Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

10 Rekomendasi Obat Pilek untuk Anak, Aman dan Ampuh

obat pilek untuk anak

Sebagai orang tua, sangat wajar jika Anda merasa cemas ketika anak sakit. Saat si Kecil terserang pilek, tidak jarang anak akan menjadi rewel akibat rasa tidak nyaman yang dirasakannya. Oleh sebab itu, Anda perlu obat pilek anak untuk meredakan gejala yang dialami.

Rekomendasi Obat Pilek untuk Anak di Apotek

Berikut adalah berbagai pilihan obat batuk pilek anak yang bisa Anda temukan di apotek, di antaranya:

1. Hufagripp Pilek Biru Sirup

obat pilek anak

Obat pilek anak Hufaagripp Pilek Sirup dilengkapi dengan kombinasi kandungan bahan aktif pseudoephedrine HCl dan chlorpheniramine maleate yang tepat untuk mengobati pilek pada anak secara efektif.

Cukup memberikan obat ini selama 2-3 hari. Akan tetapi, jika selama 3 hari anak tidak kunjung membaik sebaiknya periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Aturan pakai obat ini disesuaikan dengan rentang usia. Anak usia 2-6 tahun: 1 sendok takar, 3 kali sehari. Anak usia diatas 12 tahun: 2 sendok takar, 3 kali sehari. Perlu diperhatikan, obat ini tidak untuk dikonsumsi anak di bawah 2 tahun.

Beli Hufagripp Pilek Sirup di Sini.

2. Hufagripp Flu & Batuk Sirup

Hufagripp flu obat pilek anak

Hufagripp Flu & Batuk cocok diberikan pada anak yang tidak hanya mengalami pilek tetapi disertai dengan batuk berdahak dan demam tinggi.

Seperti Hufagripp pilek, Hufagripp Flu juga mengandung pseudoephedrine HCl dan chlorphenamine maleate yang berfungsi mengatasi hidung tersumbat serta dilengkapi dua kandungan tambahan yaitu paracetamol (pereda demam) dan glycerol guaiacolate (meredakan batuk).

Obat batuk pilek anak ini diperkaya dengan rasa tutty fruity yang pastinya disukai anak-anak.

Beli Hufagripp Flu & Batuk 60 ml di Sini.

3. Iliadin Drop

obat pilek untuk anak

Iliadin adalah sedian obat hidung dengan kandungan zat aktif Oxymetazoline HCl untuk mengatasi hidung tersumbat yang disebabkan oleh rhinitis alergi atau peradangan pada saluran pernapasan.

Berikan 2-3 tetes di setiap lubang hidung sebanyak 2 kali dalam sehari saat pagi dan malam. Maksimal digunakan selama 3 hari.

Beli Iliadin Drop Anak di Sini.

4. Anakonidin

obat pilek anak anakonidin

Apabila si Kecil memperlihatkan tanda-tanda seperti pusing, demam, hidung tersumbat disertai dengan bersin-bersin, anakonidin dipercaya ampuh meredakan.

Obat flu anak ini bebas kandungan alkohol dan mengandung kombinasi chlorpheniramine maleate, glyceryl guaiacolate, dextromethorphan HBr.

Sebaiknya obat ini diberikan setelah makan sesuai aturan yang disediakan. Anak 2-5 tahun: 3 kali sehari 1 sendok takar (5ml). Sedangkan anak 6-12 tahun: 3 kali sehari 2 sendok takar (10ml)

Beli Anakonidin di Sini.

5. Bodrexin Pilek Alergi

obat pilek yang bagus untuk anak

Bodrexin Pilek Alergi membantu meringankan pilek dan bersin-bersin yang disebabkan karena alergi. Dengan kandungan phentleoprine yang aman sebagai dekongestan, obat ini membantu membantu melegakan hidung tersumbat.

Sebelum menggunakan obat ini pastikan Anda membaca dengan saksama takaran dosis dan aturan pakai. Anak usia 2-5 tahun: 3 kali sehari 1 sendok takar. Sedangkan, anak usia 6-12 tahun: 3 kali sehari 2 sendok takar.

Beli Bodrexin Pilek Alergi di Sini.

6. Sanmol Sirup

obat pilek yang bagus untuk anak

Sanmol Sirup merupakan obat dengan kandungan paracetamol untuk menurunkan panas atau demam sekaligus membantu mengurangi nyeri yang disebabkan oleh flu pada anak.

Obat ini dapat menurunkan suhu tubuh dengan bekerja di pusat pengatur suhu di hipotalamus dan mampu menghambat sintesis prostaglandin, sehingga rasa nyeri pada tingkat ringan sampai sedang dapat berkurang.

Konsumsi obat ini sebelum atau setelah makan sesuai dengan aturan pakai. Bayi usia 1-2 tahun: 3-4 kali sehari, 5ml. Anak usia 2-6 tahun: 3-4 kali sehari, 5ml-10ml. Anak usia 6-9 tahun: 3-4 kali sehari, 10ml-15ml, dan anak usia 9-12 tahun: 3-4 kali sehari, 15ml-20ml.

Beli Sanmol Sirup 60 Ml Harga Terbaik di Sini.

7. Panadol Sirup

obat pilek untuk anak

Panadol Sirup merupakan obat dengan kandungan paracetamol yang dapat menurunkan demam, meringankan sakit kepala, nyeri saat tumbuh gigi, dan gejala flu.

Obat ini diformulasikan dengan rasa raspberry yang manis, bisa dikonsumsi langsung atau dicampur dengan air/ sari buah.

Dosis dari obat ini adalah sebagai berikut:

  • Anak 2-3 Tahun: 1 sendok takar 5 mL.
  • 4-5 Tahun: 1,5 sendok takar 5 mL.
  • 6-8 Tahun: 2 sendok takar 5 mL.
  • 11-12 Tahun: 3 sendok takar 5 mL.

Beli Panadol Sirup Anak 60ml di Sini.

8. Actifed Sirup (Kuning)

obat pilek anak

Obat pilek yang bagus untuk anak berikutnya adalah Actifed Sirup. Obat dengan kemasan berwarna kuning ini aman diminum oleh anak mulai usia 6 tahun sampai orang dewasa.

Kandungan pseudoephedrine HCl pada obat ini mampu meredakan gejala hidung tersumbat pada area rongga hidung sehingga pernapasan si Kecil menjadi lebih lega.

Selain itu, dalam obat ini mengandung triprolidine HCl sebagai antihistamin untuk mengurangi reaksi alergi yang ditandai dengan hidung berair dan bersin-bersin.

Penggunaan obat ini dianjurkan sesudah makan sesuai dengan aturan yang sudah diberikan. Anak usia 6-12 tahun: ½ sendok takar (2,5ml). Dewasa dan anak-anak di atas 12 tahun: 1 sendok takar (5ml)

Sebaiknya tidak konsumsi obat ini secara berlebihan karena pada penggunaan jangka panjang akan berisiko menimbulkan kerusakan liver.

Beli Actifed Sirup (Kuning) 60ml di Sini.

9. Triaminic Pilek

obat pilek anak triaminic

Triaminic Pilek bisa jadi salah satu pilihan obat yang patut dipertimbangkan saat anak Anda mulai memperlihatkan gejala pilek seperti bersin-bersin, hidung berlendir, dan tersumbat.

Obat pilek dengan rasa jeruk ini mengandung bahan aktif pseudoephedrine dan chlorpheniramine maleate, yang berfungsi melancarkan saluran napas terutama yang menuju rongga hidung dan tenggorokan.

Dianjurkan untuk memberikan obat ini pada anak sesudah makan sesuai dosis yang tertera pada kemasan. Anak usia di bawah 6 tahun: sesuai petunjuk dokter. Anak usia 6-12 tahun: 1 sendok takar (5ml), 3 kali sehari, dan anak usia di atas 12 tahun: 2 sendok takar (10ml), 3 kali sehari.

Beli Triaminic Pilek di Sini.

10. OBH Combi Batuk Flu Anak

gambar OBH combi batuk flu anak

OBH Combi Batuk Flu Anak dapat mengatasi batuk yang disertai dengan gejala flu; berupa sakit kepala, demam, bersin, dan hidung tersumbat.

Obat ini mengandung bahan aktif ekstrak succus liquiritiae yang dapat mengobati batuk berdahak, paracetamol untuk menurunkan demam dan nyeri, ammonium chloride yang dapat mengencerkan dahak, pseudoephedrine HCl yang dapat meredakan gejala hidung tersumbat, serta chlorpheniramine maleate untuk meredakan gejala alergi umum.

Sebaiknya konsumsi obat ini setelah makan dengan anjuran yang sudah ditetapkan. Anak Usia 2-5 Tahun: 3 kali sehari 1 sendok teh. Sedangkan anak Usia 6-12 Tahun: 3 kali sehari 2 sendok teh

Beli OBH Combi Batuk Flu Anak 60ml Orange di Sini

Nah, itulah berbagai merek obat pilek yang bagus untuk anak. Jangan lupa untuk memastikan buah hati  Anda istirahat yang cukup dan mengonsumsi obat yang tepat. Bila sakit berlanjut, segera konsultasi ke dokter!

Standford Childrens Health. Common Cold in Children. https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=upper-respiratory-infection-uri-or-common-cold-90-P02966. (Diakses pada 12 Oktober 2021).

US Food and Drug Administration. When to Give Kids Medicine for Coughs and Colds. https://www.fda.gov/consumers/consumer-updates/when-give-kids-medicine-coughs-and-colds. (Diakses pada 12 Oktober 2021).

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Ibu & Anak