Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

8 Dampak Akibat Pola Makan Tidak Teratur

Pola Makan Tidak Teratur

Makan yang teratur sangat dianjurkan agar tubuh senantiasa sehat. Namun, bagi sebagian orang memiliki jadwal makan teratur bukanlah hal mudah. Misalnya pekerja kantoran yang sibuk sehingga sering kali telat makan atau bahkan melewatkan makan. Kebiasaan ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Lebih lanjut ketahui dampak dari pola makan tidak teratur dalam ulasan di bawah ini.

Masalah Kesehatan Akibat Anda Makan Tidak Teratur

Kebiasaan makan yang tidak teratur pada dasarnya pola makan yang tidak konsisten atau tidak sehat. Hal ini dapat berupa melewatkan waktu makan, makan berlebihan, terlalu bergantung pada makanan cepat saji atau camilan olahan, waktu makan tidak teratur, atau mengonsumsi terlalu banyak kafein atau minuman manis. 

Kebiasaan tersebut dapat berdampak buruk pada tubuh, kinerja, dan kesehatan secara keseluruhan. Berikut ini dampak buruk dari pola makan yang tidak teratur, di antaranya:

1. Risiko Terkena Berbagai Penyakit

Terbiasa dengan pola makan yang tidak teratur dapat membuat sistem kekebalan tubuh akan lebih sulit melawan berbagai penyakit. Itu Artinya Anda akan lebih rentan sakit.

Makan tidak teratur juga dapat menyebabkan penambahan berat badan yang merupakan faktor risiko secara signifikan terhadap berbagai kondisi kesehatan, termasuk diabetes, penyakit jantung, dan lainnya.

Baca Juga: Vitamin Penambah Nafsu Makan untuk Dewasa di Apotek

2. Tidak Mendapatkan Nutrisi yang Anda Butuhkan

Jika tidak mengonsumsi makanan yang teratur dan seimbang, Anda tidak akan mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Hal inilah yang dapat menyebabkan masalah seperti kekurangan vitamin dan mineral tertentu, yang pada akhirnya dapat menyebabkan masalah kesehatan.

3. Gangguan Pencernaan

Jika tidak menerapkan pola makan secara teratur, maka efek buruknya membuat sistem pencernaan menjadi tidak bekerja secara efisien. Kondisi ini dapat menyebabkan beberapa masalah pencernaan seperti sembelit, diare, dan kembung.

4. Kenaikan Berat Badan

Kebiasaan makan yang tidak teratur, seperti sering melewatkan waktu makan hanya untuk menikmati makanan olahan yang tidak sehat, sering kali menyebabkan penambahan berat badan karena makan berlebihan dan kurang bergizi.

Mengonsumsi makanan berkalori tinggi secara konsisten, ditambah dengan kurang olahraga, dapat menyebabkan kelebihan kalori, sehingga tubuh menyimpan kelebihan tersebut sebagai lemak.

Penting untuk dicatat meskipun sebagian orang percaya bahwa melewatkan makan dapat mengimbangi asupan makanan tidak sehat. Namun,  hal itu hanya akan mengganggu proses metabolisme tubuh, sehingga membuat pengelolaan berat badan menjadi lebih sulit.

5. Perubahan Hormon

Tidak hanya menyebabkan masalah kesehatan fisik, makan tidak teratur akan menyebabkan masalah kesehatan mental.

Hal tersebut karena ketika makan secara tidak teratur akan menyebabkan tubuh mungkin mulai melepaskan hormon stres seperti kortisol. Hal ini dapat menyebabkan masalah seperti kecemasan dan depresi.

6. Kram Perut

Mengonsumsi makanan secara teratur bermanfaat bagi kesehatan fisik dan lambung, namun banyak orang melewatkan waktu makan karena kesibukan atau karena keyakinan yang keliru bahwa hal tersebut akan membantu mendukung pola makan untuk penurunan berat badan. 

Sayangnya melewatkan makan dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan, termasuk kram perut yang menyakitkan.

Kram perut dapat terjadi karena sindrom iritasi usus besar yang disebabkan sering melewati waktu makan.

7. Kadar Gula Darah Meningkat

Pola makan secara tidak teratur dapat menyebabkan kadar gula darah Anda mungkin mulai berfluktuasi. Terjadinya perubahan kadar gula darah dapat menyebabkan tubuh peningkatan gula darah alias penyakit diabetes dan masalah kesehatan lainnya.

Baca Juga: Obat Diabetes yang Umum Diresepkan Oleh Dokter

8. Dampak Kesehatan Mental

Waktu makan yang tidak teratur dan kurang bergizi juga dapat memengaruhi kesehatan mental.

Ada kaitan yang signifikan antara kebiasaan makan dan perubahan suasana hati (mood), kinerja kognitif, tingkat stres, dan bahkan pola tidur.

Itu dia berbagai dampak buruk jika Anda memiliki kebiasaan pola makan tidak teratur. Mulai sekarang terapkan pola makan teratur agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Ada baiknya berkonsultasi dengan ahli gizi mengenai nutrisi yang Anda butuhkan berdasarkan kondisi kesehatan.Chat dengan dokter rekanan Farmaku di sini untuk konsultasi seputar kesehatan secara umum, termasuk pola makan sehat, dan kebutuhan gizi Anda.

Livestrong. Diakses pada 8 Maret 2024. Skipping Meals & Stomach Cramps. https://www.livestrong.com/article/474727-skipping-meals-stomach-cramps/

Nugenomics. Diakses pada 8 Maret 2024. Irregular Food Habits: Consequences and Solutions. https://www.nugenomics.in/irregular-food-habits-consequences-and-solutions/

Southern Council. Diakses pada 8 Maret 2024. How Eating Irregular Meals Affects Your Health. https://southerncouncil.org/effects-of-eating-irregular-meals/

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan