Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Rekomendasi 15 Obat Pilek untuk Anak Paling Ampuh di Apotek

Table of Contents

Batuk dan flu adalah penyakit yang umum menyerang anak. Sering kali kondisi ini membuat orang tua khawatir karena penyakit ini dapat menyebabkan demam, bersin-bersin, hingga hidung tersumbat. Di artikel ini Farmaku merangkum berbagai obat batuk pilek yang bantu redakan gejala tersebut.

Rekomendasi Obat Batuk Pilek untuk Anak di Apotek

Berikut adalah pilihan obat pilek yang bisa Anda temukan di Apotek, di antaranya adalah:

1. Hufagripp Pilek Biru Sirup 

Hufagripp Pilek Biru Sirup

Hufagripp Pilek Sirup mengandung bahan aktif pseudoephedrine HCl dan chlorpheniramine maleate yang tepat untuk mengobati pilek pada anak secara efektif.

Pseudoephedrine HCl dapat membantu meredakan hidung tersumbat. Senyawa ini dapat mengurangi pembengkakan pembuluh darah pada rongga hidung, sehingga napas bisa menjadi lebih lega. Sementara itu chlorpheniramine maleate mampu meringankan gejala batuk pilek. 

Cukup memberikan obat ini selama 2-3 hari hingga anak Anda sembuh dari pilek. Obat ini bisa diberikan untuk anak mulai usia 2 hingga 12 tahun. 

Beli Hufagripp Pilek Sirup 60 ml di Sini

2. Hufagripp Flu & Batuk Sirup

Hufagripp Flu & Batuk Sirup

Hufagripp Flu & Batuk cocok diberikan pada anak yang tidak hanya mengalami pilek tetapi disertai dengan batuk berdahak dan demam.

Obat pilek anak dengan kemasan berwarna kuning ini mengandung senyawa aktif pseudoephedrine HCl, chlorpheniramine maleate, paracetamol, dan glyceryl guaiacolate.  

Senyawa aktif paracetamol dapat membantu meredakan demam. Sementara itu, glyceryl guaiacolate dapat membantu meredakan batuk. 

Obat batuk ini diperkaya dengan rasa tutty fruity yang pastinya disukai anak-anak.

Beli Hufagripp Flu & Batuk Sirup 60 ml di Sini

3. Anakonidin

Anakonidin

Apabila si Kecil memperlihatkan tanda-tanda seperti pusing, demam, hidung tersumbat disertai dengan bersin-bersin Anakonidin dipercaya ampuh meredakan.

Obat rasa ceri ini bebas kandungan alkohol dan mengandung kombinasi chlorpheniramine maleate, glyceryl guaiacolate, dextromethorphan HBr.

Obat ini dapat dikonsumsi oleh anak mulai usia 2 tahun. Untuk usia 2-5 tahun, Anakonidin dikonsumsi sebanyak 1 sendok takar, 3 kali sehari. Sementara itu, anak 6-12 tahun dikonsumsi sebanyak 2 sendok takar, 3 kali sehari. 

Beli Anakonidin 30 ml di Sini

4. Bodrexin Pilek Alergi

Bodrexin Pilek Alergi

Bodrexin Pilek Alergi membantu meringankan pilek dan bersin-bersin yang disebabkan karena alergi. Dengan kandungan phentleoprine yang aman sebagai dekongestan, membantu melegakan hidung tersumbat.

Sebelum menggunakan obat ini pastikan Anda membaca dengan seksama takaran dosis dan aturan pakai. 

BelBodrexin Pilek Alergy Syrup 56 ml di Sini

5. Actifed Sirup (Kuning)

Actifed Sirup (Kuning)

Obat pilek yang bagus untuk anak berikutnya adalah Actifed Sirup. Obat dengan kemasan berwarna kuning ini aman diminum oleh anak usia diatas 6 tahun sampai orang dewasa.

Kandungan pseudoephedrine HCl pada obat ini mampu meredakan gejala hidung tersumbat pada area rongga hidung sehingga pernapasan buah hati Anda menjadi lebih lega.

Selain itu, dalam obat ini mengandung triprolidine HCl sebagai antihistamin untuk mengurangi reaksi alergi yang ditandai dengan hidung berair dan bersin-bersin. 

Penggunaan obat ini dianjurkan sesudah makan sesuai dengan aturan yang sudah diberikan. Sebaiknya tidak konsumsi obat ini secara berlebihan karena pada penggunaan jangka panjang akan berisiko menimbulkan kerusakan liver. 

Beli Actifed Sirup (Kuning) 60ml di Sini

6. OBH Combi Batuk Flu Anak

OBH Combi Batuk Flu Anak

OBH Combi Batuk Flu Anak dapat mengatasi batuk yang disertai dengan gejala flu, berupa sakit kepala, demam, bersin, dan hidung tersumbat.

Obat ini mengandung bahan aktif ekstrak succus liquiritiae yang dapat mengobati batuk berdahak, paracetamol untuk menurunkan demam dan nyeri, ammonium chloride yang dapat mengencerkan dahak, pseudoephedrine HCl yang dapat meredakan gejala hidung tersumbat, serta chlorpheniramine maleate untuk meredakan gejala alergi umum. 

Beli OBH Combi Batuk Flu Anak 60ml Orange di Sini

7. Actifed Plus (Hijau)

Actifed Plus (Hijau)

Actifed adalah salah satu obat pereda batuk dan pilek yang aman untuk anak. Beberapa kandungan di dalamnya yang mampu meredakan gejala, yaitu triprolidine HCl, pseudoephedrine HCl, dan guaiphenesin.

Obat ini tergolong ke dalam obat bebas sehingga dapat digunakan tanpa resep dokter. Namun, gunakan obat sesuai aturan yang tertera di dalam kemasan.

Waspadai juga berbagai efek samping yang dapat ditimbulkan, seperti mulut kering, rasa kantuk, sakit kepala, tremor, hingga gangguan pencernaan.

Beli Actifed Plus (Hijau) Syrup 60 ml di Sini

8. Alco Drop

Alco Drop

Obat untuk mengatasi gejala pilek pada anak selanjutnya adalah Alco Drop. Obat ini mengandung pseudoephedrin HCl yang bekerja sebagai dekongestan hidung.

Alco Drop bekerja dengan mempersempit pembuluh darah yang menyebabkan hidung mampet.

Obat ini cocok digunakan untuk anak usia 2-5 tahun. Anda perlu meneteskan obat ini ke dalam mulut si kecil sesuai dosis yang sudah tertera pada kemasan obat. 

Beli Alco Drop 15 ml di Sini

9. Alco Plus Syrup 100 ml

Alco Plus Syrup 100 ml

Alco Plus adalah obat untuk membantu mengatasi gejala pilek pada anak, seperti bersin, hidung tersumbat, dan mampet akibat sinus.

Obat ini memiliki kandungan pseudoephedrine HCl dan brompheniramine maleate yang bekerja dengan mempersempit pembuluh darah penyebab hidung mampet.

Alco Plus termasuk ke dalam golongan obat bebas terbatas. Jadi, meski dapat diperoleh tanpa resep dokter, penting untuk tetap perhatikan aturan penggunaan obat.

Beli Alco Plus Syrup 100 ml di Sini

10. Rhinos Neo Drop

Rhinos Neo Drop

Rhinos Neo Drop adalah obat yang dapat membantu meredakan keluhan pilek anak. Obat tetes ini mengandung bahan aktif pseudoephedrin HCl yang mampu mengatasi hidung tersumbat.

Sebelum menggunakan obat, perhatikan aturan pakai yang terdapat di dalam kemasan. 

Selain itu, waspadai juga sejumlah efek samping penggunaan obat, seperti sakit kepala, tremor, detak jantung tidak beraturan (aritmia), dan insomnia.

Beli Rhinos Neo Drop 10 ml di Sini

11. Rhinos Junior

Rhinos Junior

Obat pilek anak yang satu ini mengandung chlorpheniramine maleate dan pseudoephedrine HCl. Keduanya dapat membantu meringankan gejala pilek, seperti hidung tersumbat dan bersin-bersin.

Rhinos Junior termasuk ke dalam obat bebas terbatas. Jadi, meskipun dapat digunakan tanpa resep dokter, tetap perhatikan dengan baik aturan penggunaan obat.

Penting juga untuk mengetahui sejumlah efek samping yang dapat ditimbulkannya seperti tremor, sakit kepala, jantung berdebar, hingga insomnia

Beli Rhinos Junior Syrup 60 ml di Sini

12. Tremenza

Tremenza Sirup 60 ml

Tremenza adalah salah satu obat pilek anak yang dapat diperoleh tanpa resep dokter. Meski begitu, gunakan obat sesuai dengan aturan penggunaan yang terdapat di dalam kemasan.

Obat ini memiliki kombinasi bahan aktif pseudoephedrine HCl dan triprolidine HCl yang berperan sebagai antihistamin dan bermanfaat untuk melegakan pernapasan.

Beli Tremenza Syrup 60 ml di Sini

13. Panadol Sirup

Panadol Sirup

Saat terkena pilek, anak-anak juga mungkin akan mengalami demam. Anda perlu terus memantau suhu tubuhnya agar tidak terjadi kejang. Jika suhu tubuh sudah terlalu tinggi, Anda perlu memberikan obat yang bisa membantu menurunkan demam. 

Panadol Sirup merupakan obat dengan kandungan paracetamol yang dapat menurunkan demam, meringankan sakit kepala, nyeri saat tumbuh gigi, dan gejala flu.

Obat ini diformulasikan dengan rasa raspberry yang manis. Konsumsinya bisa secara langsung atau dicampur dengan air/ sari buah.

Beli Panadol Syrup Anak 60 ml di Sini

14. Proris

Proris

Bila si kecil alergi dengan kandungan paracetamol. Maka, Proris dapat menjadi pilihan untuk menurunkan demam. 

Dalam obat sirup ini, terdapat kandungan ibuprofen, yang mampu meredakan nyeri dan menurunkan demam. Ibuprofen termasuk dalam obat golongan antiinflamasi nonsteroid (OAINS). Obat ini bekerja dengan cara menghambat kerja enzim siklooksigenase, yang bertanggung jawab pada peradangan dan nyeri. 

Obat ini boleh dikonsumsi oleh anak-anak mulai usia 1 tahun hingga dewasa. Selalu ikuti dosis dan aturan pakai yang sudah ditetapkan untuk menurunkan risiko timbulnya efek samping. 

Beli Proris Syrup 60 ml di SIni

15. Iliadin Drop

Iliadin Drop

Iliadin adalah sedian obat hidung dengan kandungan zat aktif Oxymetazoline HCl untuk mengatasi hidung tersumbat yang disebabkan oleh rinitis alergi atau peradangan pada saluran pernapasan.

Berikan 2-3 tetes di setiap lubang hidung sebanyak 2 kali dalam sehari saat pagi dan malam. Maksimal digunakan selama 3 hari.

Beli Iliadin Drop Anak di Sini

Nah, itulah 15 pilihan merek obat pilek yang bagus untuk anak. Jangan lupa untuk memastikan buah hati  Anda istirahat yang cukup dan mengonsumsi obat yang tepat. 

Bila sakit tidak kunjung membaik atau semakin bertambah parah, segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Anda juga dapat melakukan konsultasi dengan dokter rekanan Farmaku di link ini: Chat Dokter, download aplikasi Farmaku sekarang!

Baca juga:

Centers For Disease Control and Prevention. Flu Symptoms & Complications. https://www.cdc.gov/flu/symptoms/symptoms.htm. (Diakses pada 5 Desember 2023).

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Ibu & Anak