Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Rekomendasi 9 Suplemen Terbaik dan Aman untuk Tingkatkan Sistem Imun Tubuh

Selain menerapkan pola hidup sehat seperti makan-makanan bergizi seimbang, rutin melakukan olahraga, dan tidur yang cukup. Memberi asupan suplemen dapat menjadi alternatif lain untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Sistem imun sangatlah penting untuk kelangsungan hidup kita agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit yang dapat menyerang sistem imun.

Baca juga: 15 Makanan untuk Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anda!

Jika Anda mau mengonsumsi suplemen, maka Anda perlu memerhatikan kandungan yang terdapat dalam suplemen tersebut. Berikut ini beberapa kandungan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh atau sistem imun Anda.

1. Echinacea

Echinacea

Echinacea merupakan tanaman berbunga herba dalam keluarga daisy, yang banyak digunakan sebagai suplemen kesehatan. Bunga echinacea yang dikenal sebagai coneflower Amerika ini bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan tubuh, membantu melawan virus penyebab flu, mengontrol kadar gula darah dan tekanan darah, serta membantu pertumbuhan sel. Contoh suplemen yang mengandung echinacea, yaitu Imboost Force dan Nature’s Health Echinacea.

2. Vitamin C

Manfaat vitamin C

Vitamin C atau ascorbic acid merupakan nutrisi pembentuk kolagen, yang dibutuhkan untuk memperbaiki gigi, tulang, dan kulit. Dalam sehari, asupan vitamin C harian yang direkomendasikan untuk wanita adalah 75 mg. Sementara asupan vitamin C harian untuk pria adalah 90 mg. Vitamin C umumnya dapat ditemukan secara alami melalui buah dan sayur. Buah dan sayuran yang mengandung banyak vitamin C misalnya jeruk, cabai, brokoli, kentang, kangkung, bayam, dan kiwi.

3. Morinda citrifolia

manfaat mengkudu

Morinda citrifolia atau yang lebih dikenal dengan buah mengkudu ini memiliki manfaat dalam meningkatkan stamina, memperbaiki kerusakan sel, hingga menjaga kekebalan tubuh karena kandungan zat kalium yang ada di mengkudu. Meski mengkudu memiliki segudang manfaat, buah satu ini tidak dapat dikonsumsi sembarangan. Jika Anda memiliki riwayat penyakit seperti ginjal, jantung, atau liver, sebaiknya menghindari suplemen dengan kandungan mengkudu..

4. Phyllanthus

manfaat Daun meniran

Phyllanthus atau daun meniran dianggap mengandung berbagai senyawa yang berguna untuk kesehatan. Seperti kandungan antioksidan yang berfungsi melawan radikal bebas dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Suplemen yang dapat memelihara daya tahan tubuh

Suplemen merupakan produk-produk yang mengandung satu atau lebih nutrien yang dapat membantu memastikan tubuh telah terpenuhi kebutuhan akan nutrien-nutrien penting, sehingga tubuh dapat berfungsi dengan baik. Berikut suplemen yang dapat membantu memelihara dan meningkatkan sistem imun tubuh Anda:

1. Imboost

Imboost

Imboost merupakan salah satu obat herbal yang bahan utamanya mengandung ekstrak tumbuhan echinacea, yang berfungsi meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, ekstrak tumbuhan echinacea juga efektif untuk mengurangi gejala batuk pilek.

Selain ekstrak tumbuhan echinacea, Imboost juga mengandung bahan aktif lainnya, yaitu ekstrak black elderberry dan Zinc picolinate. Kandungan echinacea dan black elderberry dapat merangsang sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh lebih kebal dan selalu dalam kondisi optimal untuk melawan serangan penyakit. Sementara kandungan Zinc picolinate merupakan komponen dalam tubuh yang dapat membantu menjaga sistem daya tahan dan mempercepat penyembuhan luka. Imboost tersedia dalam beberapa jenis produk, yaitu beberapa jenis produk Imboost yang tersedia di pasaran, yaitu Imboost Tablet, Imboost Force, Imboost Force Extra Strength, Imboost Kids Sirup, dan Imboost Force Sirup.

2. Nature’s Health Echinacea

Nature's Health Echinacea


Nature’s health echinacea merupakan suplemen untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, yang sudah terbukti secara klinis karena menggunakan sistem standardized extract, sehingga menghasilkan konsentrat bahan aktif yang tepat dan stabil, dosis dan kualitas produk yang terjamin.

Nature’s health echinacea juga menggunakan bahan baku berkualitas tinggi dan 100 persen alami tanpa zat kimia, pengawet maupun pewarna. Oleh karena itu, suplemen satu ini aman digunakan untuk membantu menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan jumlah hemoglobin, serta bersifat sebagai antibiotik alami dan antikanker.

3. Stimuno Forte

Stimuno Forte

Stimuno Forte adalah obat dalam bentuk kapsul yang digunakan untuk membantu merangsang tubuh dalam memproduksi lebih banyak antibodi. Obat ini akan mengaktifkan sistem kekebalan tubuh supaya terhindar dari serangan penyakit. Tiap kapsul Stimuno Forte mengandung ekstrak tanaman Phyllanthus niruri sebesar 50 mg.

4. Blackmores Bio C 

Blackmores Bio C

Blackmores Bio C merupakan formula yang mengandung ekstrak citrus bioflavonoid dan vitamin C dari sumber alami, rosehips dan acerola yang berguna untuk meningkatkan dan memelihara daya tahan tubuh. Formula ini dilapisi oleh mineral askorbat sehingga aman untuk lambung. Blackmores Bio C tersedia dalam botol berisi 30 kapsul. 

5. Nutrimax C Plus

Nutrimax C Plus


Nutrimax C Plus merupakan vitamin C bebas asam sehingga aman untuk lambung dan ginjal. Nutrimax C Plus dikombinasikan dengan bioflavonoid, kalsium, zinc, serta beta 1,3 dan 1,6 glukan untuk membantu kerja sistem imunitas. Selain itu, suplemen ini juga berfungsi melawan virus, bakteri dan parasit lain sehingga mengoptimalkan pertahanan tubuh, membantu proses detoksifikasi racun, serta anti tumor dan kanker.

6. Nutrimax Bee Propolis Plus Bee Pollen

Nutrimax Bee Propolis Plus Bee Pollen


Nutrimax Bee Propolis Plus Bee Pollen merupakan kombinasi sinergis antara pollen dan propolis yang kaya akan karbohidrat, lemak, asam amino, vitamin B kompleks. Bee Propolis memiliki efek antibakteri dan antivirus sehingga dapat melindungi tubuh dari serangan mikroorganisme, membantu mengatasi infeksi, mempercepat penyembuhan dan regenerasi jaringan.

Bee Pollen kaya akan protein yang mengandung asam amino esensial, mendukung proses regenerasi sel dan sumber energi untuk meningkatkan stamina.Selain itu, mampu menjaga kesehatan sistem saraf dan pernafasan. Nutrimax Bee Propolis Plus Bee Pollen aman bagi semua usia termasuk ibu hamil dan menyusui. 

7. Nutrimax Selenomax A,C & E With Ala

Nutrimax Selenomax

Nutrimax Selenomax A,C & E With Ala mengandung berbagai kombinasi Antioksidan Selenium, Calcium Ascorbate (Vitamin C bebas asam), Vitamin E Plus Alpha Lipoic Acid (ALA) dan Mixed Carotenoids (Beta Carotene, Lycopene, Astaxanthin, Lutein, Zeaxanthin) yang dapat memberikan perlindungan menyeluruh bagi tubuh untuk menangkal, menetralisir dan melindungi sel tubuh dari efek radikal bebas (sinar UV, asap rokok) yang setiap waktu dapat mengancam kesehatan tubuh dan menjadi penyebab berbagai macam penyakit degeneratif.

Sementara kandungan selenium mampu untuk memproduksi enzim glutathione peroksidase, meningkatkan imunitas tubuh serta membantu meningkatkan produksi hormon. Selenium juga bekerja sinergis dengan vitamin E sebagai antioksidan untuk menghambat oksidasi lemak, pembentukan radikal bebas dalam tubuh, meningkatkan produksi antibodi dan membantu menjaga kesehatan jantung dan liver (hati).

Sedangkan Calcium Ascorbate (Vit C bebas asam) membantu pembentukan kolagen (protein yang menjadi bahan dasar jaringan ikat seperti tulang, gigi, dan tulang rawan), mempercepat penyembuhan luka, menjaga kesehatan sistem imunitas, sebagai antioksidan, bekerja secara sinergis dengan vitamin E untuk membersihkan efek radikal bebas berbahaya yang masuk melalui membran sel sementara vitamin C menyerang radikal bebas yang masih terdapat dalam cairan tubuh (belum masuk ke dalam membran sel).

8. Wellness Hawaiian Noni Extract

Wellness hawaiian noni

Wellness Hawaiian Noni Extract merupakan suplemen yang terbuat dari ekstrak buah mengkudu yang telah melalui proses fermentasi selama 3 – 6 bulan dan diikuti proses pemisahan dengan alkohol untuk menghasilkan konsentrasi terbaik.

Wellness Hawaiian Noni Extract dapat membantu menstimulasi sistem kekebalan tubuh, memperbaiki gangguan struktur protein dan regenerasi sel-sel jaringan tubuh yang rusak, menjaga kesehatan serta mengatasi masalah pencernaan dan pernapasan. Selain itu, Wellness Hawaiian Noni Extract juga dapat membantu pengobatan bagi penderita diabetes, hipertensi, alergi, gangguan tidur, dan menurunnya daya konsentrasi.

9. Redoxon Effervescent Zinc

Redoxon

Redoxon Effervescent Zinc merupakan suplemen dengan formula penting, yaitu vitamin dan mineral yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Redoxon Effervescent Zinc mengandung vitamin C 1000 mg dan Zinc 10 mg. Redoxon Effervescent Zinc tersedia dalam rasa jeruk dan blackcurrant.


medicalnewstoday.com
Healthline.com


Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan