Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Kanker Nasofaring: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Kanker nasofaring adalah jenis kanker langka yang dimulai di nasofaring, jaringan yang menghubungkan bagian belakang hidung ke bagian belakang mulut. Gejala berupa benjolan di bagian belakang leher. Lebih jauh simak selengkapnya mulai dari penyebab, gejala, pengobatan hingga pencegahannya dalam ulasan di bawah ini.

Apa itu Kanker Nasofaring?

Kanker nasofaring atau juga dikenal sebagai karsinoma nasofaring adalah jenis kanker kepala dan leher yang tergolong langka. 

Kanker nasofaring memengaruhi jaringan yang menghubungkan bagian belakang hidung ke bagian belakang mulut. Area ini disebut nasofaring dan terletak tepat di atas langit-langit mulut, di dasar tengkorak. Saat bernapas melalui hidung, udara mengalir melalui hidung, nasofaring, dan tenggorokan sebelum mencapai paru-paru.

Kanker nasofaring dimulai ketika sel-sel abnormal di nasofaring mulai tumbuh di luar kendali dan membentuk tumor kanker yang dapat menyebar (metastasis) ke kelenjar getah bening, hati, paru-paru, dan tulang.

Baca juga: Kanker Usus Besar: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Penyebab Kanker Nasofaring

Belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan kanker nasofaring. Namun, perilaku gaya hidup dan kondisi medis tertentu dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker nasofaring, antara lain:

  • Merokok. Merokok berat atau menggunakan produk tembakau apa pun dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit kanker nasofaring.. 
  • Alkohol. Mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol terlalu sering dan berlebihan juga berisiko.
  • Mengidap virus Epstein-Barr (EBV). Ini merupakan virus yang juga menyebabkan mononukleosis. EBV umum terjadi pada orang yang didiagnosis menderita kanker nasofaring.
  • Sering mengonsumsi makanan yang diawetkan dengan garam. Orang yang mengonsumsi makanan kaya daging dan ikan yang diawetkan dengan garam memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker nasofaring.
  • Terpapar debu dan asap. Terpapar banyak debu dan asap juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker nasofaring.
  • Memiliki keluarga dengan riwayat kanker. Jika memiliki anggota keluarga yang menderita kanker nasofaring, kemungkinan besar Anda akan terkena penyakit tersebut.
  • Ras. Kanker nasofaring lebih sering terjadi pada orang yang tinggal di Asia Tenggara, Tiongkok bagian selatan, dan Afrika bagian utara. Orang yang berimigrasi ke Amerika Serikat dari Asia juga memiliki risiko lebih tinggi dibandingkan orang Asia yang lahir di Amerika.
  • Seks. Laki-laki sekitar tiga kali lebih mungkin terkena kanker nasofaring dibandingkan perempuan.

Gejala Kanker Nasofaring

Penderita kanker nasofaring umumnya merasakan adanya benjolan di bagian belakang leher. Mungkin muncul satu atau beberapa benjolan, dan biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Benjolan ini muncul ketika kanker menyebar ke kelenjar getah bening di leher dan menyebabkan pembengkakan.

Penderita kanker nasofaring juga memiliki beberapa gejala lainnya, termasuk:

  • Tinnitus atau telinga berdenging.
  • Gangguan pendengaran.
  • Perasaan penuh di telinga.
  • Infeksi telinga yang tidak kunjung sembuh.
  • Sakit kepala.
  • Hidung tersumbat.
  • Mimisan.
  • Kesulitan membuka mulut.
  • Sakit di wajah.
  • Mati rasa pada wajah.
  • Kesulitan bernapas atau berbicara.

Kapan Harus ke Dokter?

Gejala awal kanker nasofaring mungkin tidak selalu membuat penderitanya harus segera mengunjungi dokter. Namun, jika merasakan adanya perubahan yang tidak biasa dan terus-menerus pada tubuh yang tampaknya tidak baik, seperti hidung tersumbat yang tidak biasa, sebaiknya kunjungi dokter.

Baca juga: Kanker Payudara: Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Diagnosis Kanker Nasofaring

Jika dokter menduga Anda mungkin menderita kanker nasofaring, dokter akan menanyakan riwayat keluarga Anda dan melakukan pemeriksaan fisik dengan lengkap. Dokter akan memeriksa nasofaring, kepala, leher, mulut, tenggorokan, hidung, otot wajah, dan kelenjar getah bening. Dokter juga mungkin akan melakukan tes pendengaran. Tes lainnya mungkin dilakukan, termasuk:

  • Tes virus Epstein-Barr (EBV). (kendati kanker nasofaring sering dikaitkan dengan virus Epstein-Barr, mungkin akan menjalani tes untuk mengukur jumlah virus EBV dalam darah)
  • Biopsi.
  • Computed tomography (CT) scan.
  • Magnetic resonance imaging (MRI) scan.
  • Positron emission tomography (PET) scan.

Dokter menggunakan hasil tes untuk menentukan stadium kanker nasofaring. Sistem penentuan stadium kanker dapat membantu dokter merencanakan pengobatan dan memperkirakan prognosis.

Pengobatan Kanker Nasofaring

Jika didiagnosis menderita kanker nasofaring, pasien memerlukan tindak lanjut rutin dengan tim medis sebelum, selama, dan setelah perawatan. Perawatannya bergantung pada banyak faktor, termasuk lokasi tumor, stadium tumor, dan kesehatan secara keseluruhan.

Pengobatan untuk kanker nasofaring termasuk berikut ini:

1. Terapi Radiasi

Terapi ini menggunakan sinar-X untuk membunuh sel kanker dan menghentikan pertumbuhannya. Biasanya ini merupakan bagian dari pengobatan standar untuk kanker nasofaring stadium awal.

Salah satu jenis yang disebut IMRT (terapi radiasi termodulasi intensitas) memberikan radiasi dosis tinggi langsung ke tumor sambil mengurangi kerusakan pada jaringan sehat di sekitarnya. Terapi ini dapat menyebabkan lebih sedikit efek samping atau komplikasi dibandingkan pengobatan radiasi konvensional pada nasofaring, yang dapat menyebabkan gejala berikut:

  • Mulut kering.
  • Peradangan pada lapisan mulut dan tenggorokan.
  • Kebutaan.
  • Cedera batang otak.
  • Kematian jaringan sehat.
  • Kerusakan gigi.

2. Kemoterapi

Kemoterapi adalah pengobatan yang menggunakan obat-obatan untuk membunuh sel kanker. Namun, biasanya obat ini tidak membantu dalam pengobatan kanker nasofaring. Namun hal ini dapat membantu penderita penyakit ini hidup lebih lama bila dikombinasikan dengan radioterapi atau obat biologis.

3. Operasi

Operasi atau pembedahan untuk mengangkat tumor jarang dilakukan karena lokasi tumor berada di dekat saraf dan pembuluh darah. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan permanen pada mata dan struktur lain di sekitarnya.

Tidak semua penderita kanker nasofaring dapat menjalani operasi. Dokter mungkin akan mempertimbangkan lokasi dan stadium tumor saat mendiskusikan pilihan pengobatan.

4. Obat Biologis

Obat-obatan biologis dapat memengaruhi cara sistem kekebalan tubuh melawan penyakit. Obat ini termasuk antibodi monoklonal seperti:

  • Cetuximab (Erbitux).
  • Pembrolizumab (Keytruda).
  • Nivolumab (Opdivo). 

Obat biologis bekerja secara berbeda dibandingkan obat kemoterapi dan mungkin lebih sering digunakan untuk kasus kanker stadium lanjut atau kanker berulang.

5. Terapi Paliatif

Pengobatan paliatif bertujuan untuk mengendalikan gejala yang berhubungan dengan kanker dan pengobatan kanker serta membuat penderita kanker ini senyaman mungkin.

Baca juga: Hipertensi (Darah Tinggi): Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

Komplikasi Kanker Nasofaring

Komplikasi yang mungkin terjadi akibat kanker nasofaring meliputi:

1. Kanker yang Tumbuh Menyerang Struktur di Dekatnya

Kanker nasofaring stadium lanjut dapat menyebabkan komplikasi jika tumbuh cukup besar hingga menyerang struktur di sekitarnya, seperti tenggorokan, tulang, dan otak.

2. Kanker yang Menyebar ke Area Lain di Tubuh

Kanker nasofaring sering menyebar (bermetastasis) ke luar nasofaring. Sebagian besar penderita kanker mengalami metastasis regional. Itu artinya sel kanker dari tumor awal telah bermigrasi ke area terdekat, seperti kelenjar getah bening di leher. Sel kanker yang menyebar ke area lain di tubuh (metastasis jauh) paling sering menyebar ke tulang, paru-paru, dan hati.

Pencegahan Kanker Nasofaring

Tidak ada cara yang pasti untuk mencegah kanker nasofaring. Namun, jika khawatir dengan risiko terkena kanker ini, pertimbangkan untuk menghindari kebiasaan yang berhubungan dengan penyakit tersebut. 

Langkah-langkah berikut dapat membantu menurunkan risiko kanker nasofaring:

  • Hindari ikan dan daging yang diawetkan dengan garam.
  • Jangan merokok.
  • Jangan minum alkohol terlalu banyak.

Pastikan melakukan langkah pencegahan ini dengan disiplin diikuti dengan menjalani pola makan sehat dan rajin berolahraga.

Nah, demikian ulasan lengkap mengenai kanker nasofaring yang patut Anda waspadai, terutama bagi mereka yang memiliki keturunan atau terbiasa dengan gaya hidup yang tidak sehat.

Chat dengan dokter rekanan Farmaku di sini untuk konsultasi seputar kesehatan secara keseluruhan, termasuk kanker dan pengobatannya.

Cleveland Clinic. Diakses pada 23 April 2024. Nasopharyngeal Cancer. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/21661-nasopharyngeal-cancer#outlook-prognosis

Health Line. Diakses pada 23 April 2024. Understanding Nasopharyngeal Cancer and Its Treatment. https://www.healthline.com/health/cancer/nasopharyngeal-cancer#causes

Mayo Clinic. Diakses pada 23 April 2024. Nasopharyngeal carcinoma. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/nasopharyngeal-carcinoma/symptoms-causes/syc-20375529

WebMD. Diakses pada 23 April 2024. Nasopharyngeal Cancer. https://www.webmd.com/cancer/nasopharyngeal-cancer

Sumber

Artikel Lainnya