Empty Cart

Total:
Rp. 0 

Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi?

 21 Nov 2018



ibu hamil minum kopi bolehkah?


Ibu hamil minum kopi, apa boleh?

 

Jawaban untuk pertanyaan tersebut adalah Ya, Boleh.

 

Tidak ada larangan minum kopi saat hamil, namun ada batasannya.

 

American College of Obstetricians and Gynecologists merekomendasikan membatasi konsumsi kafein untuk ibu hamil kurang dari 200 miligram (mg) per hari. Hal ini setara dengan satu cangkir kopi sebanyak 300 mL.

 

Meskipun demikian, topik ibu hamil minum kopi ini masih menjadi pro dan kontra.

 

Pada artikel ini kami akan memberikan gambaran apa saja manfaat minum kopi saat kehamilan serta efek samping apa saja yang mungkin muncul.

 

 

Manfaat Ibu Hamil Minum Kopi itu Apa Saja?

Pertama, mari kita lihat apa manfaat minum kopi untuk ibu hamil.

 

Kafein merupakan stimulan alami yang dapat mempercepat berbagai proses fungsi tubuh. Kopi merupakan salah satu minuman dengan tingkat kafein yang tinggi.

 

Konsumsi kafein dapat menekan adenosin. Adenosin adalah senyawa kimia yang dihasilkan tubuh saat dalam keadaan tidak tidur. Adenosin akan masuk ke dalam aliran darah dan dibawa menuju otak.

 

Pada otak terdapat banyak adenosin reseptor untuk menangkap senyawa ini. Semakin banyak adenosin yang tertangkap, maka tubuh Anda semakin lelah. Itulah mengapa semakin lama kita terbangun, lama kelamaan kita akan mengantuk.

 

Molekul kafein memiliki struktur yang sama dengan molekul adenosin. Hal itu mengakibatkan kafein yang sampai ke otak dapat ditangkap oleh adenosin reseptor, menggantikan posisi adenosin yang membuat kita ingin tidur. Bertindak sebagai antagonis adenosin, kafein menyebabkan seseorang tidak mengantuk dan merasa lebih bertenaga.

 

Manfaat minum kopi bagi ibu hamil berikutnya adalah untuk meredakan pusing atau sakit kepala.

 

Konsumsi kafein sering dikombinasikan dengan obat pereda nyeri terutama parasetamol. Gabungan keduanya merupakan obat untuk meredakan nyeri kepala yang efektif.

 

 

Efek Samping Minum Kopi Bagi Ibu Hamil

Kafein selain sebagai stimulan juga berperan sebagai diuretik.

 

Diuretik adalah istilah untuk obat atau zat yang menyebabkan proses pembentukan air kencing atau urin menjadi lebih cepat.

 

Konsumsi kafein akan menyebabkan ibu hamil lebih sering buang air kecil. Semakin sering buang air kecil, semakin banyak air yang dibutuhkan tubuh untuk menggantikan cairan yang hilang. Bila tidak dibarengi dengan minum air yang cukup, ibu hamil dapat mengalami dehidrasi.

 

Kafein juga dapat melewati sawar atau pembatas antara aliran darah ibu dan janin, sehingga kafein dapat masuk ke dalam aliran darah bayi yang ada dalam kandungan.

 

Berbeda dengan orang dewasa, bayi dalam kandungan masih dalam proses perkembangan sehingga belum dapat menguraikan zat kafein yang masuk ke dalam tubuhnya secara sempurna.

 

Selain itu, kafein juga menyebabkan gangguan pola tidur janin dalam kandungan. Beberapa penelitian terhadap hewan coba menunjukkan bahwa kadar kafein yang berlebihan pada aliran darah janin menyebabkan beberapa komplikasi atau dampak buruk pada kehamilan, seperti:

  • cacat lahir
  • persalinan prematur
  • kelahiran prematur
  • meningkatkan risiko berat badan bayi, lahir rendah

 

Walaupun penelitian tersebut masih terbatas pada hewan coba, alangkah lebih baik membatasi konsumsi kafein sesuai dengan jumlah yang direkomendasikan agar tidak mengalami masalah selama kehamilan.

 

 

Apakah Minum Kopi Saat Hamil Menyebabkan Keguguran?

Masalah lain yang mungkin timbul sebagai akibat ibu hamil minum kopi keguguran.

 

Pada tahun 2008, dua penelitian tentang efek kafein terkait dengan keguguran menunjukkan hasil yang berbeda secara signifikan.

 

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Obstetrics and Gynecology, ditemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi 200 mg atau lebih kafein setiap hari, memiliki risiko dua kali lebih mungkin mengalami keguguran dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi kafein dalam bentuk apapun.

 

Dalam penelitian lain yang dirilis oleh jurnal Epidemiologi, tidak ada peningkatan risiko keguguran sama sekali pada wanita yang minum kopi saat kehamilan dengan jumlah konsumsi kafein antara 200-350 mg per hari.

 

Karena kesimpulan yang bertentangan dari hasil berbagai penelitian. Sangatlah bijak bila ibu hamil minum kopi dengan tingkat kafein kurang dari 200 mg per hari atau setara dengan satu cangkir kecil kopi ukuran 230 ml.

 

Kehamilan adalah masa yang penting untuk Ibu dan janin dalam kandungan. Selalu konsultasi dengan dokter bolehkah Anda minum kopi saat kehamilan? Serta berapa cangkir kopi yang dianjurkan per hari untuk menjamin keselamatan Anda dan si bayi.

 

 

Referensi

  1. Is it safe to drink coffee during pregnancy?
  2. Caffeine Intake During Pregnancy
  3. Maternal caffeine consumption during pregnancy and the risk of miscarriage: A prospective cohort study. American Journal of Obstetrics and Gynecology, 198, e1-8.. Weng, X., Odouli, R. & Li, D.K. (2008).





Bagikan artikel ini :