Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Suplemen yang Tepat untuk Penderita Diabetes

suplemen untuk diabetes

Anjuran pertama yang harus ditaati oleh penderita diabetes adalah menghindari makanan manis yang mengandung gula tinggi, supaya gula darahnya tetap terkendali. Akan tetapi untuk hidup sehat dan gula darah tetap terjaga, seorang diabetesi (penderita diabetes) memerlukan asupan  zat gizi lain yang dapat membantu menjaga kesehatan Anda secara menyeluruh hingga mencegah komplikasi diabetes terjadi. Oleh karena itu tidak sedikit penderita diabetes memutuskan untuk mengkonsumsi suplemen atau vitamin untuk diabetes.

Perlukah Penderita Diabetes Mengkonsumsi Suplemen untuk Diabetes?

Suplemen berfungsi untuk meningkatkan asupan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh serta mencegah tubuh dari risiko mengalami kekurangan gizi. Namun, pada dasarnya suplemen tidak begitu dibutuhkan oleh tubuh terlebih jika Anda memang sudah membiasakan hidup sehat. Maka dari itu konsumsi suplemen untuk penderita diabetes tidak diperlukan. Meski begitu, ada beberapa hal terkait suplemen yang dibutuhkan oleh penderita diabetes, antara lain:

  • Penderita diabetes memerlukan suplemen jika sedang hamil
  • Jika penderita diabetes menerapkan pola makan vegetarian
  • Jika penderita diabetes diminta untuk menerapkan diet rendah kalori, hal ini membuat makanan mereka menjadi terbatas dan bisa saja berisiko mengalami kekurangan suatu vitamin atau mineral tertentu.


Selain suplemen, Anda juga bisa mendapatkan berbagai jenis vitamin, mineral, dan sumber zat gizi lainnya ketika mengkonsumsi makanan penuh. Seperti menu nasi, lauk pauk yang dilengkapi dengan buah-buahan.

Suplemen Apa yang Baik untuk Penderita Diabetes?

Sebenarnya tidak ada larangan konsumsi suplemen untuk penderita diabetes. Baik diabetes tipe 1 ataupun tipe 2. Tergantung kondisi dan kebutuhan masing-masing penderita. Terlebih peran suplemen dalam memenuhi asupan vitamin dan mineral untuk tubuh, membuat semakin banyak orang yang beralih pengobatan alternatif dari obat-obatan ke suplemen. Bahkan menurut American Diabetes Association, penderita diabetes yang menggunakan suplemen cenderung lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak mengidap penyakit apapun.

Perlu untuk diingat suplemen tidak boleh digunakan untuk menggantikan standar pengobatan diabetes, karena dapat membahayakan kesehatan Anda. Jika Anda sebagai penderita diabetes benar-benar dianjurkan mengkonsumsi suplemen tambahan, sebaiknya Anda memilih suplemen yang mengandung beberapa bahan dibawah ini, antara lain:

Vitamin B-1

Vitamin B1 dikenal sebagai Tiamin. Sebagian besar orang yang menderita diabetes mengalami kekurangan Tiamin. Sebagai zat yang dapat berkontribusi terhadap beberapa komplikasi diabetes, menurunnya tiamin dalam tubuh kerap juga dikaitkan dengan penyakit jantung dan kerusakan pembuluh darah. Bahkan, beberapa penelitian membuktikan bahwa zat tambahan dalam Vit B1, benfotiamine dapat mencegah komplikasi diabetes.

Vitamin E

Suplemen dengan kandungan Vitamin E berperan sebagai antioksidan yang mampu untuk mencegah penyakit jantung, gagal ginjal, dan gangguan fungsi penglihatan yang rentan dialami oleh penderita diabetes.

Vitamin C

Penderita diabetes juga berisiko mengalami kekurangan vitamin C. Itulah mengapa asupan vitamin C harus diperhatikan. Selain dapat mengendalikan kadar gula darah, vitamin C juga mengendalikan jumlah kolesterol pada penderita diabetes.

Vitamin B12

Vitamin B12, memiliki peran kuat untuk mengobati neuropati diabetes. Kehadiran vitamin B12 diperlukan untuk memperbaiki fungsi sel saraf serta mengurangi kerusakan saraf.

Magnesium

Magnesium merupakan nutrisi penting. Tidak hanya membantu mengatur tekanan darah, tetapi juga dapat meningkatkan sensitivitas insulin pada penderita diabetes.

Vitamin D

Vitamin D memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan Anda. Diproduksi oleh tubuh dalam menanggapi paparan sinar matahari serta mampu membantu meningkatkan sensitivitas insulin, yang sangat penting untuk regulasi glukosa darah.

Kandungan Suplemen yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Penderita diabetes harus paham bahwa asupan makanan perlu diatur, begitu pula dengan pemilihan suplemen asupan jenis suplemennya karena pemilihan jenis suplemen yang tidak tepat justru dapat menyebabkan interaksi dengan obat diabetes hingga mengganggu efektifitas obat. Oleh karena itu penting bagi penderita diabetes untuk memahami apa saja  kandungan suplemen yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Menurut  National Center for Complementary and Integrative Health terdapat 3 jenis suplemen yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes, antara lain :

  1. Aloe Vera, Suplemen dengan kandungan aloe vera dapat berinteraksi dengan obat diabetes.
  2. Suplemen Herbal, beberapa jenis suplemen yang sering disebut memiliki manfaat untuk penderita diabetes seperti fenugreek, ginseng atau bitter melon nyatanya tidak membuktikan adanya keefektifitasan pada penderita diabetes. Bahkan beberapa diantaranya justru menimbulkan efek samping yang bisa mempengaruhi kondisi kesehatan tubuh.
  3. St John Worth, Masih dalam golongan herbal, suplemen yang mengandung St. John Worth tidak dianjurkan untuk penderita diabetes karena dapat menimbulkan interaksi pada obat-obat diabetes.

Nah, jadi sekarang sudah tahu kan suplemen apa yang tepat dan aman dikonsumsi oleh penderita diabetes? Namun perlu Anda ingat, sebelum menambahkan suplemen atau vitamin pada pengobatan harian Anda, sebaiknya diskusikan terlebih dahulu dengan praktisi kesehatan atau dokter Anda untuk memastikan mereka aman digunakan bersama obat yang diresepkan untuk Anda. (PK)

Diabetes.co.uk
healthline.com


Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan