Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

10 Cara Tepat Menjaga dan Meningkatkan Gairah Seksual Pria

Libido adalah dorongan atau hasrat seksual pada setiap orang untuk melakukan aktivitas seksual. Penting untuk menjaga kesehatan libido untuk memuaskan pasangan seksual, terutama pada pria.

Memiliki kondisi seksual yang prima tentunya akan berdampak positif bagi Anda dan pasangan. Rasa percaya diri akan muncul ketika pria mampu memberikan performa terbaik saat berhubungan seksual dan membuat pasangan merasa terpuaskan. 

Selain itu, sehatnya alat vital juga akan mempermudah pasangan yang sedang menjalani program hamil. Ciri sehatnya seksualitas memiliki hasrat seksual dan mampu mendapatkan serta mempertahankan ereksi. 

Gaya hidup seseorang dapat membantu membangkitkan gairah seksual pria yang menurun, baik dengan pola makan sehat hingga aktivitas fisik. 

Tips Meningkatkan Gairah Seksual pada Pria

Pola hidup yang tidak sehat bisa mengganggu kesehatan seksual dan reproduksi pria. Sayangnya, tidak sedikit pria memilih jalan pintas dengan meminum obat-obatan tertentu, seperti obat kuat tanpa pengawasan dokter. Padahal, begitu banyak cara alami yang dapat membantu Anda untuk menjaga kesehatan seksual dan reproduksi.

Berikut ini cara alami untuk membantu meningkatkan gairah seksual, di antaranya:

1. Mengonsumsi Makanan dan Minuman Sehat

Makanan tertentu yang Anda konsumsi dapat berdampak pada kesehatan seksual Anda. Oleh karena itu, penting untuk memilih makanan yang sehat.

Untuk meningkatkan gairah seksual, pria dianjurkan memperbanyak makan sayur dan buah karena kandungan flavonoidnya yang membantu mencegah disfungsi ereksi pada masa tua. Sedangkan untuk meningkatkan kadar hormon testosteron, sebaiknya perbanyak asupan capsaicin yang dapat Anda temukan pada bayam, alpukat, dan cabai.

Selain makan tersebut, minum air putih yang cukup dan kurangi minuman beralkohol. Terlalu banyak minum alkohol dapat menurunkan gairah seksual, menyebabkan gangguan ereksi, dan kesulitan mencapai orgasme.

Baca juga: Kesalahan Pria saat Bercinta Dengan Pasangan

2. Rutin Berolahraga

Manfaat olahraga tidak hanya menyehatkan tubuh secara keseluruhan, tetapi juga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan libido.

Meskipun olahraga sangat bagus bagi kesehatan, alangkah baiknya konsultasikan terlebih dulu ke dokter sebelum memulai program olahraga karena jika overtraining dapat menyebabkan produksi hormon testosteron menurun sehingga memengaruhi libido.

Anda bisa melakukan olahraga ringan, dengan berjalan santai atau jogging selama sekitar 30 menit setiap hari sudah dapat membantu menjaga kesehatan reproduksi Anda.

3. Berhenti Merokok

Memiliki kebiasaan merokok dapat berdampak buruk bagi tubuh, termasuk impotensi, penurunan jumlah sperma, dan kualitas sperma yang buruk. Ini karena merokok dapat mengganggu kinerja arteri yang mengalirkan darah ke penis dan menyebabkan disfungsi ereksi.

Dalam beberapa kasus, merokok bisa menyebabkan seseorang mengalami infertilitas atau gangguan reproduksi lainnya. Maka dari itu sebaiknya berhenti merokok jika Anda perokok atau hindari lingkungan perokok karena terpapar asap rokok sama berbahayanya dengan perokok aktif.

4. Berpikir Positif dan Hindari Stres

Memiliki banyak pikiran dapat menyebabkan penyakit fisik, seperti masalah kesehatan seksual dan reproduksi. Stres hanya akan membuat tubuh terasa lelah,merasa cemas yang berlebihan, mudah gelisah, merusak hasrat seksual, dan bahkan menurunkan stamina saat berhubungan intim.

Cobalah biasakan diri Anda berfikir positif dan mengendalikan stres dengan aktivitas yang Anda senangi, misalnya olahraga atau menyalurkan hobi Anda. 

Bila tidak kunjung membaik meskipun sudah melakukan berbagai cara, sebaiknya Anda segera mengunjungi ahli kesehatan mental untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

5. Merawat Alat Reproduksi Pria

Selain menjaga kebersihan alat vital Anda, penting juga untuk memerhatikan kondisi area penis setidaknya dua kali sehari saat mandi, apakah ada kutil, bintil, atau tanda penyakit kelamin lainnya. Saat mandi, sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan air hangat supaya testis tetap dalam keadaan sejuk. 

Penting juga untuk menjaga suhu pada alat reproduksi karena suhu yang panas dapat memengaruhi produksi sperma. Jika pekerjaan Anda mengharuskan duduk dalam waktu yang lama dalam sehari, sebaiknya rehat sejenak dengan berdiri dan berjalan-jalan sesekali. Jangan lupa pakai celana dalam yang berbahan sejuk, menyerap keringat, dan tidak ketat.

6. Melakukan Seks dengan Aman

Berhubungan seksual yang aman dan sehat dapat membantu Anda terhindar dari penyakit menular seksual (PMS) yang dapat mengganggu kehidupan seksual Anda.

Seksk yang tidak aman termasuk sering bergonta-ganti pasangan seksual. Bila kebiasaan ini diteruskan, Anda berada pada risiko tinggi penyakit kelamin. 

Guna mencegah PMS, sebaiknya gunakan kondom, hindari lebih dari satu pasangan seksual, dan lakukan tes PMS secara rutin.

7. Fokus Melakukan Foreplay

Melakukan foreplay lebih lama dan fokus, termasuk menyentuh, berciuman, masturbasi menggunakan pelumas, menggunakan mainan seks, dan melakukan seks oral, dapat meningkatkan pengalaman seksual.

Memiliki pengalaman seksual yang lebih baik dapat meningkatkan hasrat seseorang untuk berhubungan seks, sehingga meningkatkan libidonya.

Baca juga: Bukan Hanya Pemanasan, Ini Manfaat Foreplay sebelum Bercinta

8. Tidur yang Cukup

Tidur yang nyenyak bisa membantu meningkatkan suasana hati (mood) dan tingkat energi secara keseluruhan. Bahkan beberapa penelitian juga menghubungkan kualitas tidur yang bagus dengan dengan peningkatan libido.

Memiliki kualitas tidur yang baik padam malam sebelumnya dapat meningkatkan hasrat seksual keesokan harinya. Orang dengan rata-rata waktu tidur lebih lama memiliki gairah genital yang lebih baik dibandingkan orang yang memiliki waktu tidur lebih sedikit.

9. Menggunakan Obat Herbal

Beberapa pengobatan alami berkhasiat untuk meningkatkan gairah seksual. Ada beberapa ramuan alami dan adaptogen (zat yang mengurangi depresi dan kelelahan) yang telah terbukti meningkatkan libido, kejantanan, dan kesuburan. Beberapa obat herbal yang paling populer termasuk maca, ginseng, dan ginkgo biloba.

10. Pertahankan Berat Badan yang Sedang

Kelebihan berat badan dan obesitas terkait dengan rendahnya dorongan seks dan faktor lain yang berhubungan dengan penurunan kesuburan. Hal ini mungkin disebabkan oleh faktor hormonal, seperti kadar hormon  testosteron yang rendah.

Mempertahankan berat badan yang moderat atau sedang  bisa membantu meningkatkan gairah seksual, baik secara fisik maupun psikologis. 

Mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang serta berolahraga secara teratur dapat membantu mencapai berat badan yang sehat, serta meningkatkan energi secara keseluruhan.

Baca juga: Ini Rahasia agar Hubungan Intim Tahan Lama

Demikian daftar cara untuk menjaga gairah seksual yang perlu pria ketahui agar hubungan Anda senantiasa romantis. Meskipun tips alami tersebut dapat Anda lakukan secara mandiri di rumah, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis andrologi tentang kesehatan seksual Anda.

Chat dengan dokter rekanan Farmaku di sini untuk konsultasi seputar kesehatan secara umum hingga terkait keluhan kesehatan seksual Anda.

Alpha men Asia. Diakses pada 6 Maret 2024. The Top 10 Foods for Men’s Sexual Health
https://www.alphamen.asia/food-mens-sexual-health/

Harvard Health Publishing. Diakses pada 6 Maret 2024. Men’s Sexual Health.
https://www.health.harvard.edu/topics/mens-sexual-health#:~:text=Optimal%20male%20sexual%20health%20includes,factors%20also%20play%20important%20roles.

Health Central. Diakses pada 6 Maret 2024. 10 Tips for Men's Sexual Health.
https://www.healthcentral.com/slideshow/10-tips-for-men-s-sexual-health

Med Shadow. Diakses pada 6 Maret 2024. 6 Foods & Drinks that Can Boost or Bust Libido
https://medshadow.org/6-foods-drinks-that-can-boost-or-bust-libido/

Mayo Clinic. Diakses pada 6 Maret 2024. Men’s Sexual Health
https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/sexual-health/basics/mens-sexual-health/hlv-20049432

Medical News Today. Diakses pada 6 Maret 2024. 10 natural ways to boost libido (sex drive). https://www.medicalnewstoday.com/articles/323918

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan