Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

6 Rekomendasi Obat Radang Tenggorokan yang Ampuh di Apotek

obat sakit tenggorokan

Sakit saat menelan makanan atau tenggrokan terasa kering merupakan gejala radang tenggorokan. Sakit tenggorokan adalah gangguan kesehatan yang disebabkan karena peradangan pada tenggorokan. Peradangan ini terjadi akibat adanya virus, infeksi bakteri, atau faktor lingkungan seperti udara kering. 

Seperti dilansir dari Healthline, berdasarkan bagian tenggorokan yang sakit, radang tenggorokan terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

  • Faringitis adalah sakit tenggorokan yang memengaruhi daerah di belakang mulut.
  • Laringitis adalah pembengkakakn dan kemerahan yang terjadi di kotak suara atau laring.
  • Tonsilitis adalah kondisi ketika amandel terjadi inflamasi atau peradangan yang disebabkan akibat infeksi virus atau bakteri. Radang amandel ini menyebabkan sakit pada tenggorokan.

Pengobatan untuk Radang Tenggorokan

Sakit tenggorokan dapat membuat rasa tidak nyaman karena terasa gatal, kering, sakit saat menelan. Namun biasanya sakit ini akan hilang dengan sendirinya. Apabila sakit tenggorokan tidak kunjung membaik, Anda bisa segera melakukan pengobatan. 

Terdapat dua jenis pengobatan radang yang bisa dilakukan untuk meredakan rasa sakitnya, yaitu pengobatan rumahan dan konsumsi obat radang tenggorokan di apotik. Berikut ini hal yang dapat dilakukan untuk mengobati sakitnya dan mempersingkat durasinya:

  • Berkumur dengan campuran air hangat dan setengah hingga satu sendok teh garam.
  • Minum air hangat seperti teh panas dengan madu, air hangat dengan lemon, teh herbal, dan kaldu sup.
  • Hindari merokok atau tempat berasap.
  • Sering minum air putih.
  • Permen herbal pereda tenggorokan.
  • Istirahatkan suara sampai tenggorokan membaik.

Pilihan Obat Radang Tenggorokan di Apotik

Jika cara pertama tidak berhasil menyembuhkan sakit tenggorokan Anda. Cobalah cara kedua, yaitu dengan bantuan obat yang tersedia di apotek. Berikut ini daftar obat untuk radang tenggorokan paling ampuh yang bisa dicoba.

1. Efisol Lozenges

Efisol Lozenges adalah obat untuk mengatasi masalah infeksi atau radang yang terjadi di mukosa mulut, amandel, dan tenggorokan. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet hisap yang mengandung dequalinium 250 mcg dan vitamin C 25 mg. 

Selain tablet hisap, Efisol juga tersedia dalam bentuk cair yang dapat dilarutkan dalam air. Efisol Liquid ini mengandung dequalinium 5 mg dan vitamin C 2.5 mg. 

Beli Efisol Lozenges di Sini

2. Cooling 5 Spray

Cooling 5 Spray adalah obat dalam bentuk semprot yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan, iritasi ringan pada mulut dan tenggorokan, serta nyeri akibat sariawan. Obat ini mengandung Phenol 1.4%  

Kandungan tersebut dapat berperan sebagai antiseptik untuk membunuh kuman, bakteri, dan virus penyebab sakit tenggorokan. Penggunaan obat ini cukup mudah, yaitu tinggal disemprotkan ke arah tenggorokan setiap 3 jam sampai gejala hilang.

Beli Cooling 5 Spray di Sini

3. Tantum Lozenges

Selain Efisol Lozenges, tablet hisap lain yang dapat mengobati sakit tenggorokan adalah Tantum Lozenges. Obat ini mengandung Benzydamine hcl 3 mg yang dapat meringaknkan rasa sakit di rongga mulut akibat inflamasi, nyeri lokal setelah bedah mulut, sekaligus menghilangkan bakteri dan kuman di dalam mulut.  

Dapatkan Tantum Lozenges di Sini

4.  SP Troches Meiji

Tablet hisap berikutnya setelah Efisol Lozenges dan Tantum Lozenges, yaitu SP Troches Meiji. Obat ini merupakan tablet hisap yang memiliki dua varian rasa, yaitu Sp Troches Melon dan Sp Troches Strawberry yang mengandung Dequalinium chloride 0,25 mg. 

Kandungan tersebut berguna untuk mengobati sakit tenggorokan akibat peradangan, radang pada laring, gingivitis sampai infeksi selaput lendir mulut seperti stomatitis.

5. Methylprednisolon

Methylprednisolone yang digunakan untuk mengobati radang tenggorokan adalah jenis obat kortikosteroid untuk mengurangi peradangan. Methylprednisolone tersedia dalam bentuk tablet atau suntikan. Namun obat radang ini hanya bisa didapatkan dengan resep dokter karena tergolong obat keras. 

Selain mengobati sakit tenggorokan, obat ini juga umumnya biasa digunakan untuk meredakan sakit asma, alergi, ulseratif kolitis, dan kanker tertentu. Tapi dokter juga bisa meresepkan obat ini sebagai pengobatan sakit radang tenggorokan. Obat radang ini  bekerja dengan cara mencegah tubuh saat melepaskan senyawa kimia yang dapat mengakibatkan inflamasi atau peradangan. Dengan cara ini, rasa nyeri atau pembengkakan akan membaik.

Beli Methylprednisolone di Sini

6. Ibuprofen

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ibuprofen adalah obat golongan nonsteroidal anti-inflammatory drug (NSAID) yang masuk ke daftar obat esensial untuk perawatan kesehatan mendasar. Obat ini dikenal sebagai obat untuk mengatasi demam dan nyeri haid pada wanita saat menstruasi. 

Namun, ibuprofen juga bisa dijadikan sebagai obat anti-peradangan karena obat ini bekerja dengan cara memblokir produksi zat alami pada tubuh yang menyebabkan peradangan. Selain itu, obat ini juga sangat mudah ditemukan di apotek.

Itulah beberapa pilihan obat radang tenggorokan paling ampuh yang bisa dipesan dan didapatkan di apotek. Jika konsumsi obat tersebut masih belum meredakan sakit tenggorokan. Maka sebaiknya Anda segera konsultasi dan periksakan diri ke dokter. 

Dengan begitu, dokter dapat meresepkan obat sakit tenggorokan yang tepat sesuai dengan penyebab sakitnya.

Drugs. 2020. What's the best sore throat medicine to use? https://www.drugs.com/medical-answers/good-medicine-severe-sore-throat-612310/. (Diakses pada 13 September 2021).
Medline Plus. 2021. Methylprednisolone. https://medlineplus.gov/druginfo/meds/a682795.html. Diakses pada September 2021.
NHS. 2021. Sore throat. https://www.nhs.uk/conditions/sore-throat/. (Diakses pada 13 September 2021).
Watson, Stephanie. 2020. Sore Throat 101: Symptoms, Causes, and Treatment. https://www.healthline.com/health/sore-throat#_noHeaderPrefixedContent. (Diakses pada 13 September 2021).
Webmd. 2021. Ibuprofen. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-5166-9368/ibuprofen-oral/ibuprofen-oral/details#precautions. (Diakses pada 13 September 2021).
WebMd. 2021. Allergies, Cold, or Flu: Why Do You Feel Icky?https://www.webmd.com/allergies/sinus-nose-tool/soothe-sore-throat. (Diakses pada 13 September 2021).

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan