Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

15 Pilihan Obat Batuk Berdahak Terbaik di Apotek

gambar obat batuk berdahak

Batuk berdahak biasanya ditandai dengan adanya lendir atau dahak dari saluran pernapasan yang menumpuk di tenggorokan. Untuk mengobatinya, Farmaku telah merangkum beberapa merek obat batuk berdahak paling ampuh yang bisa dicoba.

Obat Batuk Berdahak di Apotek

Gejala batuk berdahak cukup mengganggu, biasanya disertai sakit tenggorokan, sesak napas, hidung tersumbat dan beringus, serta rasa mengganjal di tenggorokan.

Berikut ini daftar obat batuk berdahak yang bisa bantu encerkan lendir dan melegakan tenggorokan:

1. Bisolvon Extra

Bisolvon Extra

Obat batuk bentuk sirup dari Bisolvon mengandung kombinasi dua bahan utama, yaitu guaifenesin dan bromhexine HCl. Keduanya bekerja dan saling melengkapi untuk meredakan batuk berdahak serta mempermudah proses mengeluarkan dahak. 

Penggunaan obat ini memiliki efek samping, yaitu sakit kepala, vertigo, alergi berupa ruam kulit, dan gangguan saluran pencernaan.

Bagi penderita asam lambung, penggunaan Bisolvon Extra harus diperhatikan baik-baik.

Beli Bisolvon Extra Syrup 60 ml di Sini

Beli Bisolvon Extra Syrup 125 ml di Sini

2. Bodrex Flu & Batuk Berdahak

Bodrex Flu & Batuk Berdahak

Bodrex Flu & Batuk Berdahak cocok untuk Anda yang menginginkan obat batuk berdahak tanpa rasa kantuk. Obat ini mengandung bromhexine HCL, guaifenesin, phenylephrine HCL, dan paracetamol.

Tidak hanya mengobati batuk berdahak, obat ini juga dapat meredakan gejala flu seperti sakit kepala, demam, bersin-bersin, dan hidung tersumbat.

Beli Bodrex Flu & Batuk Berdahak 4S di Sini

3. Siladex Me

Siladex ME Sirup

Siladex Mucolytic & Expectorant dapat digunakan untuk mengobati batuk berdahak. Obat ini dapat mengurangi mengurangi dan mengencerkan dahak.

Siladex Mucolytic mengandung zat aktif Bromhexin HCl dan Guaifenesin yang bekerja sebagai iritan pada saluran pernapasan agar dahak atau lendir lebih mudah dikeluarkan dari saluran pernapasan.

Fungsi kedua bahan aktif tersebut adalah ekspektoran, yaitu pengencer dahak atau lendir pada saluran pernapasan. Dahak yang lebih encer akan lebih mudah dikeluarkan bersamaan dengan batuk.

Selain aman bagi penderita diabetes karena bebas gula, obat ini juga tidak menimbulkan rasa kantuk setelah mengkonsumsinya.

Beli Siladex ME Syrup 60 ml di Sini

4. Woods Expectorant

Woods Expectorant

Woods Expectorant merupakan salah satu obat batuk berdahak yang dapat dengan mudah Anda temukan di apotek.

Obat batuk berdahak Woods Expectorant mengandung dua bahan aktif, yaitu bromhexine HCl dan guaifenesin. Kedua bahan ini dapat mengencerkan dahak atau lendir pada saluran pernapasan sehingga lebih mudah dikeluarkan bersamaan dengan batuk. 

Efek samping yang dapat ditimbulkan dari penggunaan obat ini, yaitu mual, gatal, dan ruam kulit.

Beli Woods Expectorant Syrup 60 ml di Sini

5. OBH Ika

OBH Ika

Obat batuk berdahak selanjutnya yakni OBH Ika. Obat ini dapat mengatasi gangguan pada saluran pernapasan yang disebabkan oleh produksi dahak berlebih.

Obat ini mengandung succus liquiritiae, ammonium chloride, dan SASA (Solutio ammoniae spirituosa anisata). Bahan-bahan ini berkhasiat untuk mengencerkan dahak, sekaligus menyegarkan tenggorokan dengan sensasi dingin.

Beli OBH Ika 100 ml di Sini
Beli OBH Ika 200 ml di Sini

6. OBH Combi

OBH Combi

OBH Combi dikenal sebagai obat herbal untuk meredakan gejala flu. Namun, obat ini dapat juga digunakan untuk mengatasi batuk berdahak.

Obat ini mengandung Succus liquiritiae, Ammonium chloride, dan Ethanol. Bahan-bahan aktif tersebut bekerja dengan membantu mengeluarkan dahak.

Meski herbal, perlu diingat bahwa obat ini memiliki efek samping, yaitu timbul rasa kantuk dan gangguan pencernaan yang ringan. Jadi, pastikan untuk mengonsumsi obat ini sesuai dengan aturan penggunaan yang tertera pada kemasan.

OBH Combi Batuk Berdahak Menthol 7.5 ml Sachet

OBH Combi Batuk Berdahak Menthol Syrup 100 ml

7. Bodrex Flu & Batuk Berdahak PE

Bodrex Flu & Batuk Berdahak PE

Bodrex Flu & Batuk adalah obat yang dapat membantu meredakan flu yang disertai dengan batuk berdahak.

Obat ini mengandung bahan Paracetamol, Bromhexine HCL, Pseudoephedrine HCl, dan Glyceryl Guaiacolate. Seluruh kandungan tersebut akan mengencerkan dahak sehingga mempermudah pengeluaran dahak melalui batuk.

Selain itu, Bodrex Flu & Batuk juga berkhasiat untuk mengurangi frekuensi batuk dan melegakan pernapasan.

Bodrex Flu & Batuk Berdahak PE Syrup 60 ml

8. Actifed Plus (Hijau) Syrup 60 ml

Actifed Plus (Hijau) Syrup 60 ml

Obat untuk mengatasi batuk berdahak berikutnya adalah Actifed Plus Hijau. Varian Actifed Plus yang satu ini dapat mengatasi pilek dan batuk berdahak.

Obat ini mengandung triprolidine yang bekerja sebagai antagonis kompetitif untuk reseptor histamin H1. Dengan demikian, konsumsi obat dapat menekan sistem saraf pusat sehingga menyebabkan kantuk.

Sementara itu, kandungan pseudoephedrine di dalam obat mempunyai aktivitas simpatomimetik langsung dan tidak langsung. Kandungan ini juga merupakan dekongestan saluran napas bagian atas.

Di sisi lain, guaiphenesin di dalam obat bekerja sebagai ekspektoran yang dapat mengencerkan dan mengeluarkan dahak.

Beli Actifed Plus (Hijau) Syrup 60 ml di Sini

9. Konidin

Konidin Strip

Konidin merupakan obat yang dapat mengobati berbagai jenis batuk, termasuk batuk berdahak, kering, baik akibat alergi, dan menuntaskan sisa-sisa bronkitis. 

Obat ini memiliki kandungan guaifenesin, dextromethorphan HBr, dan chlorpheniramine maleate. Bahan-bahan aktif ini dapat membantu mengencerkan dahak, mengurangi frekuensi batuk, serta meredakan batuk dan pilek akibat alergi. 

Beli Konidin di Sini

10. Bisolvon Tablet

Bisolvon Tablet

Bisolvon tablet merupakan solusi bagi Anda yang ingin praktis dalam membawa obat  batuk berdahak ke mana saja.

Obat ini mengandung bromhexine yang bekerja dengan cara mengencerkan dahak pada saluran pernapasan. Dengan begitu, aktivitas harian Anda tidak terganggu.

Bisolvon tablet dapat dikonsumsi tanpa resep dokter. Namun, selalu perhatikan aturan pakai obat yang tertera pada kemasan.

Beli Bisolvon 8 mg Blister 10 Tablet di Sini

11. Mucos

Mucos Tablet

Salah satu obat batuk berdahak yang tersedia di apotek adalah Mucos. Obat ini mengandung bahan aktif ambroxol yang bekerja dengan cara mengencerkan dahak.

Mucos berfungsi sebagai agen mukolitik yang dapat memudahkan pengeluaran dahak, seperti pada kondisi asma bronkial, infeksi saluran pernapasan, dan bronkitis kronis.

Karena termasuk obat keras, penggunaan Mucos harus sesuai dengan anjuran dan resep yang diberikan oleh dokter.

Beli Mucos Tablet di Sini

Beli Mucos Drop 20 ml di Sini

Beli Mucos Syrup 60 ml di Sini

12. Decadryl Expectorant

 

Decadryl merupakan obat untuk batuk berdahak yang disebabkan oleh alergi. Senyawa aktif diphenhydramine yang terkandung di dalam obat ini berperan sebagai antihistamin yang secara luas berfungsi menangani kondisi alergi.

Selain kandungan itu, Decadryl dilengkapi dengan expectorant yang dikenal ampuh membersihkan dahak di saluran pernapasan.

Obat ini bisa didapatkan tanpa rekomendasi dari dokter. Hanya saja, perhatikan dengan baik aturan penggunaan obat yang tertera dalam kemasan.

Beli Decadryl Expectorant Syrup 120 ml di Sini

13. Sanadryl Expectorant

Sanadryl Expectorant

Obat batuk berdahak berikutnya yang dapat diperoleh  secara bebas adalah Sanadryl Expectorant. Obat ini mengandung difenhidramin yang mampu mengatasi tenggorokan gatal dan batuk-batuk.

Tidak hanya itu, Sanadryl juga mengandung kalium sulfoguaiakolat yang bekerja dengan cara mengencerkan dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan melalui batuk.

Biasanya, Sanadryl digunakan pada kasus batuk berdahak yang disebabkan oleh alergi.

Beli Sanadryl Expectorant Syrup 60 ml di Sini

Beli Sanadryl Expectorant Syrup 120 ml di Sini

14. Mucohexin

Mucohexin

Mucohexin adalah obat batuk berdahak yang mengandung bromhexine hydrochloride. Obat ini berkhasiat untuk mengencerkan dahak.

Mucohexin dapat digunakan untuk mengatasi batuk berdahak akibat infeksi saluran pernapasan, seperti flu, batuk pilek, atau bronkitis kronis.

Obat ini bekerja dengan cara memecah ikatan-ikatan di dalam dahak yang menjadikannya kental. Dengan begitu, dahak dapat dikeluarkan lebih mudah.

Beli Mucohexin 8 mg Strip 4 Tablet di Sini

15. Ambroxol

Ambroxol

Ambroxol adalah obat pengencer dahak yang dapat diresepkan oleh dokter. Obat ini dapat membantu mengatasi gangguan saluran pernapasan yang tersumbat oleh dahak.

Ambroxol bekerja dengan cara mengencerkan dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan dari tenggorokan saat batuk. Dengan demikian, saluran pernapasan menjadi lebih terbuka dan terasa lega.

Obat ini dapat menyebabkan sejumlah efek samping, seperti sensasi panas di dada, dispepsia, mual, dan mulut kering.

Beli Ambroxol 15 mg/5 ml Syrup 60 ml Berno di Sini

Beli Ambroxol 30 mg Tablet KF di Sini

Beli Ambroxol 30 mg Tablet Promed di Sini

Nah, itulah beberapa rekomendasi obat batuk berdahak yang bisa Anda coba untuk mengencerkan dahak dan melegakan tenggorokan. Penuhi ketersediaan obat batuk berdahak dan produk kesehatan lainnya di Farmaku.

Anda dapat berkonsultasi kepada dokter rekanan Farmaku via chat untuk mendapatkan rekomendasi obat batuk berdahak yang tepat sesuai dengan kondisi Anda. Download aplikasinya sekarang juga!

Baca juga:

WebMD Editorial Contributors. 2023. A Guide to Cough Medicine. https://www.webmd.com/cold-and-flu/cough-syrup-cough-medicine. (Diakses pada 22 November 2023).

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan