Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Panduan Lengkap Jalani Pola Hidup Sehat yang Baik dan Benar

Memiliki tubuh yang sehat dan bugar merupakan impian setiap orang. Sayangnya, kesibukan dan rutinitas membuat sebagian besar orang lupa menyisihkan waktu mereka untuk beristirahat, menerapkan pola makan sehat, dan berolahraga. Jika gaya hidup seperti ini terus dilakukan, bukan tidak mungkin perlahan kesehatan Anda akan terganggu.

Oleh karena itu, menerapkan pola hidup sehat menjadi penting untuk dilakukan guna mencegah terserang penyakit, terutama di tengah pandemi seperti ini. Banyak manfaat pola hidup sehat yang dapat Anda rasakan ketika secara rutin mulai mengaplikasikan ke dalam hidup Anda setiap hari. Namun, Anda perlu rutin dan konsisten melakukannya agar tujuan pola hidup sehat yang sudah Anda tetapkan dapat tercapai.

Apa yang dimaksud dengan pola hidup sehat?

pola hidup sehat

Menurut WHO, pola hidup sehat adalah cara hidup yang dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit. Tidak semua penyakit dapat dicegah, namun dengan menerapkan pola hidup sehat dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit kritis.

Selama Anda teratur menerapkan gaya hidup sehat, kualitas hidup dan kualitas kesehatan akan menjadi lebih baik. Tubuh yang prima akan membantu suasana hati dan pikiran menjadi lebih tenang dan produktif dan begitu pula sebaliknya.

Kesehatan tidak hanya mengacu pada fisik yang bugar, tapi juga kesehatan mental dan sosial. Berdasarkan Harvard Medical School, seseorang dapat dikatakan memiliki gaya hidup yang baik jika mengonsumsi makanan sehat, melakukan kegiatan fisik secara rutin, tidak merokok, dan memiliki berat badan ideal.

Bagaimana cara menerapkan pola hidup sehat?

gaya hidup sehat

Untuk mengimplementasi pola hidup sehat, Anda bisa sesuaikan dengan minat yang dimiliki sehingga menjalaninya terasa lebih menyenangkan. Berikut ini 5 contoh pola hidup sehat yang bisa Anda terapkan sehari-hari.

Menjaga kebersihan tubuh

Membersihkan tubuh dengan sabun dapat menghilangkan kuman dan bakteri yang menempel setelah seharian beraktivitas. Badanpun akan terhindar dari bau tidak sedap dan terhindar dari penyakit. Menteri Kesehatan, dr. Terawan Agus Putranto, menekankan bahwa penting menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di tengah pandemi untuk terhindar dari penularan virus dengan rajin mencuci tangan dengan sabun.

Selain itu, bagian tubuh yang perlu diperhatikan adalah kebersihan gigi dan mulut. Banyak yang belum menyadari bahwa daerah tersebut merupakan daerah lembab yang mudah dihinggapi bakteri. Ketika kesehatan mulut mulai terganggu, akan sangat mudah penyakit lain menyerang tubuh. Pada beberapa kondisi, kebersihan gigi tidak cukup dengan cara menggosoknya setelah makan dan sebelum tidur, tapi penting juga berkumur dengan mouthwash dan bersihkan plak gigi dengan floss.

Istirahat yang cukup setiap malam

Memiliki tidur cukup merupakan salah satu contoh pola hidup sehat yang penting diterapkan karena menjadi kunci dari pikiran dan tubuh yang sehat. Kurang tidur dapat menyebabkan menurunnya imunitas, menguras energi, hingga mengganggu suasana hati. Selain itu, Anda juga perlu memerhatikan kualitas tidur supaya mendapat manfaat yang lebih optimal. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan sebelum tidur antara lain mengurangi asupan kafein, membersihkan diri dan ruang tidur, maupun mendengarkan musik.

Mengonsumsi makanan bergizi dan cukup asupan air

Menerapkan pola hidup sehat tidak bisa dipisahkan dengan mengonsumsi makanan penuh nutrisi. Banyak penyakit yang hadir karena terbiasa menyantap makanan instan dan cepat saji, makanan berlemak, tinggi kolesterol, maupun mengandung banyak gula. Menurut Harvard Medical School, beberapa contoh makanan yang baik untuk tubuh adalah sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, lemak sehat, dan asam lemak omega-3.

Komposisi makanan juga perlu diperhatikan supaya kebutuhan gizi terpenuhi demi memiliki imunitas yang baik. Mengacu pada program Piring Makanku dari Kementerian Kesehatan, menu makanan berisi asupan karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral seimbang.

Makanan penuh gizi juga penting diimbangi dengan asupan air putih yang cukup. Kandungan rendah gula dan kalori membuat air putih menjadi cairan terbaik untuk menjaga agar tubuh tetap terhidrasi. Contoh pola hidup baik ini bisa mencegah terjadinya konstipasi hingga penyakit batu ginjal.

Mengelola stres

Memiliki sikap dan pikiran positif akan membantu tubuh Anda menghasilkan energi yang cukup dan mood yang stabil. Hal ini akan menunjang kemampuan Anda dalam mengelola stres dengan baik. Kurangnya fokus dan terkurasnya energi akibat stres dapat meningkatkan kemungkinan terkena berbagai penyakit.

Olahraga secara rutin

Banyak manfaat yang didapat dari berolahraga secara teratur. Tak hanya dapat menguatkan otot tubuh, meningkatkan kesehatan jantung, dan memperkuat daya tahan tubuh; olahraga juga berperan penting untuk menjaga kesehatan mental. Aktivitas fisik dapat memacu tubuh menghasilkan endorfin yang dapat membuat Anda merasa tenang dan bahagia.

Baca Juga: Tips Aman Olahraga di Ruang Publik Selama Masa Transisi New Normal

3 Langkah menerapkan pola hidup sehat

cara menerapkan pola hidup sehat

Meskipun tidak mudah mengubah kebiasaan baru , namun Anda dapat menerapkan pola hidup sehat dengan rutin menerapkannya. Kebiasaan baik seperti ini tidak dapat terlaksana tanpa komitmen jangka panjang. Agar manfaat pola hidup sehat dapat tercapai, Anda perlu menerapkan hal-hal berikut:

Mengetahui kondisi kesehatan

Dengan mengetahui keadaan tubuh, Anda dapat merancang dan menentukan gaya hidup sehat yang tepat dan sesuai. Periksa dan konsultasikan kepada dokter sebelum memulai perubahan pola hidup baru.

Evaluasi aktivitas fisik

Seberapa sering Anda berolahraga? Seberapa jauh Anda bisa berjalan mengelilingi perumahan? Mengevaluasi kebiasaan fisik bisa membantu Anda menentukan berapa lama durasi olahraga yang baik bagi tubuh Anda. Tentunya terlalu memaksakan kemampuan tubuh bisa berakibat fatal.

Periksa kesehatan sosial

Pastikan Anda selalu dikelilingi oleh teman dan keluarga yang selalu mendukung Anda. Tanpa disadari, memiliki hubungan kurang harmonis dapat memengaruhi kualitas kesehatan. Dengan melakukan ketiga hal tersebut, Anda dapat mulai menerapkan gaya hidup yang tepat demi memperoleh manfaat pola hidup sehat.

Apa faktor yang mempengaruhi pola hidup sehat dan manfaat yang didapatkan?

manfaat pola hidup sehat

Beberapa faktor dapat mempengaruhi seseorang menjalani gaya hidup sehat, antara lain kualitas udara, sinar matahari, dan air. Beraktivitas di ruangan dengan sirkulasi udara yang kurang baik dan berada di daerah dengan polusi udara tinggi dapat mengganggu asupan oksigen pada tubuh. Sedangkan sinar matahari dapat membantu tubuh mendapatkan vitamin D yang baik untuk tulang. Pastikan juga air disekitar Anda berkualitas baik dan tidak terkontaminasi limbah.

Jika ketiga faktor itu terpenuhi dan diimbangi dengan menerapkan gaya hidup yang tepat, maka tujuan pola hidup sehat dapat tercapai dengan mudah.

Manfaat Menerapkan Pola Hidup Sehat

tujuan pola hidup sehat

Mengontrol berat badan

Menjaga nutrisi yang masuk dan rutin berolahraga akan membantu Anda terhindar dari berat badan berlebih. Ketika berat badan Anda terjaga, maka badan pun akan terasa lebih ringan dan Anda tidak mudah lelah saat melakukan banyak aktivitas.

Tubuh lebih berenergi untuk beraktivitas

Energi tubuh dihasilkan dari makanan bergizi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh yang kemudian dibakar dengan aktivitas fisik, seperti olahraga. Banyak stigma yang beranggapan bahwa makanan sehat itu mahal dan sulit didapatkan. Padahal, biji-bijian utuh, produk susu rendah lemak, buah-buahan, sayur-sayuran merupakan kelompok makanan sehat.

Memiliki imun yang kuat

Manfaat pola hidup sehat yang bisa dirasakan adalah terhindari dari berbagai penyakit, antara lain penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, depresi, atau stroke. Hal tersebut terjadi karena Anda memiliki imun yang kuat, sehingga tidak mudah sakit. Untuk itu, lengkapi gaya dan pola hidup sehat, namun secara rutin tetap memeriksakan kondisi tubuh Anda ke dokter.

Memperpanjang umur

Siapa sangka bahwa cukup dengan berjalan 30 menit setiap hari dapat menurunkan risiko meninggal pada usia muda? Tidak hanya itu, dengan terhindar dari penyakit berat maka kemungkinan berumur panjang semakin tinggi.

Mood menjadi lebih stabil

Banyak yang belum menyadari bahwa mood yang baik mempengaruhi kondisi fisik seseorang. Ketika kondisi emosional stabil, tubuh akan lebih berenergi dan aktivitas sehari-hari pun dapat ditunjang dengan baik. Hal ini dapat dicapai dengan rutin berolahraga dan menjaga lingkungan sosial tetap positif.

Bagaimana pola hidup sehat yang baik dan benar?

cara hidup sehat yang baik

Masih banyak yang menganggap bahwa menerapkan pola hidup sehat tidaklah mudah. Padahal banyak cara yang bisa dilakukan untuk memiliki gaya hidup yang sehat dan menyenangkan. Yang terpenting dari memiliki gaya hidup sehat adalah menerapkannya sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuh.

Frekuensi olahraga yang tepat

Frekuensi olahraga perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan kapasitas diri Anda. Sebaiknya istirahatkan badan sehari dalam seminggu supaya olahraga tidak terasa berat dan melakukannya pun menjadi lebih menyenangkan. Jika ingin rutin dilakukan setiap hari, sebaiknya pilih olahraga ringan seperti lari, yoga, atau jalan cepat. Durasinya pun lebih baik singkat namun rutin dibandingkan lama namun hanya sesekali dilakukan.

Cukup minum air putih

Kebutuhan air setiap orang bervariasi tergantung dari kondisi kesehatan. Sebagai contoh, jika pada umumnya setiap orang membutuhkan 8 gelas air atau sekitar 2 liter, ibu hamil dan ibu menyusui membutuhkan 3 gelas lebih banyak. Cara mudah untuk mengetahui apakah badan Anda sudah terhidrasi adalah dengan melihat warna urin. Tanda kebutuhan air belum terpenuhi adalah warna urin menjadi lebih gelap.

Minum vitamin dan suplemen

Untuk memenuhi nutrisi pada tubuh yang terkadang belum didapat dari makanan, Anda bisa melengkapinya dengan berbagai suplemen dan vitamin. Terutama bagi ibu hamil dan menyusui, kebutuhan zat besi meningkat dan seringkali belum tercukupi hanya dari makanan. Inilah yang sering menjadi alasan dokter menganjurkan untuk mengonsumsi suplemen zat besi tambahan saat hamil dan menyusui. Sedangkan jika Anda ingin menjaga daya tahan tubuh saat sedang kelelahan atau saat aktivitas padat, suplemen makanan dapat membantu memelihara daya tahan tubuh supaya tidak mudah terserang penyakit.

Baca Juga: Rekomendasi 9 Suplemen Terbaik dan Aman untuk Tingkatkan Sistem Imun Tubuh

Memiliki tidur yang cukup

Kesibukan sering kali membuat waktu tidur berkurang dan mengakibatkan tubuh menjadi kurang prima. Meski setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda, umumnya orang dewasa membutuhkan 7-9 jam tidur setiap harinya. Kualitas tidur buruk dapat meningkatkan risiko terkena penyakit diabetes, penyakit jantung, hingga tekanan darah tinggi. Untuk itulah jika ingin memiliki gaya hidup sehat, mulailah mengatur jam tidur Anda.

Menjaga pikiran tetap positif

Masih banyak yang belum menyadari jika pikiran dan sikap positif dapat memengaruhi kesehatan fisik. Pastikan Anda berada pada lingkungan yang baik supaya dapat terus mendapat asupan energi positif. Ketika kesehatan mental Anda kurang baik, selain bisa mengurangi fokus di kegiatan sehari-hari juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Dikelilingi orang-orang yang suportif juga dapat mempermudah Anda menerapkan gaya hidup sehat.

Ternyata tidak rumit untuk menjalani pola hidup sehat. Cukup dengan komitmen yang kuat, Anda bisa memiliki rutinitas yang baik bagi tubuh. Manfaat kesehatan jangka panjang pun bisa Anda nikmati. Jadi, tunggu apa lagi? (NS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan