Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Bolehkah Penderita Diabetes Makan Telur?

bolehkah penderita diabetes makan telur farmaku

Diabetes adalah penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya kadar gula dalam darah. Penderita penyakit ini harus menerapkan pantangan makanan agar penyakitnya tidak tambah parah. Terkait pantangan, apakah penderita diabetes boleh makan telur? Mengingat telur dikenal mengandung kolesterol yang dianggap tidak baik untuk diabetes. Lebih lanjut simak ulasannya di bawah ini.

Bolehkah Penderita Diabetes Makan Telur?

Telur adalah sumber protein yang baik, dan bagus bagi penderita diabetes. Bahkan American Diabetes Association menganggap telur sebagai pilihan yang sangat baik bagi penderita diabetes. Hal itu karena satu butir telur berukuran besar hanya mengandung sekitar setengah gram karbohidrat dan 7 gram protein berkualitas tinggi serta nutrisi penting lainnya.

Dahulu, ahli kesehatan menyarankan untuk membatasi konsumsi telur karena kandungan kolesterolnya. Penderita diabetes memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular sehingga Anda mungkin bertanya-tanya apakah kolesterol dalam telur harus dihindari.

Dokter mungkin memantau kadar beberapa jenis kolesterol dalam darah penderita diabetes. Tingginya kadar beberapa jenis kolesterol dalam aliran darah dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: Rekomendasi Suplemen untuk Penderita Diabetes, Ini Daftarnya

Penelitian yang lebih baru menunjukkan bahwa asupan tinggi jenis lemak jenuh dan lemak trans tertentu mungkin berperan jauh lebih besar dalam penyakit jantung dibandingkan asupan kolesterol dari makanan. Jadi, telur aman dimasukkan ke dalam pola makan untuk diabetes.

Manfaat telur ternyata baik untuk diabetes. Sebuah penelitian pada tahun 2018 menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi telur dapat meningkatkan glukosa darah puasa pada penderita pradiabetes atau diabetes tipe 2. Para peneliti berpendapat bahwa makan satu butir telur per hari dapat mengurangi risiko seseorang terkena diabetes.

Penelitian yang dilakukan dari tahun 2015 menunjukkan bahwa penderita pradiabetes atau diabetes tipe 2 tidak mengalami perubahan negatif pada profil lipid setelah mengonsumsi makanan tinggi telur. Para peneliti berpendapat bahwa mengonsumsi makanan tinggi telur menyehatkan bagi penderita diabetes.

Baca Juga: Obat Diabetes yang Umum Diresepkan Oleh Dokter

Tips Mengonsumsi Telur untuk Penderita Diabetes

Cara memasak telur yang paling menyehatkan adalah dengan merebus, mengukus, atau mengaduknya dengan susu rendah lemak.

Selain itu direkomendasikan untuk memadukan telur dengan sayuran cincang atau salad daripada menyantapnya bersama makanan tinggi lemak jenuh, misalnya bacon atau keju.

Jika ingin membuat telur goreng, sebaiknya mengganti minyak gorengnya dengan minyak yang lebih menyehatkan jantung, seperti minyak jagung, canola, atau minyak zaitun.

Jadi, kesimpulan dari ulasan diatas bahwa penderita diabetes boleh makan telur asalkan cara mengolahnya dilakukan dengan benar dan konsumsi secukupnya. Di samping itu, padukan dengan makanan yang menyehatkan lainnya dan lakukan olahraga secara rutin.

Healthline. Diakses pada 15 Mei 2024. Can You Eat Eggs If You Have Diabetes?. https://www.healthline.com/health/diabetes/eggs#benefits

Medical News Today. Diakses pada 15 Mei 2024. Are eggs good for people with diabetes?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324522#healthful-preparation

Verywell Health. Diakses pada 15 Mei 2024. Can You Eat Eggs if You Have Diabetes?. https://www.verywellhealth.com/eggs-and-diabetes-5112859

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan