Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

8 Rekomendasi Produk Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil

skincare untuk ibu hamil

Table of Contents

Wanita hamil akan mengalami berbagai perubahan pada tubuh, termasuk kulit menjadi kering atau berjerawat. Masalahnya, ibu hamil tidak boleh sembarangan memakai produk karena bisa memengaruhi janin. Tenang saja, Anda tetap boleh pakai skincare yang aman untuk ibu hamil. Simak rekomendasinya berikut ini. 

Pilihan Skincare yang Boleh Dipakai Ibu Hamil

Kehamilan akan membawa banyak perubahan pada tubuh Anda, seperti rutinitas, gaya hidup, termasuk pemilihan produk skincare. Perubahan kulit dari berminyak menjadi kering atau kulit menjadi lebih sensitif membuat Anda perlu mengganti produk.

Selain itu, ada beberapa senyawa aktif dalam produk skincare yang perlu dihindari oleh ibu hamil, seperti retinol (vitamin A), asam salisilat, dan hydroquinone. 

Berikut beberapa produk yang dapat digunakan selama kehamilan, antara lain:

1. Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Cetaphil Gentle Skin Cleanser merupakan salah satu pembersih kulit terbaik untuk kulit sensitif. Selain itu, banyak ahli dermatologis yang merekomendasikan produk ini untuk ibu hamil yang ingin membersihkan wajah dan mengangkat makeup untuk penggunaan sehari-hari.

Produk Cetaphil Gentle Skin Cleanser tidak mengandung pewangi tambahan dan tidak menghasilkan banyak busa sehingga aman untuk kulit yang kering. Kandungan propylene glycol dalam produk ini dapat membuat kulit tetap lembap sepanjang hari. 

Anda dapat menggunakan produk ini dengan dua cara, dengan atau tanpa air. Jika ingin menggunakan produk ini tanpa air, Anda cukup mengusapkan dan menggosokkan produk ke kulit dengan lembut. Setelah itu, bersihkan dengan kain lembut. 

Apabila ingin menggunakan Cetaphil Gentle Skin Cleanser dengan air, Anda cukup membilasnya dengan air setelah menggosokkan produk ke kulit. 

Beli Cetaphil Gentle Skin Cleanser 250 ml di Sini 

Beli Cetaphil Gentle Skin Cleanser 500 ml di Sini

Beli Cetaphil Gentle Skin Cleanser 1000 ml di Sini

2. Sebamed Clear Face Antibacterial Cleansing Foam

Sebamed Clear Face Antibacterial Cleansing Foam

Apabila Anda mengalami masalah kulit berjerawat selama hamil, maka produk ini menjadi pilihan tepat. Pembersih wajah ini mengandung montaline C40 yang memiliki peran sebagai antibakteri yang dapat membunuh 100 ribu bakteri dalam kurun waktu 5 menit. 

Tidak hanya itu, Sebamed Clear Face Antibacterial Cleansing Foam dapat membersihkan wajah, menghambat pertumbuhan bakteri, sekaligus memberikan kelembaban pada kulit. Kandungan panthenol dalam produk ini mampu membantu regenerasi dan penyembuhan kulit yang rusak. 

Sebamed merupakan produk yang aman digunakan untuk ibu hamil. Semua produk Sebamed hanya bekerja di bagian terluar kulit saja, sehingga tidak akan memberikan dampak pada kehamilan dan janin.  

Beli Sebamed Clear Face Antibacterial Cleansing Foam 150 ml di Sini

3. Skintific Moisturize Gel 5X Ceramide Barrier Repair

Skintific Moisturize Gel 5X Ceramide Barrier Repair

Ibu hamil juga tetap perlu menjaga kelembapan kulit wajah agar kulit tetap sehat dan glowing selama hamil. Pelembap wajah Skintific Moisturize Gel 5X Ceramide Barrier Repair mengandung 5 jenis ceramide (ceramide NP, ceramide AP, ceramide NS, ceramide AS, ceramide EOP) yang dapat menjaga kesehatan dan kelembapan kulit wajah. 

Tidak hanya itu, pelembap wajah ini juga mengandung centella asiatica, hyaluronic acid, dan marine collagen yang dapat menghidrasi kulit secara mendalam. Memiliki tekstur gel, pelembab wajah dari Skintific ini dapat menyerap dengan cepat, tidak memberikan efek berminyak dan lengket, serta dapat menyegarkan kulit. 

Beli Skintific Moisturize Gel 5X Ceramide Barrier Repair Botol 30 gr di Sini

4. Cetaphil Moisturizing Cream

Cetaphil Moisturizing Cream

Apabila Anda mengalami kulit wajah menjadi sangat kering selama hamil, maka Cetaphil Moisturizing Cream menjadi produk yang dapat dicoba. Pelembap wajah ini kaya akan nutrisi sehingga mampu memberikan nutrisi serta kelembapan pada kulit. 

Pelembap wajah dari Cetaphil ini diperkaya dengan sweet almond oil sehingga dapat memberikan hidrasi yang tahan lama pada kulit kering hingga sangat kering. Selain itu, kandungan niacinamide, panthenol, dan glycerin dalam produk ini dapat membantu meningkatkan ketahanan kulit sehingga cocok juga digunakan untuk kulit sensitif. 

Beli Cetaphil Moisturizing Cream Tube 100 gr di Sini

Beli Cetaphil Moisturizing Cream Jar 453 gr di Sini

5. Neutrogena Moisturizer Water Gel Hydro Boost Hyaluronic Acid

Neutrogena Moisturizer Water Gel Hydro Boost Hyaluronic Acid

Bagi Anda yang memiliki kulit lebih cenderung berminyak selama hamil, maka pelembap wajah dari Neutrogena layak untuk dicoba. Pasalnya, pelembap wajah ini diformulasikan berbahan dasar air dan memiliki tekstur seperti gel sehingga dapat memberikan kelembapan pada kulit tanpa menambahkan minyak pada wajah. 

Kandungan hyaluronic acid dalam produk ini aman untuk ibu hamil dan umumnya bisa diterima oleh semua jenis kulit. Sebenarnya, hyaluronic acid dapat ditemukan secara alami pada kulit sehingga senyawa aktif ini umumnya aman bahkan bagi ibu hamil dengan kulit sensitif sekali pun. 

Beli Neutrogena Moisturizer Water Gel Hydro Boost Hyaluronic Acid Botol 50 gr di Sini

6. La Roche Posay Sunscreen Anthelios UVMUNE 400 SPF50+ 

La Roche Posay Sunscreen Anthelios UVMUNE 400 SPF50+

Sunscreen dari La Roche Posay ini dapat membantu melindungi kulit wajah dari paparan sinar UVA dan UVB sekaligus mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar inframerah A dan polusi. 

Keunggulan dari sunscreen ini adalah teksturnya yang cair, tidak meninggalkan bekas di kulit (white cast), serta tidak terasa lengket di kulit wajah. Selain itu, La Roche Posay Sunscreen Anthelios UVMUNE 400 SPF50+ juga aman untuk kulit sensitif. 

Tidak seperti produk sunscreen lainnya, produk ini tidak mengandung oxybenzone dan turunannya. Oxybenzone sudah terbukti efektif untuk melindungi kulit, tetapi senyawa kimia ini dikenal dapat mengganggu fungsi endokrin tubuh. Jika digunakan pada ibu hamil, ditakutkan dapat mengganggu kerja hormon selama kehamilan. 

Beli La Roche Posay Sunscreen Anthelios UVMUNE 400 SPF50+ Botol 50 ml di Sini

7. La Roche Posay Serum Niacinamide

La Roche Posay Serum Niacinamide

Tidak sedikit ibu hamil yang merasa kulitnya menjadi lebih kusam selama hamil. Apabila Anda mengalami masalah yang sama, maka coba untuk menggunakan serum yang dapat mencerahkan wajah. 

Salah satu produk serum yang dapat mencerahkan wajah namun tetap aman untuk ibu hamil adalah La Roche Posay Serum Niacinamide. Para ahli merekomendasikan produk ini untuk mengurangi hiperpigmentasi dan bintik hitam. Selain itu, produk ini juga dapat membuat warna kulit menjadi lebih merata. Serum ini juga mampu memberikan hidrasi kulit semalaman. 

Produk ini cocok digunakan untuk semua jenis kulit, khususnya pemilik kulit berminyak dan rentan berjerawat. 

Beli La Roche Posay Serum Niacinamide 30 ml di Sini 

8. Bio Oil 125 ml

Bio Oil 125 ml

Masalah kulit yang umum dihadapi oleh ibu hamil adalah stretch mark dan warna kulit yang tidak merata. Hingga saat ini, belum ada cara ampuh yang dapat menghilangkan stretch mark. Namun, kemunculan stretch mark dapat dicegah. 

Mengontrol kenaikan berat badan, menjalani pola makan sehat, serta minum yang cukup diketahui dapat mencegahnya. Cara lain yang dapat dilakukan adalah menjaga kelembapan kulit.

Bio Oil merupakan minyak perawatan kulit yang dapat memudarkan stretch mark serta meratakan warna kulit. Kandungan PurCellin Oil, Vitamin A dan E, ekstrak Chamomile dan kombinasi minyak alami dapat memberikan nutrisi dan kelembapan pada kulit. Dengan demikian, stretch mark pun dapat dicegah. 

Beli Bio Oil 125 ml di Sini

Beli Bio Oil 200 ml di Sini

Beli Bio Oil 60 ml di Sini  

Demikian beberapa skincare yang aman digunakan oleh ibu hamil. Agar kulit tetap cerah bersinar selama hamil, sebaiknya cuci wajah menggunakan produk perawatan wajah secara rutin. 

Apabila Anda ragu dan bingung untuk memilih produk skincare yang aman untuk ibu hamil, jangan ragu untuk melakukan konsultasi dengan dokter. Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter rekanan Farmaku di link ini: Chat Dokter, download aplikasi Farmaku sekarang!

Baca juga:

Jablonski, Nicole. 2023. Your Guide to a Pregnancy-Safe Skin Care Routine. https://www.healthline.com/health/pregnancy/pregnancy-safe-skin-care#_noHeaderPrefixedContent. (Diakses pada 5 Oktober 2023).

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Ibu & Anak