Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

10 Olahraga untuk Mengontrol Gula Darah, Kendalikan Diabetes!

olahraga untuk mengontrol gula darah farmaku

Penderita kelebihan gula darah atau disebut penyakit diabetes biasanya harus menjalani pantangan makanan tinggi gula. Selain makanan, mengendalikan diabetes juga bisa dengan melakukan olahraga tertentu.

Olahraga secara teratur bisa membantu menurunkan gula darah tinggi pada penderita diabetes. Ada banyak pilihan olahraga yang aman dan bagus untuk diabetes. Ketahui jenis olahraga untuk diabetes dalam ulasan di bawah ini.

Rekomendasi Olahraga untuk Mengontrol Gula Darah

Melakukan aktivitas fisik adalah salah satu langkah penting perawatan penyakit diabetes tipe 2. Dengan tetap bergerak akan membantu Anda mengontrol diabetes secara lebih baik dan menjaga kadar glukosa darah dalam kisaran yang normal. 

Penting untuk mengontrol kadar glukosa darah untuk mencegah komplikasi jangka panjang, seperti nyeri saraf dan penyakit ginjal. 

Terdapat sejumlah jenis olahraga yang bisa membantu mengontrol gula darah. Anda juga dapat mengombinasikan dari beberapa latihan yang memberikan banyak manfaat. Berikut adalah beberapa daftar olahraga untuk penderita diabetes yang bisa membantu 

Berikut ini jenis olahraga yang bisa membantu menurunkan gula darah, di antaranya:

1. Berjalan Kaki

Jika Anda baru memulai untuk melakukan aktivitas fisik secara rutin untuk mengontrol gula darah, berjalan kaki adalah pilihan yang paling tepat

Berjalan kaki tidak membutuhkan media atau alat, yang terpenting adalah Anda hanya perlu menggunakan sepatu khusus dan tempat yang aman untuk berjalan kaki. 

Cobalah untuk memulai berjalan saat pagi atau sore hari di sekitar perumahan atau taman terdekat.

2. Bersepeda

Radang sendi adalah gejala yang kerap terjadi pada penderita diabetes tipe 2. Gejala ini memiliki beberapa faktor risiko yang sama, seperti obesitas. 

Jika Anda kerap mengalami nyeri sendi bagian bawah, cobalah untuk melakukan olahraga berdampak rendah, seperti bersepeda. Olahraga ini dapat membantu meningkatkan kebugaran sekaligus mengurangi ketegangan pada persendian.

Anda dapat melakukan olahraga tersebut dengan menggunakan sepeda statis. Menggunakan sepeda statis dapat memudahkan Anda karena dapat dilakukan kapan pun dan tidak perlu keluar rumah. 

3. Pilates

Pilates adalah jenis latihan fisik dengan intensitas ringan yang berfokus pada rehabilitasi dan untuk meningkatkan kekuatan tubuh.

Jenis olahraga ini dirancang untuk membantu meningkatkan kekuatan inti, koordinasi, dan keseimbangan tubuh, ini diketahui dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah.

Anda dapat mempertimbangkan untuk mendaftarkan diri ke kelas pilates di tempat gym terdekat atau mempelajarinya secara mandiri melalui video dan buku instruksional.

Baca Juga: Rekomendasi Alat Tes Gula Darah Terbaik, Tersedia di Apotek Online

4. Yoga

Yoga adalah olahraga yang menggabungkan antara pikiran dan tubuh. Jenis olahraga ini memiliki banyak manfaat, di antaranya bisa membantu meredakan stres, mengurangi lemak tubuh, melawan resistensi insulin, dan meningkatkan fungsi saraf.

Meredakan stres juga menjadi langkah penting karena saat tingkat stres semakin tinggi,  maka secara bersamaan kadar gula darah akan mengalami peningkatan. 

Selain itu, manfaat yoga juga mampu menurunkan tekanan darah, meningkatkan kualitas tidur, dan meningkatkan suasana hati (mood).

5. Berenang

Rutin berenang dapat memberikan manfaat kesehatan, termasuk melatih jantung, paru-paru, dan otot, serta membantu membakar kalori dan membuat tubuh menjadi lebih bugar. 

Manfaat berenang juga menjadi solusi yang sangat bagus karena tidak akan memberi tekanan yang terlalu besar pada persendian dan membuat tubuh lebih rileks. Dengan mengamban dalam air juga tidak memberikan tekanan pada kaki seperti halnya berjalan atau berlari. 

6. Angkat Beban

Bila memungkinkan bagi Anda, angkat beban bisa menjadi salah satu pilihan yang bagus untuk mengontrol gula darah. Manfaat angkat beban juga membantu membangun massa otot yang kemudian meningkatkan jumlah kalori terbakar setiap hari. 

Jika baru memulai melakukan latihan kekuatan ini, pertimbangkan untuk mendapatkan bimbingan dari pelatih. Anda dapat mengikuti kelas angkat beban atau mendapatkan panduan dari pelatih kebugaran profesional. Dengan begitu Anda dapat terhindar dari cedera saat melakukan angkat beban.

7. Menari

Tidak hanya menjadi aktivitas yang menyenangkan, manfaat menari juga bisa menjadi olahraga yang bagus untuk mengendalikan kadar gula darah pada penderita diabetes. 

Selain itu, manfaat menari bisa membantu menjaga ingatan tetap tajam, terutama bila menggunakan langkah dan urutan yang sama setiap kali menari. Karena menyenangkan, menari juga bisa menjadi aktivitas fisik yang bagus untuk mengurangi stres.

Baca Juga: Obat Diabetes yang Umum Diresepkan Oleh Dokter

8. Tai Chi

Tai chi adalah gabungan seni bela diri dan senam dari Tiongkok untuk melatih konsentrasi, mengendalikan pernapasan, dan mengatur irama tubuh seperti aliran air. 

Jenis olahraga ini sangat bagus untuk penderita penyakit diabetes karena memberikan kesegaran dan juga mengurangi stres. 

Tai chi dilakukan dengan menggunakan gerakan lambat dan terkontrol bersama dengan visualisasi dan pernapasan dalam untuk memberikan efek menenangkan pikiran dan tubuh.

Olahraga jenis ini juga dapat meningkatkan keseimbangan dan mengurangi kerusakan saraf atau neuropati. Kondisi ini merupakan komplikasi umum pada penderita diabetes yang gula darahnya tidak terkontrol dengan baik.  

9. Calisthenics

Calisthenics atau kalistenik adalah jenis latihan untuk memperkuat otot dengan cara memaksimalkan penggunaan berat tubuh. Latihan kalistenik yang umum dilakukan antara lain push-up, pull-up, squat, lunge, dan abdominal crunch.

Bila Anda memilih untuk memperkuat otot dengan beban, resistance band atau berat badan Anda sendiri, cobalah untuk melatih setiap otot utama di tubuh Anda.

Guna memberikan waktu bagi tubuh untuk pulih, disarankan untuk mengambil menyempatkan satu hari dari aktivitas penguatan otot di antara setiap sesi latihan kekuatan.

Baca juga: Dampak Akibat Pola Makan Tidak Teratur

10. Berkebun

Berkebun merupakan aktivitas fisik dapat dihitung sebagai aktivitas aerobik dan latihan kekuatan. Manfaat berkebun membuat darah mengalir (saat berjalan, berlutut, dan membungkuk). 

Berkebun juga dapat membangun otot dan membantu tulang, terutama saat menggali, mengangkat, dan menyapu. Kegiatan ini juga dapat mengurangi tingkat stres karena berkegiatan di luar ruangan.

Itu dia daftar jenis olahraga yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah untuk penderita diabetes. Seiring melakukan jenis olahraga tersebut, pastikan menerapkan pola makan yang dapat mengendalikan gula darah.

Chat dengan dokter rekanan Farmaku di sini untuk konsultasi seputar kesehatan secara umum, termasuk jenis olahraga yang cocok untuk Anda dan pantangan makanan sesuai kondisi tubuh selain penyakit diabetes.

Everyday Health. Diakses pada 8 Maret 2024. 6 Great Exercises for People With Diabetes. https://www.everydayhealth.com/type-2-diabetes/living-with/great-exercises-for-people-with-diabetes/

Healthline. Diakses pada 8 Maret 2024. 10 Exercises for Diabetes: Walking, Yoga, Swimming, and More. https://www.healthline.com/health/type-2-diabetes/top-exercises#cycling

WebMD. Diakses pada 8 Maret 2024. The Best Exercises If You Have Diabetes. https://www.webmd.com/diabetes/ss/slideshow-exercises-diabetes

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan