Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

15 Obat Radang Tenggorokan, dari yang Medis hingga Herbal

obat radang tenggorokan farmaku

Peradangan yang terjadi di tenggorokan dapat membuat rasa tidak nyaman karena tenggorokan bisa terasa gatal, kering, hingga sakit saat menelan. Lantas, apa saja obat radang tenggorokan yang bisa Anda dapatkan di apotik? Simak daftar selengkapnya di bawah ini. 

Beragam Pilihan Obat untuk Radang Tenggorokan

Pada umumnya, pengobatan untuk radang tenggorokan berguna untuk meringankan gejala yang muncul. Berikut ini berbagai obat radang tenggorokan yang bisa Anda gunakan, di antaranya:

1. Efisol

Efisol

Efisol Lozenges adalah obat untuk mengatasi masalah infeksi atau radang yang terjadi di mukosa mulut, amandel, dan tenggorokan.

Efisol lozenges mengandung dequalinium 0.25 mg dan vitamin C 25 mg yang dapat dikonsumsi sebanyak 1 tablet setiap 3 jam. Saat kondisi terlihat sudah membaik, konsumsi 1 tablet hisap setiap 4-5 jam sekali.

Sementara itu, efisol bentuk cair atau Efisol Liquid mengandung dequalinium 5 mg dan vitamin C 2.5 mg. Obat ini dapat digunakan 2-4 kali sehari dengan cara melarutkan 10-20 tetes ke dalam segelas air.

Beli Efisol Lozenges di Sini

Beli Efisol Liquid di Sini

2. Cooling 5 Spray

Cooling 5 Spray

Cooling 5 Spray adalah obat dalam bentuk semprot yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan, iritasi ringan pada mulut dan tenggorokan, serta nyeri akibat sariawan.

Obat sakit tenggorokan ini mengandung phenol 1.4%. Kandungan tersebut dapat berperan sebagai antiseptik untuk membunuh kuman, bakteri, dan virus penyebab sakit tenggorokan.

Penggunaan obat ini cukup mudah, yaitu tinggal disemprotkan ke arah tenggorokan setiap 3 jam sampai gejala hilang.

Beli Cooling 5 Spray di Sini

3.  SP Troches Meiji

SP Troches Meiji

SP Troches Meiji merupakan tablet hisap yang dapat membantu melegakan tenggorokan sakit yang bisa Anda coba. 

Obat yang mengandung dequalinium chloride 0.25 mg ini berguna untuk mengobati sakit tenggorokan akibat peradangan, radang pada laring, gingivitis sampai infeksi selaput lendir mulut seperti stomatitis.

SP Troches Meiji tersedia dalam dua varian rasa, yaitu melon dan stroberi. Penggunaan obat ini tidak lebih dari 8 tablet sehari.

Beli Sp Troches Melon Strip di Sini

Beli Sp Troches Strawberry Strip di Sini

4. Degirol

Degirol

Degirol merupakan obat radang tenggorokan dalam bentuk hisap yang mengandung dequalinium chloride 0.25 mg. Obat ini memiliki rasa lemon yang menyegarkan.

Selain digunakan untuk mengatasi peradangan di tenggorokan, Degirol bermanfaat untuk mengatasi infeksi pada rongga mulut serta mencegah sakit flu dan batuk.

Obat ini dapat dikonsumsi sebanyak 1 tablet setiap 3-4 jam dengan maksimal 8 tablet per hari.

Beli Degirol Loz Strip 10S di Sini

5. Tantum Lozenges

Tantum Lozenges

Tantum Lozenges mengandung Benzydamine HCl 3 mg yang bermanfaat untuk meringankan rasa sakit di rongga mulut akibat inflamasi, nyeri lokal setelah bedah mulut, sekaligus menghilangkan bakteri dan kuman di dalam mulut.

Obat ini berbentuk tablet hisap yang dapat dikonsumsi setiap 2 jam untuk kasus berat dan 3 jam pada kasus ringan.

Beli Tantum Lozenges di Sini

6. Methylprednisolone

Methylprednisolone

Methylprednisolone yang digunakan untuk mengobati radang tenggorokan adalah jenis obat kortikosteroid untuk mengurangi peradangan.

Obat radang tenggorokan ini bekerja dengan cara mencegah tubuh melepaskan senyawa kimia yang dapat mengakibatkan inflamasi atau peradangan. Dengan cara ini, rasa nyeri atau pembengkakan akan membaik.

Methylprednisolone hanya bisa didapatkan dengan resep dokter karena tergolong obat keras. 

Beli Methylprednisolone 4 mg Tablet Hexp di Sini

7. Aloclair Plus

Aloclair Plus

Aloclair Plus adalah obat yang dapat membantu mengatasi masalah kesehatan mulut, seperti sariawan, luka pada mulut, dan keluhan lainnya di rongga mulut.

Selain mengandung sejumlah bahan aktif, obat ini juga mengandung bahan alami berupa aloe vera. Oleh karena itu, Anda bisa menjadikan Aloclair Plus sebagai alternatif yang aman dan efektif dalam mengatasi masalah mulut dan tenggorokan.

Aloclair Plus tergolong obat bebas sehingga Anda bisa menggunakannya tanpa resep dokter. Obat ini tersedia dalam bentuk gel, spray, dan cairan kumur.

Beli Aloclair Plus Spray 15 ml di Sini

Beli Aloclair Plus Oral Rinse 60 ml di Sini

8. Lameson

Lameson

Obat ini dapat digunakan pada kasus inflamasi atau peradangan dan alergi. Oleh karena itu, Lameson bisa menjadi salah satu obat untuk radang tenggorokan.

Kandungan Methylprednisolone di dalamnya tidak hanya meredakan keluhan tenggorokan, tetapi juga dapat membantu menangani gangguan saluran pernapasan, meningitis tuberkulosis, masalah pencernaan, dan masalah kesehatan yang berkaitan dengan peradangan atau alergi lainnya.

Lameson tersedia dalam bentuk tablet dan hanya boleh digunakan atas rekomendasi dokter.

Beli Lameson 4 mg Tablet di Sini

Beli Lameson 8 mg Tablet di Sini

Beli Lameson 16 mg Tablet di Sini

9. F.G Troches

F.G Troches

F.G Troches merupakan obat antibiotik yang berbentuk tablet hisap. Obat ini mengandung fradiomycin dan gramicidin.

F.G Troches bekerja dengan cara membunuh bakteri di rongga mulut yang menjadi penyebab radang tenggorokan, sariawan, amandel, dan berbagai jenis infeksi bakteri pada gusi dan mulut lainnya.

Beli F.G Troches Tablet di Sini

10. Indexon

Indexon

Indexon adalah obat yang dapat membantu meringankan gejala nyeri dan mengobati peradangan, termasuk peradangan pada tenggorokan.

Kandungan dexamethasone di dalam obat ini bekerja dengan cara menghambat respons berlebihan sistem imun tubuh. Dengan begitu, nyeri akibat tenggorokan yang meradang bisa segera mereda.

Obat radang tenggorokan ini tidak boleh digunakan tanpa resep dari dokter karena termasuk golongan obat keras.

Beli Indexon 0.5 mg Tablet di Sini

11. Enkasari

Enkasari

Salah satu obat untuk mengatasi masalah pada mulut dan tenggorokan adalah Enkasari. Obat ini berbentuk cairan obat kumur.

Enkasari mengandung sejumlah bahan kimia dan bahan alami, seperti daun sirih dan sari akar kayu manis. Berkat bahan-bahan alami di dalamnya, obat kumur ini aman digunakan oleh segala usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Selain meredakan sakit tenggorokan, Enkasari dapat digunakan untuk menyegarkan mulut dan mengurangi bau mulut.

Beli Enkasari 120 ml di Sini

12. Lo Han Kuo Infusion

Lo Han Kuo Infusion

Lo Han Kuo Infusion merupakan minuman herbal tradisional Cina yang mengandung buah lo han kuo. Buah ini dipercaya mampu membantu meringankan keluhan pada tenggorokan.

Selain itu, Lu Han Kuo Infusion dapat digunakan untuk meredakan demam dan panas dalam yang disertai batuk.

Beli Lo Han Kuo Infusion 12S di Sini

13. Golden Throat Lozenges

Golden Throat Lozenges

Golden Throat Lozenges adalah obat tradisional Cina yang berbentuk tablet hisap. Obat ini dipercaya mampu membantu meringankan peradangan dan melegakan tenggorokan.

Selain itu, Golden Throat Lozenges dapat digunakan untuk meredakan suara serak dan rasa tidak nyaman pada tenggorokan.

Beli Golden Throat Lozenges 12S di Sini

14. Sanjin Watermelon Frost Lozenges

Sanjin Watermelon Frost Lozenges

Sanjin Watermelon Frost Lozenges adalah obat tradisional Cina yang dapat membantu masalah radang pada tenggorokan. Obat ini dapat meredakan peradangan yang terjadi berulang di dalam rongga mulut.

Selain meredakan gejala radang tenggorokan, Sanjin Watermelon Frost Lozenges dapat membantu mengatasi masalah sariawan pada rongga mulut.

Beli Sanjin Watermelon Frost Lozenges 12S di Sini

15. Betadine Sore Throat Spray

Betadine Sore Throat Spray

Betadine Sore Throat Spray adalah antiseptik dalam bentuk semprot yang dapat mengatasi gejala awal sakit tenggorokan.

Antiseptik ini mengandung povidone-iodine 0,45% di dalamnya. Anda cukup semprotkan antiseptik ini ke tenggorokan sebanyak 3 hingga 4 kali sehari atau sesuai kebutuhan.

Selain mengatasi sakit tenggorokan, antiseptik semprot ini dapat mengatasi gusi bengkak, sariawan, serta bau mulut.

Beli Betadine Sore Throat Spray 50 ml di Sini

Nah, itulah beberapa pilihan obat radang tenggorokan yang bisa Anda pilih. Jika peradangan yang terjadi tidak membaik setelah menggunakan obat-obatan di atas, sebaiknya Anda segera menemui dokter atau konsultasi dengan dokter rekanan Farmaku di sini.

Baca juga:

Aaronson, Nicole Leigh. 2022. Sore Throat 101: Symptoms, Causes, and Treatment. https://www.healthline.com/health/sore-throat. (Diakses pada 27 November 2023).
Drugs. 2023. What's the Best Sore Throat Medicine to Use? https://www.drugs.com/medical-answers/good-medicine-severe-sore-throat-612310/. (Diakses pada 27 November 2023).
Medline Plus. 2017. Methylprednisolone. https://medlineplus.gov/druginfo/meds/a682795.html. (Diakses pada 27 November 2023).
NHS. 2021. Sore Throat. https://www.nhs.uk/conditions/sore-throat/. (Diakses pada 27 November 2023).
Webmd. Ibuprofen Oral - Uses, Side Effects, and More. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-5166-3186/ibuprofen-oral/ibuprofen-suspension-oral/details. (Diakses pada 27 November 2023).
WebMd Editorial Contributor. 2023. Allergies: Basic Info You Need to Know. https://www.webmd.com/allergies/allergy-basics. (Diakses pada 27 November 2023).

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan