Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Fungsi Sarung Tangan Medis Latex dan Cara Menggunakannya

penggunaan sarung tangan latex farmaku

Dalam menjalani berbagai macam aktivitas masa kini, banyak orang memilih untuk memakai sarung tangan latex dengan tujuan menghentikan penyebaran virus dan bakteri penyebab penyakit. Pemilihan penggunaan sarung tangan latex ini kebanyakan didasari oleh tingkat kenyamanan dan fleksibilitas dari sarung tangan itu sendiri.

Namun, dengan hanya memakai sarung tangan latex saja bukan berarti Anda akan terhindar dari bahaya virus dan bakteri. Memakai sarung tangan lateks juga bukan berarti menjadi alasan bagi Anda untuk tidak mencuci tangan.

Anda bisa menemukan dan membeli sarung tangan latex melalui apotek terdekat maupun apotek online terpercaya. Penting juga bagi Anda untuk mengetahui lebih jauh tentang sarung tangan latex sebelum Anda memutuskan untuk membeli dan menggunakannya. 

Apa itu Sarung Tangan Medis Latex?

Sarung tangan lateks adalah sarung tangan berbahan latex yang digunakan untuk melindungi dokter, perawat, dan pasien dari penularan patogen yang ditularkan melalui darah dan penyakit berbahaya.

Sarung tangan lateks dikenal pas dan nyaman serta menawarkan perlindungan tingkat tinggi, yang berarti sarung tangan ini juga merupakan pilihan populer di industri lain, seperti manufaktur, layanan makanan, gigi, dan otomotif.

Baca juga: Rekomendasi Sabun Antiseptik Terbaik untuk Melindungi Kulit dari Bakteri dan Virus

Fungsi Sarung Tangan Latex

Secara umum, sarung tangan latex berfungsi untuk melindungi tangan Anda dari kotoran, risiko kontaminasi, penyebaran kuman, bakteri atau virus dan penularan penyakit. 

Sarung tangan latex banyak digunakan dalam kegiatan layanan kesehatan karena tingkat elastisitas, dan kenyamanan yang dimilikinya. Para ahli bedah juga kebanyakan memilih menggunakan sarung tangan latex karena memiliki tingkat sensitivitas terhadap sentuhan yang tinggi.

Spesifikasi Sarung Tangan latex

Sarung tangan latex sendiri terbuat dari karet alam yang aman untuk digunakan. Sarung tangan latex banyak dipilih oleh kebanyakan orang karena memiliki spesifikasi yang cukup baik misalnya seperti:

  • Cukup tipis sehingga lebih nyaman untuk digunakan.
  • Memiliki sensitivitas sentuhan tingkat tinggi.
  • Aman untuk dipakai dalam waktu lama.
  • Bekerja dengan baik untuk menghindari kontaminasi dari pekerjaan yang melibatkan bahan infeksius.
  • Memiliki harga yang lebih terjangkau.
  • Sangat elastis dan kuat.
  • Mudah terurai.

Walaupun memiliki banyak kelebihan yang dimiliki oleh sarung tangan latex, ternyata sarung tangan latex juga memiliki kekurangan. Beberapa orang diketahui ternyata alergi terhadap latex, oleh karena itu penting bagi Anda untuk memastikan bahwa Anda tidak memiliki alergi terhadap latex sebelum Anda menggunakannya.

Sarung tangan latex sendiri dapat Anda temukan dan membelinya melalui apotek maupun toko obat online. Harga sarung tangan latex sendiri sangat bervariasi, Anda dapat membandingkannya sebelum memilih untuk membeli sarung tangan latex.

Selain sarung tangan berwarna putih yang sangat familier, sarung tangan latex juga memiliki warna-warna lain seperti warna hitam. Namun apakah pemilihan warna dalam penggunaan sarung tangan latex itu penting? Jawaban bisa jadi. Sarung tangan berwarna putih biasanya adalah sarung tangan yang digunakan sesuai dengan standar industri. Warna putih biasanya juga digunakan dalam pekerjaan yang sering dihadapkan pada kemungkinan kontaminasi silang.

Menggunakan sarung tangan latex dengan warna tertentu juga dapat membantu dalam pekerjaan. Misalnya dalam laboratorium, sarung tangan berwarna digunakan untuk membedakan pengguna di suatu area dengan area lain untuk memudahkan dalam mengidentifikasi dan mencegah kontaminasi.

Baca juga: Rekomendasi Produk Dettol untuk Menjaga Kebersihan dan Kesehatan

Cara Penggunaan Sarung Tangan Latex yang Benar

Setelah Anda telah menentukan untuk membeli sarung tangan latex dan menggunakannya, Anda harus memahami cara yang benar untuk mengenakan sarung tangan latex. Hal ini sangat penting supaya penggunaan sarung tangan latex dapat melindungi Anda secara optimal. 

Berikut adalah cara menggunakan sarung tangan latex yang benar:

1. Pilihlah Sarung Tangan dengan Ukuran yang Pas 

Salah satu langkah yang paling penting dalam menggunakan sarung tangan latex adalah, Anda harus memilih ukuran yang paling pas untuk Anda. Sarung tangan yang tidak pas akan meningkatkan kemungkinan Anda untuk terkontaminasi. Sarung tangan yang terlalu longgar akan mengurangi fleksibilitas dan kenyamanan

2. Periksa Sarung Tangan sebelum Digunakan

Penting juga bagi Anda untuk memeriksa keadaan sarung tangan latex sebelum hendak menggunakannya. Pastikan sarung tangan yang akan Anda gunakan tidak robek atau bolong supaya tangan Anda benar-benar terlindungi dari hal yang tidak diinginkan.

3. Cuci Tangan hingga Bersih

Sebelum menggunakan sarung tangan latex, Anda harus mencuci tangan dengan sabun dan air bersih. Namun, jangan menggunakannya saat tangan Anda masih dalam keadaan basah. Usahakan untuk mengeringkan tangan Anda terlebih dahulu sebelum menggunakan sarung tangan latex dan jangan memegang benda lain seperti handphone atau benda lainnya.

4. Kenakan Sarung Tangan dengan Cara yang Benar

Usahakan untuk tidak menyentuh bagian luar sarung tangan saat Anda mengenakannya, supaya kebersihan sarung tangan tetap terjaga. Caranya adalah dengan menggunakan sarung tangan latex pada tangan dominan Anda (kanan atau kiri) terlebih dulu, usahakan memegang bagian sarung tangan sedikit mungkin.

Lalu, letakkan sarung tangan lain pada tangan satunya, gunakan tangan dominan yang telah bersarung untuk menariknya. Setelah kedua sarung tangan terpasang di kedua tangan Anda, Anda dapat menyesuaikan jari-jari Anda di sarung tangan.

Penting juga bagi Anda untuk melepas cincin, jam tangan, dan perhiasan lain dari tangan Anda sebelum mengenakan sarung tangan. Hal ini adalah salah satu upaya untuk mencegah sarung tangan Anda cepat sobek.

5. Melepas Sarung Tangan dengan Benar

Hal penting yang perlu Anda ingat saat hendak melepas sarung tangan adalah, upayakan untuk tidak menyentuh bagian luar sarung tangan. Ini dikarenakan Anda bisa mendapatkan cairan atau zat yang tidak diinginkan pada kulit Anda.

Cara untuk melepas sarung tangan yang benar adalah memulainya dengan tangan Anda yang dominan. Anda bisa memasukan jari-jari Anda ke sela-sela lubang sarung tangan dan menariknya keluar. Lalu, Anda dapat melanjutkan untuk melakukan hal yang sama secara hati-hati. Gunakan tangan dominan Anda yang sudah tidak bersarung tangan untuk melepaskan sarung tangan dari tangan Anda yang satunya.

6. Buang Sarung Tangan setelah Dipakai

Setelah selesai menggunakan sarung tangan latex, Anda dianjurkan untuk tidak mencuci atau menggunakan kembali sarung tangan latex sekali pakai. Usahakan untuk mengganti sarung tangan latex yang baru saat Anda hendak menggunakanya lagi.

Pemilihan sarung tangan latex serta cara penggunaanya yang tepat dapat mengoptimalkan fungsi dari penggunaan sarung tangan latex bagi Anda. Jangan sampai penggunaan sarung tangan yang Anda lakukan menjadi sia-sia karena kesalahan dalam penggunaanya. Anda akan mendapatkan manfaat seperti mencegah penyebaran virus dan bakteri dengan cara pemakaian yang tepat. Jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan serta menjaga jarak aman saat Anda berada di luar.

Baca juga: Rekomendasi Masker Medis yang Bagus dan Efektif Cegah Virus, Anda Wajib Punya!

Rekomendasi Sarung Tangan Latex untuk Keperluan Medis

Penting untuk memilih sarung tangan yang tepat untuk keperluan medis agar terhindar dari kontaminan dan penularan penyakit yang berbahaya. Berikut adalah rekomendasi sarung tangan latex yang serbaguna untuk Anda. 

Sensi Gloves

sarung tangan latex Sensi Gloves S

Sensi Gloves adalah sarung tangan lateks serbaguna yang terbuat dari bahan lateks alami. Sarung tangan ini memiliki beberapa keunggulan, yakni daya proteksi yang cukup baik, sangat fleksibel, elastis dan pas di tangan sehingga memberikan kenyamanan saat digunakan dalam bekerja.

Beli Sensi Gloves S 60S di Sini

Beli Sensi Gloves M 60S di Sini

Beli Sensi Gloves L 60S di Sini

Itu dia beberapa rekomendasi sarung tangan latex untuk melindungi Anda dari kontaminan dan penularan penyakit berbahaya. Pastikan selalu menjaga kebersihan tangan baik sebelum maupun sesudah beraktivitas. Sebaiknya cuci tangan dengan sabun dan air bersih yang mengalir.

Chat dengan dokter rekanan Farmaku di sini untuk konsultasi seputar perlindungan dari penularan penyakit melalui tangan agar tubuh senantiasa terhindar dari penyakit.

avacaramedical. Diakses pada Juni 2020. Medical Gloves Guide .https://avacaremedical.com/medical-gloves-guide

b4brands. Diakses pada Juni 2020. Latex vs Nitrile vs Vinyl Gloves…Which to Choose?. https://b4brands.com/blog/latex-vs-nitrile-vs-vinyl-gloves-which-to-choose/

hourglass. Diakses pada Juni 2020. Does Glove Color Matter?. https://hourglass-intl.com/2016/05/24/does-glove-color-matter/

yourglovessource. Diakses pada Juni 2020. How To Put On Nitrile And Latex Gloves. https://www.yourglovesource.com/blogs/glove-knowledgebase/43943233-how-to-put-on-nitrile-and-latex-gloves

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan