Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Jangan Keliru! Inilah Perbedaan Essence dan Serum

Essence dan serum merupakan produk skincare yang digunakan sebagai perawatan kulit. Meskipun sama-sama memberikan manfaat untuk kulit, namun keduanya memiliki perbedaan, baik bahan yang digunakan hingga cara mengaplikasikannya pada kulit. Lebih lengkapnya simak dalam ulasan di bawah ini.

Apa itu Essence?

Essence adalah produk perawatan kulit berbahan dasar air yang mengandung bahan aktif tinggi untuk menghidrasi, melindungi, dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Ketika essence digunakan untuk membersihkan kulit setelah menggunakan pembersih dan toner, skincare ini membantu mengembalikan hidrasi pada sel-sel kulit. Bila diaplikasikan sebelum serum dan pelembap, ini akan membantu kulit menyerap produk tersebut dengan lebih baik.

Baca juga: Basic Skincare untuk Pemula dan Rekomendasi Produknya

Apa itu Serum?

Serum adalah produk perawatan kulit yang dapat diaplikasikan pada kulit setelah dibersihkan namun sebelum dilembapkan dengan tujuan memberikan bahan-bahan kuat langsung ke dalam kulit. 

Serum sangat cocok untuk fungsi tersebut karena terdiri dari molekul lebih kecil yang dapat menembus jauh ke dalam kulit dan menghasilkan bahan aktif dengan konsentrasi sangat tinggi. Hal ini menjadikannya skincare yang bagus untuk mengatasi masalah perawatan kulit tertentu, seperti kerutan. 

Baca Juga: Rekomendasi Skincare Terbaik yang Mengandung Niacinamide untuk Cerahkan Kulit Wajah

Sejumlah Poin Perbedaan antara Essence dan Serum

Meskipun sama-sama digunakan sebagai perawatan kulit, namun essence dan serum memiliki perbedaan yang perlu anda ketahui. Hal ini agar penggunaan skincare dilakukan dengan benar agar mendapatkan hasil yang diharapkan. 

Besikin ini beberapa perbedaan antara essence dan serum, di antaranya:

1. Cara Pakai

Sebagian besar produsen skincare merekomendasikan penggunaan essence setelah membersihkan kulit dengan metode double cleansing, dan menggunakan toner untuk menyeimbangkan pH kulit, menghidrasi wajah, membersihkan sisa kotoran, dan mengangkat sel kulit mati. Kemudian dilanjutkan dengan mengaplikasikan essence sekitar 3 tetes dengan menepuk-nepuk kulit wajah dengan lembut. Setelahnya Anda bisa mengaplikasikan serum. 

Kendati serum lebih ringan dan mengantarkan bahan aktif ke kulit dengan cepat, serum digunakan terlebih dahulu setelah membersihkan kulit. Namun Anda juga perlu menyegel serum untuk memaksimalkan manfaatnya, itulah sebabnya pelembap atau krim wajah adalah langkah selanjutnya.

2. Tekstur

Essence memiliki bobot yang lebih ringan, konsentrasinya lebih rendah dibandingkan serum Ini biasanya digunakan setelah toner untuk menambah lapisan hidrasi sebelum mengaplikasikan serum.

Dalam hal tekstur, konsistensi serum cenderung sedikit lebih kental dibandingkan essence, sehingga serum dapat menembus lebih dalam ke dalam kulit.

3. Konsentrasi Bahan Aktif

Essence memiliki bahan aktif dengan konsentrasi yang tinggi untuk menghidrasi, melindungi, dan meningkatkan kesehatan kulit secara keseluruhan. Kandungan bahan aktif ini termasuk asam hialuronat atau peptida.

Serum umumnya mengandung beberapa bahan aktif utama untuk mengatasi masalah tertentu seperti mencerahkan, bintik hitam, atau garis halus. Bahan aktif tersebut biasanya ditemukan pada konsentrasi yang lebih tinggi dalam serum dibandingkan krim pelembap.

Baca Juga: Rekomendasi Skincare untuk Merawat Kulit Usia 30 Tahun ke Atas, Samarkan Tanda Penuaan!

Mana yang Cocok untuk Anda? Essence atau Serum?

Essence dan serum bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit yang sama seperti garis-garis halus dan tanda-tanda penuaan, jerawat, atau kulit kering. Bagi beberapa orang mungkin akan mengalami lebih banyak perbedaan setelah menggunakan serum, sedangkan yang lain mungkin merasakan ketidakcocokan, sehingga essence bisa menjadi penggantinya.

Misalnya, apabila ingin menghidrasi di kulit tetapi kulit Anda tidak mampu mentolerir produk yang tebal, cobalah serum dan rasakan apakah Anda suka dengan ketebalannya. Apabila masih terasa terlalu tebal, Anda bisa menggunakan essence.

Jika ingin produk dengan efek anti-penuaan, tetapi kulit yang sangat sensitif, dokter kulit atau klinik kecantikan mungkin menyarankan untuk memilih essence ketimbang serum untuk meminimalkan iritasi dari bahan terkonsentrasi, seperti retinol.

Baca juga: Tanda dan Cara Merawat Kulit Sensitif

Essence dan serum memiliki fungsi yang sama karena keduanya bermanfaat melembapkan kulit. Agar mendapatkan hasil yang baik, sebaiknya jangan menggunakan serum atau essence secara bersamaan, akan lebih baik mengutamakan produk yang ingin diaplikasikan berdasarkan jenis kulit dan masalah kulit Anda miliki.

Untuk merawat kulit kering, sebaiknya menggunakan serum yang bertekstur lebih kental dan kaya akan kandungan di dalamnya, sehingga mampu bekerja lebih baik dalam melembapkan kulit. Namun, jika kurang nyaman oleh efek serum yang terlalu keras dan membuat Anda kurang nyaman, pilihlah essence dengan konsentrasi dan teksturnya lebih ringan untuk melembapkan kulit. 

Nah, itulah perbedaan antara essence dan serum yang perlu Anda ketahui, terutama  jika Anda yang baru memulai menggunakannya. Apabila tertarik mencoba essence atau serum atau keduanya tetapi masih bingung atau ragu, sebaiknya konsultasikan ke dokter kulit atau klinik kecantikan untuk mendapatkan saran yang sesuai untuk kondisi kulit Anda. 

Chat dengan dokter rekanan Farmaku di sini untuk berkonsultasi seputar kesehatan kulit, termasuk masalah kulit dan cara mengatasinya

Healthline. Diakses pada 30 Mei 2024. What Are the Benefits of Using a Face Serum?. https://www.healthline.com/health/benefits-of-face-serum#_noHeaderPrefixedContent
Healthline. Diakses pada 30 Mei 2024. About Essence for Skin Care: How to Use & How It Differs from Toners and Serums. https://www.healthline.com/health/what-is-essence#about
Intothegloss. Diakses pada 30 Mei 2024. Face Serum, The FAQs. https://intothegloss.com/2016/03/what-is-serum/

Prevention. Diakses pada 30 Mei 2024. What’s the Difference Between a Facial Serum and Essence, Anyway?. https://www.prevention.com/beauty/skin-care/a25694358/essence-vs-serum/

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kulit & Kecantikan