Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Rekomendasi Alat Tes Diabetes Terbaik dan Cara Menggunakannya

Alat tes gula darah farmaku

Diabetes tipe 2 bisa dicegah selama seseorang dapat mengontrol pola makan, batasi asupan gula harian, olahraga, dan rutin cek gula darah. Sebelum Anda membeli alat tes gula darah sebaiknya simak artikel ini untuk tahu rekomendasi alat tes gula darah dan cara menggunakannya berikut ini.

Rekomendasi Glukometer Alat Tes Diabetes Terbaik

Bagi penderita diabetes melitus, tes gula darah harian merupakan hal penting untuk menjaga gula darah tetap terkendali. Berikut ini rekomendasi alat tes gula darah bisa dicoba:

1. Accu-Check Active Pack

gambar accu-check active

Glukometer Accu-Check Active Pack memiliki layar yang besar dua tombol navigasi sederhana sehingga mudah untuk dipelajari bahkan untuk lansia sekalipun.

Alat tes gula darah ini memiliki tingkat akurasi tinggi dan hasil pengukuran akan keluar dalam 5 detik. Anda hanya perlu sedikit sampel darah, yaitu 1-2 mikroliter.

Dalam Accu-Check Active Pack ini sudah disertai dengan strip sampel darah sebanyak 25 buah, pen atau pencoblos, dan jarum penusuk sebanyak 10 buah sehingga cocok untuk pemula.

Beli Accu-Check Active di Sini

2. Accu-Check Instant Pack

gambar accu check instant pack

Alat cek gula darah Accu-Check instant menawarkan berbagai kemudahan untuk mengukur kadar gula dalam darah. Produk ini dilengkapi dengan indikator yang memberikan penanda hasil gula darah lebih tinggi, lebih rendah, atau sama dengan yang direkomendasikan.

Anda juga dapat merekam hasil pengukuran gula darah tanpa kabel, cukup menggunakan apliaksi mySugr diabetes management app dan hasil pengukuran dapat langsung terekam dalam smartphone.

Namun, alat ini sendiri juga memiliki memori yang dapat menyimpan lebih dari 720 hasil pengukuran.

Selain itu, alat ini juga memiliki akurasi tinggi, hasil pembacaan yang cepat, dan hanya membutuhkan sedikit sampel darah.

Dalam paket ini, sudah termasuk alat ukur gula darah Accu-Check Instant, jarum penusuk sebanyak 10 buah, dan trip sampel darah sebanyak 25 buah.

Beli Accu-Check Instant Pack di Sini

3. Accu-Check Guide Pack

Accu chek alat tes gula darah

Alat tes gula darah Accu-Chek Guide dapat membantu mengecek kadar gula dalam darah.

Alat ini menggunakan satu strip sampel darah yang akan diserap dibagian pada ujung strip. Lalu, hasilnya dapat keluar dengan cepat kurang dari 4 detik dan memiliki tingkat akurasi yang tinggi.

Dengan kecanggihan, alat ini dapat mempermudah penggunanya untuk mengecek pada siang atau malam hari karena memiliki lampu port.

Selain itu, alat pencoblosnya tidak menyebabkan nyeri. Ketika selesai menggunakan alat ini, Anda tidak perlu menyentuh strip karena sudah tersedia tombol ejector, sehingga lebih mudah digunakan.

Beli Accu-Chek Guide Pack di Sini

4. Gluco Dr. Auto Blood Glucose Monitor

Gluco Dr. Auto Blood

Gluco AGM 4000 adalah glukometer portable untuk mengukur kadar glukosa secara akurat dan cepat. Alat ini membutuhkan 0,5 mikroliter sampel darah untuk dapat mengukur kadar gula darah.

Alat ini dapat menampilkan hasil kadar glukosa dengan rentang, yaitu 10-900 mg/dL. Alat gula darah ini memiliki kapasitas memori sebanyak 500 memori untuk 5 pasien.

Beli Gluco Dr. Auto Blood Glucose Monitor di Sini

Petunjuk Penggunaan Glukometer yang Benar dan Aman

Baik penderita diabetes tipe 1 atau 2, perlu mengukur gula darah secara rutin. Oleh karena itu, mengetahui cara menggunakan glukometer sangatlah penting.

Sebelum Anda menggunakan alat ini, berikut beberapa hal yang Anda butuhkan:

  • Cuci tangan dengan sabun dan air atau hand sanitizer. Bisa juga pakai alkohol swab.
  • Siapkan lanset (jarum penusuk khusus).
  • Strip tes (untuk menguji sampel darah).
  • Glukometer (alat test gula darah).
  • Catatan untuk mengukur hasil kadar gula darah (alat tes diabetes digital biasanya memiliki catatan history kadar gula darah yang disimpan dalam kartu memori atau sistem glukometer tersebut).

Setiap brand glukometer menyediakan semua komponen alat tes diabetes tersebut dalam satu paket.

Bagaimana Cara Menggunakan Alat Tes Diabetes?

Berikut ini tahapan untuk menggunakan alat tes gula darah:

  1. Pertama, siapkan alat glukometer tes diabetes, strip tes, lanset, dan alkohol swab.
  2. Cuci tangan Anda untuk mencegah terjadinya infeksi. Jika tidak berada di dekat wastafel, Anda dapat menggunakan hand sanitizer atau kapas alkohol. Namun, jika Anda berada di dekat wastafel maka sebaiknya Anda mencuci tangan supaya tidak perlu menggunakan kapas alkohol.
  3. Untuk membuat aliran darah lebih mudah, Anda dapat menggosok kedua tangan dengan cepat atau mengalirkannya di bawah air hangat. Namun, pastikan untuk mengeringkannya dengan baik karena tangan yang basah dapat mengencerkan sampel darah, sehingga menghasilkan hasil kadar gula darah lebih rendah (hasil tidak akurat).
  4. Nyalakan glukometer dan letakan strip tes di mesin saat mesin siap. Perhatikan indikator untuk menempatkan darah pada strip.
  5. Pastikan tangan Anda kering dan bersihkan area yang Anda pilih dengan alkohol swab, lalu tunggu sampai alkohol menguap.
  6. Tusuk ujung jari Anda di sisi jari, di antara bagian bawah kuku hingga ujung kuku Anda. 
  7. Tempatkan setetes darah pada strip.
  8. Glukometer membutuhkan beberapa saat untuk menghitung dan membaca gula darah. 
  9. Jika masih berdarah, gunakan alcohol swab untuk menghapus tempat Anda mengambil darah.
  10. Tuliskan hasil atau catat hasil yang keluar untuk memudahkan Anda dan dokter dalam membuat rencana perawatan yang baik. Namun, beberapa glukometer dapat menyimpan hasil dalam memori untuk pencatatan yang lebih mudah.

Bagaimana FarmaFriends, cukup mudah bukan untuk melakukan tes gula darah? Setiap brand alat untuk tes diabetes mungkin memiliki aturan yang sedikit berbeda. Silakan baca petunjuk penggunaan di balik kemasan atau konsultasi dengan dokter dan apoteker Anda. 

Tips Menggunakan Alat Tes Gula Darah untuk Pemula

Bagi Anda yang baru mulai menggunakan glukometer, berikut ini beberapa tips yang bisa membantu untuk menggunakan alat tes gula darah untuk pertama kali:

  • Jika Anda merasa proses pengambilan sampel darah sangat menyakitkan, Anda mungkin perlu mengganti pengukur lanset (ketebalan). Lancet datang dalam ukuran yang berbeda-beda. Semakin tinggi angkanya, semakin tipis lansetnya. Lanset ukuran 21 mungkin tidak senyaman lancet ukuran 30.
  • Anda juga dapat menyesuaikan pengaturan pada perangkat lancing Anda untuk menggambarkan seberapa jauh jarum akan menembus kulit. Kebanyakan orang dapat mengambil sampel yang memadai dari suatu tempat di tengah. Misalnya, jika lancet Anda diberi nomor, sesuaikan dengan pengaturan nomor 2. Jika itu tidak berhasil, Anda dapat meningkatkan pengaturannya.
  • Hanya gunakan strip tes yang dirancang untuk glukometer Anda. Jangan gunakan strip tes yang berbeda dengan glukometer yang dimiliki.
  • Beberapa perangkat memerlukan sampel darah yang lebih besar. Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan ukuran sampel darah seperti yang disyaratkan oleh perangkat glukometer yang digunakan.

Nah, itulah pembahasan mengenai apa itu glukometer, rekomendasi alat tes gula darah, hingga cara menggunakannya. Yuk, kontrol gula darah dan pesan alat tes glukosa di Farmaku.com sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan