Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

6 Rekomendasi Obat Tetes yang Ampuh Atasi Mata Kering

obat tetes mata

Obat tetes mata bisa menjadi pertolongan pertama yang digunakan untuk meredakan rasa tidak nyaman akibat mata kering. Obat ini akan membantu melumasi mata. Simak rekomendasinya pada artikel berikut ini.

Pilihan Obat Tetes untuk Mata Kering yang Tersedia di Apotek

Mata yang terasa kering tentu akan membuat tidak nyaman. Anda akan merasa mata perih, mengganjal, serta berair. Kondisi ini muncul ketika air mata tidak cukup untuk memberikan kelembapan dan melindungi mata. 

Mata kering dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti terlalu lama berada di ruangan ber-AC, polusi udara, dan terlalu lama menatap layar gadget. 

Obat mata kering bisa digunakan untuk mengatasi keluhan pada mata kering. 

Beberapa pilihan obat yang dapat ditemukan di apotek, antara lain:

1. Insto Moist Eyes

Insto Moist Eyes

Insto dry eyes merupakan obat yang dapat mengatasi gejala mata kering dengan cara memberikan pelumas pada mata. Obat tetes mata ini mengandung hydroxypropyl methylcellulose, yang dapat membantu meredakan mata kering dan iritasi akibat kekurangan air mata. 

Perlu diingat bahwa obat tetes mata ini hanya bisa digunakan dalam kurun waktu satu bulan setelah kemasan dibuka. Selain itu, obat ini mungkin dapat menimbulkan rasa pedih dan terbakar pada mata. 

Beli Insto Moist Eye Drop 7.5 ml di Sini

2. Rohto Dry Fresh Eye

Rohto Dry Fresh Eye

Obat tetes mata ini mengandung senyawa aktif hypromellose, yang dapat membantu mengatasi mata kering. Hypromellose atau hydroxypropyl methylcellulose merupakan obat yang dikenal juga sebagai air mata buatan. 

Senyawa aktif hypromellose mampu memberikan kelembapan pada mata, sehingga gejala mata kering, seperti mata merah, gatal, atau pedih bisa diredakan. 

Rohto Dry Fresh Eye dapat digunakan untuk mengatasi mata kering serta mencegah iritasi karena jumlah air mata yang kurang. Selain itu reres mata ini juga bermanfaat untuk melumasi mata palsu. 

Beli Rohto Dry Fresh Eye Drop 7 ml di Sini

3. Rohto V-Extra Eye

Rohto V-Extra Eye

Obat tetes mata Rohto V-Extra Eye cocok digunakan untuk Anda yang merasakan mata kering dan merah. Obat ini juga dapat membantu melindungi mata dari iritasi yang lebih parah. 

Kandungan Tetrahydrozoline HCl dalam obat ini berguna untuk meredakan mata merah dengan cara membuat pembuluh darah mata menjadi lebih kecil. Selain itu, obat ini juga mengandung macrogol 400 (PEG-400) yang dapat melembapkan mata. 

Beli Rohto V-Extra Eye Drop 7 ml di Sini

4. Cendo Lyteers

Cendo Lyteers

Cendo Lyteers merupakan obat tetes mata dengan kandungan sodium chloride dan potassium chloride. Kombinasi kandungan ini bekerja dengan cara membentuk lapisan air mata. Dengan demikian, permukaan mata akan tetap basah. 

Cendo Lyteers dapat digunakan untuk mengatasi berbagai keluhan yang muncul akibat mata kering, seperti mata lelah, mata merah, mudah silau, serta rasa mengganjal pada mata. 

Obat tetes mata Cendo Lyteers tersedia dalam kemasan botol dan kemasan botol sekali pakai yang berisi 0,6 ml. Pada kemasan botol kecil sekali pakai, obat ini tidak mengandung pengawet  benzalkonium chloride.

Beli Cendo Lyteers Strip 5 Minidose 0.6 ml di Sini

Beli Cendo Lyteers Eye Drop 15 ml di Sini

5. Cendo Eyefresh

Cendo Eyefresh

Cendo Eyefresh dapat membantu mengatasi berbagai gejala yang ditimbulkan akibat mata kering, seperti gatal, pedih, atau mudah silau.

Dalam obat ini, terkandung hypromellose dan dextran. Kombinasi kedua kandungan ini akan bercampur dengan air mata untuk meningkatkan kelembapan pada kornea mata. Dengan demikian, gejala yang timbul akibat mata kering dapat diredakan. 

Obat tetes mata Cendo Eyefresh juga tersedia dalam kemasan botol sekali pakai dan kemasan botol. 

Beli Cendo Eyefresh Strip 5 Minidose 0.6 ml di Sini

Beli Cendo Eyefresh Eye Drop 5 ml di Sini

6. Cendo Protagenta

Cendo Protagenta

Cendo protagenta dapat menjadi pilihan obat untuk mengatasi mata kering. Obat ini mengandung senyawa aktif polyvinylpyrrolidone, yang bekerja untuk menjaga stabilitas cairan mata. 

Obat tetes mata cendo protagenta mampu membantu menjaga mata tetap lembap dan membantu mengurangi risiko iritasi akibat mata kering. 

Beli Cendo Protagenta Strip 5 Minidose 0.6 ml di Sini

Demikian beberapa obat tetes mata yang mampu membantu meredakan mata kering. Apabila kondisi mata kering tidak kunjung membaik atau bahkan semakin parah, Anda disarankan untuk melakukan konsultasi ke dokter. 

Anda bisa melakukan konsultasi dengan dengan dokter rekanan Farmaku di link ini: Chat Dokter, download aplikasi Farmaku sekarang!

Baca juga:

Boyd, Kierstan. 2022. What Is Dry Eye? Symptoms, Causes and Treatment. https://www.aao.org/eye-health/diseases/what-is-dry-eye. (Diakses pada 2 November 2023).
Mayo Clinic Staff. 2022. Dry eyes. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dry-eyes/symptoms-causes/syc-20371863. (Diakses pada 2 November 2023).

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan