Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

7 Makanan Kaya Vitamin D Untuk Bantu Jaga Kesehatan Anda

vitamin D

Vitamin D adalah vitamin esensial yang larut dalam lemak dan menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh yang dikenal juga dengan istilah kalsiferol. Vitamin d berguna untuk membantu penyerapan kalsium, perkembangan tulang, meredakan peradangan. Selain itu salah satu fungsi vitamin D bagi tubuh  yang paling penting adalah menjaga sistem kekebalan Anda tetap kuat sehingga Anda mampu melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Hal ini menjadi semakin penting sebab menjaga sistem kekebalan tubuh sangat diperlukan di masa pandemi seperti saat ini. 

Baca juga : Rekomendasi 6 Vitamin untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Puasa

Vitamin ini juga merupakan satu-satunya nutrisi yang diproduksi tubuh Anda saat terkena sinar matahari. Namun, beberapa orang mungkin  tidak mendapatkan cukup nutrisi ini dari sinar matahari karena jarang terkena paparan sinar matahari. Terlebih di masa pandemi seperti saat ini, kebanyakan orang mungkin lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah dan lebih mungkin untuk sedikit terkena paparan sinar matahari.

Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab ternyata beberapa makanan mengandung nutrisi berupa vitamin d yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Makanan Sumber Vitamin D

sumber vitamin d

Walaupun beberapa dari Anda mungkin kurang mendapatkan sinar matahari, hal ini tidak menjadi halangan bagi Anda untuk mendapatkan nutrisi tersebut. Sebab kekurangan vitamin D dapat menyebabkan rakhitis, sistem kekebalan yang lemah, peningkatan risiko kanker, pertumbuhan rambut yang buruk dan osteomalacia. Untuk membantu Anda memenuhi asupan nutrisi ini, berikut farmaku telah merangkum beberapa makanan yang dapat membantu Anda mendapatkan asupan vitamin d.

Baca juga : 15 Makanan untuk Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh Anda!

1. Salmon

sumber vitamin D

Salmon merupakan salah satu jenis ikan berlemak yang populer sebagai sumber vitamin D. Ikan salmon mengandung sekitar 988 IU vitamin D per porsi, sedangkan salmon yang dibudidayakan berisi rata-rata 250 IU.

2. Ikan sarden dan tuna kalengan

Jika Anda tidak suka mengkonsumsi ikan segar, sarden dan tuna kalengan  bisa menjadi pilihan Anda. sebab ikan sarden dan tuna kalengan juga merupakan sumber vitamin D yang baik. Banyak orang yang mengkonsumsi sarden serta tuna kalengan karena rasanya yang enak dan cara penyimpanannya yang mudah. Biasanya ikan kalengan juga juga lebih murah daripada membeli ikan segar.

Namun sebaiknya Anda tidak terlalu sering mengkonsumsi makanan kalengan. Sebab mereka beresiko mengandung methylmercury, racun yang ditemukan pada banyak jenis ikan. Jika menumpuk di tubuh Anda, itu dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius bagi tubuh Anda

3. Kuning telur

vitamin D

Telur utuh juga merupakan sumber lain yang baik, serta makanan yang sangat bergizi. Putih telur mengandung sebagian besar protein sementara kuning telur mengandung lemak, vitamin, dan mineral.

4. Susu sapi

sumbe vitamin D

Susu sapi, merupakan salah satu jenis susu yang paling sering dikonsumsi oleh manusia. Mereka  merupakan sumber nutrisi yang baik untuk tubuh, karena mengandung kalsium, fosfor, dan riboflavin. 

5. Jamur

sumber makanan vitamin D

Jamur merupakan salah satu Contoh makanan yang mengandung vitamin d, karena seperti manusia, jamur dapat mensintesis vitamin ini saat terkena sinar UV.  

6. Sereal dan oatmeal

vitamin d

Sereal tertentu dan juga oatmeal instan juga diperkaya dengan vitamin D. Meskipun sereal dan oatmeal yang diperkaya vitamin D memiliki kandungan yang lebih sedikit daripada banyak sumber alami, keduanya masih bisa menjadi cara yang baik untuk memenuhi kebutuhan asupan Anda.

7. Minyak hati ikan kod

minyak ikan cod

Minyak hati ikan kod adalah sumber vitamin D yang umum dijadikan sebagai suplemen. Anda bisa mengonsumsi minyak ikan cod untuk mendapatkan nutrisi tertentu yang tidak tersedia di sumber lain jika meraskan desifiensi vitamin. Manfaat vitamin dari minyakikan cod ini telah digunakan selama bertahun-tahun untuk mencegah dan mengobati defisiensi pada anak-anak. Selain itu minyak hati ikan kod juga merupakan sumber vitamin A yang luar biasa.

Baca juga : Rekomendasi 9 Suplemen Terbaik dan Aman untuk Tingkatkan Sistem Imun Tubuh

Ciri – Ciri Kekurangan Vitamin D

vitamin D

Saat tubuh kekurangan asupan vitamin, hal ini dapat menyebabkan Anda mengalami beberapa kondisi kesehatan tertentu. Anda juga akan lebih rentan untuk terkena seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, hipertensi hingga depresi.

Untuk mencegaha defisiensi, Anda perlu mengetahui ciri-ciri yang mungkin Anda rasakan saat kekurangan vitamin ini. Berikut kenali beberapa

Mudah sakit atau terkena infeksi

Jika Anda sering jatuh sakit, terutama karena masuk angin atau flu, kadar vitamin D yang rendah mungkin menjadi faktor penyebabnya. 

Mudah lelah atau kelelahan

Rasa lelah memang bisa disebabkan oleh banyak hal, dan kekurangan vitamin D mungkin menjadi salah satu penyebabnya.

Nyeri Tulang dan Punggung

Diketahui bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan meningkatkan penyerapan kalsium. Sehingga nyeri tulang dan nyeri punggung bawah mungkin merupakan tanda kadar vitamin D yang tidak mencukupi dalam darah Anda.

Rambut rontok

Rambut rontok seringkali dikaitkan dengan stres, namun jika kerontokan yang dialami parah, hal itu mungkin disebabkan oleh penyakit atau kekurangan nutrisi. Salah satu nutrisi yang berperan adalah vitamin D. 

Untungnya kekurangan vitamin D biasanya mudah diatasi. Pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen  yang mengandung 10 mikrogram vitamin D untuk memenuhi asupan harian Anda. (DH) 

everydayhealth. Diakses pada oktober 2020. What Are the Possible Health Benefits of Vitamin D?. https://www.everydayhealth.com/vitamin-d/vitamin-d-health-benefits-what-it-can-cant-your-body/
Webmd.com. Diakses pada oktober 2020Vitamin D Deficiency. https://www.webmd.com/diet/guide/vitamin-d-deficiency#1-2
Healthline. Diakses pada oktober 2020. 8 Signs and Symptoms of Vitamin D Deficiency. https://www.healthline.com/nutrition/vitamin-d-deficiency-symptoms#14
Healthline. Diakses pada oktober 2020. 7 Effective Ways to Increase Your Vitamin D Levels. https://www.healthline.com/nutrition/how-to-increase-vitamin-d#The-bottom-line
Nhs.uk. Diakses pada oktober 2020. Vitamin D. https://www.nhs.uk/conditions/vitamins-and-minerals/vitamin-d/


Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kesehatan