Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

8 Obat Penurun Panas Anak dengan Harga Terjangkau di Apotek

obat penurun panas untuk anak

Jika anak mengalami demam atau panas, tandanya tubuh anak sedang melawan penyakit lain di dalam tubuh. Menurut National Health Service UK, suhu normal pada bayi dan anak-anak adalah sekitar 36,4-37 derajat celcius. Tetapi hal ini dapat sedikit berbeda pada setiap anak. Anak dapat dikatakan demam apabila suhu tubuhnya 37 derajat celcius ke atas. Selain dengan mengompres si Kecil dengan air hangat, FarmaFriends juga dapat mengatasinya dengan memberikan obat penurun panas anak yang dijual bebas di apotek.

Lantas, apa saja merek obat penurun panas yang aman dan menyembuhkan untuk anak? Berikut, Farmaku telah merangkum rekomendasi obat penurun panas untuk anak dengan harga terjangkau. Jangan lupa dicatat ya Farmafiends!

Obat Penurun Panas Untuk Anak

Pengobatan adalah salah satu tindakan cepat yang bisa orang tua lakukan agar panas tubuh anak tidak semakin tinggi dan membuatnya justru semakin tidak nyaman sehingga berisiko menyebabkan hal-hal yang lebih buruk. Beberapa jenis obat penurun panas anak yang aman dikonsumsi umumnya mengandung zat aktif seperti ibuprofen, naproxen, dan aspirin.

1. Hufagripp TMP

Huffagrip TMP

Salah satu merek obat demam anak terbaik adalah Hufagripp TMP. Dalam tiap sendok dengan takaran 5 ml obat ini mengandung ibuprofen yang ampuh menurunkan panas pada anak.

Selain sangat mudah didapatkan di apotek terdekat atau apotek online, obat juga mampu meredakan nyeri ringan hingga sedang seperti nyeri gigi atau sakit kepala. Hufagripp TMP dianjurkan untuk dikonsumsoi 3-4 kali dalam sehari. Dengan aturan dosis yang disesuaikan dengan masing-masing usia.

Anak 1-2 tahun bisa mengonsumsi obat ini dengan takaran 1/2 sendok teh atau setara dengan 2,5 ml. Anak 3-7 tahun sebaiknya minum obat ini 1 takaran sendok teh atau 5 ml, Sedangkan untuk anak 8-12 tahun dianjurkan minum sebanyak 2 sendok teh atau 10 ml.

Beli Obat Hufagripp TMP di Sini!

2. Termorex Sirup 30 ml

obat demam termorex sirup

Obat penurun panas Termorex Sirup merupakan rekomendasi obat dengan harga terjangkau yang bisa Anda dapatkan di apotik tanpa resep dokter. Mengandung paracetamol, bebas alkohol, dan memiliki rasa jeruk yang disukai anak-anak.

Obat ini bisa digunakan oleh anak usia 1-2 tahun dengan dosis 1 sendok takar setiap kali minum. Namun, jika si Kecil alergi terhadap parasetamol sebaiknya hindari penggunaan obat ini ya.

Beli Obat Termorex Sirup Harga Terbaik di Sini!

3. Proris Ibuprofen

Proris Ibuprofen Obat Demam

Kandungan ibuprofen dalam proris suspensi dapat bekerja lebih cepat menurunkan demam pada anak Anda. Obat Proris Ibuprofen juga dapat berfungsi sebagai pereda nyeri sekaligus sebagai antiinflamasi untuk anak.

Tergolong obat bebas terbatas, sehingga Anda dapat mendapatkannya secara bebas di apotek terdekat. Namun, pastikan Anda memberikan dosis dan aturan pakai yang tepat.

Beli Proris Ibuprofen Ibuprofen Harga Terbaik di Sini!

4. Sanmol Sirup 60 ml

sanmol sirup 60 ml

Sanmol paracetamol dapat dikonsumsi oleh anak usia 1-5 tahun. Tidak jarang, beberapa dokter anak menyarankan obat ini untuk diberikan pada anak pascaimunisasi. Cukup dengan memberikan obat ini 3-4 kali sehari tentu dosisnya pun harus disesuaikan dengan tepat.

Beli Sanmol Sirup Harga Terbaik Di Sini!

5. Tempra Paracetamol

tempra paracetamol

Tempra Paracetamol Sirup adalah obat anak yang memiliki kandungan zat aktif paracetamol yang dapat menurunkan suhu panas saat demam. Selain itu, Tempra juga cocok untuk meredakan nyeri anak karena masa pertumbuhan gigi.

Direkomendasikan untuk anak usia 1-2 tahun. Sebaiknya tempra diminum sesudah makan dan tidak lebih dari 5 kali dalam sehari. Paracetamol dalam dosis berlebih dapat menimbulkan efek samping seperti keracunan hati bagi beberapa penderita. Jika hal itu terjadi, segera temui dokter.

Dapatkan Obat Tempra Paracetamol di Sini!

6. Pamol Syrup 60 ml

pamol paracetamol obat penurun panas

Obat ini aman dikonsumsi anak usia 1-5 tahun yang sedang mengalami demam. Sebaiknya digunakan sesudah makan atau saat panas anak tinggi. Hindari penggunaan obat ini secara berlebihan karena dapat menyebabkan efek samping seperti mual, muntah diare, hingga nyeri perut.

Ikuti aturan pakai dan takaran dosis sesuai dengan usia anak.

Dapatkan Pamol Syrup di Sini!

7. Bufect Sirup

bufect sirup obat penurun panas

Buffect sirup tersedia dalam kemasan botol 60 ml. Merek obat penurun demam Bufect dianjurkan bagi si Kecil yang berusia 3-12 tahun.

Terkandung 100 mg ibuprofen dalam tiap 5 ml takaran obat ini. Penggunaannya cukup diberikan pada anak 3-4 kali sehari sesudah makan. Selain dikonsumsi untuk anak, Bufect juga bisa dikonsumsi orang dewasa dengan jumlah dosis 5 ml.

Dapatkan Bufect Sirup Di Sini!

8. Panadol Anak

obat demam panadol anak

Panadol Anak digunakan sebagai obat penurun panas, pereda nyeri, sakit kepala, dan sakit gigi secara efektif bagi anak usia 1-6 tahun. Cocok untuk anak yang mengalami demam saat masa pertumbuhan gigi yang terkadang menimbulkan rasa tidak nyaman bagi anak.

Kelebihan obat ini yaitu tidak mengandung alkohol dan dilengkapi rasa raspberry. Pemakaiannya cukup diberikan 5 ml atau 1 sendok takar, tidak lebih dari 5 kali sehari, dengan jeda 4 jam.

Beli Panadol Anak di Sini!

Aturan Penggunaan Obat Penurun Panas yang Tepat

  • Hindari memakai pakaian tebal dan berlapis saat sedang proses penyembuhan demam. Penggunaan pakaian yang tebal dapat menyebabkan kenaikan suhu tubuh sehingga dapat menghambat proses penyembuhan demam.
  • Harap berhati-hati, jika anak Anda memiliki riwayat penyakit lain seperti diabetes, penyakit jantung, AIDS, atau penyakit berat lainnya. Penggunaan obat demam sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter untuk menghindari interaksi obat.
  • Sebaiknya gunakan obat penurun panas saat subuh tubuh anak mencapai 37 derajat celcius atau lebih. Apabila demam tidak kunjung mereda, segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Baca juga: 7 Obat Demam Alami yang Aman dan Obat Demam di Apotek

Itulah beberapa obat penurun panas untuk anak yang bisa Anda dapatkan secara bebas di apotek dengan harga yang cukup terjangkau beserta aturan penggunaan yang bisa Anda terapkan pada si Kecil. Semoga bermanfaat!

NHS UK. 2020. High temperature (fever) in children. https://www.nhs.uk/conditions/fever-in-children/. (Diakses pada 13 September 2021)
O'Connell, Krista. Everything You Need to Know About Fever. https://www.healthline.com/health/fever. (Diakses pada 13 September 2021).
WebMD. 2021. Drugs & Medication. Ibuprofen. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-5166-9368/ibuprofen-oral/ibuprofen-oral/. (Diakses pada 13 September 2021).

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan