Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

5 Penyebab Berat Badan Susah Turun

Penyebab berat badan susah turun

Menurunkan berat badan bagi sebagian orang bukan sesuatu yang mudah. Padahal segala upaya sudah dia lakukan mulai dari konsumsi makanan sehat, melakukan program diet hingga olahraga. Tapi, hasilnya berat badan badan masih tetap sama atau bahkan semakin bertambah. 

Mengapa sangat sulit menurunkan berat badan? 

Pertanyaan itu mungkin banyak ditanyakan orang pada diri mereka sendiri. Selain dari yang sudah jelas – makanan itu enak, olahraga itu sulit dan waktunya singkat, ada banyak faktor lain yang mempengaruhi penurunan berat badan seseorang yang mungkin Anda belum tahu. 

Untuk itu, simak terus pembahasan di artikel ini agar mengetahui penyebab berat badan Anda susah turun dan cara menurunkan berat badan dengan olahraga yang bisa Anda lakukan.

Kenapa Berat Badan Susah Turun?

Kenapa berat badan susah turun

Ada banyak faktor yang dapat jadi penyebab berat badan susah turun di antaranya sebagai berikut:

  1. Makan dekat dengan waktu tidur

Makan menjelang waktu tidur atau makan larut malam bisa menimbulkan masalah jika Anda memiliki rencana untuk menurunkan berat badan. Mengapa demikian? Makan di malam hari dapat meningkatkan suhu tubuh, gula darah, dan insulin, yang membuat Anda lebih sulit untuk membakar lemak. Saat makan malam, usahakan untuk makan malam setidaknya 3 jam sebelum Anda tidur.

Baca Juga: Kesalahan Makan Oatmeal yang Sebabkan Berat Badan Naik!

Selain itu, berhati-hati juga saat ngemil setelah makan malam. Hal ini dapat meningkatkan kalori dari yang Anda sadari saat Anda ngemil sambil menonton TV atau menggunakan komputer. Untuk itu, sebaiknya hindari ngemil setelah makan malam.

  1. Stres berlebih

Saat berat badan sulit turun. Coba perhatikan diri Anda dan tanyakan kepada diri sendiri,  “Apakah saya terlalu stres?”

Jika jawabannya,”Iya.” 

Itu artinya Anda perlu mengurangi atau mengatur stres Anda, karena stres dapat menjadi pemicu seseorang makan-makanan berkalori tinggi dan berlemak tinggi. Padahal saat Anda stres, tubuh juga menyimpan lebih banyak lemak. Untuk mengurangi stres, cobalah olahraga atau meditasi.

  1. Kurang tidur

Jika Anda kurang tidur, proses menurunkan berat badan bisa jadi lebih sulit. Hal ini terjadi akibat metabolisme tubuh melambat sehingga tubuh Anda tidak bisa membakar kalori secepat yang Anda inginkan. Selain itu, kurang tidur juga dapat membuat energi Anda berkurang, sehingga membuat Anda kesulitan untuk olahraga. 

Baca Juga: Obat Tidur Herbal yang Aman untuk Atasi Insomnia

Saat tubuh lelah karena kurang tidur, Anda mungkin cenderung membuat pilihan makanan yang salah seperti memilih makan yang manis-manis daripada makan buah. Dalam sebuah penelitian terbaru mengatakan, orang yang tidak cukup tidur akan makan sekitar 300 kalori lebih banyak per hari daripada mereka yang lebih banyak istirahat.

  1. Keturunan

Segala cara sudah Anda lakukan agar bisa menurunkan berat badan. Tapi ternyata berat Anda tidak berkurang. Bisa jadi penyebabnya karena faktor gen atau keturunan karena ini berkaitan dengan sesuatu yang Anda warisi dari orang tua atau kakek-nenek Anda. 

Meski Anda tidak memiliki kendali atas gen yang diturunkan kepada Anda, bukan berarti Anda menyerah begitu saja. Justru sebaliknya, Anda perlu usaha ekstra untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan Anda. 

  1. Jenis kelamin

Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan bahwa pria lebih mudah menurunkan berat badan dengan cepat dibanding wanita. Meski wanita bisa berhasil menurunkan berat badan, tapi hal ini cenderung dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, pria juga bisa menghilangkan lemak perut lebih dulu, sementara wanita area tersebut akan terasa lebih sulit. 

Menurunkan Berat Badan dengan Olahraga

Cara menurunkan berat badan dengan olahraga

Jika seseorang memberi tahu Anda mengenai olahraga yang paling baik untuk menurunkan berat badan, apakah Anda akan melakukannya? 

Menurut Timothy Church, MD, MPH, PhD, seorang profesor di Pennington Biomedical Research Center, latihan terbaik untuk menurunkan berat badan adalah: “latihan yang akan Anda lakukan.”

Latihan atau olahraga perlu dilakukan, jika tidak berat badan Anda tidak akan pernah turun. Jika Anda tahu olahraga terbaik yang bisa turunkan berat badan, tapi Anda tidak melakukannya, tentu saja berat Anda akan sulit turun.

Baca Juga: Workout untuk Pemula yang Bisa Turunkan Berat Badan

Sementara, jika Anda sudah mulai olahraga tapi berat masih sama atau susah turun bisa jadi karena Anda bosan sehingga berhenti olahraga. 

“Dua hal yang menghentikan orang dari penurunan berat badan dengan olahraga adalah kebosanan atau cedera,” kata ahli terapi fisik dan spesialis kekuatan dan pengkondisian Ben Quist, PhD, NSCA, 

Menurunkan berat badan adalah tentang menciptakan defisit kalori, dengan kata lain, Anda perlu membakar lebih banyak kalori daripada yang Anda konsumsi. Untuk itu, mulailah dari hal terkecil atau dengan sesuatu yang dapat Anda lakukan seperti berjalan, berolahraga dengan mesin elips, atau bersepeda.

Selain memperhatikan faktor penyebab berat badan susah turun dan menjalankan olahraga, Anda juga perlu menjalankan pola hidup sehat seperti tidur yang cukup, banyak minum air putih, mengurangi konsumsi gula berlebih, mengatur pola makan yang tepat, dan menambah asupan suplemen. Anda bisa penuhi kebutuhan suplemen harian Anda di farmaku.com, apotek online di Indonesia, yang menghadirkan berbagai pilihan suplemen terlengkap. (SR)

Cnet. Diakses pada September 2020. Why it's so difficult to lose weight: The hard truths. https://www.cnet.com/health/six-big-reasons-why-the-scale-wont-budge/

Webmd. Diakses pada September 2020. Exercise to Lose Weight. https://www.webmd.com/fitness-exercise/features/exercise-lose-weight#1

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan