Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Bukan Hanya Pemanasan, Ini Manfaat Foreplay sebelum Bercinta

Banyak orang yang melewatkan sesi foreplay alias pemanasan seks saat berhubungan intim. Padahal ini sangat penting dalam mencapai puncak kenikmatan bercinta. Tidak hanya sekadar pemanasan sebelum berhubungan seksual, namun faktanya lebih dari itu, lho!

Foreplay nyatanya dapat memberikan banyak manfaat bagi kehidupan seks baik pria maupun wanita.  Hal demikian juga diperkuat oleh pernyataan ahli urologi dan pakar kesehatan seksual dr. Jennifer Berman. Menurutnya, manfaat foreplay tidak hanya membantu keintiman secara fisik tetapi juga secara emosional. Tidak hanya berhenti di situ, masih ada banyak lagi manfaat foreplay yang akan dijelaskan di bawah ini.

Manfaat Foreplay sebelum Berhubungan Intim

Melakukan foreplay bertujuan untuk membuat hubungan seks menjadi terasa lebih memuaskan dan menyenangkan. Bagi wanita, foreplay adalah rangsangan awal agar mencapai orgasme. Bahkan foreplay dapat membuat seks menjadi lebih lama dan mencapai orgasme yang sempurna. 

Bila Anda masih sering melewatkan sesi foreplay sebelum melakukan penetrasi, sebaiknya simak berbagai manfaat foreplay yang baik untuk Anda dan pasangan, berikut di antaranya:

1. Menambah Keintiman

Bagi kedua pasangan, foreplay dapat membantu membangun keintiman secara emosional. Hal ini karena melakukan pemanasan sebelum penetrasi bisa membuat Anda dan pasangan lebih mesra dan intim.

Foreplay juga dapat membuat Anda dan pasangan semakin romantis di luar kamar. Keromantisan dinilai mampu meningkatkan gairah seks.

2. Mengontrol Suasana Hati

Suasana hati (mood) adalah salah satu faktor yang sangat berpengaruh dalam melakukan hubungan intim. Terlebih jika Anda atau pasangan mengharapkan seks yang lebih menggairahkan dan memuaskan satu sama lain.

Foreplay juga dapat membangun suasana hati bagi kedua pasangan. Melakukan foreplay dengan berpelukan, ciuman,atau memberi rangsangan pada bagian sensitif. Selain memberikan sentuhan, cobalah memberi bisikan kata-kata sensual agar perhatian dan emosi pasangan tetap fokus pada Anda.

3. Bantu Mempersiapkan Tubuh untuk Berhubungan Seks 

Saat menikmati foreplay, Anda mungkin merasakan jantung berdebar kencang. Ini karena ada peningkatan aliran darah ke alat kelamin, yang menyebabkan labia, klitoris, dan penis membengkak. 

Gairah juga dapat membantu merangsang vagina mengeluarkan pelumas alami, sehingga membuat seks lebih nikmat dan membantu mencegah rasa sakit saat berhubungan.

Baca Juga: Rekomendasi Pelumas Seks yang Cocok untuk Bercinta

4. Orgasme Terasa Lebih Menyenangkan

Melakukan pemanasan sebelum penetrasi bisa membuat hubungan seksual menjadi lebih menyenangkan dan bahkan mungkin akan membuat Anda dan pasangan mencapai orgasme lebih dari satu kali dalam satu waktu.

Penting untuk diingat bahwa, bagi sebagian orang, foreplay adalah aspek yang sangat penting dalam seks. Faktanya, banyak wanita tidak dapat mencapai orgasme hanya dari berhubungan seks.

5. Meningkatkan Hormon Bahagia

Berciuman saat berhubungan intim merupakan bagian dari foreplay. Tidak hanya terasa nikmat, ciuman dengan pasangan dapat memberikan banyak manfaat baik secara mental maupun fisik.

Berciuman akan merangsang otak untuk melepaskan beberapa hormon, seperti oksitosin, dopamin, dan serotonin yang membuat seseorang merasa bahagia dan mendorong perasaan kasih sayang dan keintiman.

Manfaat berciuman juga dapat menurunkan kadar kortisol alias hormon stres yang adal dalam tubuh.

6. Membakar Kalori

Tidak hanya baik untuk kesehatan mental, foreplay juga bagus untuk kesehatan fisik Anda. Pasalnya melakukan pemanasan sebelum penetrasi dapat membakar kalori. Terlebih jika melakukan pemanasan lebih lama, tentu akan lebih banyak pembakaran kalori.

Tubuh yang kelebihan kalori dapat menyebabkan kelebihan berat badan atau obesitas. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker.

7. Mengurangi Rasa Sakit

Manfaat melakukan foreplay sebelum bercinta bisa membantu Anda mengendurkan otot-otot, merasa lebih nyaman, rileks dan mengurangi rasa sakit saat berhubungan seks. 

Hal tersebut terjadi karena ketika foreplay, wanita akan merasa terangsang dan mengeluarkan cairan pelumas alami di sekitar vagina sehingga dapat  mengurangi rasa sakit saat melakukan penetrasi.

Baca Juga: Rekomendasi Kondom Durex Terbaik untuk Sesi Bercinta

Tips Melakukan Foreplay

Berikut ini tips yang bisa Anda lakukan untuk mendorong pasangan melakukan pemanasan dengan Anda secara maksimal, berikut di antaranya:

1. Lakukan Kontak Mata

Melakukan kontak mata dengan pasangan saat foreplay sangatlah penting. Kontak mata akan membuat hati dan jiwa Anda dan pasangan menjadi terhubung sebelum menikmati serangkaian seks. Saling menatap dalam-dalam satu sama lain juga membuat pasangan Anda merasa dicintai. 

Cobalah buka kedua mata Anda dan tatap mata pasangan secara penuh selama pemanasan bercinta. Anda juga bisa sambil memberikan pujian atau kata-kata sensual yang membangkitkan gairah.

2. Kagumi Bentuk Tubuh Pasangan

Selama pemanasan seks, berikan pujian dengan ungkapan kata-kata tentang bagian tubuh pasangan Anda yang paling disukai. Anda juga bisa memberikan kata-kata yang menggoda untuk membuat pasangan semakin bergairah.

Tidak hanya akan membangkitkan gairah pasangan, melakukan hal tersebut juga akan meningkatkan suasana hati untuk bercinta.

3. Jelajahi Bagian Tubuh Pasangan

Baik pria maupun wanita memiliki titik rangsangan, yang mana bila mendapatkan sentuhan akan membangkitkan gairah dan hubungan seks semakin menggebu-gebu.

Cobalah beri sentuhan satu sama lain di seluruh tubuh pasangan untuk mengetahui titik mana saja yang menggairahkan. Bila perlu Anda bisa bertanya pada pasangan titik yang diinginkan. 

Ada banyak titik rangsangan, termasuk di bagian belakang telinga, tengkuk leher, perut bagian atas, paha bagian dalam, atau puting payudara.

4. Lakukan dengan Santai dan Jangan Terlalu Cepat

Semakin lama durasi rangsangan yang Anda berikan selama foreplay, maka semakin intens orgasme yang akan tercapai. Jadi, sebaiknya jangan terburu-buru dan nikmati waktu berdua lebih lama dengan melakuan teknik-teknik foreplay yang masing-masing pasangan inginkan.

Selain dengan sentuhan tangan, Anda juga bisa menggunakan gunakan sex toys dan pelumas agar durasi pemanasan lebih lama tetapi tidak membosankan.

Baca Juga: Aksesoris Seks yang Bantu Tingkatkan Kepuasan Seksual

5. Diskusikan Terlebih Dahulu agar Lebih Memuaskan

Sebelum memulai sesi foreplay, ada baiknya bicarakan apa yang masing-masing pasangan inginkan dalam mencapai kenikmatan seks. Hal ini untuk menghindari sifat egois yang merugikan.

Seiring melakukan foreplay, Anda dapat menanyakan pada pasangan tentang gaya atau posisi seks yang diinginkan nantinya. Dengarkanlah baik-baik apa yang pasangan inginkan dan jangan sampai membuatnya merasa tidak nyaman.

Nikmatilah setiap sentuhan yang Anda dapatkan dan biarkan pemanasan bercinta ini mengalir begitu saja hingga Anda dan pasangan benar-benar menikmatinya.

Demikian ulasan mengenai manfaat foreplay hingga tips melakukannya bersama pasangan. Setelah mengetahui manfaatnya yang bagus untuk kesehatan fisik dan mental, mulai sekarang sebaiknya jangan sampai melewatkan sesi pemanasan bercinta ini.

Healthline. Diakses pada 1 Maret 2024. 16 Reasons to Smooch: How Kissing Benefits
Your Health. https://www.healthline.com/health/benefits-of-kissing

Mensjournal. Diakses pada 1 Maret 2024. Why Foreplay is Important. https://www.mensjournal.com/health-fitness/why-foreplay-is-important-20140603/

Marriage. Diakses pada 1 Maret 2024. 6 Foreplay Ideas That Will Surely Spice up Your Sex Life. https://www.marriage.com/advice/physical-intimacy/foreplay-ideas-spice-up-your-life/

WebMD. Diakses pada 1 Maret 2024. Foreplay: How to Be Better at It. https://www.webmd.com/sex/what-is-foreplay

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan