Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

5 Jenis Buah Yang Baik Untuk Penderita Diabetes

buah untuk penderita diabetes

Buah-buahan merupakan salah satu jenis sumber makanan yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Mengonsumsi buah merupakan salah satu cara yang nikmat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian dengan cara yang sehat. Namun, kebanyakan buah mengandung gula di dalamnya. Hal inilah yang seringkali menimbulkan pertanyaan mengenai, apakah buah-buahan baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Sebab buah diketahui mengandung gula, dan apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat meningkatkan kadar gula darah.

Diabetes sendiri merupakan suatu kondisi penyakit kronis dimana tubuh berjuang untuk mengontrol kadar gula darah. Para penderita diabetes harus makan makanan seimbang yang memberikan cukup energi dan membantu menjaga berat badan yang sehat. Hal ini membuat menu untuk penderita diabetes harus sangat diperhatikan, misalnya jenis sayur dan buah untuk penderita diabetes apa saja yang aman dikonsumsi.

Baca Juga : Apakah Diabetes Dapat Disembuhkan?

Buah Yang Baik Untuk Penderita Diabetes

buah untuk penderita diabetes

Kabar baiknya untuk penderita diabetes adalah, bahwa mereka tetap boleh mengkonsumsi buah. Sebab walaupun mengandung karbohidrat, jumlah yang terkandung didalamnya cenderung memiliki dampak yang jauh lebih kecil terhadap gula darah dibandingkan karbohidrat tanpa serat, seperti soda atau permen. Inilah alasan mengapa buah tetap aman dikonsumsi untuk penderita diabetes.

Dilansir dari WebMD.com, menurut American Diabetes Association (ADA) menyarankan bahwa penderita diabetes, boleh mengkonsumsi buah apapun selama orang tersebut tidak alergi terhadap buah tertentu. Hampir semua jenis buah juga memiliki vitamin, fitokimia, dan hal lain yang membuatnya baik untuk kesehatan anda tubuh. Bahkan beberapa jenis buah diketahui memiliki manfaat untuk mengurangi resiko terkena diabetes tipe 2.

Baca juga : Suplemen yang Tepat untuk Penderita Diabetes

Namun, hal yang harus diingat adalah bahwa bagaimanapun, buah dapat mempengaruhi gula darah. Sehingga walaupun hampir semua buah aman untuk dikonsumsi, buah-buahan dengan kadar gula serta  indeks glikemik (GI) rendah adalah yang terbaik untuk anda. Indeks glikemik (GI) sendiri merupakan skala yang mengukur bagaimana makanan mempengaruhi gula darah Anda. Sehingga  angka GI yang lebih tinggi menunjukkan lonjakan gula darah yang lebih cepat, yang bisa berbahaya bagi penderita diabetes begitu pula sebaliknya.

Untuk  membantu anda menemukan buah yang baik untuk penderita diabetes, berikut farmaku telah merangkumnya untuk anda :

1. Jambu Biji

Jambu biji memiliki indeks glikemik rendah sehingga bisa dijadikan salah satu cemilan yang bagus untuk diabetesi. Kaya serat makanan yang dapat  membantu meringankan sembelit (salah keluhan diabetes yang umum) dan dapat menurunkan kemungkinan terkena DM tipe-2.

2. Apel

Apel merupakan salah satu pilihan buah yang bagus untuk penderita diabetes karena memiliki GI yang rendah (sekitar 36). Ukuran sedang buah ini hanya memiliki sekitar 95 kalori dan 25 g karbohidrat, serta mengandung serat memiliki beberapa vitamin C.  Namun, anda disarankan untuk tidak mengupas kulitnya , sebab kulit apel memiliki serat ekstra dan antioksidan pelindung jantung. Sehingga apel menjadi salah satu makanan yang dianjurkan untuk penderita diabetes

3. Jeruk

Jeruk juga diketahui sebagai salah satu buah  dengan GI rendah yaitu sekitar 43, selain itu dengan mengkonsumsi satu buah jeruk anda bisa mendapatkan 78 persen vitamin C yang Anda butuhkan dalam sehari. Mengandung karbohidrat yang rendah yaitu sekitar  15 g karbohidrat dan 62 kalori. Buah jeruk juga kaya akan vitamin A dan C, yang merupakan antioksidan kuat. Dalam hal metabolisme glukosa, buah jeruk tidak hanya memperlambat pembaruan glukosa, tetapi juga menghambat pergerakan atau pengangkutan glukosa melalui usus dan hati.

4. Buah Berry

Jika anda menyukai jenis buah beri seperti Blueberry dan stroberi, anda bisa menjadikan buah ini sebagai pilihan untuk menu anda. Buah bluberi mendapatkan pigmen dalam dari antosianin, sejenis flavonoid, yang dikenal terutama untuk menurunkan risiko diabetes. Sementara buah stroberi memiliki indeks glikemik rendah sehingga secara perlahan dilepaskan dalam aliran darah sebagai glukosa. Mereka juga dapat meningkatkan kekebalan, memiliki kemampuan melawan kanker dan meningkatkan metabolisme, yang pada gilirannya membantu Anda menurunkan berat badan.

5. Buah Pir 

Buah Pir sarat dengan antioksidan, vitamin, dan mineral. Dan buah pir berkulit merah mengandung karotenoid, yang dianggap dapat mengurangi risiko kanker dan penyakit mata tertentu.  Pir berukuran sedang mengandung hampir 5,5 g atau 20 persen dari jumlah yang anda butuhkan. Selain itu, tidak seperti kebanyakan buah, tekstur dan rasanya akan semakin meningkat setelah buahnya dipetik.

Pantangan Buah Untuk Penderita Diabetes

menu untuk penderita diabetes

Selain memperhatikan buah apa saja yang baik untuk dikonsumsi, penderita gangguan metabolik juga harus memperhatikan cara penyajian buah yang akan dikonsumsi. Buah segar tentu saja lebih baik daripada buah olahan yang dikemas dalam kaleng atau toples, seperti selai dan buah kaleng. Jenis buah olahan juga termasuk buah kering dan jus buah.

Penderita diabetes harus mengurangi konsumsi makanan olahan atau menghindarinya sama sekali hal ini berlaku juga untuk buah olahan. Sebab, tubuh menyerap buah olahan lebih cepat, yang kemudian akan menyebabkan kadar gula darah lebih tinggi. Hal inilah yang menyebabkan makanan olahan bisa menjadi salah satu pantangan diabetes.

Cara Sehat Makan Buah untuk Diabetesi

sayuran dan buah untuk penderita diabetes

Beberapa langkah kecil dalam hidup anda, dapat membuat perbedaan besar dalam kadar gula darah Anda. Untuk tetap dapat mendapatkan manfaat buah untuk penderita diabetes anda dapat menggunakan beberapa tips di bawah ini :

  • Usahakan untuk lebih memilih buah-buahan segar atau beku dibandingkan buah olahan. Sebab selain kurang baik untuk anda yang menderita diabetes, mengolah buah-buahan menghilangkan atau mengurangi kadar nutrisi penting tertentu, termasuk vitamin dan serat. Buah-buahan olahan juga lebih mungkin mengandung gula tambahan di dalamnya.
  • Kurangi asupan jus buah terutama jus buah kemasan. Jus buah kemasan umumnya memiliki karbohidrat yang tinggi. selain itu kebanyakan jus buah kemasan tidak mengandung serat untuk memperlambat pencernaan dan mencegah lonjakan gula darah seperti buah utuh. Penelitian bahkan mengaitkan minum banyak jus buah dengan risiko lebih tinggi terkena diabetes tipe 2.
  • Alih-alih mengkonsumsi beberapa porsi buah dalam satu kali makan, akan lebih baik bagi anda untuk membaginya ke dalam beberapa waktu. Misalnya anda bisa menyiapkan 1 porsi untuk sarapan, satu lagi saat makan siang atau sebagai camilan di sore hari.

Baca juga : Cara Menggunakan Accu-Chek: Alat Tes Gula Darah Praktis

Walaupun memiliki penyakit diabetes, rasa ingin mengkonsumsi makanan manis pasti juga dirasakan oleh penderita diabetes. Dalam hal ini buah-buahan dapat menjadi salah satu pilihan untuk memuaskan rasa manis tanpa harus menggunakan permen dan makanan lain yang pantang dimakan oleh penderita diabetes. Selain itu kebanyakan buah-buahan juga memiliki nutrisi yang  dan rendah lemak dan natrium. Buah juga seringkali mengandung nutrisi yang tidak ditemukan pada makanan lain.

Sehingga walaupun memiliki diabetes, anda tetap dapat mengkonsumsi buah-buahan dengan tetap memperhatikan beberapa hal lain. Misalnya mereka juga harus fokus untuk mengkonsumsi sayuran non-tepung untuk 50 persen makanannya. Mereka juga harus melengkapi asupan makanan mereka dengan protein dan pati berserat tinggi seperti kacang-kacangan atau biji-bijian untuk memenuhi kebutuhan harian mereka. (DH)

 

NDTV Food. Diakses pada oktober 2020. 10 Diabetic Friendly Fruits to Help You Manage Diabetes Better. https://food.ndtv.com/health/10-diabetic-friendly-fruits-to-help-you-manage-diabetes-better-1269733
WebMD.com. Diakses pada oktober 2020. Fruit Diabetes. https://www.webmd.com/diabetes/fruit-diabetes
Medical News Today. Diakses pada oktober 2020. Dietery Tips. https://www.medicalnewstoday.com/articles/311220#Dietary-tips
Everyday health. Diakses pada oktober 2020. Best Fruit For Diabetes. https://www.everydayhealth.com/type-2-diabetes/best-fruits-for-diabetes/
Insider. Diakses pada oktober 2020. Can Diabetic Eat Fruit. https://www.insider.com/can-diabetics-eat-fruit


Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan