hydrocortison 1% Cream 5 gr di Sini

Beli Hydrocortison 2.5% Cream 5 gr di Sini

14. Dermacoid Cream

Dermacoid Cream 10 gram

Dermacoid Cream dapat direkomendasi oleh dokter untuk mengobati sejumlah masalah pada kulit, seperti eksim, gatal-gatal, hingga alergi pada kulit. Cream ini juga dapat diberikan pada kasus iritasi kulit di bagian selangkangan.

Kandungan bahan aktif di dalamnya, yakni hydrocortisone-17-butyrate, termasuk ke dalam golongan obat kortikosteroid topikal yang kuat. Fungsinya adalah mengurangi respons sistem kekebalan tubuh saat terjadi infeksi.

Pada akhirnya, sejumlah keluhan yang disebabkan oleh peradangan, termasuk iritasi pada kulit selangkangan, akan mereda.

Beli Dermacoid Cream 10 gr di Sini

15. Scabimite

Scabimite 30 gram

Iritasi kulit di bagian selangkangan dapat disebabkan oleh skabies. Penyebab infeksi kulit ini adalah tungau Sarcoptes scabiei.

Scabimite Cream dapat diresepkan oleh dokter untuk mengobati kondisi tersebut. Obat topikal ini mengandung permethrin yang bekerja dengan cara membunuh tungau beserta telur-telurnya.

Obat Scabimite harus digunakan sesuai dengan anjuran dan resep dokter. Bagi ibu hamil dan menyusui, atau bayi di bawah dua tahun, penggunaan obat ini harus dilakukan dengan hati-hati.

Beli Scabimite Cream 10 gr di Sini

Beli Scabimite Cream 30 gr di Sini

Itu dia daftar obat iritasi kulit selangkangan yang ampuh dan tersedia di apotek. Selain melakukan pengobatan, Anda juga tetap perlu menjaga kebersihan. Pastikan pakaian yang Anda gunakan tidak terlalu ketat dan terbebas dari kuman, virus, dan bakteri.

Bingung memilih obat yang sesuai dengan kondisi Anda? Jangan sungkan untuk konsultasi dengan dokter rekanan Farmaku di sini.

Anda juga bisa dapatkan produk kesehatan seperti obat-obatan dan vitamin lainnya dengan mudah dan praktis hanya di Farmaku. Download aplikasinya sekarang juga!

Baca juga:

American Academy of Dermatology Association. 8 Reasons Your Groin Itches and How to Get Relief. https://www.aad.org/public/everyday-care/itchy-skin/itch-relief/relieve-groin-itch. (Diakses pada 30 November 2023).
Cole, Gary W. 2023. Jock Itch. https://www.medicinenet.com/jock_itch/article.htm. (Diakses pada 30 November 2023).
Healthwise Staff. 2023. Caregiving: Preventing Rashes in the Groin Area. https://www.uofmhealth.org/health-library/abq1461. (Diakses pada 30 November 2023).

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan