Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Sudah Diet Tapi Berat Badan Susah Turun? Ini Sebabnya

Penyebab berat badan susah turun

Menjalani diet untuk menurunkan berat badan bukan sesuatu yang mudah bagi sebagian orang. Padahal berbagai cara sudah dilakukan, mulai dari metode diet hingga mencoba berbagai macam olahraga. Namun, hasilnya berat badan badan sulit turun!

Kesulitan dalam menurunkan berat badan mungkin terjadi karena sebab yang tidak Anda sadari. Misalnya metode diet yang Anda terapkan atau olahraga yang kurang maksimal. Lebih jelasnya ketahui penyebab mengapa Anda sulit menurunkan berat badan meskipun sudah melakukan berbagai cara yang akan dijelaskan di bawah ini.

Penyebab Berat Badan Sulit Turun Walaupun Sudah Diet

Jika Anda makan dengan sehat dan rajin berolahraga tetapi berat badan tidak kunjung turun, mungkin ada alasannya. Maka dari itu, cari tahu penyebabnya agar membantu program penurunan berat badan Anda. 

Nerikut ini berbagai faktor yang mungkin meyebabkan berat badan susah turun, di antaranya:

1. Keturunan

Keturunan atau genetik merupakan faktor yang menyebabkan Anda lebih sulit untuk menurunkan berat badan. Gen berkaitan dengan sesuatu yang Anda warisi dari kedua orang tua.

Penelitian yang dilakukan pada kembar di Swedia menunjukkan bahwa gen menyumbang sekitar 70 persen variasi berat badan manusia, dan ini pengaruhnya cukup besar.

Meskipun Anda tidak memiliki kendali atas gen, tetapi bukan berarti Anda patah semangat untuk memiliki tubuh sehat dan ramping. Justru Anda perlu usaha lebih untuk menurunkan berat badan.

Baca Juga: Rekomendasi Produk Minuman Penurun Berat Badan

2. Makan Tidak Teratur

Melewatkan sarapan atau telat makan siang dapat menyebabkan metabolisme melambat, yang bisa mengakibatkan penambahan berat badan atau mempersulit penurunan berat badan. 

Saat Anda melewatkan makan atau tidak makan dalam waktu lama, tubuh masuk ke mode untuk bertahan hidup. Hal ini dapat menyebabkan sel dan tubuh menginginkan makanan yang menyebabkan Anda makan banyak. Sudah kita ketahui bersama bahwa makan banyak dapat meningkatkan berat badan.

3. Tidak Memerhatikan Nutrisi Makanan

Orang yang menjalani diet biasanya memfokuskan seluruh energinya untuk membakar kalori dan mungkin tidak meluangkan waktu untuk mempertimbangkan apa yang mereka makan sebagai sumber energi. Hal ini membuat Anda bisa menambah berat badan alih-alih menurunkannya jika mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang Anda bakar.

Pastikan Anda mengonsumsi cukup kalori untuk mengatur berat badan saat aktif secara fisik. Jumlah kalori akan berbeda berdasarkan usia, tinggi badan, dan tingkat aktivitas.

Usahakan untuk melakukan pola diet seimbang yang mencakup hal-hal berikut: 

  • Buah-buahan dan sayur-sayuran.
  • Batasi tambahan gula, natrium, lemak jenuh, lemak trans, dan kolesterol.
  • Berbagai sumber protein, mulai dari kacang-kacangan dan biji-bijian hingga seafood dan telur.
  • Biji-bijian utuh.

4. Mengonsumsi Gula Tersembunyi

Program diet penurunan berat badan diharuskan untuk menghindari asupan gula dari makanan seperti kue, cokelat, dan minuman bersoda. Namun, ini juga berlaku untuk minuman sehat seperti vitaminwater yang juga mengandung gula.

Meskipun menyehatkan, jus buah pun sebaiknya tidak dikonsumsi dalam jumlah banyak. Satu gelas saja bisa mengandung jumlah gula yang sama dengan beberapa potong buah utuh.

Makanan lainnya yang mengandung gula tersembunyi, termasuk sereal untuk sarapan, yoghurt, produk susu dan olahannya, makanan cepat saji, makanan olahan, dan minuman berenergi.

5. Stres Berlebihan

Saat mengalami stres, produksi kortisol (hormon stres) melonjak. Hormon kortisol terlibat dalam proses yang memberi otot energi untuk bergerak. Kortisol juga menimbulkan efek negatif, seperti lemak yang membutuhkan waktu lama untuk hilang. 

Tubuh mungkin akan memproduksi kortisol berlebih jika Anda mengalami stres atau kecemasan yang luar biasa, kurang istirahat, berolahraga terlalu intens, dan kurang tidur.

Jika stres adalah penyebab penurunan berat badan terasa sulit, segera ambil langkah untuk meredakan stres. Bila stres atau kecemasan terasa tidak terkendali, sebaiknya konsultasikan dengan ahli kesehatan mental.

Baca juga: Makanan untuk Mengatasi Bad Mood, Sudah Coba?

6. Kurang Tidur

Sebagian besar orang dewasa biasanya membutuhkan waktu sekitar 7-9 jam tidur setiap malam. Tidur yang cukup menyehatkan secara keseluruhan, sebaliknya kurang tidur secara konsisten dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Penelitian telah menghubungkan kurang tidur dengan obesitas dan peningkatan risiko kenaikan berat badan di masa depan. Hal ini karena hormon ghrelin dan leptin yang berperan dalam siklus tidur juga memengaruhi nafsu makan.

Ghrelin adalah hormon rasa lapar, sedangkan leptin adalah hormon yang mengontrol rasa kenyang. Kadar ghrelin bisa meningkat, dan kadar leptin bisa menurun bila pola tidur tidak seimbang. Perubahan ini cenderung mengakibatkan lebih banyak rasa lapar dan berkurangnya rasa kenyang.

7. Tidak Minum Air Yang Cukup

Minum air bermanfaat bagi penurunan berat badan karena tetap terhidrasi dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

Sebuah penelitian menemukan bahwa rata-rata penurunan berat badan sebesar 5,15% karena peningkatan asupan air. Setidaknya dalam salah satu penelitian, hal ini terkait dengan mengganti minuman berkalori dengan air. Oleh karena itu, akan sangat membantu jika minum air yang cukup setiap hari. Disarankan minum air sebanyak 8 gelas atau kurang lebih 2 liter per hari. 

8. Jenis Kelamin

Pria lebih mudah untuk menurunkan berat badan dengan cepat dibandingkan wanita menurut penelitian. Meskipun wanita mampu menurunkan berat badan, tapi cenderung membutuhkan waktu yang lama. 

Pria juga bisa menghilangkan lemak di perut lebih dulu dengan cepat, sedangkan wanita mungkin lebih sulit.

Alasan lainnya, beberapa wanita mungkin mengalami kenaikan berat badan pada saat-saat tertentu dalam hidupnya ketika terjadi perubahan hormon, termasuk saat pubertas, selama kehamilan, dan saat menopause.

Nah, itulah daftar faktor yang menjadi penyebab berat badan susah turun meskipun sudah mencoba berbagai hal. Jika berat badan belum turun juga atau bahkan malah sebaliknya, cobalah konsultasikan ke dokter atau ahli gizi. 

Chat dengan dokter rekanan Farmaku di sini untuk konsultasi seputar kesehatan secara keseluruhan, baik berat badan yang ideal hingga tips menurunkan berat badan berdasarkan kondisi kesehatan Anda.

xCNET. Diakses pada 14 Maret 2024. Why it's so difficult to lose weight: The hard truths. https://www.cnet.com/health/six-big-reasons-why-the-scale-wont-budge/

Health. Diakses pada 14 Maret 2024. Why Am I Not Losing Weight?. https://www.health.com/weight-loss/working-out-and-still-not-losing-weight-here-are-7-reasons-why

Healthline. Diakses pada 14 Maret 2024. 14 Common Reasons You’re Not Losing as Much Weight as You Expected. https://www.healthline.com/nutrition/20-reasons-you-are-not-losing-weight#why-am-i-not-losing-weight

Webmd. Diakses pada 14 Maret 2024. Exercise to Lose Weight. https://www.webmd.com/fitness-exercise/features/exercise-lose-weight#1

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan