Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

11 Tips Pola Hidup Sehat yang Harus Anda Coba

Menjaga kesehatan secara keseluruhan sangat penting agar terhindari dari penyakit. Namun, pekerjaan dan rutinitas membuat sebagian besar orang sulit menyempatkan waktu untuk beristirahat, menjalani pola makan sehat, dan berolahraga. Seiring waktu pola hidup demikian dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan. 

Meskipun di tengah kesibukan, sebaiknya lakukan perubahan dengan menerapkan pola hidup sehat. Ada banyak manfaat pola hidup sehat yang bisa Anda dapatkan jika rutin dan konsisten melakukannya. Nah, ada baiknya ketahui cara menerapkan pola hidup sehat dalam ulasan yang dijelaskan di bawah ini. 

Langkah Mewujudkan Pola Hidup Sehat dan Tidak Mudah Sakit

Menjadikan kebiasaan sehat sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari berarti Anda cenderung tidak terkena penyakit, baik itu diabetes, penyakit jantung, atau bahkan kanker. Namun menjalani pola hidup sehat memerlukan usaha yang terus-menerus dan konsisten.

Berikut ini langkah-langkah untuk melakukan pola hidup sehat, di antaranya:

1. Memahami Kondisi Kesehatan Terkini

Ketahui kondisi tubuh dengan mengenali tanda-tandanya. Saat sedang tidak dalam kondisi paling sehat, Anda mungkin merasa tidak enak badan, merasa lelah, sistem pencernaan tidak berfungsi sebagaimana biasanya, atau merasa sepertinya masuk angin. Secara mental, Anda mungkin tidak mampu berkonsentrasi dan merasa cemas atau depresi.

Dengan mengenali kondisi kesehatan tubuh, Anda menentukan dan memilih gaya hidup sehat. Alangkah baiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai perubahan pola hidup baru.

2. Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsilah kombinasi makanan sehat yang berbeda,seperti buah-buahan, sayuran, polong-polongan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. 

Orang dewasa dianjurkan makan setidaknya lima porsi atau setara 400 gram buah dan sayuran per hari. Pastikan perbanyak asupan buah dan sayuran dengan menambahkan sayuran ke dalam menu makanan, serta makan buah dan sayur segar sebagai camilan 

Manfaat mengonsumsi makanan sehat dapat mengurangi risiko malnutrisi (gizi buruk) dan penyakit tidak menular seperti diabetes, penyakit jantung, stroke, dan kanker.

Baca juga: Gerakan Workout yang Mudah Dilakukan Pemula di Rumah

3. Kurangi Asupan Gula dan Garam

Asupan natrium dua kali lipat dari jumlah yang disarankan dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi (hipertensi), yang pada gilirannya meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Sebagian besar orang mendapatkan natrium melalui garam. 

Sebaiknya kurangi asupan garam menjadi 5 gram per hari atau setara dengan sekitar satu sendok teh. Hindari juga natrium yang terkandung dalam bumbu atau makanan, seperti kecap ikan, bumbu tinggi sodium, dan camilan asin.

Mengonsumsi gula dalam jumlah berlebihan juga dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi dan penambahan berat badan yang tidak sehat. Sebaiknya kurangi asupan gula hingga kurang dari 10% dari total asupan energi, setara dengan 50 gram atau sekitar 12 sendok teh untuk orang dewasa.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan konsumsi kurang dari 5% total asupan energi untuk mendapatkan manfaat kesehatan tambahan. Kurangi asupan gula dengan membatasi konsumsi camilan manis, permen, dan minuman manis.

4. Cukupi Cairan Tubuh

Minum air yang cukup bukan hanya menghilangkan dahaga, tetapi juga membantu menjaga tubuh dan otak tetap bekerja dengan baik. Tidak hanya itu, berikut ini manfaat lain minum cukup air:

  • Memperbaiki pencernaan.
  • Meningkatkan energi.
  • Mengurangi nyeri sendi
  • Meningkatkan kesehatan jantung.

Rekomendasi tentang berapa banyak air yang harus diminum per hari berbeda-beda, tetapi minum sebanyak 8 dan 13 gelas sehari adalah target yang baik.

Pastikan minum air yang bersih atau yang telah dimasak, karena minum air yang tidak aman dapat menyebabkan penyakit yang ditularkan melalui air seperti kolera, diare, hepatitis A, tipus, dan polio.

5. Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup dan nyenyak sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Saat tidur, tubuh sebenarnya sedang menyelesaikan sejumlah tugas penting, seperti menjaga fungsi tubuh, memperbaiki jaringan otot, memulihkan energi, dan memproses ingatan dan informasi baru di otak.

Apabila kurang tidur, Anda mungkin mudah tersinggung, emosional, dan sulit fokus. Jika kurang tidur menjadi kronis, hal ini bahkan bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, dan depresi. Jadi pastikan untuk tidur selama antara 7 dan 9 jam setiap malam.

6. Manajamen Stres

Sering mengalami stres dapat memicu berbagai penyakit mulai dari migrain hingga masalah jantung. Oleh sebab itu, sebaiknya cari cara untuk menghilangkan stres, misalnya dengan menonton film lucu, melakukan hobi, melukis, berjalan-jalan, berkebun, mendengarkan musik, atau berendam di bak mandi.

Cara lain yang efektif untuk menghilangkan stres adalah berbicara dengan teman dan anggota keluarga Anda. Berbagi perasaan dengan orang yang Anda percayai dapat membantu meredakan stres dengan segera dan membantu melepaskan ketegangan.

Baca Juga: Rekomendasi Vitamin yang Mengandung Zinc, Buat Tubuh Lebih Sehat

7. Rajin Cuci Tangan

Menjaga kebersihan tangan sangat penting bagi siapa pun. Tangan yang bersih dapat mencegah penyebaran penyakit menular. 

Sebaiknya sesering mungkin mencuci tangan dengan sabun dan air atau menggunakan pembersih berbahan dasar alkohol merupakan cara sederhana yang efektif untuk menghentikan penyebaran infeksi.

Pastikan untuk mencuci tangan sebelum membuat atau menyantap makanan, setelah makan, setelah menangani produk limbah, setelah menggunakan kamar mandi, dan saat merawat orang yang sakit.

8. Lakukan Olahraga Rutin

Olahraga dan aktivitas yang dilakukan saat bekerja, bermain, melakukan pekerjaan rumah tangga, bepergian, dan melakukan kegiatan rekreasi, memberikan manfaat bagi tubuh. 

Intensitas olahraga yang Anda butuhkan bergantung pada kelompok usia, namun orang dewasa berusia 18-64 tahun sebaiknya melakukan olahraga intensitas sedang setidaknya 150 menit sepanjang minggu. 

Tingkatkan aktivitas fisik intensitas sedang hingga 300 menit per minggu untuk mendapatkan manfaat kesehatan tambahan.

9. Menjaga Kebersihan Rumah

Rumah dalam keadaan bersih sangat penting untuk kesehatan. Manfaat rumah bersih terbukti secara ilmiah, sebaliknya rumah yang kotor dan berantakan bisa berdampak buruk bagi kesehatan, dampaknya baik secara fisik maupun mental.

Sebagai contoh ketika Anda sampai di rumah setelah seharian bekerja dan melihat rumah kotor dan tidak teratur. Kondisi demikian membuat Anda merasa stres dan menurunkan mood. Berada di tempat yang kotor dapat menyebabkan alergi, gangguan pernapasan, dan peradangan kulit.

10. Hindari Kebiasaan Buruk

Memiliki kebiasaan yang buruk tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental Anda. Oleh sebab itu, hindari kebiasaan buruk yang sering Anda lakukan.

Kebiasaan buruk yang perlu dihindari termasuk merokok, minum alkohol, begadang, makan makanan cepat saji, jarang olahraga, terlalu banyak makan, dan memainkan handphone sebelum tidur. 

Baca Juga: Rekomendasi Vitamin Penambah Stamina Agar Tubuh Tetap Bugar dan Fit

11. Rutin Medical Check Up

Pemeriksaan fisik tahunan dan pembersihan gigi dua tahunan penting untuk menjaga kesehatan. 

Penting juga untuk melakukan pemeriksaan kesehatan yang harus Anda jalani, seperti mammogram payudara atau kolonoskopi. Pemeriksaan ini dapat mendeteksi penyakit sejak dini sehingga lebih mudah untuk diobati. 

Mendapatkan vaksinasi terkini juga dapat membantu mencegah infeksi atau penyakit tertentu. Untuk itu, sebaiknya menjadwalkan pemeriksaan rutin ke dokter dan dokter gigi yang merupakan salah satu cara terbaik untuk mempertahankan pola hidup sehat.

Itu dia berbagai tips untuk melakukan pola hidup sehat yang dapat membantu Anda menjaga kesehatan dan terhindar dari berbagai penyakit. Hal yang paling penting adalah melakukannya dengan disiplin untuk mendapatkan manfaat secara maksimal.

Selain itu, konsultasi ke dokter tentang gaya hidup sehat sesuai kondisi kesehatan Anda. Chat dengan dokter rekanan Farmaku di sini untuk konsultasi seputar kesehatan Anda secara keseluruhan.

Healthline. Diakses pada 15 Maret 2024. 12 Tips for Maintaining a Healthy Lifestyle. https://www.healthline.com/health/how-to-maintain-a-healthy-lifestyle

Medicinenet. Diakses pada 15 Maret 2024. What Are 10 Tips for a Healthy Lifestyle?. https://www.medicinenet.com/what_are_10_tips_for_a_healthy_lifestyle/article.htm

WHO. Diakses pada 15 Maret 2024. 20 health tips for 2020. https://www.who.int/philippines/news/feature-stories/detail/20-health-tips-for-2020

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan