Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum USG, Apa Saja Itu?

usg farmaku

Semua pasangan menikah pasti merasa bahagia saat test pack menunjukkan hasil positif. Penantian buah hati akan segera menjadi kenyataan dalam hitungan bulan. Berbagai persiapan pun mulai dilakukan demi menjaga kesehatan ibu dan calon bayi yang salah satunya adalah dengan memeriksakan kandungan pada dokter atau bidan.

Biasanya, dokter akan melakukan USG (ultrasonografi) untuk memastikan kondisi kehamilan. Jenis USG yang dipilih akan disesuaikan dengan usia kandungan dan tujuan pemeriksaan. Inilah mengapa sangat penting untuk mengetahui berbagai informasi terkait dengan USG supaya dapat melakukan persiapan sebelum mengunjungi klinik atau rumah sakit. Yuk, cari tahu di bawah ini!

Tujuan dan Manfaat USG

USG adalah teknik pengambilan gambar pada anggota tubuh dengan memanfaatkan gelombang suara berfrekuensi tinggi. USG digunakan untuk membantu mengidentifikasi penyakit supaya tepat dalam membuat diagnosis, seperti melihat visualisasi struktur mata, memperoleh gambaran beberapa organ dalam, hingga mengetahui adanya gangguan prostat.

Namun tidak bisa dipungkiri bahwa USG erat kaitannya dengan kandungan dan janin. Pemeriksaan USG pada ibu hamil dilakukan untuk mengetahui kondisi kehamilan. Selain itu, kesehatan janin juga dapat dideteksi dengan melakukan USG atau sonogram. Berikut manfaat USG bagi ibu hamil:

1. Memastikan Kehamilan

Meskipun test pack menunjukkan hasil positif, namun penting untuk memeriksakan kandungan menggunakan sonogram. Pasalnya bisa jadi Anda mengalami false alarm atau terjadi keguguran di awal kehamilan, sehingga perlu dilakukan pemeriksaan berkala demi memastikan calon bayi dalam keadaan sehat.

2. Mengetahui Usia Kandungan

Salah satu cara mengetahui usia kandungan adalah dengan USG. Hal ini bertujuan untuk menghitung hari perkiraan lahir supaya dapat melakukan persiapan sebelum bayi hadir di dunia.

3. Memantau Perkembangan Janin

Dengan melakukan USG, Anda bisa memantau tumbuh kembang serta memonitor denyut jantung janin. Sonogram juga membantu dokter mendeteksi adanya kelainan pada kehamilan maupun calon bayi.

4. Pemeriksaan Kantong Kehamilan

Walaupun di awal sudah terlihat adanya kantong kehamilan, Anda harus waspada akan blighted ovum atau kehamilan kosong. Kondisi ini terjadi saat pembuahan tetap menghasilkan kantong tapi tidak terdapat embrio di dalamnya.

Apa yang Harus Dilakukan Sebelum Pemeriksaan USG?

Sesaat sebelum melakukan pemeriksaan Anda dan pasangan pasti merasakan bahagia karena akan melihat bentuk si kecil. Supaya hasil lebih akurat dan waktu berkonsultasi dengan dokter tidak terbuang sia-sia, ada beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan. Berikut 4 hal yang harus diperhatikan saat akan USG:

1. Pilih Waktu yang Tepat

Setelah Anda menentukan informasi apa yang akan diketahui dan macam USG yang akan dilakukan, selanjutnya tentukan tanggal konsultasi. Pada usia kehamilan 6-7 minggu, Anda bisa mendengar denyut jantung bayi. Sedangkan jenis kelamin dapat diketahui sejak usia kandungan 18 minggu dan USG 3D dilakukan ketika kandungan berumur 27-28 minggu.

2. Minum Cukup Air Putih

Pastikan Anda minum 8 gelas air putih sejak pagi hari sebelum berkunjung ke dokter. Hal ini akan membantu membersihkan air ketuban sehingga hasil USG pun terlihat lebih jelas. Jika ingin membangunkan janin dan membuatnya aktif bergerak ketika pemeriksaan, minum atau konsumsi sesuatu yang manis saat perjalanan ke klinik.

3. Kenakan Pakaian yang Nyaman

Pilih pakaian yang mudah dibuka saat akan melakukan pemeriksaan. Kenakan blouse longgar atau dress dengan bicycle pants supaya Anda tetap merasa nyaman saat menjalani sonogram.

4. Siapkan Pertanyaan

Ada banyak pertanyaan yang bisa Anda diskusikan dengan dokter ketika berkunjung. Selain mengetahui jenis kelamin, beberapa kondisi janin seperti posisi, perkembangan, ataupun kelainan bisa dilihat saat USG.

Baca juga:

Moms, Kenali Tanda-tanda Bayi Belum Siap untuk Lahir

Asam Folat Penting Untuk Ibu Hamil

4 Macam USG bagi Ibu Hamil

Seiring dengan teknologi yang semakin berkembang, ada banyak macam USG yang bisa dipilih ibu hamil. Tentunya jenis sonogram disesuaikan dengan kebutuhan dan usia kandungan. Untuk informasi yang lebih detail, berikut informasi terkait jenis sonogram dan kisaran harganya:

1. Ultrasonografi Transvaginal

Pada awal kehamilan, dokter biasanya menganjurkan jenis ultrasonografi transvaginal karena janin masih terlalu kecil untuk dilihat menggunakan metode 2D. Di samping itu, cara ini juga bisa memantau denyut jantung janin dan mengetahui apakah serviks yang dapat memicu keguguran.

Tes USG transvaginal dilakukan dengan memasukkan probe (alat sensor ultrasound) pada vagina. Kisaran harga ultrasonografi transvaginal adalah Rp 250.000-Rp 750.000 bergantung rumah sakit.

2. Ultrasonografi 2D

Jenis sonogram ini paling umum dilakukan oleh ibu hamil saat kontrol ke dokter. Pemeriksaan menggunakan alat transduser pada perut yang sudah diolesi cairan gel khusus. Ultrasonografi 2D membantu calon orang tua melihat perkembangan janin dan jenis kelamin. Kisaran harga USG 2D adalah Rp 300.000-Rp 400.000, namun pada beberapa layanan kesehatan menaksir harga di bawah Rp 200.000.

3. Ultrasonografi 3D

Dengan ultrasonografi 3D, Anda bisa melihat janin dengan lebih detail seperti lebar, tinggi, dan organ janin. Selain itu, dokter juga terbantu dalam mendiagnosis kemungkinan terjadinya kelainan. Tidak semua rumah sakit memiliki fasilitas sonogram ini, sehingga harga yang dibandrol pun lebih mahal yaitu kisaran RP300.000-Rp1.000.000.

4. Ultrasonografi 4D

Pada jenis USG 4D, Anda bisa melihat gerakan dan wajah bayi lebih jelas. Perkembangan organ hati, jantung, dan ginjal juga tampak lebih detail dengan sonogram ini. Kisaran harga untuk melakukan ultrasonografi 4D adalah Rp300.000-Rp1.000.000. Anda juga bisa memilih paket gabungan 3D dan 4D dengan kisaran harga Rp500.000-Rp1.000.000.

Bagaimana Cara Memastikan Usia Kehamilan?

Sangat penting bagi ibu hamil mengetahui usia kehamilan supaya dapat memperkiraan hari kelahiran (HPL). Ketika waktu kelahiran sudah diketahui, kemungkinan bayi lahir adalah 2 minggu sebelum atau sesudah HPL tersebut. Ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk menghitung usia kandungan, antara lain:

1. Berdasarkan Hari Pertama Haid Terakhir (HPTP)

Cara alami mengetahui umur kehamilan adalah dengan rumus Naegele yang menggunakan tanggal terakhir menstruasi terakhir. Inilah mengapa Anda disarankan untuk mencatat siklus menstruasi saat akan memulai program hamil. Metode ini cocok diterapkan bagi wanita yang memiliki siklus haid teratur 28 hari.

Perhitungan dilakukan dengan menambah 40 minggu dari HPTP dengan asumsi kehamilan berjalan selama 9 bulan atau 40 minggu alias 280 hari. Dengan mengetahui HPL, secara otomatis umur kandungan pun dapat diketahui. Berikut simulasi menentukan HPL jika HPTP Anda adalah 23 Juni 2020:

  • Tambahkan 1 tahun: 23 Juni 2020 + 1 tahun = 23 Juni 2021.
  • Tambahkan 7 hari: 23 Juni 2021 + 7 hari = 30 Juni 2021.
  • Kurangi dengan 3 bulan: 30 Juni 2021 – 3 bulan = 30 Maret 2021.

Dari kalkulasi di atas, bayi diperkirakan terlahir ke dunia pada tanggal 30 Maret 2021. Sayangnya, metode ini kurang tepat bagi wanita dengan haid tidak teratur. Maka, USG menjadi pilihan yang tepat dalam mengetahui usia kandungan.

2. Melakukan Ultrasonografi

Selain HPTP, ultrasonografi menjadi salah satu cara menentukan umur kehamilan. Hasil akan lebih akurat diketahui jika melakukan sonogram di awal kehamilan. Hal ini disebabkan perkembangan janin masih stabil dibandingkan saat trimester kedua dan ketiga. Sehingga tujuan melakukan USG pada hamil tua tidak ditujukan mengetahui usia janin, tapi memantau perkembangannya. 

Hamil adalah momen krusial yang akan mempengaruhi tumbuh kembang anak ketika sudah terlahir di dunia. Maka Anda dan pasangan dianjurkan rutin memeriksakan kandungan ke dokter sesuai dengan anjuran. Jaga asupan makanan bergizi, minum susu ibu hamil, atau vitamin kehamilan supaya nutrisi tetap terjaga. Jangan ragu konsultasikan dengan dokter terkait dengan apa saja yang perlu Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi.

Very well family. Diakses pada November 2020. Early Pregnancy Ultrasound Results. https://www.verywellfamily.com/understand-early-pregnancy-ultrasound-results-2371367.

Healthline. Diakses pada November 2020. Pregnancy ultrasound. https://www.healthline.com/health/pregnancy/ultrasound.

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan