Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

7 Pilihan Obat Batuk Berdahak Terbaik di Apotek

obat batuk berdahak terbaik

Batuk memiliki dua jenis, yaitu batuk kering dan batuk berdahak. Batuk berdahak biasanya ditandai dengan adanya lendir atau dahak dari saluran pernapasan yang menumpuk di tenggorokan. Untuk mengobatinya, Farmaku merangkum beberapa merek obat batuk berdahak paling ampuh yang bisa dicoba.

Obat Batuk Berdahak di Apotek

Batuk berdahak adalah kondisi saat saluran pernapasan terinfeksi sehingga memproduksi lendir lebih banyak dan sulit dikeluarkan. Gejala batuk berdahak cukup mengganggu, biasanya disertai sakit tenggorokan, sesak napas, hidung tersumbat dan beringus, serta rasa mengganjal di tenggorokan.

Berikut ini daftar obat batuk berdahak yang bisa bantu encerkan lendir dan melegakan tenggorokan:

1. Bisolvon Extra Obat Batuk Berdahak

Obat batuk berdahak bisolvon

Obat batuk sirup dari Bisolvon ini mengandung kombinasi dua bahan utama, yaitu Guaifenesin dan Bromhexine. Kandungan Bromhexine bekerja dengan cara mengencerkan dahak. Sedangkan Guaifenesin bekerja dengan cara meningkatkan aliran di sepanjang saluran pernapasan.

Dua kandungan tersebut bekerja dan saling melengkapi untuk meredakan batuk berdahak serta mempermudah proses mengeluarkan dahak. Meski begitu, penggunaan obat memiliki efek samping, yaitu sakit kepala, vertigo, alergi berupa ruam kulit, dan gangguan saluran pencernaan. Bagi penderita asam lambung, penggunaan Bisolvon Extra harus diperhatikan baik-baik.

Sedangkan untuk ibu hamil, obat ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi selama masa kehamilan tiga bulan pertama. Untuk penggunaan obat ini bersamaan dengan antibiotika seperti sefuroksim, amoksilin, doksisiklin, dan eritromisin dapat meningkatkan konsentrasi kerja dari antibiotik tersebut.

Obat ini hadir dalam dua kemasan, yaitu botol isi 60 ml dan 125 ml. Anda bisa mendapatkan obat ini di apotik terdekat atau online seperti Farmaku.com.

Beli Bisolvon Extra di Sini

2. Bodrex Flu & Batuk Berdahak

Bodrex obat batuk berdahak

Cari obat batuk berdahak tanpa bikin ngantuk? FarmFriends bisa mencoba Bodrex Flu & Batuk Berdahak PE. Obat ini mengandung Bromhexine Hcl, Guaifenesin, Phenylephrine HCL, dan Paracetamol.

Tidak hanya mengobati batuk berdahak, obat ini juga dapat meredakan gejala flu seperti sakit kepala, demam, bersin-bersin, dan hidung tersumbat.

Beli Bodrex Flu & Batuk Berdahak di Sini

3. Obat Batuk Bisolvon Kids

obat batuk berdahak anak

Selain menghadirkan obat batuk berdahak untuk dewasa, Bisolvon juga memiliki obat batuk berdahak untuk anak, yaitu Bisolvon Kids. Obat batuk pengencer dahak anak ini memiliki rasa stroberi yang bebas gula dan berbentuk sirup. Obat ini mengandung bahan Bromhexine yang dapat bekerja dengan cara mengencerkan dahak di saluran pernapasan.

Bisolvon Kids cocok dikonsumsi bagi anak-anak dengan usia mulai dari dua tahun ke atas atau anak-anak yang menderita diabetes.

Secara umum, obat ini dapat diterima anak-anak, namun obat ini memiliki efek samping yang mungkin muncul, seperti gangguan pernapasan, ruam atau gangguan kulit, hingga reaksi sensitif terhadap kekebalan tubuh.

Beli Obat Batuk Bisolvon Kids di Sini

4. Siladex Me Batuk Berdahak

Siladex Me Batuk Berdahak

Obat batuk bebas alkohol dan bebas gula ini mengandung Bromhexine HCL dan Guaifenesin. Kedua kandungan tersebut berguna untuk mengencerkan dahak sekaligus membantu mempermudah pengeluaran dahak dari tenggorokan.

Selain aman bagi penderita diabetes karena bebas gula, obat ini juga tidak menimbulkan rasa kantuk setelah mengkonsumsinya. Siladex Mucolytic & Expectorant hadir dalam tiga ukuran botol, yaitu isi 100 ml, 60 ml, dan 30 ml.

Beli Siladex Me Batuk Berdahak di Sini

5. OBH Combi Batuk Berdahak

Obat batuk berdahak produksi Combiphar ini memiliki kandungan ekstrak Succus liquiritiae, minyak adas manis, amonium Klorida, kristal mentol, amon liquid, minyak peppermint, dan alkohol.

Selain meredakan gejala flu, OBH Combi Batuk Berdahak juga dapat membantu mengobati batuk berdahak. Namun, perlu diingat bahwa obat ini memiliki efek samping, yaitu timbul rasa kantuk dan gangguan pencernaan yang ringan.

Beli OBH Combi Batuk Berdahak di Sini

6. Obat Batuk Berdahak Bisolvon Tablet

obat batuk berdahak tablet

Bisolvon tablet merupakan solusi bagi Anda yang ingin praktis dalam membawa obat ke mana saja. Obat ini juga mengandung Bromhexine yang bekerja dengan cara mengencerkan dahak pada saluran pernapasan supaya tidak mengganggu aktivitas harian.

Sama seperti Bisolvon cair, obat ini juga memiliki efek samping yang mungkin muncul, yaitu ruam atau gangguan kulit, gangguan sistem pencernaan, reaksi sensitif kekebalan tubuh, dan gangguan pernapasan.

Obat Batuk Berdahak Bisolvon Tablet di Sini

7. Mucos Drops

Mucos Drops

Obat batuk sirup ini mengandung bahan aktif Ambroxol. Kandungan tersebut berguna untuk mengencerkan dahak atau lendir pada saluran pernapasan sehingga lendir mudah dikeluarkan dari saluran pernapasan. Selain itu, kandungan tersebut juga dapat membantu membersihkan saluran pernapasan.

Selain digunakan untuk mengobati penyakit saluran pernapasan seperti asma bronkial, radang paru kronis, dan kerusakan pada alveolus (emfisema), obat ini juga bisa mengencerkan dahak.

Seperti obat batuk lainnya, Mucos juga memiliki efek samping yang mungkin terjadi seperti mual, diare atau muntah, tenggorokan atau mulut terasa kering, hingga rasa tidak nyaman pada perut.

Beli Mucos Drops di Sini

Nah, itulah beberapa rekomendasi obat batuk berdahak yang bisa Anda coba untuk mengencerkan dahak dan melegakan tenggorokan. Anda bisa pesan dan beli obat batuk berdahak di apotek online di Farmaku.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan