Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

15 Rekomendasi Obat Pegal Linu Terbaik yang ada di Apotek

obat pegal linu

Aktivitas yang dilakukan secara berlebihan dapat menyebabkan badan terasa pegal dan linu. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan obat pegal linu. Apa saja obat pegal-pegal yang bisa Anda gunakan? Simak daftar lengkapnya di bawah ini.

Obat Pegal Linu yang Bisa Didapatkan di Apotek

Keluhan pegal dan linu dapat menghambat aktivitas sehari-hari. Jangan dibiarkan, berikut ini adalah beberapa obat pegal linu dan nyeri sendi yang bisa Anda gunakan:

1. Counterpain

Counterpain

Merek obat yang satu ini sudah banyak dikenal dan sering dipakai untuk mengatasi kondisi pegal atau nyeri pada bagian otot.

Obat ini umum digunakan untuk menangani keluhan nyeri pada otot, nyeri akibat encok, nyeri sendi, hingga keseleo.

Counterpain adalah obat pereda nyeri berbentuk krim. Produk ini mengandung metil salisilat, eugenol, dan menthol yang memberikan rasa hangat pada bagian tubuh sehingga bisa membantu mengurangi rasa sakit.

Beli Counterpain Cream 5 gr di Sini

Beli Counterpain Cream 15 gr di Sini

Beli Counterpain Cream 30 gr di Sini

Beli Counterpain Cream 60 gr di Sini

Beli Counterpain Cream 120 gr di Sini

2. Neo Rheumacyl Neuro

Neo Rheumacyl Neuro

Neo Rheumacyl Neuro dapat digunakan meredakan nyeri atau ngilu yang disertai kebas, kesemutan, dan kram. Obat ini hadir dalam sediaan tablet.

Neo Rheumacyl Neuro mengandung kombinasi zat aktif paracetamol dan ibuprofen. Kombinasi keduanya membantu dalam pengobatan nyeri pada otot.

Meskipun dijual secara bebas, obat ini sebaiknya tidak dikonsumsi oleh penderita tukak lambung dan ibu hamil yang sudah memasuki trimester akhir.

Beli Neo Rheumacyl Neuro Strip 10 Tablet di Sini

3. Hot In Cream

Hot In Cream

Salah satu obat pereda nyeri yang sering ditemukan di apotek adalah Hotin Cream. Krim ini dapat digunakan untuk mengatasi capek, pegal-pegal dan nyeri otot.

Hotin Cream diformulasikan dalam bentuk krim yang nyaman dipakai, mudah meresap, dan tidak menyebabkan lengket di kulit.

Selain itu, sensasi panas yang dihasilkan pas. Bahkan setelah pengaplikasian, formula di dalamnya dapat menimbulkan sensasi dingin sehingga tidak membuat kulit kemerahan.

Anda bisa menggunakan krim ini menjelang tidur tanpa khawatir akan mengotori baju atau seprai. Krim ini juga bisa digunakan sebelum pemanasan olahraga.

Hot In Cream Tube 60 gr di Sini

Hot In Cream Tube 120 gr di Sini

4. Salonpas Cream Hot

Salonpas Cream Hot

Obat pegal dan linu selanjutnya yang dapat didapatkan secara bebas di apotek adalah Salonpas Hot Cream.

Produk ini mengandung ekstrak capsicum yang dapat memberikan sensasi lebih panas pada kulit. Dengan demikian, keluhan pegal-pegal yang dirasakan dapat mereda.

Selain pereda pegal linu, krim dapat digunakan untuk meringankan gejala nyeri, seperti nyeri otot, nyeri pundak dan leher, keseleo, serta memar.

Cara menggunakannya cukup mudah. Anda tinggal mengoleskan Salonpas Cream pada area kulit yang terasa pegal dan linu 3 sampai 4 kali dalam sehari.

Beli Salonpas Cream Hot 15 gr di Sini

Beli Salonpas Cream Hot 30 gr di Sini

5. GPU Minyak Urut

GPU Minyak Urut

GPU minyak urut merupakan minyak pijat atau urut yang dapat membantu meredakan pegal dan linu pada tubuh. Khasiat ini berasal dari Kandungan beberapa minyak atsiri natural di dalamnya.

Selain itu, minyak GPU juga dapat membantu meredakan nyeri dan memperlancar peredaran darah.

Produk ini sangat cocok untuk olahragawan yang akan melakukan pemanasan. Minyak juga dapat dioleskan untuk meredakan sakit dan ketegangan setelah olahraga atau melakukan aktivitas fisik yang berat.

Beli GPU Minyak Urut Sereh 30 ml di Sini

Beli GPU Minyak Urut Sereh 60 ml di Sini

6. Salonpas Pain Relief

Salonpas Pain Relief

Salonpas Pain Relief merupakan plester koyo yang dapat membantu mengatasi pegal dan linu. Selain itu, koyo ini dapat digunakan untuk meringankan nyeri, seperti sakit otot leher dan bahu, nyeri sendi, dan nyeri punggung.

Salonpas Pain Relief lebih tipis dan lentur serta memiliki warna yang mirip dengan warna kulit sehingga nyaman digunakan tanpa mengganggu penampilan.

Beli Salonpas Pain Relief Patch Sachet 5 Lembar di Sini

7. Hansplast Koyo Panas

Hansplast Koyo Panas

Hansaplast Koyo Panas Resealable memiliki bahan aktif camphor, menthol, dan nonivamide. Kombinasi beberapa kandungan tersebut dapat memberikan rasa hangat yang menenangkan dan memberikan rangsangan pada sirkulasi darah.

Pada waktu yang sama, koyo ini juga dapat memblokir transmisi sinyal rasa sakit. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan Hansaplast Koyo Panas untuk meringankan keluhan nyeri pada tubuh, termasuk pegal linu.

Beli Hansaplast Koyo Panas Resealable 10 Lembar di Sini

8. Yunnan Baiyao Plaster

Yunnan Baiyao Plaster

Yunnan Baiyao Plaster adalah obat herbal berbentuk plester yang dapat Anda gunakan untuk meredakan keluhan pegal linu.

Obat ini memiliki khasiat untuk mengaktifkan sirkulasi darah, mengatasi nyeri dan pembengkakan, dan mengurangi efek inflamasi.

Selain itu, plester Yunnan Baiyao dapat membantu proses penyembuhan luka akibat keseleo, kaki lecet dan memar akibat terjatuh, dan penderita rematik dan persendian.

Cara menggunakannya cukup mudah, Anda hanya perlu menempelkan plester pada bagian yang sakit selama  8-12 jam.

Beli Yunnan Baiyao Plaster di Sini

9. Panadol

Panadol

Anda mungkin mengenal Panadol sebagai pereda nyeri ringan hingga sedang, seperti sakit kepala atau sakit gigi. Namun jangan salah, obat ini juga dapat membantu meredakan pegal dan linu.

Panadol mengandung paracetamol yang berkhasiat untuk menurunkan demam dan meredakan nyeri. Obat ini bekerja dengan menghambat pembentukan prostaglandin, yakni senyawa yang memicu nyeri.

Paracetamol umumnya digunakan sebagai kandungan obat penurun demam dan penghilang nyeri atau rasa sakit.

Beli Panadol Biru Strip di Sini

10. Cataflam

Cataflam

Cataflam adalah obat pegal linu yang dapat Anda dapatkan di apotek dengan resep dokter. Obat ini umum digunakan pada nyeri ringan hingga sedang.

Cataflam mengandung bahan aktif kalium diklofenak yang bekerja menghambat pembentukan prostaglandin, yakni senyawa penyebab nyeri.

Penggunaan Cataflam membutuhkan resep dari dokter. Selain itu, obat juga membutuhkan perhatian khusus saat diberikan pada penderita gangguan gastrointestinal, ibu hamil trimester terakhir, dan penderita asma serta alergi.

Beli Cataflam 25 mg Tablet di Sini

Beli Beli Cataflam 50 mg Tablet di Sini

11. Ibuprofen

Ibuprofen

Ibuprofen merupakan obat yang dapat digunakan untuk mengurangi keluhan pegal linu dan nyeri, seperti sakit gigi, sakit kepala, nyeri haid, hingga radang sendi.

Obat ini tergolong antiinflamasi nonsteroid (NSAID) sehingga memiliki efek antiinflamasi, analgesik, dan antipiretik. Biasanya golongan obat ini digunakan untuk meredakan rasa nyeri dan inflamasi  (peradangan).

Obat ini memiliki efek meredakan nyeri atau menurunkan suhu tubuh sekitar 20-30 menit setelah dikonsumsi.

Ibuprofen tidak bisa Anda dapatkan secara bebas karena obat ini termasuk golongan obat keras. Anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu sebelum menggunakannya.

Beli Ibuprofen 400 mg Tablet di Sini

12. Yunnan Baiyao Kapsul

Yunnan Baiyao Kapsul

Yunnan Baiyao adalah obat tradisional China mengandung bahan-bahan herbal alami. Obat ini dapat menjadi alternatif yang bagus untuk meredakan pegal linu di tubuh.

Herbal ini sudah dikenal dengan khasiatnya yang bagus untuk melancarkan peredaran darah, menghilangkan pembekuan darah, dan memiliki efek pendingin untuk meredakan pembengkakan.

Anda juga dapat mengonsumsi kapsul untuk mempercepat proses penyembuhan memar, bengkak, keseleo, terkilir, luka akibat benturan, dan nyeri pada sendi atau otot.

Beli Yunnan Baiyao Box 16 Capsule di Sini

13. Yunnan Baiyao Aerosol

Yunnan Baiyao Aerosol

Yunnan Baiyao Aerosol merupakan obat herbal berbentuk spray yang dapat membantu mengurangi keluhan pegal dan linu di sekujur tubuh. Obat ini juga dipercaya dapat membantu melancarkan peredaran darah dan menghilangkan pembekuan darah.

Kemasannya ringan sehingga praktis dan mudah dibawa kemana saja. Anda dapat menggunakan obat sebagai pertolongan pertama jika keluhan nyeri dirasakan saat melakukan aktivitas sehari-hari.

Beli Yunnan Baiyao Aerosol 50 gr di Sini

Beli Yunnan Baiyao Aerosol 85 gr di Sini

14. Kenshin

Kenshin

Obat pegal linu berikutnya yang bisa Anda peroleh di apotek secara bebas adalah Kenshin. Obat ini mengandung bahan ekstrak habbatussauda dan ekstrak daun seledri.

Habbatussauda dikenal dengan sifat antiradang yang efektif dalam menangani peradangan di dalam tubuh. Tanaman herbal ini juga mengandung senyawa thymoquinone yang berkhasiat untuk merangsang pertumbuhan jaringan baru dan mempercepat penyembuhan luka.

Kenshin dapat Anda gunakan untuk mengobati pegal linu dan nyeri persendian, bahkan dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Beli Kenshin Strip 4 Tablet di Sini

15. Tianhe Shexiang Zhuanggu Gao

Tianhe Shexiang Zhuanggu Gao

Tianhe Shexiang Zhuanggu Gao adalah obat pegal linu di seluruh badan yang bisa Anda coba. 

Koyo herbal ini dipercaya membantu melancarkan aliran darah, merelaksasikan otot dan sendi yang tegang, meredakan rasa nyeri persendian, sakit pinggang, serta luka akibat benturan.

Beli Tianhe Shexiang Zhuanggu Gao 1 lembar di Sini

Nah, itulah beberapa rekomendasi obat pegal linu yang bisa Anda gunakan saat keluhan menyerang.

Jika rasa nyeri tidak kunjung membaik atau semakin parah, sebaiknya Anda segera menemui dokter atau konsultasi dengan dokter rekanan Farmaku. Jangan lupa unduh aplikasinya di sini.

Baca juga:

Ellis, Mary Ellen. 2023. Natural Relief from Arthritis Pain. https://www.healthline.com/health/osteoarthritis/arthritis-natural-relief. (Diakses pada 20 November 2023).
Mayo Clinic Staff. 2023. Arthritis Pain: Do's and Don'ts. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/arthritis/in-depth/arthritis/art-20046440. (Diakses pada 20 November 2023).
WebMD Editorial Contributors. 2023. Arthritis Pain Relief: Risks and Benefits. https://www.webmd.com/osteoarthritis/oa-pain-relief-risks-benefits. (Diakses pada 20 November 2023).

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan