Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

8 Makanan Penyebab Kanker di Sekitar Kita

Hingga saat ini kanker masih menjadi penyebab kematian utama di seluruh dunia.

Beberapa penelitian terkait dengan perkembangan kanker menunjukkan bahwa kanker sangat dipengaruhi oleh apa yang kita makan (diet Anda).

Baca juga:Kanker Serviks: Apa itu, Gejala, dan Pengobatan 

Kabar baiknya, penelitian juga menunjukkan bahwa perubahan kecil yang positif pada diet kita, akan mengurangi risiko kanker hingga 30-50%.

Ada beberapa makanan penyebab kanker yang mengandung zat karsinogen.

Pada artikel ini, kami akan memberikan gambaran apa yang dimaksud dengan karsinogen dan apa saja makanan pemicu kanker yang sebaiknya kita hindari.

Pertama-tama, mari kita kenali apa pengertian karsinogen.

Apa itu Karsinogen?

Karsinogen adalah seluruh senyawa, zat, dan paparan apapun yang dapat meningkatkan risiko kanker. Karsinogen ada dimana-mana. Contoh bahan kimia karsinogen dalam makanan adalah nitrat, aflatoxin, dan kadmium. Karsinogen menyebabkan perubahan atau mutasi DNA, yang berujung pada kanker.

Paparan karsinogen terdapat dalam hal-hal berikut:

  • Pola makan buruk
  • Rokok (Zat karsinogen dalam rokok, meliputi nikotin, karbon monoksida, arsenik, hidrogen sianida, dan formaldehida)
  • Paparan alami, seperti radiasi sinar UV, gas radon, dan agen infeksius lainnya
  • Pengobatan medis
  • Polusi

Karsinogen memiliki efek langsung terhadap DNA dan memicu kanker. Namun, terdapat beberapa karsinogen yang tidak memberi efek langsung kepada DNA dan menimbulkan kanker melalui cara lain.

Contohnya, ada karsinogen yang menyebabkan pembelahan sel terjadi lebih cepat daripada seharusnya. Pembelahan sel yang terlalu cepat dapat menyebabkan mutasi DNA.

Karsinogen bukanlah penyebab pasti pada seluruh kasus kanker. Tiap karsinogen memiliki tingkatan berbeda sesuai bahaya dan potensinya menyebabkan kanker.

Durasi dan intensitas paparan, serta susunan genetik seseorang juga memiliki andil dalam menyebabkan kanker.

Mari kita kenali minuman dan makanan penyebab kanker yang bersifat karsinogenik.

Minuman dan Makanan Penyebab Kanker di Mungkin Ada di Dapur Kita

  1. Alkohol
    Alkohol merupakan salah satu karsinogen yang memiliki dampak buruk terbesar dalam proses perkembangan kanker. Alkohol dikelompokkan dalam karsinogen kelompok 1, sama seperti daging olahan. Karsinogen dalam kelompok ini memiliki bukti yang kuat berhubungan dengan kanker.

    Alkohol merusak lapisan mukosa pada mulut dan tenggorokan, kondisi ini adalah awal dari munculnya sel kanker pada bagian tersebut.
  2. Daging Merah dan Daging Olahan
    Sama seperti alkohol, Organisasi kesehatan dunia juga mengelompokkan daging olahan seperti ham, salami, dan sosis sebagai karsinogen kelompok 1.

    Selain daging olahan, daging merah seperti daging kambing, daging sapi, dan daging babi juga dikategorikan sebagai makanan penyebab kanker. Mereka dikelompokkan dalam karsinogen kelompok 2A yang dinyatakan “mungkin menyebabkan kanker”.

    Daging merah dan daging olahan mengandung zat kimia karsinogenik yang muncul ketika daging diolah atau sudah ada sejak awal. N-nitroso adalah salah satu zat karsinogenik pada daging yang terbukti menyebabkan kanker saluran cerna.
  3. Gula dan Karbohidrat Olahan
    Makanan olahan yang kaya akan gula dan rendah serat serta nutrisi, adalah makanan pemicu kanker. Secara khusus, para peneliti menemukan bahwa diet yang menyebabkan lonjakan kadar glukosa dalam darah dikaitkan dengan peningkatan risiko beberapa kanker, termasuk kanker lambung, payudara dan kolorektal.

    Satu penelitian di lebih dari 47.000 orang dewasa menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat olahan, hampir dua kali lebih mungkin untuk meninggal akibat kanker usus besar daripada mereka yang memiliki diet rendah karbohidrat olahan.

    Diperkirakan kadar glukosa dalam darah dan insulin yang tinggi adalah faktor risiko kanker. Insulin dapat merangsang pembelahan sel, juga mendukung pertumbuhan dan penyebaran sel kanker.
  4. Microwave Popcorn
    Walaupun masih menjadi bahan perdebatan sebagai salah satu makanan penyebab kanker, ada kantong kemasan popcorn yang dilapisi zat kimia. Ketika diproses dalam microwave, zat kimia ini dinyatakan menimbulkan zat karsinogenik berbahaya.

    Begitu pula dengan asap dari mentega yang digunakan sebagai bumbu popcorn, mengandung diacetyl yang beracun bagi manusia.

  5. Makanan Kalengan
    Kebanyakan kaleng dilapisi dengan senyawa yang disebut bisphenol-A (BPA), yang telah terbukti mengubah sel otak tikus secara genetik. Banyak barang plastik yang juga mengandung BPA. BPA merupakan salah satu karsinogen penyebab kanker.
  6. Asinan, Acar, dan Makanan Asap
    Makanan penyebab kanker selanjutnya adalah makanan yang diawetkan. Produk-produk ini biasanya mengandung pengawet, seperti nitrat, yang dimaksudkan agar makanan tahan lama.

    Nitrat yang digunakan dalam makanan olahan dapat terakumulasi dalam tubuh Anda dari waktu ke waktu. Akhirnya, racun tersebut menyebabkan kerusakan pada tingkat sel dan menyebabkan penyakit kanker. Ketika makanan yang diasap dimasak pada suhu tinggi, nitrat diubah menjadi nitrit yang jauh lebih berbahaya.
  7. Soda dan Minuman Berkarbonasi
    Soda telah menjadi pusat perdebatan kesehatan selama dua dekade sebagai penyebab utama kanker. Memang soda tidak dapat kita kategorikan secara langsung sebagai minuman penyebab kanker. Namun, soda atau minuman berkarbonasi dikenal mengandung gula tambahan seperti sirup jagung fruktosa tinggi (HFCS), pewarna, dan sejumlah bahan kimia lainnya.

    Mengkonsumsi gula berlebihan dapat berbahaya bagi tubuh kita. Ketika gula masuk ke aliran darah, pankreas akan memproduksi insulin untuk mengubah gula menjadi glukosa yang akan dipakai tubuh sebagai energi. Semakin banyak seseorang mengkonsumsi gula, tubuh akan memiliki resistensi terhadap insulin.

    Resistensi insulin dan kelebihan konsumsi gula, lama-kelamaan akan menyebabkan berat badan naik dan obesitas. Gejala obesitas seperti sel yang mengandung lemak berlebih, resistensi terhadap insulin, dan peradangan kronis dipandang berpotensi menyebabkan kanker.
  8. Ikan Hasil Budidaya
    Ikan hasil budidaya dapat menjadi makanan pemicu kanker. Budidaya ikan komersial melakukan kegiatan kembang biak ikan dalam jumlah yang luar biasa di lingkungan yang padat. Lebih dari 60% salmon yang dikonsumsi di Amerika Serikat adalah hasil budidaya.

    Ikan-ikan ini diperlakukan dengan antibiotik, pestisida, dan bahan kimia karsinogenik lainnya dengan tujuan untuk mengendalikan wabah bakteri, virus, dan parasit yang muncul akibat menjejalkan begitu banyak ikan di ruang kecil.

Apakah Kita Sering Mengkonsumsi Minuman atau Makanan Pemicu Kanker?

Meskipun tidak ada hal pasti yang dapat mencegah kanker, beberapa bukti menunjukkan bahwa pola makan yang baik mampu menurunkan risiko terjadinya kanker.

Baca juga:Kanker Nasofaring: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan 

Diet yang tinggi makanan utuh, seperti buah-buahan, sayuran, gandum utuh, lemak sehat dan protein tanpa lemak dinilai sebagai makanan pencegah kanker.

Sebaliknya, daging olahan, karbohidrat olahan, garam, dan gula berlebihan, serta alkohol adalah minuman atau makanan penyebab kanker. Mereka adalah contoh karsinogen.

Umumnya, orang yang mengidap kanker didorong untuk menjalani diet sehat dan seimbang untuk memperoleh kualitas hidup dan kesehatan tubuh yang optimal.

Carcinogenic food - Huffingtonpost.com.au
Cancer and diet - healthline.com
Probable human carcinogens - cancer.org

Sumber



Keuntungan Belanja di Farmaku

100% Produk Ori, dan Berkualitas

Pengiriman Cepat Sampai

Nikmati Promo Menarik

Nikmati Gratis Ongkos Kirim

Produk Kesehatan Terlengkap

Dapatkan Poin Setiap Transaksi

Artikel Terkait Kesehatan