Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Awas! Mitos-Mitos Ini Justru Bisa Gagalkan Diet Anda

diet sehat

Saat sedang menjalankan program penurunan berat badan atau diet, sangat mungkin bagi anda menerima berbagai saran dan informasi seputar diet. Anda mungkin mendapatkan saran-saran seputar diet ini dari kerabat, teman atau mungkin juga dari internet. Anda lebih mungkin untuk menjadi mudah mempercayai segala nasihat, tips dan informasi seputar diet ketika Anda sedang semangat menjalankan program penurunan berat Anda. Sebab saat sedang semangat menjalankan diet, tak jarang anda menjadi semakin giat untuk menggali informasi seputar diet.


Namun tahukah Anda, beberapa informasi yang Anda dapatkan ini terkadang justru hanya sebatas mitos. Dan lebih parahnya lagi, mitos-mitos seputar diet yang Anda percayai, terkadang justru bisa menyebabkan Anda gagal turunkan berat badan. Anda tentu tidak ingin diet yang Anda jalani berakhir sia-sia bukan?. Berikut farmaku akan bantu Anda mengenali mitos-mitos yang masih sering dipercaya oleh orang banyak.

Baca Juga : Awas! Kebiasaan di Pagi Hari Ini Bikin Berat Badan Cepat Naik


Mitos Diet

jam makan yang bikin gemuk


Untuk mencegah diet Anda gagal, mengenali informasi yang fakta dan mitos menjadi hal yang tidak boleh Anda lewatkan. Yuk! Kenali beberapa informasi seputar diet yang ternyata hanya sebatas mitos.

1. Anda harus hindari karbohidrat

karbohidarat bikin gemuk


Karbohidrat seringkali dihindari oleh banyak orang karena kekhawatiran bahwa mengkonsumsi makanan ini akan menyebabkan obesitas, diabetes, dan efek kesehatan yang merugikan lainnya.
Pada kenyataannya, tidak semua jenis karbohidrat berbahaya dan menyebabkan kegemukan. Mengkonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks justru dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda. Anda dapat menemukan makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks seperti pada roti gandum, kacang-kacangan, biji-bijian yang juga tinggi serat, vitamin, dan mineral.


Karbohidrat yang ditemukan dalam makanan seperti kue, roti dan permen biasanya kekurangan kandungan vitamin, mineral, dan serat. Mengurangi makan permen dan kue-kue manis seperti ini mungkin bisa membantu Anda kurangi berat badan.



2. Jangan sarapan dan makan malam saat diet

Clock, knife and fork on beige background, top view Premium Photo


Melewatkan sarapan dipercaya bisa sebabkan berat badan bertambah. Nyatanya tidak ada penelitian ilmiah yang menunjukkan bahwa melewatkan makan pagi dapat menyebabkan penambahan berat badan. Sarapan justru dianggap sebagai makanan yang dapat membuat Anda lebih sehat, terlebih untuk anak di masa pertumbuhan.


Begitu pula dengan makan malam, ini dianggap penyebab utama Anda menjadi gemuk. Padahal terkadang ada beberapa orang yang tidak bisa tidur di malam hari karena lapar. Penyebab kegemukan dapat tergantung pada jenis makanan yang Anda konsumsi. Jika yang Anda konsumsi adalah makanan tinggi kalori seperti burger dan pizza di malam hari, ini mungkin dapat sebabkan kegemukan. Jika Anda lapar pada malam hari, usahakan pilih makanan yang rendah lemak dan kalori seperti yoghurt rendah lemak dan buah-buahan.

3. Margarin lebih baik daripada mentega

mentega sehat


Mentega sering dielu-elukan sebagai alternatif dari mentega yang sehat. Nyatanya margarin tidak selalu merupakan pilihan yang lebih baik. Hal ini karena margarin biasa mengandung lemak dan kalori yang sama banyaknya dengan mentega sehingga tidak menawarkan manfaat penurunan berat badan yang nyata.


Lebih buruknya lagi, mentega mungkin juga mengandung minyak nabati terhidrogenasi, yang menghasilkan lemak trans yang dianggap berbahaya bagi kesehatan jantung Anda seperti halnya minyak jenuh. Jika Anda membutuhkan mentega, tidak apa jika Anda memasukkannya ke dalam makanan Anda, asalkan Anda menghitung kalorinya.

4. Hindari konsumsi makanan berlemak

makanan diet


Sama seperti karbohidrat, protein dan vitamin, tubuh Anda juga butuh asupan lemak. Anda tidak perlu seutuhnya menghindari segala bentuk makanan yang mengandung lemak lho!. Sebab menghindari lemak dari makanan Anda bisa berbahaya, karena tubuh Anda perlu mengonsumsi setidaknya beberapa asam lemak omega-3 dan omega-6. Satu-satunya jenis lemak yang berbahaya bagi Anda adalah lemak trans.


Anda bisa gantikan asupan lemak dari daging dan minyak dengan konsumsi makanan sehat yang mengandung lemak. Makanan yang mengandung lemak sehat seperti ikan, alpukat, kacang-kacangan dan biji-bijian bisa jadi pilihan untuk penuhi kebutuhan harian Anda. Jika Anda khawatir makanan ini tidak memenuhi kebutuhan harian Anda, Anda bisa menambahkan suplemen omega-3 ke menu harian Anda.



5. Makanan dengan label “diet” dan “rendah lemak” adalah yang terbaik

puasa diet


Makanan dengan berbagai label “ diet” dan “low fat” saat ini menjadi semakin mudah untuk ditemukan. Anda bisa menemukannya di berbagai minimarket dan supermarket terdekat Anda. Namun benarkah makanan ini adalah yang terbaik untuk Anda yang sedang diet?


Nyatanya, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa biasanya makanan yang berlabel rendah lemak justru mengandung lebih banyak gula dan garam tambahan. Makanan yang dideskripsikan sebagai ‘rendah lemak’ atau ‘bebas lemak’ tidak otomatis rendah kalori atau bebas kalori. Anda justru lebih mungkin mendapatkan kalori lebih banyak dari makanan jenis ini. Hati-hatilah dalam memilih produk-produk yang akan Anda konsumsi, dan luangkan waktu Anda untuk membaca daftar kandungan makanan.

6. Puasa adalah jalan tercepat turunkan berat badan

puasa saat diet


Seringkali orang berpuasa dengan harapan ingin menurunkan berat badan. Namun ternyata, cara berpuasa yang salah justru bisa membuat Anda tambah gemuk. Misalnya setelah menahan lapar seharian Anda berbuka puasa dengan makanan tinggi kalori dan minuman yang manis-manis. Hal ini justru berisiko menambah berat badan Anda.


Jika Anda berniat untuk menurunkan berat badan dengan puasa, jalanilah dengan cara yang benar. Sahurlah dengan makanan yang kaya akan serat dan nutrisi. Begitu pula dengan saat berbuka, usahakan untuk mengkonsumsi makanan sehat kaya vitamin dan rendah kalori seperti buah-buahan dan sayur-sayuran untuk menghindari asupan kalori berlebih.


Baca juga : Dampak Positif Puasa Untuk Daya Tahan Tubuh


7. Hindari ngemil saat sedang diet

makanan yang bikin gemuk


Mengkonsumsi cemilan dianggap sebagai hal yang bisa membuat diet Anda gagal. nyatanya ini sangat tergantung pada jenis camilan yang Anda makan. Jika Anda mengkonsumsi camilan tinggi kalori dan lemak seperti keripik kentang, permen dan kue-kue yang manis dalam jumlah banyak, ini mungkin dapat menggagalkan diet Anda.


Dilansir dari British Heart Foundation mengkonsumsi camilan sehat di sela waktu makan justru dapat membantu Anda mengontrol nafsu makan. Untuk menemani waktu ngemil Anda, Buah, sayuran, dan yogurt rendah lemak dapat menjadi pilihan yang bagus.

Baca Juga : Workout Untuk Pemula Yang Bisa Turunkan Berat Badan


Itulah beberapa mitos seputar diet yang masih sering dipercaya oleh banyak orang. Jika Anda sedang berencana melakukan program penurunan berat badan, pastikan Anda melakukan diet yang sehat. Anda juga harus bijak menerima segala informasi yang Anda dapat seputar diet, carilah sumber informasi yang terpercaya dan berisi fakta.


Terakhir, selalu pastikan Anda memenuhi segala asupan nutrisi harian yang Anda butuhkan, jangan karena sedang menjalani diet Anda menjadi kekurangan gizi dan juga nutrisi. Sebab tubuh yang sehat adalah prioritas yang harus Anda utamakan. (DH)

Healthline. Diakses pada september 2020. Biggest Lies of Nutrition. https://www.healthline.com/nutrition/biggest-lies-of-nutrition
British Heart Foundation. Diakses pada september 2020. Healthy Dieting Myths .https://www.bhf.org.uk/informationsupport/support/healthy-living/healthy-eating/dieting-myths
Weight loss resources. Diakses pada september 2020. Myths Facts. https://www.weightlossresources.co.uk/diet/diet_tips/myths_facts.htm
Medlineplus. Diakses pada september 2020. https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan