Ikuti Kami
Jam Operasional: 08:00 - 22:00
info@farmaku.com
0812 1600 1600

Vitamin A untuk Anak: Manfaat dan Aturan Pemberian

vitamin a untuk anak farmaku-1

Pemberian vitamin A untuk anak adalah hal yang sangat penting. Setiap bulan Februari dan Agustus, pemerintah Indonesia mengadakan Bulan Vitamin A. Bayi usia 6-59 bulan akan diberikan vitamin A untuk anak secara gratis di Posyandu atau fasilitas pelayanan terdekat. Dosis yang diberikan bagi bayi usia 6-11 bulan adalah 100.000 IU atau berupa kapsul biru, sedangkan anak umur 12-59 bulan diberikan kapsul merah (200.000 IU).

Namun, dilansir dari Web MD, ternyata tidak semua anak membutuhkan vitamin tambahan. Terlebih anak yang sehat dan sudah tercukupi nutrisinya melalui makanan dan susu. Pemberian vitamin justru membuat hipervitaminosis atau kelebihan vitamin yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Lantas bagaimana dengan vitamin A untuk anak? Apakah semua anak membutuhkan vitamin A tambahan? Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Apa Manfaat Vitamin A untuk Anak-Anak?

Bukan tanpa alasan, Kementrian Kesehatan Indonesia mencanangkan bulan vitamin A dua kali dalam setahun. Pasalnya, bayi terlahir dalam keadaan kekurangan vitamin A sehingga membutuhkan suplemen tambahan. Dalam pemberiannya, WHO menganjurkan diberikan sesekali dalam dosis besar dibandingkan sering namun dengan dosis kecil.

Kekurangan vitamin A mengakibatkan gangguan penglihatan seperti rabun senja dan gangguan kesehatan yang berujung kematian akibat infeksi. Kasus defisiensi vitamin A pada anak mencapai 190 kasus untuk anak prasekolah di Afrika dan Asia Tenggara. Maka, pemberiannya sedari dini penting dilakukan karena manfaat vitamin A adalah membantu pertumbuhan dan mencegah terjadinya infeksi. Berikut manfaat vitamin A bagi buah hati:

  • Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan infeksi seperti campak dan diare.
  • Membantu proses penglihatan terutama saat adaptasi dari tempat terang ke gelap.
  • Mencegah terjadinya kerusakan mata.
  • Berperan penting dalam masa pertumbuhan.
  • Mencegah kekeringan mata akibat proses metaplasia sel-sel epitel.
  • Membantu dalam proses pembentukan sel darah merah.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh bayi.

Baca Juga: Vitamin Anak, Perlukah?

Berapa Dosis Vitamin A untuk Anak?

Pada dasarnya, tubuh yang sehat dapat meregulasi asupan vitamin sehingga kelebihannya tidak akan membahayakan. Meskipun begitu Anda tetap harus memastikan bahwa vitamin yang diberikan sesuai dengan kebutuhan buah hati. Berikut kadar vitamin A yang dibutuhkan anak per harinya:

  • kebutuhan vitamin A per hari Bayi sampai usia 3 tahun membutuhkan 300 mcg per hari.
  • kebutuhan vitamin A per hari Anak usia 4-8 tahun membutuhkan 400 mcg per hari.
  • kebutuhan vitamin A per hari Anak usia 9-14 tahun membutuhkan 600 mcg per hari.

Beberapa gejala yang timbul ketika kadar vitamin A pada bayi berlebihan antara lain mual, muntah, diare, serta penurunan fungsi hati dan kepadatan tulang. Kondisi ini terjadi ketika adanya disfungsi pada tubuh yang mengakibatkan vitamin masuk ke dalam organ-organ yang tidak seharusnya. Maka, sebaiknya diskusikan dengan dokter anak terlebih dahulu sebelum pemberian suplemen apa pun.

Cara mendapatkan vitamin A yang diberikan oleh pemerintah adalah dengan mengunjungi Posyandu, Puskesmas, pustu, atau fasilitas kesehatan lainnya. Terdapat dua macam kapsul, biru dan merah yang pemberiannya disesuaikan dengan usia si kecil. Adapun cara pemberian vitamin A pada bayi dan balita adalah sebagai berikut:

  • Potong ujung kapsul dengan menggunakan alat yang bersih.
  • Pencet kapsul dan pastikan tidak ada isi yang terbuang.
  • Bila anak sudah bisa menelan, berikan 1 kapsul untuk diminumkan.

Baca juga: 7 Buah Yang Mengandung Vitamin C Untuk Daya Tahan Tubuh

7 Buah yang Mengandung Vitamin A untuk Anak

Vitamin A tidak dapat dibuat oleh tubuh sehingga perlu dipenuhi kebutuhannya melalui makanan ataupun suplemen. Ada banyak sumber vitamin A yang bisa didapatkan, seperti air susu ibu (ASI), bahan makanan hewani, produk olahan susu, sayur-sayuran, dan buah-buahan. Berikut buah yang banyak mengandung vitamin A:

1. Mangga

Satu buah mangga berukuran medium umumnya mengandung 181 mcg vitamin A. Ini menandakan bahwa 20% kebutuhan harian vitamin A untuk anak sudah terpenuhi. Anda bisa mengolah buah ini dengan menyantapnya secara langsung atau menjadikannya jus yang tanpa atau rendah gula.

2. Anggur Merah

Ada banyak manfaat yang diberikan oleh anggur merah, antara lain menjaga kesehatan jantung dan otak, mempercantik kulit, dan menjaga berat badan. Satu anggur merah berukuran medium mengandung 143 mcg vitamin A atau memenuhi 16% kebutuhan harian.

3. Semangka

Selain menyegarkan, buah kaya kandungan air ini juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin A sebanyak 8% atas kadar 80 mcg. Selain itu, semangka juga diperkaya nutrisi berupa kalium, magnesium, vitamin B1, B5, B6 dan C.

4. Pepaya

Buah berwarna oranye ini sangat kaya akan nutrisi, terutama vitamin C. Satu buah pepaya setidaknya memiliki 235 mg vitamin C yang mana jumlah tersebut 2-3 kali lipat dari kebutuhan. Sedangkan kandungan vitamin A pada pepaya berukuran kecil adalah 74 mcg atau 8% dari kebutuhan tubuh.

5. Jeruk Keprok

Meskipun lebih dikenal dengan vitamin C, namun satu buah jeruk keprok juga mengandung 30 mcg vitamin A atau 3% dari kebutuhan tubuh. Di samping itu, pada jeruk terdapat pula zat besi, kalium, folat, serat dan flavonoid.

6. Jambu Biji

Satu buah jambu biji mengandung 17 mcg atau 3% dari kebutuhan vitamin per hari pada tubuh. Manfaat lain yang bisa dirasakan adalah meningkatkan kesehatan jantung, memperlancar pencernaan, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

7. Markisa

Dengan mengonsumsi 1 buah markisa, Anda telah memenuhi 1% kebutuhan vitamin A dari kandungan 12 mcg. Buah dengan rasa asam yang menyegarkan ini juga dapat menjaga gula darah tubuh, menangkal radikal bebas, dan menjaga kesehatan tulang dan sendi.

Baca juga: 7 Makanan Kaya Vitamin D Untuk Bantu Jaga Kesehatan Anda

6 Sayuran yang Mengandung Vitamin A untuk Anak

Selain buah-buahan, ada banyak sayuran yang juga mengandung tinggi vitamin A. Tubuh akan memproduksi secara mandiri dengan karotenoid yang terdapat pada tumbuhan. Karotenoid termasuk dalam beta-karoten dan alfa-karoten yang secara kolektif dikenal sebagai provitamin A. Berikut 6 sayuran yang dapat Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan mata dan tubuh:

  1. Ubi jalar. 1 cangkir mengandung 1.836 mcg atau 204% dari kebutuhan.
  2. Kale. 1 cangkir mengandung 885 mcg atau 98% dari kebutuhan.
  3. Wortel. 1 wortel sedang mengandung 392 mcg atau 44% dari kebutuhan.
  4. Paprika merah. 1 paprika besar mengandung 257 mcg atau 29% dari kebutuhan.
  5. Bayam. 1 cangkir mengandung 141 mcg atau 16% dari kebutuhan.
  6. Selada. Jenis selada romaine mengandung 122 mcg atau 14% dari kebutuhan.

Apakah vitamin A hanya ada pada buah dan sayur? Tentu saja tidak. Ada banyak makanan yang mengandung vitamin A, antara lain telur, daging, ayam, bebek, hati, keju, dan susu. Maka, Anda tidak perlu khawatir karena pada umumnya menu sehari-hari telah memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Namun, tidak ada salahnya jika si kecil dilengkapi dengan suplemen anak untuk memastikan gizi terpenuhi dengan baik. Ada banyak vitamin tambahan yang bisa Anda dapatkan di apotek terdekat maupun secara online. Pastikan pula Anda telah berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui suplemen apa saja yang diperlukan oleh buah hati.

WHO. Diakses pada November 2020. https://www.who.int/elena/titles/vitamina_children/en/

Dinas Kesehatan Pemerintah Aceh. Diakses pada November 2020. Bulan Februari & Agustus itu bulannya Vitamin A. https://dinkes.acehprov.go.id/news/read/2020/08/06/98/bulan-februari-agustus-itu-bulannya-vitamin-a.html#:~:text=Vitamin%20A%20yang%20dibagikan%20adalah,bayi%20hingga%20usia%2042%20hari).

Web Md. Diakses pada November 2020. Vitamins for Kids: Do Healthy Kids Need Supplements?. https://www.webmd.com/parenting/guide/vitamins-for-kids-do-healthy-kids-need-vitamins#1

Healthline. Diakses pada November 2020. 20 Foods That Are High in Vitamin A. https://www.healthline.com/nutrition/foods-high-in-vitamin-a#TOC_TITLE_HDR_4

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terkait Ibu & Anak