Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

8 Olahraga untuk Mengontrol Gula Darah, Kendalikan Diabetes!

olahraga untuk mengontrol gula darah farmaku

Jarang diketahui, ternyata ada beberapa pilihan olahraga untuk mengontrol gula darah yang bisa dilakukan di rumah. Olahraga teratur dapat membantu menurunkan gula darah tinggi. Apa saja pilihan olahraganya?

Sebelum membahas lebih lanjut, perlu diingat bahwa olahraga dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung, stroke, hingga mengurangi faktor risiko kardiovaskular. Olahraga juga dapat membantu mencegah diabetes pada orang yang mengalami prediabetes. 

Manfaat Olahraga untuk Kontrol Gula Darah

Orang dengan diabetes tipe 2 umumnya memiliki terlalu banyak glukosa dalam darah. Hl ini disebabkan oleh na tubuh yang tidak memproduksi cukup insulin untuk memprosesnya atau tubuh mereka tidak menggunakan insulin dengan benar. Olahraga dapat menurunkan glukosa dalam darah Anda tetap pada batas gula darah normal.

Olahraga mengontrol gula darah dengan cara meningkatkan sensitivitas insulin sehingga otot dapat menggunakan insulin yang tersedia dengan lebih baik.Olahraga juga  menyebabkan otot Anda berkontraksi, yang memungkinkan sel Anda mengambil glukosa untuk energi, terlepas dari apakah insulin tersedia. Hal inilah yang menjadi alasan kuat mengapa olahraga  bisa menjadi salah satu cara menurunkan gula darah.

Lebih jauh lagi, olahraga juga dapat membantu penderita diabetes tipe 2 terhindar dari komplikasi jangka panjang, terutama masalah jantung. Orang dengan diabetes cenderung mengembangkan penyumbatan arteri (penyakit jantung), yang dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Baca Juga: Jenis Penyakit Keturunan yang Perlu Diwaspadai

Macam-Macam Olahraga untuk Mengontrol Gula Darah

Pada diabetes tipe 2, aktivitas fisik adalah salah satu hal penting dari rencana perawatan. Anda dapat mengontrol diabetes dengan lebih baik dan menjaga kadar glukosa darah dalam kisaran yang benar. Mengontrol kadar glukosa darah adalah hal penting untuk mencegah komplikasi jangka panjang, seperti nyeri saraf dan penyakit ginjal.

Terdapat sejumlah latihan yang dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah. Anda juga bisa melakukan kombinasi dari beberapa latihan, hal ini akan memberikan manfaat yang lebih banyak. Berikut adalah beberapa daftar olahraga untuk penderita diabetes yang bisa membantu menjaga kadar gula darah normal

1. Berjalan Kaki

Apabila Anda baru saja ingin mulai membangun kebiasaan melakukan aktivitas fisik yang baik untuk mengontrol gula darah, berjalan mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Latihan yang satu ini tidak membutuhkan media atau properti yang menyulitkan. Anda hanya perlu sepasang sepatu dan tempat yang nyaman untuk berjalan, dan latihan ini bisa langsung dipraktekkan. Mulailah dengan berjalan-jalan pagi atau sore hari di sekitar perumahan atau taman di dekat rumah.

2. Bersepeda

Penderita diabetes tipe 2, biasanya rentan menderita radang sendi. Kondisi tersebut memiliki beberapa faktor risiko yang sama, termasuk obesitas. Jika Anda mengalami nyeri sendi bagian bawah, pertimbangkan untuk memilih olahraga berdampak rendah. Misalnya dengan bersepeda, latihan ini bisa membantu Anda memenuhi tujuan kebugaran sekaligus meminimalkan ketegangan pada persendian.

Sebagai opsi lain, Anda juga bisa melakukan olahraga ini dengan menggunakan sepeda statis. Dengan menggunakan sepeda statis, ini dapat memudahkan melakukannya di rumah. Bagian terbaiknya adalah Anda bisa berolahraga dalam cuaca apapun.

3. Pilates

Pilates merupakan salah satu program kebugaran yang  cukup populer belakangan ini. latihan ini dirancang untuk meningkatkan kekuatan inti, koordinasi, dan keseimbangan dan diketahui dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah. Cobalah untuk mempertimbangkan mendaftarkan diri ke kelas Pilates di gym terdekat atau mempelajarinya lewat video dan buku instruksional.

4. Yoga

Yoga dikenal dapat membantu menurunkan stres, mengurangi lemak tubuh, melawan resistensi insulin, dan meningkatkan fungsi saraf. Menurunkan stres juga merupakan hal yang penting, sebab ketika tingkat stres Anda semakin tinggi, secara bersamaan kadar gula darah juga akan meningkat. Selain itu, yoga juga bisa menurunkan tekanan darah, meningkatkan kualitas tidur, serta meningkatkan suasana hati.

5. Berenang

Berenang bisa menjadi pilihan yang bagus untuk melatih jantung, paru-paru, dan juga otot Anda. Latihan ini merupakan solusi yang luar biasa karena tidak memberi tekanan yang terlalu besar pada persendian dan bisa membuat tubuh menjadi lebih rileks. Ini juga tidak memberikan tekanan pada kaki Anda seperti halnya berjalan atau berlari. Selain itu latihan jenis ini juga mampu membantu membakar kalori dan membuat tubuh menjadi lebih bugar.

6. Angkat Beban

Angkat beban dapat membantu membangun massa otot yang dapat meningkatkan jumlah kalori dibakar setiap hari. Latihan kekuatan juga dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah. Jika masih pemula, pertimbangkan untuk melakukanya dengan pelatih. Anda bisa mengikuti kelas angkat beban atau meminta panduan dari pelatih kebugaran profesional. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya cedera saat melakukan angkat beban.

7. Menari

Tahukah Anda bahwa menari ternyata bisa menjadi latihan yang bagus untuk menjaga kadar gula darah. Sebab menari bukan hanya aktivitas yang menyenangkan, tetapi sangat bagus untuk orang yang memiliki gula darah tinggi atau diabetes. Menari juga bisa membantu menjaga ingatan tetap tajam, terutama jika Anda menggunakan langkah dan urutan yang sama setiap kali menari. Karena sifatnya yang menyenangkan, menari  dapat menjadi bentuk aktivitas fisik yang bagus untuk menurunkan tingkat stres.

8. Tai Chi

Tai chi adalah tradisi Tiongkok kuno di mana peserta mengalir melalui serangkaian gerakan yang dilakukan dengan lambat dan santai bersama dengan pernapasan dalam. Olahraga ini sangat ideal untuk penderita diabetes karena memberikan kesegaran dan juga efek mengurangi stres. Bentuk latihan ini menggunakan gerakan lambat dan terkontrol bersama dengan visualisasi dan pernapasan dalam untuk menenangkan pikiran dan tubuh.

Tai chi dapat menjadi latihan ringan yang dapat membantu menurunkan stres, mengurangi risiko jatuh, dan meningkatkan kualitas tidur. Tai chi juga dapat meningkatkan keseimbangan dan dapat mengurangi kerusakan saraf atau neuropati. Ini merupakan komplikasi umum di antara penderita diabetes yang gula darahnya tidak terkelola dengan baik.  

Baca juga: 5 Jenis Buah untuk Penderita Diabetes

Melakukan olahraga teratur sangat penting, terlebih jika memiliki kondisi kronis seperti diabetes. Menjadi aktif secara fisik dengan melakukan latihan fisik ini akan menurunkan gula darah dan tingkat tekanan darah, mengontrol berat badan, meningkatkan energi, menghilangkan stres, dan membantu untuk mendapatkan tidur yang lebih nyenyak.

Apabila memiliki kondisi kesehatan lain yang menyertai diabetes, Anda perlu melakukan konsultasi lebih jauh dokter. Hal ini untuk mencegah terjadinya resiko yang mungkin timbul dari latihan yang tidak tepat.

6 Great Exercises for People With Diabetes. Diakses pada November 2020. https://www.everydayhealth.com/type-2-diabetes/living-with/great-exercises-for-people-with-diabetes/

10 Exercises for Diabetes: Walking, Yoga, Swimming, and More. Diakses pada November 2020. https://www.healthline.com/health/type-2-diabetes/top-exercises

How to Lower Your Blood Sugar With Exercise. Diakses pada November 2020. https://diabetesstrong.com/how-to-lower-your-blood-sugar-with-exercise/

5 Best Exercises to Lower Your Blood Sugar and Control Diabetes. Diakses pada November 2020. https://www.thehealthjournals.com/5-exercises-lower-blood-sugar/

Fighting diabetes? Here are the 5 best at-home exercises to lower blood sugar and prevent weight gain. Diakses pada November 2020. https://www.timesnownews.com/health/article/fighting-diabetes-here-are-the-5-best-at-home-exercises-to-lower-blood-sugar-and-prevent-weight-gain/592136

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan