Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Mengenal Centella Asiatica Pada Skincare dan Manfaatnya untuk Kulit

centella asiatica

Sudah cukup lama centella asiatica digunakan dalam obat tradisional. Tumbuhan yang dikenal juga dengan gotu kola ini banyak memberikan manfaat bagi tubuh. Beberapa kegunaanya antara lain sebagai obat anti depresi, mengatasi insomnia, mengembalikan fungsi kognitif, hingga menghilangkan stretch mark.

Namun, beberapa waktu terakhir kandungan centella asiatica menjadi incaran para skincare enthusiast. Berbagai manfaat mulai dirasakan pada kulit dengan rutin mengaplikasikan produk kecantikan dengan bahan dasar tanaman ini. Nah, apa saja sih manfaatnya? Berikut informasi lengkap mengenai gotu kola yang penting Anda ketahui!

Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Kulit Agar Sehat Terawat

Apa Itu Centella Asiatica dan Manfaatnya Bagi Kulit?

kandungan centella asiatica

Centella Asiatica merupakan tanaman yang banyak ditemukan di berbagai negara Asia. Diprakarsai oleh skincare dari Korea Selatan, kini daun pegagan banyak digunakan oleh berbagai merek produk kecantikan. Zat-zat yang terkandung di dalamnya disinyalir bisa menunjang kesehatan dan kecantikan wajah.

Memang bukan tanpa alasan centella asiatica yang dulunya hanya sebagai obat-obatan, sekarang menjadi incaran produsen skincare. Penelitian membuktikan bahwa tumbuhan ini baik bagi pemilik kulit sensitif. Selain itu, tumbuhan ini juga dapat menstimulasi kolagen dan meredakan peradangan. Untuk lebih jelasnya, berikut manfaat centella asiatica bagi kulit:

1. Menstimulasi kolagen dan menunda penuaan

Penggunaan krim cica atau centella asiatica bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah dan membentuk kolagen. Stimulasi kolagen tersebut akan membuat kulit lebih kenyal, kencang, dan tampak awet muda.

2. Sebagai antioksidan

Kandungan flavonoid dan madecassoside yang ada pada centella asiatica berfungsi sebagai antioksidan. Keduanya bekerja dengan cara melindungi kulit dari paparan matahari, polusi udara, dan zat radikal bebas lainnya. 

3. Melembabkan kulit

Pada gotu kola terdapat asam amino, beta-karoten, dan fitokimia yang menutrisi kulit dan menjaganya tetap terhidrasi dengan baik. Kulit kasar dan iritasi pun dapat  teratasi dengan rutin menggunakan skincare berbahan dasar centella asiatica.

4. Melembutkan kulit

Bagi pemilik kulit sensitif, wajah seringkali mengalami gatal, iritasi, dan kemerahan. Inilah mengapa Anda dianjurkan untuk menggunakan krim cica untuk membuat wajah lebih halus, lembut, dan meredakan area yang kasar.

5. Mengurangi peradangan

Centella asiatica juga bermanfaat untuk meredakan iritasi dengan cara menghambat pertumbuhan sel-sel penyebab peradangan. Produk dengan gotu kola ini juga bisa digunakan untuk mengatasi dermatitis, psoriasis, scleroderma, dan eksim atopik.

6. Mempercepat penyembuhan luka

Selain dapat menunda penuaan, stimulasi kolagen membantu pembentukan pembuluh darah dan sel kulit baru. Berbagai bekas luka dapat teratasi dengan ekstrak tumbuhan ini seperti luka bakar, luka pasca operasi, dan luka robek.

7. Menyamarkan bekas luka

Salah satu permasalahan kulit yang sering dihadapi adalah bekas jerawat membandel. Terkadang butuh waktu lama untuk menyamarkan noda hitam tersebut. Untungnya, daun pegagan bisa menyamarkan bekas luka seperti stretch mark, eksim, dan bekas jerawat.

Di samping bermanfaat bagi kulit, daun pegagan juga dapat menunjang kesehatan tubuh secara keseluruhan. Penderita penyakit ginjal dan hati seringkali dianjurkan mengonsumsi tumbuhan herbal ini. Ini dia keuntungan yang dapat dirasakan oleh tubuh:

  • Memperbaiki fungsi kognitif terutama bagi penderita stroke
  • Sebagai obat perawatan penyakit alzheimer
  • Mengurangi rasa cemas dan stres
  • Berfungsi sebagai antidepresan
  • Mengatasi insomnia
  • Memperlancar sirkulasi darah dan mencegah pembengkakan
  • Menyamarkan stretch mark
  • Mempercepat penyembuhan luka
  • Meredakan rasa nyeri

Meskipun biasanya gotu kola termasuk dalam obat-obatan herbal, tapi bukan berarti tidak ada efek samping yang akan ditimbulkan. Maka, dalam penggunaannya harus tetap dalam pengawasan tenaga medis. Pemberian obat tanpa diagnosis yang tepat dapat membahayakan kesehatan dan memberikan dampak negatif.

Baca juga: Hati-hati Merawat Kulit Sensitif, 7 Tips ini Patut Anda Coba!

7 Skincare yang Mengandung Centella Asiatica

skincare centella asiatica

Mengetahui banyaknya manfaat bagi kulit, tidak heran produk centella asiatica menjadi superstar. Tidak hanya sekedar tren, kandungan centella asiatica terbukti ampuh mengatasi timbulnya jerawat, meredakan peradangan, dan berbagai permasalahan kulit lainnya. Bagi Anda yang sedang ingin memulai perawatan dengan tumbuhan ini, berikut rekomendasi skincare centella asiatica yang bisa dicoba:

1. Sariayu Krem Masker Jerawat

Sariayu Krem Masker Jerawat

Sumber: Marthatilaarshop

Jangan salah, sebelum berbagai produk internasional memanfaatkan cica pada krim mereka, brand lokal ini sudah mengawalinya. Sariayu krem masker jerawat merupakan salah satu produk yang menggunakan gotu kola. Gunakan krem ini sebanyak 1-2 kali seminggu untuk merawat kulit dan mengurangi jerawat.

2. Avoskin Hydrating Treatment Essence

Avoskin Hydrating Treatment Essence

Sumber: Avoskinbeauty

Salah satu seri dari Avoskin ini mengandung 5% niacinamide dan centella asiatica yang menjadi pemeran utama. Manfaat yang bisa dirasakan adalah kulit terhidrasi dengan baik, pori-pori mengecil, menghilangkan noda jerawat, dan mencegah peradangan. Untuk hasil yang lebih optimal, Anda bisa menggunakan Avoskin acne series yang terdiri dari essence, day cream, dan acne cream.

3. Dr.Jart+ Cicapair Serum

Dr.Jart+ Cicapair Serum

Sumber: Femaledaily

Ekstrak centella asiatica pada serum Dr.Jart+ dapat memberikan efek menenangkan pada kulit. Di samping itu, berbagai inflamasi seperti kulit memerah dan meradang dapat terasi dengan skincare ini. 

4. Skin1004 Madagascar Centella Asiatica 100 Ampoule

Skin1004 Madagascar Centella Asiatica 100 Ampoule

Sumber: Skin1004Indonesia

Brand kecantikan Korea yang tidak ingin ketinggalan manfaat daun pegagan adalah Skin1004. Oleskan pada wajah yang telah dibersihkan secara rutin untuk menenangkan kulit sensitif dan membuatnya lebih kenyal.

5. Klairs Rich Moist Soothing Cream

Klairs Rich Moist Soothing Cream

Sumber: Glowsy

Teksturnya yang creamy sangat cocok bagi Anda pemilik kulit kering dan normal. Diformulasikan juga dengan minyak jojoba dan shea butter, krim ini berguna untuk melembutkan kulit dan menjaganya tetap terhidrasi.

6. Peach and Lily Super Reboot Resurfacing Mask

Peach and Lily Super Reboot Resurfacing Mask

Sumber: Femaledaily

Ingin memiliki kulit cerah, bebas komedo, dan tampak lebih muda? Anda bisa mencoba masker dengan tekstur jelly yang menyegarkan ini. Selain itu wangi bunga yang segar bercampur dengan aroma pantai memberikan efek menenangkan saat digunakan.

7. Kiehl’s Since 1851 Centella Sensitive Facial Cleanser

Kiehl’s Since 1851 Centella Sensitive Facial Cleanser

Sumber: Glowsy

Centella asiatica pada produk Kiehl’s membuatnya tidak hanya sebagai pembersih wajah non-iritasi yang menenangkan kulit. Teksturnya yang creamy sangat cocok sebagai langkah kedua dalam pembersihan ganda.

Jadi, sudahkah Anda menentukan skincare centella asiatica yang akan digunakan? Sebelum memutuskan, Anda bisa membaca berbagai review produk untuk mengetahui efek samping dan manfaatnya. Namun perlu diingat bahwa setiap kulit memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Sehingga, apa yang tidak cocok pada orang lain, bisa jadi memberikan khasiat luar biasa pada Anda.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, jangan ragu untuk memeriksakan kondisi kesehatan kulit pada dokter. Konsultasikan produk apa yang cocok bagi Anda. Selain itu, rutinlah melakukan tahapan dasar perawatan kulit, antara lain rutin membersihkan wajah, menggunakan tabir surya, dan juga pelembab.

Healthline. Diakses pada November 2020. Gotu kola benefits.
https://www.healthline.com/health/gotu-kola-benefits

Paulaschoice. Diakses pada November 2020. Centella asiatica for skin.
https://www.paulaschoice.com/expert-advice/skincare-advice/basic-skin-care-tips/centella-asiatica-for-skin.html

Glowsy. Diakses pada November 2020. Cica centella asiatica for skin.
https://glowsly.com/cica-centella-asiatica-for-skin/


Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Kulit & Kecantikan