Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Bolehkah Penderita Diabetes Makan Telur? Cek Fakta dan Manfaatnya!

bolehkah penderita diabetes makan telur farmaku

Bolehkah penderita diabetes makan telur? Telur adalah salah satu sumber protein yang bagus untuk tubuh. Sampai saat ini, telur masih dipercaya sebagai sumber makanan yang tinggi kolesterol. Hal tersebut membuat telur berisiko memicu berbagai penyakit kardiovaskular, seperti jantung dan stroke.

Telur juga memiliki banyak nutrisi lainnya, seperti lutein dan choline. Lutein dapat melindungi Anda dari penyakit dan kolin dipercaya mampu meningkatkan kesehatan otak. Kuning telur mengandung biotin yang penting untuk kesehatan rambut, kulit, dan kuku, serta produksi insulin. Oleh karena itu, banyak orang dengan diabetes mungkin takut untuk mengkonsumsnya.

Bolehkah penderita Diabetes Makan Telur?

Telur sendiri umumnya mengandung sekitar 200 mg kolesterol. Sementara penderita diabetes disarankan untuk tidak mengkonsumsi lebih dari 300 mg kolesterol per hari. Kadar kolesterol yang tinggi dalam aliran darah juga meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Jadi apakah penderita diabetes boleh makan telur?

Jawabannya boleh, sebab ternyata telur merupakan makanan yang aman dikonsumsi untuk penderita diabetes. Asupan kolesterol dari makanan ternyata juga tidak terlalu berpengaruh pada kadar darah seperti yang pernah diperkirakan sebelumnya.

American Diabetes Association menganggap telur sebagai salah satu pilihan makanan yang sangat baik untuk penderita diabetes. Hal ini  karena satu telur besar mengandung sekitar setengah gram karbohidrat, jadi diperkirakan tidak beresiko menaikkan gula darah pada penderita diabetes.

Apabila masih takut akan kadar kolesterol yang mungkin ada, cobalah untuk menyingkirkan kuningnya dan anda dapat makan putih telur tanpa mengkhawatirkan pengaruhnya terhadap konsumsi kolesterol harian Anda. Sebab umumnya kolesterol yang ada pada telur terletak pada bagian kuningnya. Sehingga jika anda ingin makan telur, cobalah untuk mengurangi asupan kuning telur.

Baca Juga: Suplemen yang Tepat untuk Penderita Diabetes

Manfaat Telur untuk Diabetes

Tentunya telur dianggap aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes tentu bukan tanpa alasan. Hal ini ternyata karena mereka juga menyimpan berbagai manfaat untuk para penderita diabetes. Jadi apabila selama ini anda hanya mendengar berbagai hal yang buruk mengenai telur bagi para penderita diabetes, ternyata hal ini tidak sepenuhnya benar. Berikut adalah beberapa manfaat telur yang perlu anda ketahui.

1. Membantu Manajemen Gula Darah

Telur merupakan makanan kaya protein dan bebas karbohidrat. Sehingga mereka dapat menjadi sumber makanan yang baik untuk menekan tekanan gula darah. Hal ini menyebabkan telur bisa menjadi tambahan yang baik untuk makanan bebas karbohidrat. Karena mereka dapat membantu penderita diabetes menjaga kadar glukosa darah tetap dalam batas yang aman.

2. Membantu Manajemen Berat Badan

Bahan makanan ini dikenal sebagai makanan “padat” bernutrisi, yang artinya mereka kaya akan nutrisi tapi rendah kalori. Makananan berprotein tinggi seperti telur, mampu membuat seseorang merasa lebih mudah kenyang. Sehingga hal ini dapat membantu penderita diabetes untuk mempertahankan berat badan yang sehat.

Sebutir telur hanya mengandung sekitar 70 kalori, jadi mereka akan sangat cocok dengan rencana makan yang bertujuan untuk menurunkan atau mempertahankan berat badan. Namun, memasak telur dengan minyak berlebih, mentega atau keju akan secara signifikan meningkatkan kandungan kalori makanan Anda. Jadi usahakan untuk mengurangi penggunaan minyak pada saat memasaknya.

3. Kandungan Protein yang Tinggi

Telur merupakan sumber makanan yang mengandung protein tinggi. Protein yang terkandung dalam telur setara dengan satu ons ayam, ikan atau daging. Hal ini membuat makanan yang satu ini dapat membantu mempertahankan energi mental dan fisik sepanjang hari.

Makanan yang kaya protein seperti telur mampu memperlambat pencernaan dan penyerapan glukosa. Pada prosesnya, protein juga bisa mencegah rasa lapar. Hal ini memungkinkan para penderita diabetes untuk makan dengan lebih sedikit. Itulah sebabnya para ahli sering menyarankan untuk memasukkan protein tanpa lemak dalam diet.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kalium yang terkandung dalam telur dapat membantu mengatur keseimbangan cairan, kontraksi otot dan sinyal saraf. Mereka juga dapat membantu mengontrol tekanan darah dan menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. Hal ini tentu sangat bagus untuk diabetesi, sebab mereka cenderung lebih mungkin untuk mengembangkan resiko penyakit jantung dan penyakit kardiovaskuler lainnya.

Baca Juga: Cara Menggunakan Accu-Chek: Alat Tes Gula Darah Praktis

5. Menjaga Kesehatan Sistem Saraf

Kaolin merupakan nutrisi yang membantu mengatur memori, suasana hati, kontrol otot, dan fungsi otak dan sistem saraf lainnya. Dan kandungan kaolin ini bisa anda temukan pada sebutir telur. Selain itu telur juga mengandung lutein dan zeaxanthin, antioksidan yang melindungi mata Anda dari kerusakan radikal bebas dan dapat mengurangi resiko pembentukan katarak.

6. Sarat akan Vitamin dan Asam Lemak Omega 3

Siapa sangka ternyata telur kaya dengan 13 vitamin dan mineral esensial. Hal ini membuat mereka tidak diragukan lagi sebagai sumber nutrisi yang baik. Kuning telur mengandung biotin yang baik untuk rambut, kulit, dan kuku. Sebagai nilai tambah, kandungan ini memainkan peran penting dalam perkembangan insulin.

Makanan satu ini merupakan obat yang sangat baik untuk penderita diabetes tipe 2 karena mengandung vitamin D yang larut dalam lemak yang mengurangi risiko beberapa penyakit. Selain itu mereka juga kaya akan kandungan asam lemak omega 3 yang sangat baik bagi para penderita diabetes. 

Meskipun sehat dalam banyak hal, penderita diabetes tetap harus mengkonsumsi telur dalam jumlah sedang. Para ahli menyarankan bahwa 2-4 per minggu merupakan batas konsumsi telur bagi penderita diabetes yang ideal. Terlebih untuk mereka yang juga memiliki masalah kolesterol atau masalah terkait jantung lainnya sebelumnya.

Penderita diabetes juga perlu memperhatikan cara mengolah telur yang aman untuk dikonsumsi. Salah satu cara memasak yang sehat dan dianggap paling aman adalah dengan merebusnya. Jika ingin menggoreng, usahakan gunakan minyak dalam jumlah yang sedikit atau gunakan minyak yang lebih sehat. Sebab dengan menggoreng telur menggunakan mentega, butter ataupun minyak goreng dapat membuatnya menjadi kurang sehat.

Baca Juga: Apakah Diabetes Dapat Disembuhkan?

Membuatnya menjadi scramble egg dengan menambahkan sedikit susu rendah lemak juga bisa menjadi pilihan yang bagus untuk sarapan yang sehat. Supaya tidak bosan Anda bisa mengolah telur menjadi lebih baik dengan mencampurkan tomat, bayam, atau sayuran lainnya. menambahkan beberapa jenis sayuran dan bahan makanan lain juga bisa membuat anda tidak bosan saat mengkonsumsinya.

Can You Eat Eggs If You Have Diabetes?. Diakses pada november 2020. https://www.healthline.com/health/diabetes/eggs#takeaway

Should You Eat Eggs If You Have Diabetes?. Diakses pada november 2020. https://greatist.com/diabetes/diabetes-and-eggs

Is Egg Good for Diabetes?. Diakses pada november 2020. https://www.diabetesselfmanagement.com/healthy-living/nutrition-exercise/is-egg-good-for-diabetes/

Are Eggs Safe for People With Diabetes to Eat?. Diakses pada november 2020. https://www.everydayhealth.com/type-2-diabetes/diet/are-eggs-safe-people-with-diabetes-eat/

Egg for Diabetes – Are They Safe to Consume?. Diakses pada november 2020. https://parenting.firstcry.com/articles/egg-for-diabetes-are-they-safe-to-consume/

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan