Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Penggunaan Sarung Tangan Latex di Era New Normal, Kapan Harus Pakai?

penggunaan sarung tangan latex farmaku

Dalam menjalani kebiasaan baru di era new normal, banyak orang yang memilih untuk memakai sarung tangan latex dengan tujuan menghentikan penyebaran COVID-19. Pemilihan penggunaan sarung tangan latex ini kebanyakan didasari oleh tingkat kenyamanan dan fleksibilitas dari sarung tangan itu sendiri.


Namun, dengan hanya memakai sarung tangan latex saja bukan berarti Anda akan terhindar dari bahaya virus corona. Memakai sarung tangan lateks juga bukan berarti menjadi alasan bagi Anda untuk tidak mencuci tangan. Walaupun menggunakan sarung tangan lateks, Anda harus tetap mengikuti protokol kesehatan seperti mencuci tangan, menggunakan masker, serta menjaga jarak selama Anda berada di luar rumah.

Baca Juga: Biar Aman, Simak Tips Naik Kendaraan Umum di Masa New normal


Meskipun saat ini untuk mendapatkan sarung tangan latex jauh lebih mudah dibandingkan selama masa PSBB, namun disarankan bagi Anda untuk membeli sesuai kebutuhan Anda dan jangan menimbunnya. Para profesional dan tenaga medis akan jauh lebih membutuhkan sarung tangan ini sama seperti mereka membutuhkan respirator, masker, face shield, dan hand sanitizer.

Anda bisa menemukan dan membeli sarung tangan latex melalui apotek terdekat maupun apotek online terpercaya. Penting juga bagi Anda untuk mengetahui lebih jauh tentang sarung tangan latex sebelum Anda memutuskan untuk membeli dan menggunakannya. 

Baca Juga : Jadi Tren, Inilah Kelebihan dan Kekurangan Face Shield untuk Cegah Corona


Berikut adalah beberapa penjelasan mengenai sarung tangan latex:

Fungsi Sarung Tangan Latex


Secara umum, sarung tangan latex berfungsi untuk melindungi tangan Anda dari kotoran, risiko kontaminasi, penyebaran kuman, bakteri atau virus dan penularan penyakit. Sarung tangan latex banyak digunakan dalam kegiatan layanan kesehatan karena tingkat elastisitas, dan kenyamanan yang dimilikinya. Para ahli bedah juga kebanyakan memilih menggunakan sarung tangan latex karena memiliki tingkat sensitivitas terhadap sentuhan yang tinggi.

Spesifikasi Sarung Tangan latex

sarung tangan latex

Sarung tangan latex sendiri terbuat dari karet alam yang aman untuk digunakan. Sarung tangan latex banyak dipilih oleh kebanyakan orang karena memiliki spesifikasi yang cukup baik misalnya seperti:

  • Cukup tipis sehingga lebih nyaman untuk digunakan
  • Memiliki sensitivitas sentuhan tingkat tinggi
  • Aman untuk dipakai dalam waktu lama
  • Bekerja dengan baik untuk menghindari kontaminasi dari pekerjaan yang melibatkan bahan infeksius
  • Memiliki harga yang lebih terjangkau
  • Sangat elastis dan kuat
  • Mudah terurai

Walaupun memiliki banyak kelebihan yang dimiliki oleh sarung tangan latex, ternyata sarung tangan latex juga memiliki kekurangan. Beberapa orang diketahui ternyata alergi terhadap latex, oleh karena itu penting bagi Anda untuk memastikan bahwa Anda tidak memiliki alergi terhadap latex sebelum Anda menggunakannya.

Sarung tangan latex sendiri dapat Anda temukan dan beli melalui apotek maupun toko obat online. Harga sarung tangan Latex sendiri sangat bervariasi, Anda dapat membandingkannya sebelum memilih untuk membeli sarung tangan latex.

Selain sarung tangan berwarna putih yang sangat familier, sarung tangan latex juga memiliki warna-warna lain seperti sarung tangan latex hitam. Namun apakah pemilihan warna dalam penggunaan sarung tangan latex itu penting? Jawaban bisa jadi. Sarung tangan berwarna putih biasanya adalah sarung tangan yang digunakan sesuai dengan standar industri. Warna putih biasanya juga digunakan di pada pekerjaan yang sering dihadapkan pada kemungkinan kontaminasi silang.


Menggunakan sarung tangan latex dengan warna tertentu juga dapat membantu dalam pekerjaan. Misalnya dalam laboratorium, sarung tangan berwarna digunakan untuk membedakan pengguna di suatu area dengan area lain untuk memudahkan dalam mengidentifikasi dan mencegah kontaminasi.

Cara Penggunaan Sarung Tangan Latex yang Benar

Setelah Anda telah menentukan untuk membeli sarung tangan latex dan menggunakannya, Anda harus memahami cara yang benar untuk mengenakan sarung tangan latex. Hal ini sangat penting supaya penggunaan sarung tangan latex dapat melindungi Anda secara optimal. Berikut adalah cara menggunakan sarung tangan latex yang benar:

cara menggunakan sarung tangan latex

1. Pilihlah sarung tangan dengan ukuran yang pas 

cara menggunakan sarung tangan latex


Salah satu langkah yang paling penting dalam menggunakan sarung tangan latex adalah, Anda harus memilih ukuran yang paling pas untuk Anda. Sarung tangan yang tidak pas akan meningkatkan kemungkinan Anda untuk terkontaminasi. Sarung tangan yang terlalu longgar akan mengurangi fleksibilitas dan kenyamanan


2. Periksa sarung tangan sebelum digunakan

Penting juga bagi Anda untuk memeriksa keadaan sarung tangan latex yang hendak Anda gunakan. Pastikan sarung tangan yang akan Anda gunakan tidak robek atau bolong supaya tangan Anda benar-benar terlindungi.


3. Cuci bersih tangan Anda

cara mencuci tangan yang benar

Sebelum memakai sarung tangan latex, Anda harus mencuci bersih tangan Anda. Namun, jangan gunakan sarung tangan saat tangan Anda masih dalam keadaan basah. Usahakan untuk mengeringkan tangan Anda terlebih dahulu sebelum menggunakan sarung tangan latex dan jangan memegang benda lain seperti handphone atau benda lainnya.


4. Kenakan dengan cara yang benar

cara memakai sarung tangan


Usahakan untuk tidak menyentuh bagian luar sarung tangan saat Anda mengenakannya, supaya kebersihan sarung tangan tetap terjaga. Caranya adalah dengan menggunakan sarung tangan latex pada tangan dominan Anda (kanan atau kiri) terlebih dulu, usahakan memegang bagian sarung tangan sedikit mungkin.

Lalu, letakkan sarung tangan lain pada tangan satunya, gunakan tangan dominan yang telah bersarung untuk menariknya. Setelah kedua sarung tangan terpasang di kedua tangan Anda, Anda dapat menyesuaikan jari-jari Anda di sarung tangan.


Penting juga bagi Anda untuk melepa cincin, jam tangan, dan perhiasan lain dari tangan Anda sebelum mengenakan sarung tangan. Hal ini adalah salah satu upaya untuk mencegah sarung tangan Anda cepat sobek.


5. Melepas sarung tangan dengan benar

spesifikasi sarung tangan latex


Hal penting yang perlu Anda ingat saat hendak melepas sarung tangan adalah, upayakan untuk tidak menyentuh bagian luar sarung tangan. Ini dikarenakan Anda bisa mendapatkan cairan atau zat yang tidak diinginkan pada kulit Anda.


Cara untuk melepas sarung tangan dengan benar adalah dengan memulainya dengan tangan Anda yang dominan. Anda bisa memasukan jari-jari Anda ke sela-sela lubang sarung tangan dan menariknya keluar. Lalu, Anda dapat melanjutkan untuk melakukan hal yang sama secara hati-hati. Gunakan tangan dominan Anda yang sudah tidak bersarung tangan untuk melepaskan sarung tangan dari tangan Anda yang satunya.

6. Buang sarung tangan setelah dipakai

cara memakai sarung tangan latex


Setelah selesai menggunakan sarung tangan latex, Anda dianjurkan untuk tidak mencuci atau menggunakan kembali sarung tangan latex sekali pakai. Usahakan untuk mengganti sarung tangan latex saat Anda hendak menggunakanya lagi.

Pemilihan sarung tangan latex serta cara penggunaanya yang tepat dapat mengoptimalkan fungsi dari penggunaan sarung tangan latex bagi Anda. Jangan sampai penggunaan sarung tangan yang Anda lakukan menjadi sia-sia karena kesalahan dalam penggunaanta. Anda akan mendapatkan manfaat seperti mencegah penyebaran virus dan bakteri dengan cara pemakaian yang tepat. Jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan serta menjaga jarak aman saat Anda berada di luar.

yourglovessource. Diakses pada Juni 2020. How To Put On Nitrile And Latex Gloves. https://www.yourglovesource.com/blogs/glove-knowledgebase/43943233-how-to-put-on-nitrile-and-latex-gloves


b4brands. Diakses pada Juni 2020. Latex vs Nitrile vs Vinyl Gloves…Which to Choose?. https://b4brands.com/blog/latex-vs-nitrile-vs-vinyl-gloves-which-to-choose/


avacaramedical. Diakses pada Juni 2020. Medical Gloves Guide .https://avacaremedical.com/medical-gloves-guide

hourglass. Diakses pada Juni 2020. Does Glove Color Matter?. https://hourglass-intl.com/2016/05/24/does-glove-color-matter/

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait COVID-19