Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Batuk Terus-Menerus setelah Sembuh dari COVID-19? Ini Obatnya

gambar batuk berkepanjangan setelah covid

Batuk-batuk setelah COVID-19 sering kali menjadi keluhan pada Anda yang telah sembuh dari penyakit ini. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir karena kondisi tersebut dapat diatasi dengan mengonsumsi obat batuk.

Rekomendasi Obat Batuk Setelah COVID-19 yang Ampuh

Meski sebagian orang terinfeksi virus corona akan sembuh, sekitar 10-20 persen pasien mengalami gejala berkelanjutan atau dikenal sebagai long covid. Batuk berkepanjangan usia sembuh dari COVID-19 biasanya berlangsung dalam hitungan hari hingga minggu. 

Batuk yang umumnya tidak disertai dahak ini terjadi karena tubuh masih bekerja membersihkan sisa-sisa peradangan setelah terinfeksi virus corona. 

Tidak perlu khawatir, berikut beberapa merek obat batuk kering dan alergi yang bisa Anda gunakan untuk meredakan kondisi tersebut, di antaranya: 

1. Sanadryl Dmp Syrup

Sanadryl Dmp Syrup

Sanadryl DMP dapat digunakan untuk membantu mengobati batuk kering. Beberapa kombinasi bahan aktif yang terkandung di dalam obat bertindak sebagai antitusif dan antihistamin sehingga keinginan untuk batuk dapat berkurang.

Umumnya, obat ini digunakan untuk meringankan keluhan batuk yang disebabkan oleh alergi. Namun, Anda juga dapat menggunakannya saat batuk kering terjadi setelah sembuh dari COVID-19.

Sanadryl dapat dikonsumsi sesudah makan. Dosis orang dewasa, yaitu 3 kali sehari sebanyak 2 sendok takar. Sementara untuk anak-anak usia 6-12 tahun, dosisnya adalah 1 sendok takar, 3 kali sehari.

Beli Sanadryl dmp Syrup 60 ml di Sini
Beli Sanadryl dmp Syrup 120 ml di Sini

2. Woods Antitussive

Woods Antitussive

Woods Antitusif Sirup berkhasiat untuk mengatasi batuk kering yang disebabkan oleh alergi. Obat ini juga dapat menjadi pilihan saat Anda mengalami batuk-batuk setelah COVID-19.

Kandungan dextrometorfan HBr yang dikombinasikan dengan diphenhydramine HCI di dalamnya efektif untuk mengobati batuk kering akibat alergi, seperti tenggorokan gatal, hidung tersumbat, dan bersin-bersin. 

Woods Antitussive aman digunakan untuk orang dewasa dan anak-anak. Tentunya dengan dosis dan aturan pakai sesuai dengan kemasan atau petunjuk dokter. 

Beli Woods Antitussive Syrup 60 ml di Sini

Beli Woods Antitussive 100 ml di Sini

3. Benadryl Original

Benadryl Original

Obat batuk berkepanjangan usai COVID-19 lainnya yang bisa digunakan yaitu Benadryl Original. Obat ini dapat membantu meredakan batuk dan gejala lain yang timbul pada saluran pernapasan.

Benadryl memang dapat dikonsumsi tanpa resep dokter. Namun, perhatikan aturan pakai dan dosis penggunaan obat dengan baik.

Setelah mengonsumsi obat ini, Anda sebaiknya menghindari mengemudi atau melakukan aktivitas yang membutuhkan kewaspadaan tinggi. Pasalnya, diphenhydramine di dalam obat dapat menyebabkan kantuk.

Beli Benadryl Original Syrup 50 ml di Sini

4. Alco Plus Dmp

Alco Plus Dmp

Alco Plus Dmp merupakan pilihan obat untuk meredakan batuk long COVID-19. Obat ini bekerja dengan menyempitkan pembuluh darah dan pembengkakan pada daerah hidung sehingga pernapasan menjadi lega. 

Obat ini berfungsi sebagai antihistamin (antialergi) yang mampu menekan dorongan untuk batuk. Selain mengatasi batuk kering, produk ini cocok untuk bersin-bersin dan hidung tersumbat. 

Pasien dengan indikasi hipertensi, stroke, dan insomnia sebaiknya konsultasi dengan dokter sebelum minum obat ini. 

Beli Alco Plus Dmp 100 ml di Sini

5. Comtusi Sirup

Comtusi Sirup 100 ml

Pada beberapa kondisi, batuk setelah sembuh dari COVID-19 mungkin dapat menimbulkan dahak. Jika ini terjadi, dokter umumnya dapat meresepkan comtusi untuk meredakannya. 

Comtusi adalah obat dengan kandungan oxomemazine dan guaifenesin sebagai bahan aktifnya. Kedua kandungan ini bekerja dengan menipiskan dan melonggarkan lendir di saluran napas sehingga napas jadi lebih mudah.

Agar tidak dehidrasi, pastikan Anda minum air yang cukup selama mengonsumsi obat ini. Selain itu, Comtusi tergolong obat keras sehingga hanya bisa didapatkan dengan resep dokter.

Beli Comtusi Syrup 60 ml di Sini
Beli Comtusi Syrup 100 ml di Sini

6.  Vectrine Dry

Vectrine Dry

Vectrine mengobati gangguan saluran pernapasan akut dan kronis (jangka panjang), termasuk kondisi bronkitis kronis. 

Obat ini mengandung zat aktif erdosteine, sejenis obat yang digunakan untuk mengencerkan dahak kental agar mudah dikeluarkan. 

Kelebihan lainnya yaitu obat ini mampu melindungi dinding tenggorokan dari infeksi bakteri dan iritasi. 

Dosis dan penggunaan vectrine harus dengan resep dokter. Pasalnya, Vectrine Dry termasuk golongan obat keras.

Beli Vectrine Dry Syrup 60 ml di Sini

7. Vestein Dry

Vestein Dry 60 ml

Hampir sama dengan obat batuk akibat long COVID-19 sebelumnya, Vestein Dry Syrup juga mengandung erdosteine. Bahan aktif yang dikenal memiliki fungsi antiinflamasi, antibakteri, dan antioksidan.

Maka dari itu, Vestein Dry efektif untuk mengencerkan dahak pada saluran pernapasan. Konsumsi obat ini dapat membantu dahak jadi lebih cepat dikeluarkan ketika batuk. 

Beli Vestein Dry Syrup 60 ml di Sini

Nah, itulah berbagai obat yang bisa Anda konsumsi jika mengalami batuk berkepanjangan setelah terkena COVID-19. Selama pengobatan, pastikan untuk tetap menjaga pola makan dan konsumsi vitamin agar daya tahan tubuh segera pulih.

Jangan lupa, penuhi kebutuhan produk kesehatan Anda di Farmaku dan nikmati berbagai promo spesial setiap minggunya. Download aplikasinya sekarang juga!

Baca juga:

CDC. 2023. Long COVID or Post-COVID Conditions. https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/long-term-effects/index.html. (Diakses pada 14 Desember 2023).
NHS. 2023. Long Covid: Cough. https://nhsinform.scot/long-term-effects-of-covid-19-long-covid/signs-and-symptoms/long-covid-cough/. (Diakses pada 14 Desember 2023).
WHO. 2021. Episode #47 - Post COVID-19 Condition. https://www.who.int/podcasts/episode/science-in-5/episode--47---post-covid-19-condition. (Diakses pada 14 Desember 2023).

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait COVID-19