Empty Cart

Total:
Rp. 0 

Tanda Awal Kehamilan yang Para Calon Ibu Harus Tahu

 19 Feb 2019



tanda awal kehamilan


Apakah saya sedang hamil? Salah satu jawaban untuk pertanyaan itu adalah dengan melakukan tes kehamilan.

 

Tetapi, selain dengan tes kehamilan, ada beberapa tanda tanda kehamilan yang dapat Anda perhatikan untuk mengetahui sel telur berhasil dibuahi.

 

 

Apakah Semua Wanita Memiliki Tanda Awal Kehamilan yang Sama?

Tidak semua wanita akan mengalami tanda kehamilan yang Anda alami. Semua wanita berbeda dan pengalaman kehamilan masing-masing wanita pun akan berbeda-beda.

 

Tanda awal kehamilan seringkali sama seperti tanda sebelum menstruasi, ini membuat banyak wanita tidak sadar bahwa sebenarnya ia sedang hamil.

 

Berikut adalah beberapa tanda awal kehamilan yang paling umum terjadi. Namun perlu dicatat, bahwa tanda tanda kehamilan di bawah ini bisa juga disebabkan oleh hal lainnya. Jadi jika Anda mengalami salah satu atau beberapa tanda kehamilan ini, Anda belum tentu 100% hamil.

 

Salah satu cara untuk mengetahui dengan pasti bahwa Anda sedang hamil adalah melakukan tes kehamilan.

 

 

 

Tanda Tanda Awal Kehamilan Yang Umum Terjadi

  1. Pendarahan dan Kram

    Sel telur yang berhasil dibuahi akan menempel pada dinding uterus. Hal ini akan menyebabkan pendarahan dan kram yang mirip dengan gejala menstruasi.

    Tanda awal kehamilan ini terjadi antara 6 sampai 12 hari setelah sel telur berhasil dibuahi.

    Selain pendarahan, Anda juga akan mengalami keputihan. Begitu pembuahan berhasil terjadi, akan terjadi penebalan pada dinding vagina. Sel-sel yang melapisi dinding vagina inilah yang menyebabkan terjadinya lendir berwarna putih di awal kehamilan.



  2. Perubahan Pada Payudara

    Tanda kehamilan berikutnya adalah berkenaan dengan payudara.

    Payudara Anda akan mengalami beberapa penyesuaian pada awal kehamilan. Setelah terjadi pembuahan, hormon akan berubah dengan cepat.

    Perubahan hormonal ini dapat menyebabkan terjadinya beberapa hal terhadap payudara si calon Ibu, seperti bengkak, nyeri, atau rasa seperti ditusuk-tusuk dalam 1 - 2 minggu awal kehamilan.

    Area sekitar puting payudara (areola) mungkin akan berubah warna menjadi lebih gelap.

    Selain kehamilan ada hal lain yang dapat menyebabkan perubahan pada payudara. Namun apabila disebabkan oleh kehamilan, perubahan pada payudara ini dapat berlangsung selama beberapa minggu sampai tubuh menyesuaikan dirinya dengan perubahan hormon yang terjadi.

    Setelah itu rasa sakit, nyeri, dan tidak nyaman pada payudara akan mereda.



  3. Rasa Lelah

    Normal apabila tubuh merasa letih dan lelah pada awal kehamilan. Tanda awal kehamilan ini biasanya langsung terjadi satu minggu setelah pembuahan berhasil terjadi.

    Mengapa wanita merasa lelah saat kehamilan? Hal ini dipicu oleh meningkatnya produksi hormon progesteron selama masa kehamilan.

    Saat kehamilan progesteron memiliki banyak fungsi, beberapa di antaranya adalah untuk memperkuat rahim, membantu perkembangan janin, dan menjaga endometrium selama masa kehamilan.

    Perbanyak istirahat apabila rasa lelah menyerang pada masa kehamilan. Asupan nutrisi seperti zat besi dan protein dapat membantu tubuh melawan lelah.



  4. Morning Sickness (Nausea)

    Morning sickness adalah mual dan muntah yang dialami wanita hamil.

    Walaupun tak semua wanita mengalaminya, morning sickness adalah tanda awal kehamilan yang sangat umum terjadi.

    Penyebab morning sickness saat kehamilan sampai saat ini belum dapat dipastikan, namun perubahan hormon diduga menjadi faktor utamanya.

    Morning sickness umumnya terjadi pada pagi hari, namun pada kasus yang parah, morning sickness dapat terjadi sepanjang hari.

    Morning sickness dapat berlangsung selama masa kehamilan, namun kabar baiknya, gejalanya akan mereda setelah masa kehamilan memasuki minggu ke-12.



  5. Tidak Datang Bulan (Haid)

    Tanda awal kehamilan yang paling jelas untuk semua wanita hamil adalah tidak mengalami menstruasi.

    Namun perlu dicatat, bahwa telat datang bulan dapat disebabkan oleh beberapa hal selain karena kehamilan. Seperti stress, kelelahan, gangguan hormon, dan hal lainnya.

    Wanita juga dapat mengalami pendarahan saat awal kehamilan. Anda harus mengunjungi dokter untuk berkonsultasi mengenai pendarahan ini, apakah normal atau berbahaya bagi Anda dan janin?

    Apabila Anda sedang merencanakan kehamilan bersama suami dan kemudian Anda telat datang bulan, mungkin Anda hamil. Lakukan tes kehamilan agar mengetahui hasilnya secara pasti.



  6. Sering Buang Air Kecil

    Perubahan hormonal pada Ibu hamil menyebabkannya sering buang air kecil.

    Sering buang air kecil juga dapat disebabkan oleh berbagai kondisi, seperti diabetes, infeksi saluran kencing, konsumsi obat-obatan tertentu, dan lain-lain.



  7. Sembelit atau Konstipasi

    Produksi hormon progesteron pada tubuh Anda membuat makanan lebih lambat dicerna oleh tubuh Anda. Hal ini akan menyebabkan sulit buang air besar pada Ibu hamil.

    Untuk membantu kondisi sembelit ini, Ibu hamil dianjurkan untuk banyak minum air dan konsumsi makanan yang kaya serat, seperti sayur dan buah.



  8. Mood Berubah-ubah

    Banyak Ibu hamil yang merasakan perubahan suasana hati secara tiba-tiba. Kondisi ini dapat terjadi sepanjang masa kehamilan, terutama di 3 - 4 bulan awal.

    Perubahan hormon menjadi penyebab perubahan mood pada Ibu hamil.



  9. Kepala Pusing

    Kehamilan dapat menyebabkan rendahnya kadar gula darah dan tekanan darah. Hal ini dapat menyebabkan Ibu hamil menjadi pusing dan pada beberapa kasus ekstrim, pingsan.

    Komunikasikan dengan dokter apabila Anda mengalami hal ini, karena apabila tidak ditangani, gula darah dan tekanan darah rendah dapat membahayakan keselamatan janin.

 

 

Sekali lagi, tidak semua wanita mengalami tanda tanda kehamilan seperti yang dijabarkan di atas. Namun apabila Anda mengalami salah satu atau beberapa tanda awal kehamilan tersebut, segeralah lakukan tes kehamilan agar mengetahui hasilnya.

 

Jika tanda kehamilan sangat mengganggu, hubungi dan berkonsultasilah dengan dokter agar mendapatkan saran dan pertolongan medis agar masa kehamilan dapat Anda jalani secara menyenangkan.

 

 

 

Referensi

  1. Webmd - Early signs of pregnancy





Bagikan artikel ini :