Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Cara Jitu Meningkatkan Gairah dan Menjaga Kesehatan Seksual Pria

Kesehatan seksual pria menurut Harvard Medical School adalah keadaan di mana pria berpartisipasi penuh dan menikmati aktivitas seksual. Berbagai faktor dapat mempengaruhi kesehatan seksual pria, seperti kondisi fisik, psikologis, interpersonal, dan sosial. Memiliki hasrat seksual dan mampu mendapatkan serta mempertahankan ereksi merupakan ciri dari sehatnya seksualitas.

Kondisi seksual yang prima tentunya akan berdampak positif bagi diri sendiri dan juga pasangan. Rasa percaya diri akan timbul ketika pria dapat memberikan performa terbaik saat aktivitas seksual dan membuat pasangan merasa terpuaskan. Selain itu, sehatnya alat reproduksi juga akan mempermudah ketika suami dan istri sedang menjalankan program hamil. Berikut beragam informasi yang bisa membantu Anda mendapatkan kesehatan seksual yang optimal agar mampu meningkatkan gairah saat melakukan aktivitas seksual bersama pasangan.

5 Tips Menjaga Kesehatan Seksual dan Reproduksi Pria

Kesehatan seksual pria


Banyak pria yang belum menyadari bahwa pola hidup tidak sehat bisa mempengaruhi kesehatan seksual dan reproduksi. Tidak jarang jalan pintas dipilih dengan meminum obat-obatan tertentu, seperti obat kuat, tanpa pengawasan dokter. Padahal, ada banyak cara alami yang bisa Anda lakukan untuk memelihara kesehatan seksual dan reproduksi serta mencegah terkena penyakit kelamin.

1. Mengonsumsi makanan sehat

Makanan yang mengandung nutrisi seimbang dan rendah lemak dapat menjaga organ seksual berfungsi dengan baik. Dianjurkan untuk banyak mengonsumsi sayur dan buah karena kandungan flavonoidnya dapat mencegah disfungsi ereksi pada masa tua. Sedangkan untuk meningkatkan kadar testosteron, Anda bisa memperbanyak asupan kandungan capsaicin yang ada pada bayam, alpukat, dan cabai.

Perhatikan pula konsumsi air pada tubuh Anda dengan banyak minum air putih dan mengurangi alkohol. Terlalu banyak alkohol dapat menurunkan libido, menyebabkan masalah saat ereksi, dan kesulitan mencapai orgasme.

2. Olahraga secara teratur

Berolahraga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan libido yang bermanfaat pada aktivitas seksual. Namun, sebaiknya konsultasi ke dokter sebelum memulai program olahraga karena overtraining bisa menyebabkan produksi testosteron menurun sehingga mempengaruhi libido. Cukup dengan berjalan santai atau jogging setiap hari dengan durasi sekitar 30 menit dapat menjaga kesehatan reproduksi Anda.

3. Hentikan kebiasaan merokok

Sesuai dengan peringatan pada kemasan, rokok dapat menyebabkan impotensi, berkurangnya jumlah sperma, dan kualitas sperma yang kurang baik. Merokok dapat mempengaruhi kinerja arteri yang mengalirkan darah ke penis dan menyebabkan disfungsi ereksi. Pada beberapa kasus, kebiasaan ini bisa menyebabkan Anda mandul atau gangguan reproduksi lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya mulai berhenti kebiasaan merokok atau hindari diri untuk tidak mencoba rokok.

4. Menjaga kesehatan alat reproduksi

Bersihkan area penis Anda setidaknya dua kali sehari saat mandi sambil mengecek apakah ada bintil, kutil, atau tanda penyakit kelamin lainnya. Sebaiknya batasi frekuensi mandi air hangat supaya testis tetap dalam keadaan sejuk.

Penting menjaga suhu pada alat reproduksi Anda karena akan mempengaruhi produksi sperma. Bila pekerjaan Anda mengharuskan duduk dalam jangka waktu yang lama, usahakan tetap mengambil jeda sejenak dengan berdiri dan berjalan-jalan. Jangan lupa gunakan celana dalam yang berbahan sejuk dan menyerap keringat.

5. Kelola stres dan selalu bersikap positif

Banyak penyakit fisik yang disebabkan oleh pikiran menumpuk, termasuk masalah pada kesehatan seksual dan reproduksi. Stres dapat membuat tubuh terasa lelah, timbul rasa cemas yang berlebih, mudah gelisah, merusak hasrat, dan menurunkan stamina saat berhubungan seks. Olahraga atau menyalurkan hobi bisa menjadi opsi untuk mengurangi stres. Namun, jika tidak kunjung membaik, sebaiknya Anda segera pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

6. Berhubungan seks dengan aman

Penyakit menular seksual (PMS) disebabkan oleh seringnya berganti pasangan pada waktu yang bersamaan. Jika kebiasaan ini diteruskan, bukan tidak mungkin alat reproduksi Anda akan terjangkit penyakit kelamin. Demi terjaganya kesehatan seksual pria, gunakan kondom dan lubricrant jika dibutuhkan supaya terhindar dari PMS tanpa mengurangi kenyamanan saat berhubungan seks.

Baca Juga: Cara Memakai Kondom yang Benar Agar Pasangan Tidak Hamil

6 Makanan yang Bisa Memaksimalkan Kesehatan Seksual Pria

makanan penambah gairah seksual pria

Meningkatkan gairah seksual bisa dilakukan dengan berolahraga secara rutin dan mengonsumsi makanan bergizi. Ada beberapa makanan yang terbukti bisa memaksimalkan kesehatan seksual Anda karena kandungan di dalamnya membantu mengatur kadar hormon, menjaga kesehatan jantung, dan meningkatkan daya tahan dan performa saat berhubungan seks. Di bawah ini 6 makanan untuk kesehatan seksual lelaki:

1. Kacang kenari dan almon

Kaya akan alpha-linolenic acid, antioxidants dan magnesium, kacang kenari dan almon baik untuk memperbaiki kualitas sperma dan mencegah impotensi.

2. Coklat Hitam

Selain membuat mood menjadi lebih baik karena coklat hitam meningkatkan serotonin dan dopamine pada otak, zat flavonoids dan phenylethylamine dapat memperlancar aliran darah sehingga darah dapat mengalir ke organ intim pria.

3. Alpukat

Vitamin E yang ada pada alpukat berguna sebagai antioksidan untuk membangkitkan gairah seksual pria.

4. Persik


Kandungan vitamin C pada persik baik untuk kualitas sperma dan dapat menurunkan kadar stres pada tubuh. Untuk itu, Mmanajemen stres penting dilakukan karena bisa menurunkan kadar testosteron Anda.

5. Brokoli dan Seledri


Brokoli membantu mengeluarkan estrogen yang berlebih dan meningkatkan testosteron. Sedangkan seledri dapat memicu produksi hormon androsterone yang dilepaskan melalui keringat pria.


6. Kerang

Kadar testosteron pada tubuh juga dipengaruhi oleh defisiensi seng. Salah satu solusinya adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi seng yang bisa didapat dari kerang, kepiting, lobster, dan biji wijen.

Namun, jangan lupa perhatikan pula makanan-makanan yang dapat berdampak buruk bagi kesehatan seksual dan menurunkan gairah seks, yaitu susu, alkohol, microwave popcorn, stroberi, dan daun mint. Sebaiknya batasi jenis makanan dan minuman tersebut ketika Anda sedang dalam program kehamilan atau sedang ingin memperbaiki kesehatan seksual.

Apa Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan Seksual Pria?

manfaat bersepeda bagi ksehatan seksual pria

Stigma yang melekat pada bersepeda adalah olahraga ini bisa berdampak pada impotensi dan meredupkan gairah seksual. Meskipun tidak sepenuhnya salah, tapi ternyata kondisi tersebut bisa dihindari dengan metode bersepeda yang benar.

  • Ganti sadel dengan dudukan yang luas atau model “no-nose” supaya tubuh dapat ditopang dengan baik.
  • Rendahkan stang untuk membungkukan badan ke depan sehingga tekanan pada perineum berkurang.
  • Gunakan celana pendek yang nyaman dan memiliki bantalan.
  • Beristirahat saat Anda sedang menempuh jarak jauh dan kurangi intensitas bersepeda.

Salah satu manfaat bersepeda adalah meningkatkan kekuatan otot dan memperbaiki kondisi sendi. Semua otot yang terbentuk dari bersepeda digunakan selama melakukan aktivitas seksual. Semakin prima kekuatan otot, semakin lama durasi hubungan seksual. Tidak kalah penting, bersepeda juga bisa meredam stres yang bisa membuat kegiatan seks semakin menyenangkan dan nyaman.

Untuk hasil yang lebih optimal, imbangi olahraga dengan asupan makanan untuk kesehatan seksual lelaki. Penuhi kebutuhan nutrisi Anda supaya performa alat intim dan gairah dapat terus terjaga. Perhatikan kandungan pada makanan dan minuman dan pastikan tidak mengandung zat berbahaya bagi organ reproduksi Anda.

Bagaimana cara tepat meningkatkan libido?

tips kesehatan seksual pria

Selain makanan, libido atau gairah seksual juga bisa ditingkatkan dengan gaya hidup yang sehat. Metode ini tidak hanya baik untuk pria, tapi juga wanita demi kenyamanan saat berhubungan seks.

  • Mengonsumsi makanan mengandung seng, vitamin D, dan asam lemak omega-3 yang menjadi komponen penting untuk testosteron.
  • Kelola stres dan kecemasan karena dapat menurunkan libido dan meningkatkan disfungsi seksual.
  • Berkomunikasi dengan pasangan terkait kondisi seksual Anda. Tingkatkan hubungan intim dengan melakukan aktivitas bersama dan menyisihkan waktu untuk quality time.
  • Tidur yang cukup supaya suasana hati dan energi.
  • Bermain peran saat melakukan aktivitas seksual atau bereksplorasi dengan pasangan.
  • Konsultasi dengan dokter terkait kesehatan seksual dan kondisi mental.

Cara mudah lainnya adalah dengan makan bawang putih sebagai pengobatan alami permasalahan ereksi. Kandungan allicin yang bisa memperbaiki libido dan membuat ereksi menjadi lebih lama. Khasiat bawang putih untuk kesehatan seksual memang sudah menjadi rahasia umum. Bawang putih juga bisa meningkatkan kesuburan karena testosteron dan struktur testikular akan lebih baik sehingga sperma yang dihasilkan banyak dan berkualitas. Candida albicans yang ada pada bawang putih juga bisa menjadi antifungi dan antibakteri pada kelamin.

4 Minuman Alami Penambah Gairah Seksual Pria

minuman penambah gairah seksual pria

Konsep kesehatan seksual pria bukan hanya organ reproduksi yang berfungsi secara prima, tapi juga kenyamanan saat berhubungan seks. Perhatikan pula sisi psikologis, interpersonal, dan sosial karena akan berdampak pada kesehatan dan aktivitas seksual. Mental yang sehat akan membangun mood yang baik dan dapat menambah gairah seksual. Berikut minuman sehat dan alami yang dapat meningkatkan gairah seksual pria:

1. Jus semangka

Cara kerja zat likopen yang ada pada semangka mirip dengan viagra, yaitu membuat pembuluh darah menjadi lebih rileks sehingga sirkulasi darah meningkat.

2. Anggur merah

Senyawa pada anggur merah akan menstimulasi otak untuk meningkatkan libido pada wanita dan meningkatkan kadar testosteron pada pria.

3. Jus delima

Kandungan antioksidan pada buah delima dapat memperlancar peredaran darah, sehingga distribusi darah ke area vital pria terjadi dengan lancar. Kondisi ini membantu meningkatkan libido atau menambah gairah seksual pria.

4. Kopi dan coklat

Kopi mengandung zat stimulan yang bisa meningkatkan mood untuk berhubungan seks. Sedangkan coklat mengandung dopamin dan serotonin untuk memberikan rasa bahagia. Suasana hati yang baik tentunya menjadi momen yang tepat untuk melakukan aktivitas seksual dengan pasangan.

Baca Juga: Cegah Kehamilan di Masa Pandemi, Ini Tipsnya!

Kunci utama menjaga kesehatan seksual pria adalah dengan menerapkan pola hidup sehat yang diimbangi dengan konsumsi makanan penuh nutrisi. Selain itu, kondisi fisik dan mental yang sehat juga menjadi pondasi kuat melakukan aktivitas seksual yang nyaman dan prima. Jika perlu secara rutin konsumsi suplemen makanan untuk menjaga daya tahan tubuh. Selalu konsultasikan dengan dokter terkait dengan penggunaan obat dan terkait dengan kondisi kesehatan seksual Anda. (NS)


Harvard Health Publishing. Diakses pada Agustus 2020. Men’s Sexual Health.
https://www.health.harvard.edu/topics/mens-sexual-health#:~:text=Optimal%20male%20sexual%20health%20includes,factors%20also%20play%20important%20roles.
Health Central. Diakses pada Agustus 2020. 10 Tips for Men's Sexual Health.
https://www.healthcentral.com/slideshow/10-tips-for-men-s-sexual-health
Alpha men Asia. Diakses pada Agustus 2020. The Top 10 Foods for Men’s Sexual Health
https://www.alphamen.asia/food-mens-sexual-health/
Med Shadow. Diakses pada Agustus 2020. 6 Foods & Drinks that Can Boost or Bust Libido
https://medshadow.org/6-foods-drinks-that-can-boost-or-bust-libido/
Mayo Clinic. Diakses pada Agustus 2020. Men’s Sexual Health
https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/sexual-health/basics/mens-sexual-health/hlv-20049432


Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan