Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Rekomendasi Test Pack Terbaik dan Cara Menggunakannya

Cara menggunakan test pack memang terkesan praktis dan sederhana. Namun, penggunaan test pack yang kurang tepat ternyata bisa membuat hasilnya menjadi tidak akurat, lho! Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana langkah yang benar untuk menggunakan alat tes kehamilan dan rekomendasi merek test pack terbaik di sini.

Cara Kerja Test Pack

Alat tes kehamilan test pack atau tespek bekerja dengan mendeteksi keberadaan hormon human chorionic gonadotropin (hCG) dalam urine atau air seni wanita.

Hormon ini akan terdeteksi hanya jika sel telur telah yang dibuahi menempel di dinding rahim. Kadarnya sendiri pun akan ikut meningkat seiring bertambahnya usia kehamilan.

Lalu, apakah penggunaan test pack akurat? Penggunaan alat tes kehamilan mempunyai tingkat keakuratan sebesar 99%. Akan tetapi, hasil test pack yang kurang dan tidak akurat mungkin saja terjadi.

Ini umumnya disebabkan oleh waktu penggunaan yang tidak pas atau cara menggunakan test pack yang tidak tepat.

Kapan Kehamilan Bisa Diketahui dengan Test Pack?

Waktu untuk menggunakan test pack sangat berpengaruh pada keakuratan hasil. Jika Anda menggunakan test pack baru setelah beberapa hari sejak berhubungan intim, hasilnya bisa saja negatif, sebab hormon hCG belum dihasilkan atau terbilang masih sangat rendah.

Anda bisa menggunakan alat tes kehamilan di hari pertama Anda merasakan keterlambatan haid atau 1-2 minggu setelah berhubungan seksual dengan pasangan.

Untuk mendapatkan hasil yang akurat. tunggu kira-kira sampai Anda terlambat haid selama 1-2 minggu. Jika memang hamil, diperkirakan pada waktu itu masa kehamilan Anda sudah mencapai usia 6 minggu.

Cara Penggunaan Test Pack yang Sering Salah

Penggunaan test pack yang salah sering kali terjadi. Misalnya, melakukan tes kehamilan pada siang hari.

Tidak disarankan menggunakan alat tes kehamilan pada siang hari ya, FarmaFriends. Hal ini karena lewat dari pagi hari Anda sudah banyak minum dan makan, itu membuat urine menjadi lebih encer. Kondisi urine yang encer membuat hormon hCG sulit untuk terdeteksi.

Oleh karena itu, sebaiknya lakukan pengecekan saat pagi hari setelah Anda terbagun dari tidur. Kondisi urine pekat pada pagi hari dapat membuat hasil menjadi lebih akurat.

Jangan terburu- buru atau terlalu lama membaca hasil. Terkadang karena terlalu gembira karena mengalami keterlambatan masa haid, seorang istri biasanya terburu-buru melihat hasil menggunakan test pack.

Padahal, ada beberapa jenis test pack yang membutuhkan waktu beberapa menit untuk menunjukan hasil yang akurat. Tidak jarang pula—karena tidak sabar menunggu hasilnya—terkadang tespek ditinggal dan kemudian baru dilihat hasilnya dalam jarak waktu yang cukup jauh. Hal ini juga bisa menyebabkan kesalahan dalam membaca hasil test pack.

Cara Menggunakan Test Pack yang Benar dan Akurat

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan test pack, pastikan untuk membaca dengan seksama petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan produk. Perlu dipahami, setiap jenis test pack mungkin memiliki rekomendasi penggunaan yang berbeda-beda.

Umumnya, ada 3 jenis test pack yang paling sering digunakan untuk mendeteksi kehamilan, antara lain:

1. Test Pack Strip

Test pack strip adalah alat tes kehamilan berupa strip plastik. Berukuran kecil yang sangat ringan.

Cara menggunakan test pack strip yaitu:

  1. Siapkan wadah kecil untuk menampung urine. Bila Anda kesulitan untuk menemukan wadah yang tepat, bisa dengan langsung mengguyur urine ke tespek, tapi harus hati-hati ya supaya tidak melebihi garis batas.
  2. Setelah urine ditampung, celupkan test pack strips ke wadah dengan bagian putihnya.
  3. Celupkan sampai dibawah garis batas MAX.
  4. Tunggulah kurang lebih 5-10 detik, lalu angkat test pack.
  5. Sebaiknya jangan terlalu terburu-buru menyimpulkan garis merah yang ditunjukan oleh alat.
  6. Tunggulah sekitar 10 menit sampai warna garis benar-benar tidak berubah lagi.
  7. Bila muncul dua garis merah, menunjukan bahwa Anda hamil. Sedangkan satu garis atau tidak ada garis sama sekali, menunjukkan kalau tidak ada tanda kehamilan.

2. Test Pack Digital

Alat ini memiliki bentuk berupa stik dengan ujungnya yang dapat dipasang strip untuk menyerap urin. Cara menggunakan test pack digital sama seperti test pack strip.

Kelebihannya, pemakaian test pack ini bisa berulang degan cara mengganti strip di dalamnya. Lebih praktis bukan?

3. Pregnancy Cassette Test

Yaitu alat tes kehamilan berupa stick yang digunakan dengan cara meneteskan urin pada alat tersebut. Contohnya adalah test pack Sensitif Compact Unit.

Berikut cara menggunakan tespek akurat:

  1. Buka kemasan Sensitif Compact, lalu pegang ke arah kucuran urine saat buang air kecil.
  2. Pegang Sensitif Compact dengan posisi ujung resapan menghadap ke bawah selama minimal 10 detik hingga kondisi ujung resapan basah karena urine.
  3. Jangan sampai membasahi jendela/tempat penunjuk hasil.
  4. Hasil akan keluar dalam waktu 3 menit. Jika dalam waktu 3 menit garis merah belum muncul juga, tunggu 1 menit lagi. Hasil test pack positif baru akan keluar 1 menit lebih lama tergantung dari banyaknya konsentrasi hormon hCG.
  5. Jika setelah 3 menit tidak ada hasil yang muncul, hal ini dapat disebabkan karena ujung resapan kurang dibasahi urin. Sesuai dengan petunjuk pemakaian, urin dikeluarkan minimal 10 detik langsung pada ujung resapan.
  6. Pada Sensitif Compact, hasil tespek positif ditandai dengan munculnya garis merah pada jendela kontrol (berbentuk bulat) dan jendela hasil (berbentuk persegi).

Setiap test pack memiliki indikator hasil yang berbeda-beda. Baik itu satu atau dua garis, simbol (+) atau (-), hingga kata “hamil” atau ” tidak hamil”. Apabila tidak muncul garis, tanda, atau tulisan apapun setelah melakukan tes, berarti ada kesalahan saat menggunakan test pack dan Anda perlu melakukan tes ulang.

Bila hasil test pack menunjukkan positif hamil, Anda bisa menunjukkan hasil tersebut ke dokter agar kehamilan bisa dipastikan dengan USG dan Anda juga bisa melakukan pemeriksaan kehamilan lain seperti tes darah.

Rekomendasi Test Pack Terbaik dan Akurat

Setelah mengenali jenis test pack, berikut ini beberapa merek test pack terbaik dan bisa didapatkan di apotek online Farmaku:

1. Test Pack Sensitif Compact

Test Pack Sensitif Compact farmaku

Sensitif Test Pack ini merupakan alat uji kehamilan yang bekerja dengan cara mendeteksi hormon hCG yang  meningkat di awal kehamilan. Alat ini memiliki tingkat akurasi hingga 99%.

Hasil akan muncul satu menit setelah urine mengenai alatnya. Dilengkapi dengan tabel komparasi, test pack ini cukup mudah ketika membaca hasilnya.

Tespek Sensitif juga tersedia dalam jenis lainnya, seperti Sensitif Digital, Sensitif Strip, dan Sensitif Urine Container.

Beli Sensitif Compact di Sini

2. Test Pack Akurat Strip

Test Pack Akurat Strip farmaku

Alat tespek Akurat ini memiliki bentuk strip yang dapat mendeteksi kehamilan secara akurat dengan tingkat 99%. Hasil yang didapat akan keluar 1-3 menit setelah penggunaan.

Untuk menggunakan alat ini, cukup celupkan test pack ke urine yang telah ditampung pada wadah selama 15 detik. Sebaiknya lakukan tes di pagi hari dan ikuti ketentuan yang tertera di balik kemasan. 

Cek Harga Test Pack Akurat Strip di Sini

3. Incinta Test Strip

Incinta Test Strip farmaku

Alat uji tes kehamilan berbentuk strip ini dapat mengukur kepekaan hCG atau human chorionic gonadotropin. Hormon ini dapat meningkat pada masa awal kehamilan.

Ketika Anda merasakan gejala kehamilan setelah beberapa hari melakukan hubungan seksual atau telat menstruasi, maka cobalah untuk melakukan tes dengan Incinta Test Strip. 

Cara penggunaan alat ini cukup mudah. Cukup masukan stik ke dalam urine selama beberapa saat.

Lalu tunggu hingga 1-3 menit sampai hasil di indikator keluar. Jika indikatornya menunjukkan 1 garis artinya tidak hamil. Sedangkan 2 garis menunjukkan tanda Anda hamil.

Beli Incinta Test Strip di Sini

4. Woman Choice Midstream

Woman Choice farmaku

Alat tes kehamilan Woman Choice tersedia dalam bentuk midstream dan strip. Untuk Woman Choice midstream dapat memberikan hasil yang akurat seperti hasil dari laboratorium.

Woman Choice ini sudah memiliki standarisasi internasional dan bersertifikat FDA 510 K, CE dan ISO 13485, serta Health Canada

Alat tes kehamilan ini mengklaim dapat memberikan hasil yang akurat hingga 100%. Hasil yang diperoleh bisa didapat dalam waktu di bawah 40 detik setelah melakukan tes.

Tidak hanya itu, Woman Choice bisa digunakan pada pagi, siang, atau malam hari. Dapat digunakan untuk mendeteksi hormon HCG 7 hari.

Beli Woman Choice Midstream di Sini

5. Humasis Pregnancy Test Strip

Hormon Glikoprotein atau HCG merupakan hormon yang disekresi oleh plasenta setelah implantasi. Ketika masuk pada fase kehamilan normal, HCG bisa dideteksi melalui urin pada 7 hingga 10 hari setelah terjadi pembuahan.

Untuk mengukur hal tersebut, Anda bisa menggunakan rekomendasi tespek terbaik Humasis Pregnancy Test Strip. Hasil yang didapat dari alat ini bisa didapat dengan cepat serta akurat hingga 99% tanpa perlu menunggu lama.

Beli Humasis Pregnancy Test Strip di Sini

Nah, jika Anda mengalami gejala atau tanda awal kehamilan, namun hasil test pack menunjukkan negatif, Anda dapat melakukan tes ulang 3-5 hari setelahnya. Anda juga disarankan untuk tidak mengonsumsi obat-obatan, merokok, dan konsumsi minuman beralkohol, hingga mendapatkan kepastian Anda hamil atau tidak.

Perlu diketahui juga, setiap jenis alat tes kehamilan dirancang dengan sensitivitas yang berbeda-beda terhadap hormon hCG. Jadi, jika pada satu jenis test pack hasilnya masih membuat Anda ragu, tidak ada salahnya untuk mencoba lagi dengan test pack jenis lain.

Tidak perlu khawatir, di era yang serba digital seperti sekarang ini, Anda bisa mendapatkan harga test pack yang terjangkau di apotek online Farmaku dengan mudah kapan saja.

Healthline. Diakses pada Juni 2020.When You Should Take a Pregnancy Test. https://www.healthline.com/health/pregnancy/five-signs-to-take-pregnancy-test

Verywellfamily. Diakses pada Juni 2020. How to Use a Home Pregnancy Test. https://www.verywellfamily.com/how-to-use-a-home-pregnancy-test-906662

Verywellfamily. Diakses pada Juli 2020. When to Take a Pregnancy Test. https://www.verywellfamily.com/when-is-the-best-time-to-take-an-early-pregnancy-test-1960163

U.S. Food and Drugs Administration. Diakses pada Juni 2020. https://www.fda.gov/consumers/womens-health-topics/pregnancy

Sensitif. Diakses pada Juni 2020. How to use Sensitif Compact. http://sensitif.co.id/products/detail/sensitif-strip

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Ibu & Anak