Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

4 Akibat Pola Makan Tidak Teratur, Anda Perlu Waspadai!

Pola Makan Tidak Teratur

Bagi sebagian orang menyempatkan diri untuk makan teratur bukanlah hal mudah. Terutama para pekerja kantoran yang tinggal di ibu kota atau ibu penuh waktu yang mengurus pekerjaan rumah setiap harinya. Selain menyebabkan gejala gangguan pencernaan, pola makan yang tidak teratur dapat berdampak pada kesehatan.

Salah satu dampak yang mungkin Anda rasakan jika tidak makan secara tidak teratur adalah penyakit maag atau kelebihan berat badan. Tentu saja Anda tidak ingin hal ini terjadi bukan?

Untuk itu, simak artikel di bawah ini untuk mengetahui dampak dari pola makan tidak teratur lainnya dan cara membangun kebiasaan pola makan yang teratur yang baik dan sehat.

Akibat Pola Makan Tidak Teratur

 

Berikut ini dampak-dampak yang terjadi jika Anda memiliki kebiasaan makan tidak teratur:

Melewati sarapan

Pola makan teratur yaitu dengan makan pagi atau sarapan pagi membantu mengisi kembali gula darah dan memberi vitamin serta nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda pada hari itu. Melewati sarapan pagi, tubuh tidak memiliki energi dan otak akan kesulitan untuk fokus sepanjang hari. Melewatkan sarapan juga dapat membuat berat badan Anda bertambah. Meski, Anda mungkin tidak lapar pada saat itu, rasa lapar di pagi hari bisa membuat Anda meraih camilan tidak sehat dan berkalori tinggi yang dapat menambah berat badan Anda.

Baca Juga: 5 Penyebab Berat Badan Susah Turun

Makan siang dengan cepat

Makan siang terlalu cepat dapat menyebabkan perut mulas dan mengalami gangguan pencernaan karena Anda tidak mengunyah makanan dengan benar, sehingga membutuhkan asam lambung untuk membantu mencernanya. 

Selain itu, saat menelan makanan, Anda juga akan menelan banyak udara yang juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Makan terlalu cepat juga bisa membuat Anda makan berlebih karena dibutuhkan waktu 20 menit agar makanan mencapai perut. Kemudian perut memberi tahu otak bahwa Anda sudah kenyang.

Ngemil sore

Makan sambil menelepon, menonton TV, atau saat membaca artikel bukanlah ide yang baik. Penting untuk memperhatikan tubuh Anda, rasa lapar, dan porsi makanan karena makan sembarangan dapat menjadi faktor besar yang mengakibatkan penambahan berat badan. Hal ini terjadi karena ketika Anda tidak memperhatikan apa yang Anda makan, hal ini dapat membuat Anda tidak menyadari kapan Anda benar-benar kenyang. 

Selain memperhatikan makanan yang Anda makan dan porsi makanan yang masuk ke mulut Anda, cara terbaik untuk mengatasi kebiasaan ngemil adalah dengan menghindari makan langsung dari kemasan dan selalu memberikan porsi makan terlebih dahulu sehingga ketika porsi makan Anda habis, Anda akan berhenti makan. 

Makan sebelum tidur

Makan terlalu banyak sebelum tidur dapat menurunkan kualitas dan lamanya tidur, serta membuat Anda merasa lelah keesokan harinya. Sebaiknya Anda makan dua sampai empat jam sebelum tidur karena tubuh memerlukan waktu untuk mencerna makanan dalam posisi tegak. Berbaring terlalu cepat setelah makan juga bisa menyebabkan mulas dan mual karena posisi ini memungkinkan asam lambung mudah naik ke kerongkongan dan menyebabkan rasa terbakar di dada. 

Cara mengatur pola makan yang baik dan sehat

 

Untuk menghindari bahaya dari pola makan yang tidak teratur, sebaiknya Anda mulai beralih dan membiasakan diri untuk mengatur pola makan sehat. Berikut ini hal-hal yang bisa Anda ikuti untuk mengatur pola makan menjadi lebih baik:

  1. Buat setengah piring sayuran dan buah-buahan

Sayur dan buah-buahan penuh dengan nutrisi yang mendukung kesehatan yang baik. Pilih buah-buahan dan sayuran berwarna merah, oranye, dan hijau tua seperti tomat, ubi jalar, dan brokoli.

  1. Sertakan biji-bijian

Masukan setidaknya setengah dari biji-bijian. Cari kata “100% whole grain” atau “100% whole wheat” pada label makanan yang akan dimakan. Biji-bijian utuh memberikan lebih banyak nutrisi, seperti serat, daripada biji-bijian olahan.

  1. Jangan lupakan produk susu

Lengkapi makanan Anda dengan secangkir susu bebas lemak atau rendah lemak. Anda akan mendapatkan jumlah kalsium dan nutrisi penting lainnya yang sama dengan susu murni, tetapi dengan lebih sedikit kalori. Tidak bisa minum susu sapi? Cobalah minuman susu kedelai sebagai minuman Anda atau sertakan yogurt rendah lemak dalam makanan atau camilan Anda.

  1. Tambahkan protein tanpa lemak

Pilih makanan berprotein seperti daging sapi tanpa lemak, babi, ayam, atau kalkun, dan telur, kacang-kacangan, atau tahu. Dua kali seminggu, jadikan makanan seafood sebagai protein untuk menu makanan Anda.

  1. Hindari lemak berlebih

Menggunakan kuah atau saus yang berat akan menambah lemak dan kalori untuk pilihan yang sehat. Cobalah brokoli kukus dengan taburan keju parmesan rendah lemak atau perasan lemon.

  1. Berkreasilah di dapur

Anda bisa mencoba untuk membuat sandwich, tumis, atau casserole, menjadi lebih sehat. Coba kurangi daging dan keju, yang bisa lebih tinggi lemak jenuh dan natriumnya, dan tambahkan lebih banyak sayuran yang menambah rasa dan tekstur baru pada makanan Anda.

Baca Juga: Daftar Makanan Ini Bisa Mempengaruhi Mood si Kecil, Wajib Tahu Moms!

  1. Kendalikan makanan Anda

Makanlah di rumah lebih sering agar Anda tahu persis apa yang Anda makan. Jika Anda makan di luar, periksa dan bandingkan informasi nutrisinya. Pilih opsi yang lebih rendah kalori, lemak jenuh, dan natrium.

  1. Cobalah makanan baru

Buat tetap menarik dengan memilih makanan baru yang belum pernah Anda coba, seperti lentil, quinoa, atau sarden. Anda mungkin bisa menemukan makanan favorit baru.

Baca Juga: Panduan Lengkap Jalani Pola Hidup Sehat yang Baik dan Benar

Untuk mengubah pola makan yang lebih teratur memang tidak mudah, perlu proses dan kebiasaan yang dilatih setiap hari. Namun, dengan Anda menerapkan kebiasaan makan secara teratur tentu akan berdampak pada kesehatan tubuh Anda. Selain dengan makanan, Anda juga bisa bantu penuhi nutrisi Anda dengan konsumsi suplemen harian seperti vitamin C, Omega-3, dan lainnya. (SR)

Gaviscon. Diakses pada September 2020. The Effects of Irregular Eating. https://www.gaviscon.com.sg/heartburn-indigestion/the-effects-of-irregular-eating/

Choose My Plate. Diakses pada September 2020. 10 Tips: Build a Healthy Meal. https://www.choosemyplate.gov/ten-tips-build-healthy-meal

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan